silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,909 Comments

  1. Nama : Khusnul Khotimah
    Nim :857336929

    Dalam vidio pembelajaran tersebut guru mengupayakan anak yang sulit membedakan huruf yang mirip seperti “p” “b” dan “d” biasanya di sebabkan anak yang memiliki presepsi keliru dan huruf yang hampir sama.
    Strategi guru sudah tepat dalam pemberian pembelajarn menjadikan anak mudah mengerti dan mudah memahami, guru memberikan konsep huruf, anak juga dibritahukan dengan jelas mengenai simbol huruf demi huruf,
    Cara yang diberikan ibu guru :
    1. Guru mengajak membaca huruf bersama
    2. Guru menjelaskan huruf yang bener dan diulang-ulang dalam membacakan huruf
    3. Guru mengajak anak untuk mencoba membuat huruf
    4. Guru memberikan penguatan kepada anak huruf yang tepat

    saran semoga vidio nya dapat diperbaharui saja

  2. Kardem
    Nim 859668049
    Ya setiap pasti keseringan tidak bisa membedakan,dan sering terbalik
    Saran dari vidio ini sangat membantu sekali supaya tidak keliru lagi.

  3. Nama: Nur Haerunisa
    Nim: 859815509
    Setelah menonton vidio di atas, menurut saya apa yang di lakukan oleh ibu guru sudah benar dengan menuliskan masing masing huruf p,d,dan b di kertas yang berbeda tujuannya agar anak lebih mudah membedakan huruf-huruf tersebut dan yang saya liat di vidio tersebut bu guru mengajak anak untuk menuliskan huruf di papan tulis itu juga sudah benar dan dapat melatih kognitif atau daya pikir anak. tetapi yang mau saya tambahkan dari vidio tersebut mungkin alangkah baiknya kalau guru mengajak anak bermain kartu huruf agar anak lebih tertarik lagi, karena sejatinya anak paud lebih senang belajar sambil bermain.

  4. Video ini bermanfaat untuk memberikan ide kreatif dalam mengatasi kesulitan anak dalam membedakan huruf atau angka yang mirip seperti “b” “d” dan “p”. Media yang digunakan guru cukup bagus namun kurang beragam dan kurang menarik perhatian peserta didik. Ada berbagai ide untuk membuat anak lebih mudah membedakan huruf dan menarik perhatian anak seperti: mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna merah semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain. Cara lain bisa menggunakan kartu huruf bergambar buah, gambar hewan, gambar sayuran dan bisa juga gambar benda. sehingga anak akan lebih mudah mengingat huruf dari awalannya dan bunyi ejaan huruf tersebut.

  5. Diah Ayu Irawati (858758398)
    Video ini bermanfaat untuk memberikan ide kreatif dalam mengatasi kesulitan anak dalam membedakan huruf atau angka yang mirip seperti “b” “d” dan “p”. Media yang digunakan guru cukup bagus namun kurang beragam dan kurang menarik perhatian peserta didik. Ada berbagai ide untuk membuat anak lebih mudah membedakan huruf dan menarik perhatian anak seperti: mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna merah semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain. Cara lain bisa menggunak
    an kartu huruf bergambar buah, gambar hewan, gambar sayuran dan bisa juga gambar benda. sehingga anak akan lebih mudah mengingat huruf dari awalannya dan bunyi ejaan huruf tersebut.

  6. nama : Aghitsna Rahma Fadila
    nim:878189165
    video ini sangat bermanfaat untuk saya, karena saya juga sering menemui beberapa anak yang sering keliru,dan suka terbalik balik seperti yang ada di contoh.hal ini saya terapkan juga di kelas untuk mendidik anak agar bisa membaca dan menulis denan benar.

  7. Izin memberikan komentar
    Nama : Sri Indah Lestari
    NIM : 858530075

    Video pembelajaran tersebut sudah menarik karena memberikan wawasan dan pencerahan kepada anak cara-cara untuk membedakan huruf alphabet yang bentuknya hampir mirip dan membuat anak sering tertukar. Pembelajaran dengan metode visual dituliskan bentuk hurufnya mampu membuat anak lebih mudah mengingat dan membedakan setiap jenis hurufnya.
    Akan tetapi alangkah lebih baiknya jika dalam proses pembelajran tersebut anak-anak dilibatkan secara langsung seperti cara menulisnya satu per satu sehingga anak akan lebih mudah mengingat dan memahami perbedaan dari setiap bentuknya

  8. Nama : Sri Indah Lestari
    Nim : 858530075

    Dari video “Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip” dapat dilihat bagaimana guru dalam memberikan pembelajaran mengenai cara membedakan setiap huruf yang memiliki bentuk hampir sama, penyampaian materi diberikan secara jelas dengan penyampaian secara visual juga sehingga anak diharapakan dapat lebih mudah menangkap setiap perbedaan bentuk hurufnya. Karena pada dasarnya pemberian materi secara visual lebih mudah diterima oleh anak-anak, mengingat anak yang belajar melalui bermain. Sehingga tujuan pembelajaran dan perkembangan kognitif lain tercapai.

  9. Nama : Iin Endang Purwati
    Nim : 959914527
    Program studi : PGPAUD

    Judul : Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
    Manfaat dari vidio tersebut :
    >Sebagai media trik-trik untuk guru mengajarkan ke murid dalam membedakan huruf yang sama
    >Media akses yang menyediakan pengetahuan guru
    >Tekmik penyampaian yang sederhana dan mudah di pahami
    Refleksi dari vidio tersebut :
    >Secara keseluruhan vidio sudah bagus, namun bisa di tambahkan lagi kegiatan penyampaian anak lewat bermain menggunakan alat (main/sederhana)
    >Guru bisa lebih memberikan kesempatan pada semua murid
    Refleksi

    Terima kasih.

  10. Nama : Iin Endang Purwati
    Nim : 959914527
    Program studi : PGPAUD

    Judul : Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip
    Manfaat dari vidio tersebut :
    >Sebagai media trik-trik untuk guru mengajarkan ke murid dalam membedakan huruf yang sama
    >Media akses yang menyediakan pengetahuan guru
    >Tekmik penyampaian yang sederhana dan mudah di pahami
    Refleksi dari vidio tersebut :
    >Secara keseluruhan vidio sudah bagus, namun bisa di tambahkan lagi kegiatan penyampaian anak lewat bermain menggunakan alat (main/sederhana)
    >Guru bisa lebih memberikan kesempatan pada semua murid

    Terima kasih

Leave a Reply