Sinopsis
Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPA di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya bahkan tidak mendengarkan penjelasannya (tidak focus). Solusi yang ditawarkan dalam program ini untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan beberapa langkah, yaitu: memetakan anak yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual lalu guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak focus tersebut.
Hartinawati
Memberikan alternatif solusi untuk guru yang siswanya tidak fokus dalam mengikuti pelajaran.
Pada saat membuka pelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan guru tidak melakukan apersepsi, tapi guru menutup pelajaran dengan baik, yaitu memberikan motivasi belajar (mengerjakan PR) agar nilai akhir terbantu.
Guru menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Guru melakukan refleksi setelah mengajar, kemudian mencoba mendekati siswa yang tiak fokus belajar. Setelah memahami masalahnya, guru memberikan perhatian khusus dan memotivasi siswa-siswa yang kurang fokus.
Video ini bagus sebagai video pembelajaran, perlu ditonton oleh guru yang mempunyai masalah yang sama, yaitu siswa dikelasnya tidak fokus dalam belajar.
Yang perlu dicontoh dari guru dalam video ini adalah:
Guru selalu melakukan refleksi kemudian mencoba mencari solusi dengan terlebih dulu mencari tau masalah siswa.
Saran:
Sebaiknya guru tidak pelit dalam memberikan pujian sebagai penguatan
Deetje Sunarsih
Nama : Erina Oktavira
NIM : 858071557
UPBJJ : Pontianak
Judul : Anak Tidak Fokus Ketika Guru Menjelaskan
Menurut saya konsentrasi sangat penting bagi keberhasilan seorang siswa dalam belajar. Konsentrasi belajar atau kemampuan seseorang dalam memusatkan pikiran pada kegiatan tertentu dapat memaksimalkan kemampuan siswa menyerap inti pembelajaran yang disampaikan oleh Guru Pintar.
Guru Pintar harus menghimbau semua siswa untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk belajar seperti buku, alat tulis, dan alat penunjang lain yang di butuhkan. Hal berikutnya yang dapat Guru Pintar lakukan untuk membuat siswa fokus dan sispa belajar adalah dengan memberikan kegiatan-kegiatan menyenangkan seperti ice breaking atau energizer yang dapat membuat siswa fokus kembali pada pelajaran.
Salah besar jika Guru Pintar ingin membuat siswa konsentrasi belajar dengan meminta mereka belajar terus menerus tanpa henti. Istirahat tidak selalu dengan membiarkan siswa berkeliaran di luar kelas. Guru Pintar dapat memberikan jeda belajar saat melihat siswa kelelahan. Guru Pintar dapat mengisi dengan bercerita atau deretan aktivitas lain yang dapat membuat siswa fresh dan sisap belajar kembali.
Nama : Selia Lestari
Nim : 856643293
UPBJJ : UT_Jambi
menurut saya dari vidio yang saya saksikan di atas siswa tidak fokus ketika guru menjelaskan pelajaran bahkan beberapa siswa ada yang mengantuk, sibuk sendiri, dan mengobrol pada saat guru menjelaskan pelajaran sehingga siswa tidak memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru tersebut. dimana pada awal pembelajaran Guru tidak memberikan motivasi kepada siswa kemudian metode pembelajaran yang digunakan tidak tepat didalam proses pembelajaran guru tidak bersemangat pada saat pembelajaran serta penyampaian materi yang tidak menarik sehingga membuat anak bosan, tidak bersemangat, dan tidak ada gairah untuk belajar. untuk meningkatkan kualitas pembelajaran hal yang sabaiknya dilakukan di awal pembelajan guru hendaknya membuat suasana kelas menjadi menyenangkan seperti memberikan motivasi diawal pembelajaran karena saat kita melakukan kegiatan biasanya ada waktu jenuh bosan untuk itu perlu ice breaking untuk mencairkan suasana seperti melakukan yel yel, menyanyi, tepuk tangan dan bermain game . ice breaking juga biasa digunakan untuk mengembalikan fokus supaya bisa Kembali mengikuti pembelajaran dengan baik. Kemudian memilih metode pembelajaran yang menyenangkan dan menarik agar pembelajaran berlangsung dengan baik.
NAMA : WAHYU ANDIKA
NIM : 501192982
Apa yang anda pelajari dari video tersebut? Saya mempelajari bagaimana cara guru tersebut memberikan materi pembelajaran kemudian memberikan pertanyaan namun perhatian peserta didik saat pembelajaran tersebut masih kurang focus dan ketika diberikan pertanyaan tidak bisa menjawab. Hal tersebut ada beberapa kemungkin factor yang mempengaruhi peserta kurang focus dalam pembelajaran dikarenakan metode yang digunakan guru kurang tepat karena menggunakan metode pembelajaran yang tidak interaktif dan komunikatif. Selanjutnya media pembelajaran salah satu factor penting dalam pembelajaran karena sebagai daya tarik peserta didik agar dapat mengikuti dan tertarik dalam pembelajaran tersebut. Sehingga peserta didik dapat memamhi dan mengerti materi apa yang dipelajari. Kemudian diawal pembelajaran seharusnya guru memberikan apresepsi sebagai langkah awal dalam pembelajaran kemudian mengaikat motivasi semangat diawal pembelajaran. Hal tesebut dapat memberikan rasa percaya diri peserta didik sehingga beban yang ada dalam pikiran mereka akan terlupakan. Namun selain itu dalam video tersebut guru sudah mampu menjalin komunikasi pendekatan agar mengetahui penyebab peserta didik kurang focus sehingga guru dapat menganalisis penyebabnya kemudian mencari solusi agar peserta didik dapat focus dalam pembelajaran
Nama : Diwi Andini Putri
Nim : 859168288
Menurut pengamatan saya,pada video tersebut siswa tidak fokus ketika guru menjelaskan pelajaran,bahkan ada beberapa siswa yang mengantuk, sibuk sendiri, dan mengobrol pada saat guru menjelaskan pelajaran, sehingga siswa tidak memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru tersebut. Guru dapat memberikan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti ice breaking,seperti tepuk tangan,bernyanyi,bermain game, sehingga dapat membuat siswa fokus kembali pada pelajaran. Guru juga dapat memilih metode pembelajaran yang menyenangkan dan menarik agar pembelajaran berlangsung dengan baik.
Nama : Santi Silvhiani
Nim: 030569452
Menurut saya banyak siswa tidak fokus dalam memperhatikan pembelajaran,ada anak asik mengobrol,tidur dan main-main,guru tidak menjelaskan tujuan dan manfaat pembelajaran,harus nya guru menjelaskan tujuan dan manfaat dari pembelajaran,guru memberikan lembar kerja dan pertanyaan sesuai dengan kompetensi siswa