silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.
Ir. Melly Latifah , M.Si
–
–
Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).
Tri Ekawati
Perkenalkan nama saya SIVIANTY NAZARA mahasiswa Prodi PGPAUD UT MEDAN
strategi seorang guru yang mengalami masalah pada anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah 1. melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya.
2. meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas.
3. meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah
4. memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya
Jika hal ini sering di stimulasikan pada anak maka dapat membantu anak untuk mengungkapkan pendapatnya lebih percaya diri
Nama: Anwargani Saputra
NIM : 836860408
saya setuju dengan video diatas
untuk membuat anak berbicara bisa melakukan tips-tips agar anak berani berpendapat seperti di vedeo antara lain:
1. Berikan beberapa pertanyaan kepada anak tentang yang disukai anak
2. Perlihatkan gambar kepada anak lalu minta pendapat anak tentang gambar tersebut
3. mintalah anak menggambar lalu minta untuk menceritakan di depan kelas
4. mintalah anak untuk menceritakan barang kesukaannya.
Nama: Anwargani Saputra
NIM : 836860408
Saya setuju dengan tips-tips yang diberikan agar anak berani berpendapat antara lain:
1.Berikan beberapa hal yang disukai anak
2. Perlihatkan gambar lalu minta pendapat anak tentang gambar tersebut
3. mintalah anak menggambar lalu minta untuk menceritakan di depan kelas
4. mintalah anak untuk menyeceritakan barang kesukaannya.
Nama: Anwargani Saputra
NIM : 836860408
Yogyakarta
Saya setuju dengan tips-tips yang diberikan agar anak berani berpendapat antara lain:
1.Berikan beberapa hal yang disukai anak
2. Perlihatkan gambar lalu minta pendapat anak tentang gambar tersebut
3. mintalah anak menggambar lalu minta untuk menceritakan di depan kelas
4. mintalah anak untuk menyeceritakan barang kesukaannya.
Assalamu’alaikum. Mohon maaf saya izin menyampaikan pendapat.
Pada kasus anak yang sulit menyampaikan pendapat ada beberapa kemungkinan seperti anak masih kesulitan dalam merangkai kalimat, masih beradaptasi dengan lingkungan baru maupun kurangnya stimulasi maka sebagai guru/pendidik perlu merangsang anak untuk berani mengemukakan pendapat misalnya seperti contoh pada video yaitu dengan meminta anak bercerita di depan kelas. Apabila anak masih merasa kesulitan maka berilah motivasi agar anak dapat memiliki rasa percaya diri.
Pendapat saya mengenai vidio tersebut. sangat membantu sekali dalam mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapatnya dengan cara.
1. guru melontarkan beberapa pertanyaan pada anak.
2. perlihatkan lah gambar pada anak kemudian mintalah anak untuk menceritakan kembali gambar tersebut.
3. guru meminta anak untuk menggambar bebas sesuai yang di sukai nya lalu mintalah anak untuk menceritakan kembali di depan teman temannya.
dengan metode bercerita maka dapat menstimulasi perkembangan bahasa pada anak.
Pendapat saya mengenai vidio tersebut. sangat membantu sekali dalam mengatasi anak yang sulit mengungkapkan pendapatnya dengan cara.
guru dapat melontarkan beberapa pertanyaan pada anak kemudian
perlihatkan lah gambar pada anak dan mintalah anak untuk menceritakan kembali gambar di depan teman teman.
dengan metode bercerita maka dapat menstimulasi perkembangan bahasa pada anak.
NAMA : NIRAKHOIRIYAH
NIM : 857991627
Pendapat saya mengenai video tersebut adalah cukup membantu dalm pengaplikasian di lembaga apabila ada atau terjadi kasus yang sama yaitu anak yang sulit untuk mengemukakakn pendapatnya yang mana masalah ini memang cukup sering terjadi pada anak usia dini. karena pada dasarnya bercerita atau mengemukakan pendapat adalah hal hal yang harus bisa di kembangkan anak yang di dorong atau di rangsang oleh guru sehungga bisa mencapai indikator ketercapaian dengan maksimal yang kelak akan sangat berguana bagi kehidupan sosial bermasyarakat anak dengan ia bisa berbicara, mengemukakan pendapat, bercerita secara runtutt dan sistematis serta dengan bahasa yang baik dan benar serta santun.
Nama : DENNI ISRAYANTI
Nim. : 859417249
masalah utama dalam video tersebut adalah seorang anak yang tidak percaya pada diri
solusi yang pernah saya coba pada masalah tersebut adalah menanyakan pada anak tersebut tentanghal hal yang disukai dan tidak disukai oleh anak tersebut dengan memberikan sedikit belaian pada anak tersebut
-dengan menanyakan hal hal apa saja yang disukai oleh anak, biasanya anak anak akan semangat untuk bercerita, selain itu sentuhan lembut kepada anak tersebut juga akan merasa anak lebih dekat dengan kita
nama : Risna Aminudin
NIM ; 857382048
video ini memberikan penagajaran tentang upaya dalam menghadapi anak yang sulit mengungkapan pendapatnya. ada banyak beberapa upaya yang ditampilkan guru dalam mengatasi masalah ini, salah satunya guru harus menstimulasi anak agar berinteraksi secara aktif, supaya kemampuan pengembangan bahasa anak dapat berkembang secara optimal. video ini sangat bermanfaat bagi para guru dan juga orang tua dalam upaya peningkatan bahasa anak serta menumbuhkan rasa percaya diri terhadap anak sangat perlu ditanamkan sejak usia dini. pengajaran yang ditampilkan dapat diterapkan dalam kegiatan dirumah dan juga di sekolah.