silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.
Netti Hernawati
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
- Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
- Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
- Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
- Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
- Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal
Lingkup perkembangan kognitif
- Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas
Pakar Dosen
Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf p, d, dan b. Guru sudah baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.
Namun demikian penjelasan guru tersebut tampaknya masih sulit diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja. Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.
Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.
Melalui metode yang digunakan guru dalam video ini, anak akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing
Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Pakar Guru
Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6
1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenalLingkup perkembangan kognitif
1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonanEvanigustiningtyas
Nama: Ratna Puspaningsih
Nim: 857880793
menurut saya vidio diatas dapat membantu media guru untuk belajar,Mengingat anak PAUD masih berada dalam tahap perkembangan visual dan motorik yang sangat awal, membedakan huruf-huruf mirip seperti b, d, dan p memang sering menjadi tantangan.mungkin bisa dibuat permainan menebak huruf dengan media gambar dan suku kata berawalan b, d, p yang berwarna di bawahnya, atau mencocokkan kata dengan gambar yang lebih menarik dan mudah di ingat anak.
Assalaamu’alaikum.
Nama : Nurbaiti
NIM : 814126969
Judul video :
“Anak tidak dapat membedakan huruf yang mirip”.
Menurut pendapat saya, kegiatan pembelajaran pada video tersebut sudah baik, tetapi sebaiknya media anak lebih diperbanyak lagi. Misalnya kartu huruf yang berwarna warni, bedakan masing-masing warna nya, contohnya : huruf “p” warna merah, huruf “b” warna kuning, huruf “d” yang berwarna hijau, sehingga anak lebih tertarik untuk mengenal masing-masing huruf tersebut.
Kemudian cara mengenalkan huruf tersebut sebaiknya tidak monoton di papan tulis, cara yang menarik lagi bisa dengan permainan kartu huruf, atau anak diberikan waktu untuk mengelompokkan masing-huruf tersebut. Sesuai dengan warnanya.
Demikian pendapat saya,
Terimakasih.
Nama : Nosis Yudanarsih
Nim : 858298047
UPBJJ : Banjarmasin
Setelah saya mengamati vidio tentang seorang guru yang memberikan pemahaman kepada anak dalam membedakan huruf yang sama seperti b,p dan d.
Upaya yang dilakukan guru sudah cukup baik dalam mengenalkan perbedaan huruf kepada anak, seperti mengulang dalam kata, memberikan warna berbeda pada huruf serta menulis huruf di angkasa.
Namun, menurut saya banyak lagi cara untuk dilakukan kepada anak untuk mengenalkan huruf tersebut kepada anak.
Seperti dengan bermain kartu angka, tebak huruf, bermain plastisin membentuk huruf, menulis huruf sambil bernyanyi,menulis diatas pasir dan lain sebagainya, agar anak lebih tertarik dalam mengenal huruf.
Nama : Nosis Yudanarsih
Nim : 858298047
UPBJJ : Banjarmasin
Setelah saya mengamati vidio tentang seorang guru yang memberikan pemahaman kepada anak dalam membedakan huruf yang sama seperti b,p dan d.
Upaya yang dilakukan guru sudah cukup baik dalam mengenalkan perbedaan huruf kepada anak, seperti mengulang dalam kata, memberikan warna berbeda pada huruf serta menulis huruf di angkasa.
Namun, menurut saya banyak lagi cara untuk dilakukan kepada anak untuk mengenalkan huruf tersebut kepada anak.
Seperti dengan bermain kartu angka, tebak huruf, bermain plastisin membentuk huruf, menulis huruf sambil bernyanyi,menulis diatas pasir dan lain sebagainya, agar anak lebih tertarik dalam mengenal huruf.
Terimakasih
Assalaamu’alaikum,
Terimakasih tayangan video nya….sangat membantu dalam menyelesaikan program kuliyah ini..
Sedikit pendapat saya..bahwa sebaiknya media anak diperbanyak. Bisa dengan kartu huruf buatan sendiri yang berwarna warni.contohnya : huruf “p” kartu yang berwarna merah, huruf “b” warna kuning, huruf “d” berwarna hijau. Maka dengan demikian anak akan lebih mudah mengenal masing-masing huruf, dan lebih mudah membedakan nya. Selain itu anak akan lebih tertarik mengikuti pembelajaran.
Selanjutnya, ketika mengenalkan huruf yang dilakukan oleh guru pada video…. Sebaiknya tidak monoton di papan tulis saja. Anak bisa diberikan kegiatan yang menarik, contoh nya mengelompokkan kartu huruf sesuai dengan warna masing-masing.
Maka dengan demikian anak akan lebih mudah dan lebih cepat mengerti perbedaan masing-masing huruf yang hampir sama.
Demikian terimakasih.
Bismillah izin menanggapi,
Terimakasih atas tayangan videonya, pada video tersebut kebanyakan anak sulit mengenali huruf yang mirip, jdi izin memberikan komentar, mungkin sebaiknya ada kata kunci buat Masing-masing huruf, tentu saja kata kunci tersebut ditanamkan konsepnya saat pengenalan diawal. Kemudian pemilihan media yang beragam juga membantu agar lebih menarik minat anak sehingga anak mudah mengingat apa yang dipelajari. Terimakasih
Menurut pendapat saya yang dilakukan guru sudah bagus, namun dapat lebih kreatif lagi. Anak bisa diajak bermain tebak huruf yang mereka buat dari gerak tubuh dan jarinya. Guru juga dapat mengajak anak menuliskan huruf b, d, dan p dengan menggunakan jari yang dicelupkan ke cat air. Anak juga dapat diminta melompat ke arah huruf yang disebutkan oleh guru. Kegiatan-kegiatan yang saya sebutkan dapat membuat anak turut aktif dan melatih motorik-motorik lainnya.
Assalamu’alaikum. Dari tayangan vidio yah sudah z liat. Bahwa mungkin guru lebih kreatif lg untuk ada bisa membedakan huruf b, p dan d. Yang aman hurup ini hampir sama. Seprti mungkin mbuat dr kertas warna warni sehingga anak dapat membedakannya
Pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah cukup menarik.
Namun, guru juga boleh mengajak anak-anak untuk bermain atau bernyanyi terlebih dahulu tentang huruf misalnya bernyanyi huruf a-z, guru juga boleh menjelaskan huruf dengan disertai gambar kepada anak-anak (b=bola, d=donat, p=pohon, q=queen) karena anak cenderung akan lebih cepat mengingat jika disertai gambar, dan guru juga boleh mengajak anak untuk bermain permainan tebak huruf yang hilang agak anak-anak lebih bersemangat saat pembelajaran berlangsung.
Terima kasih
Judul : Anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip seperti p,q,dan b.
Dalam video pembelajaran yang di lakukan oleh guru sudah sangat baik,tapi menurut saya sebaik nya pembelajaran ditambah lagi dengan pengenalan,bermain tebak-tebakan huruf, Kartu huruf. Agar lebih menarik dan kreatif.