silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi upaya seorang guru pada lembaga Pendidikan anak usia dini untuk mengatasi anak yang terbalik saat menulis lambang bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan membuat lambang bilangan yang besar seukuran kertas folio, mengajak anak untuk berlomba mengambil gambar lambang bilangan atau huruf yang benar disertai pengecohnya (lambang bilangan atau huruf yang terbalik). Guru juga mengajak anak untuk meraba lambang bilangan dengan media sterofom atau media lain berbentuk lambang bilangan lalu anak diminta menuliskan lambang bilangan tersebut. Selanjutnya guru memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisi tugas menebalkan lambang bilangan atau huruf dengan proses yang benar misalnya untuk menulis angka lima dimulai dengan mengajak anak untuk mengimajinasikan lambang bilangan atau huruf yang akan dibuat. Langkah berikutnya guru memberikan kegiatan pelatihan tambahan berupa puzzle lambang bilangan atau huruf kepada anak yang sering melakukan kesalahan, dan memberikan penguatan untuk hasil anak yang baik mendapatkan stempel bintang pada lembar kerjanya.

Netti Hernawati

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

  1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut.
  2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya
  3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun
  4.  Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

  1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
  2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

  1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

Evanigustiningtyas

Pakar Dosen

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman bagaimana seorang guru PAUD  mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf  p, d, dan b. Guru sudah  baik dalam menjelaskan penggunakan huruf dengan contoh suku kata yang menggunakan huruf p,d dan b, yang menggunakan media kartu huruf.

Namun demikian penjelasan guru tersebut   tampaknya masih sulit  diikuti siswanya, sehingga kesannya anak pasif hanya mendengarkan saja.  Barangkali anak akan lebih mudah bila guru menggunakan strategi bermain misalnya melalui lomba mengelompokkan huruf yang sama. Media yang digunakan guru cukup bagus hanya kurang beragam. Bisa dengan mengelompokan pemakaian huruf b dimana warnanya diberi warna biru semua, huruf p di beri warna putih semua dan d berwarna yang lain.

Untuk materi sudah sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku tentang pengembangan bahasa anak usia 5 -6 tahun.

Melalui metode yang digunakan  guru dalam video ini, anak  akan memiliki pemahaman tentang perbedaan huruf p,d, dan b . Video tersebut bisa jauh lebih bermanfaat bagi siswa dan guru jika dilanjutkan dengan  evaluasi yang merata, sehingga semua anak dapat diketahui pemahamannya masing-masing

Secara umum sudah bagus, himbauan ke depan lebih meningkatkan keaktifan anak dengan beragam penggunaan media kartu huruf atau kartu kata khususnya penggunaan huruf p,d, dan b.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Pakar Guru
1. Cara guru membuka materi masih berpusat pada guru, dan anak menjadi pendengar, anak tidak di beri kesempatan untuk mengungkapkan/ berpendapat/mengamati/mempresentasikan tentang huruf tersebut. 2. Penggunaan strategi yang tepat anak diajak untuk bereksplore dengan huruf yang mirip ini, agar mampu membedakan bentuk huruf p b d tersebut, tidak hanya dari Ape yang ada tetapi juga dengan gerakan tubuh anak itu sendiri, sehingga anak akan mengetahui letak setengah lingkaran untuk huruf b d dan p dengan benar dari posisi dirinya 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 5-6 tahun 4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu :

Pengembangan bahasa, dengan lingkup perkembangan bahasa usia 5-6

1. Mengungkapkan bahasa (K13) materi berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 2. Keaksaraan (K13)materi menyebutkan symbol huruf yang dikenal

Lingkup perkembangan kognitif

1. Berfikir simbolik (K13) TPPA 3.4 mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan
Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,909 Comments

  1. Nama : Yenny Ayu Damayanti
    NIM : 858743857
    Prodi : PG PAUD -BI
    Judul : Seri Pengembangan Fisik ( Anak tidak dapat membedakan huruf yang sama )
    Lokasi : Didalam kelas
    Kelompok usia 4 Th
    Ringkasan materi :
    Di dalam video tersebut cara guru mengatasi anak yang tidak dapat membedakan huruf yang mirip seperti huruf P, b dan d sudah sangat bagus. Bu guru sebelum mengajar mengenalkan anak huruf-huruf tersebut dengan menulis di selembar kertas dengan ukuran yang sangat besar. Bu guru juga mengajak anak didiknya untuk mengikuti gerakannya menulis di angkasa. Tak hanya itu, bu guru juga mengajak anak untuk membaca 2 kata yang mengandung huruf yang sama, seperti “ Papa dodi, beli buku, papa bobo” dengan memberi warna pada huruf yang sama sehingga anak-anak mudah mengingat dan membedakannya.

    B. Dalam video tersebut dalam mengevaluasi anak didiknya sudah terlihat dengan adanya unjuk kerja seperti guru mengajak anak untuk membuat huruf secara langsung dengan menuliskannya dipapan tulis. Sehingga guru akan tahu mana anak yang sudah bisa dan mana anak yang belum bisa.
    C. hal yang harus diperbaiki guru adalah guru harus membawa media huruf selain huruf yang ditulis dikertas dengan ukuran yang besar, seperti guru dapat membawa beberapa huruf ( p,b dan d ) dimana huruf P diberi warna merah, huruf b diberi warna biru dan d diberi warna hijau. Jadi sebelum kegiatan dimulai anak-anak diajak bermain mengumpulkan huruf yang sama sehingga anak-anak bisa lebih antusias dan lebih semangat.

  2. Nama : Dewi Nirmalasari
    Nim : 859625261
    Prodi. : S1 PG PAUD
    Menurut saya yang dilakukan guru dalam video anak tidak dapat membedakan huruf yang sama sudah tepat. Tetapi mungkin cara itu tidak dapat di terima oleh semua siswa mengingat setiap anak memiliki konsentrasi dan kemampuan yang berbeda -beda.
    Sebagai refleksi dari saya guru dapat menambah metode dengan cara mengistilahkan huruf-huruf tersebut seperti b itu baju, d itu dada, p itu papa. Dengan kata yang sehari-hari kita pakai Mudah-mudahan anak akan lebih mudah mengingat. Terimakasih

  3. nama : SUGIATI
    nim : 858858229
    prodi : S1 PGPAUD

    menurut saya video diatas cukup bagus dalam menjelaskan perbedaan huruf yang mirip seperti b,d dan p untuk anak usia 4 tahun, dikarnakan guru sangat telaten dan sangat sabar dalam menjelaskan berbedaan kemiripan dari 3 huruf tersebut dan anak akan lebih konsentrasi dan fokus dalam mendengarkan penjelasan guru, alangkah baiknya guru sebaiknya menjelaskan 3 huruf tersebut dengan cara bermain untuk membuat bentuk huruf b,d dan p dari menyusun puzzel, membuat dari plastisin atau dari bahan loostpart.

  4. Nama : Indira Suciaty
    Nim : 859414759
    POKJAR : MAKASSAR
    Prodi : PGPAUD S1

    Menurut saya, pada dasarnya guru sudah mampu mengatasi dan mengajari anak yang belum bisa membedakan huruf yang mirip. Tetapi, alangkah baiknya media pembelajaran dan metode pembelajaran yang ibu gunakan harus lebih menarik dan variatif.

    Dengan cara membentuk huruf p, d dan b menggunakan jari, mengajak anak untuk berimajinasi pada huruf tsb. Misal huruf b itu bentuknya seperti ibu hamil, dll..

  5. Nama : Dwi Ningsih
    Nim : 857844321
    Prodi : PGPAUD S1
    menurut saya setelah menonton vidio tentang cara membedakan huruf ” b, d, p “. dalam vidio tersebut alat peraga guru kurang atau bisa ditambah dengan alat peraga lainnya, seperti kartu huruf, tepung terigu atau pasir kinestik untuk anak menuliskan dan menyebutkan huruf huruf tersebut. guru bisa memberikan contoh huruf huruf tersebut dengan menulis dipapan tulis kemudian anak anak bisa menyebutkan dan menuliskan huruf huruf tersebut di pasir kinestik, tepung terigu, menuliskan kembali dibuku atau papan tulis atau bisa dengan mengambil kartu huruf dengan menunjukkan huruf huruf tersebut.

  6. Nama: Shintya Rizki Salsabilla (85744228)
    PGPAUD (POKJAR Sragen)

    a. Judul: Anak tidak dapat membedakan huruf yang sama
    Lokasi: Di dalam kelas
    Kelompok anak : 4 tahun

    Ringkasan Materi: Anak yang menulis huruf terbalik dan memiliki kesulitan membedakan beberapa huruf sepertu huruf b,d, dan huruf p karena memiliki kemiripan dalam bentuk. di dalam video tersebut diberikan beberapa cara mengatasi anak menulis huruf terbalik.

    b. Iya, dalam video tersebut Guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini. contohnya: guru mengajak anak untuk menuliskan huruf di udara, mengajak anat satu persatu untuk menuliskan huruf-huruf yang memiliki kemiripan seperti huruf b, huruf d, huruf p.

    c. Menuruf saya ada sedikit yang harus diperbaiki guru adalah cara guru memberikan pembelajaran masih kurang aktif, belum memberikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan pendapatnya tentang pembelajaran.

  7. Nama: Darsini
    NIM : 857845061
    Prodi: PGPAUD S1
    a. Judul: Anak tidak dapat membedakan huruf yang sama
    Lokasi: Di dalam kelas
    Kelompok anak : 4 tahun
    Ringkasan Materi: Anak yang menulis huruf terbalik dan memiliki kesulitan membedakan beberapa huruf sepertu huruf b,d, dan huruf p karena memiliki kemiripan dalam bentuk. di dalam video tersebut diberikan beberapa cara mengatasi anak menulis huruf terbalik.
    b. Iya, dalam video tersebut Guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini. contohnya: guru mengajak anak untuk menuliskan huruf di udara, mengajak anat satu persatu untuk menuliskan huruf-huruf yang memiliki kemiripan seperti huruf b, huruf d, huruf p.
    c. Menuruf saya ada sedikit yang harus diperbaiki guru adalah cara guru memberikan pembelajaran masih kurang aktif, belum memberikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan pendapatnya tentang pembelajaran.

  8. Nama: Septa Ayu AMbarwati
    Prodi : PGPAUD S1 (POKJAR SRAGEN)
    NIM: 857844812
    a. Judul: Anak tidak dapat membedakan huruf yang sama
    Lokasi: Di dalam kelas
    Kelompok anak : 4 tahun
    Ringkasan Materi: Anak yang menulis huruf terbalik dan memiliki kesulitan membedakan beberapa huruf sepertu huruf b,d, dan huruf p karena memiliki kemiripan dalam bentuk. di dalam video tersebut diberikan beberapa cara mengatasi anak menulis huruf terbalik.
    b. Iya, dalam video tersebut Guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini. contohnya: guru mengajak anak untuk menuliskan huruf di udara, mengajak anat satu persatu untuk menuliskan huruf-huruf yang memiliki kemiripan seperti huruf b, huruf d, huruf p.
    c. Menuruf saya ada sedikit yang harus diperbaiki guru adalah cara guru memberikan pembelajaran masih kurang aktif, belum memberikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan pendapatnya tentang pembelajaran.

  9. Nama: IKE YULIATI
    PGPAUD S1
    POKJAR Sragen
    a. Judul: Anak tidak dapat membedakan huruf yang sama
    Lokasi: Di dalam kelas
    Kelompok anak : 4 tahun
    Ringkasan Materi: Anak yang menulis huruf terbalik dan memiliki kesulitan membedakan beberapa huruf sepertu huruf b,d, dan huruf p karena memiliki kemiripan dalam bentuk. di dalam video tersebut diberikan beberapa cara mengatasi anak menulis huruf terbalik.
    b. Iya, dalam video tersebut Guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini. contohnya: guru mengajak anak untuk menuliskan huruf di udara, mengajak anat satu persatu untuk menuliskan huruf-huruf yang memiliki kemiripan seperti huruf b, huruf d, huruf p.
    c. Menuruf saya ada sedikit yang harus diperbaiki guru adalah cara guru memberikan pembelajaran masih kurang aktif, belum memberikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan pendapatnya tentang pembelajaran.

  10. Nama : Dyah Ayu Utari Dewi
    NIM : 858171892
    Prodi : PGPAUD B1 semester 2
    Menurut pendapat saya apa yang dilakukan guru dalam pembelajaran pengenalan huruf sudah bagus dan menarik sehingga membuat anak-anak lebih mudah membedakan huruf-huruf tersebut. namun masih ada beberapa hal masih harus diperbaiki seperti mengenalkan dulu konsep huruf terlebih dahulu menggunakan media kartu yang besar tadi dengan pengucapan yang berulang dan menjelaskan kepada anak perbedaan bunyi yang memiliki kemiripan, kurangnya penggunaan media atau APE yang menyenangkan agar lebih menarik dalam pembelajaran, sehingga anak-anak menjadi senang dan juga mudah mengingat bentuk huruf yang hampir mirip tersebut contohnya puzzle atau stemple huruf serta bisa menggunakan media yang ada di lingkungan sekitar anak seperti menulis di tanah atau pasir, menata batu kecil atau biji-bijian membentuk huruf-huruf tersebut.

Leave a Reply