Sinopsis
Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPA di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya bahkan tidak mendengarkan penjelasannya (tidak focus). Solusi yang ditawarkan dalam program ini untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan beberapa langkah, yaitu: memetakan anak yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual lalu guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak focus tersebut.
Hartinawati
Memberikan alternatif solusi untuk guru yang siswanya tidak fokus dalam mengikuti pelajaran.
Pada saat membuka pelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan guru tidak melakukan apersepsi, tapi guru menutup pelajaran dengan baik, yaitu memberikan motivasi belajar (mengerjakan PR) agar nilai akhir terbantu.
Guru menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Guru melakukan refleksi setelah mengajar, kemudian mencoba mendekati siswa yang tiak fokus belajar. Setelah memahami masalahnya, guru memberikan perhatian khusus dan memotivasi siswa-siswa yang kurang fokus.
Video ini bagus sebagai video pembelajaran, perlu ditonton oleh guru yang mempunyai masalah yang sama, yaitu siswa dikelasnya tidak fokus dalam belajar.
Yang perlu dicontoh dari guru dalam video ini adalah:
Guru selalu melakukan refleksi kemudian mencoba mencari solusi dengan terlebih dulu mencari tau masalah siswa.
Saran:
Sebaiknya guru tidak pelit dalam memberikan pujian sebagai penguatan
Deetje Sunarsih
Nama : Rita Anggraini
NIM : 501173033
Program Studi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT : Palembang
Dari video tersebut saya dapat mempelajari bahwa seorang guru IPA di SMP menghadapi masalah dimana siswanya tidak dapat menjawab pertanyaan dan tidak focus pada penjelasannya. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa solusi yang ditawarkan termasuk memetakan siswa yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan melakukan pendekatan secara individual pada siswa tersebut dengan cara yang persuasif. Ini menunjukkan bahwa seorang guru harus dapat mencari cara yang kreatif dan efektif untuk mengatasi masalah konsentrasi siswa agar dapat membantu mereka memahami materi pelajaran dengan lebih baik.
Saya perhatikan beberapa hal dalam video tutorial ini, yaitu:
a. Guru menggunakan metode pembelajaran secara tidak tepat.
b. Guru hanya aktif menjelaskan materi, sehingga tidak ada reaksi dari siswa.
c. Siswa tidak ditempatkan dalam kelompok diskusi dan LKS tidak dibagikan kepada siswa.
d. Rangkuman materi pembelajaran.
e. Tidak ada apersepsi akhir.
Langkah-langkah yang bisa disarankan dalam program untuk mengatasi masalah siswa yang tidak focus pada pelajaran IPA adalah memetakan siswa yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan mendekati siswa secara individual dengan pendekatan persuasif. Pendekatan persuasif yang dimaksud dapat berupa cara-cara yang membuat siswa merasa tertarik dan termotivasi dalam belajar, seperti memberikan contoh kasus nyata yang relevan dengan pelajaran, membuat kelas menjadi lebih interaktif, memberikan tantangan yang dapat memacu semangat siswa, dan sebagainya.
Manfaat dari pembelajaran tersebut adalah meningkatkan kemampuan seorang guru dalam menyelesaikan masalah dalam kelas dan meningkatkan keterampilan komunikasi mereka dalam berinteraksi dengan siswa secara persuasif. Selain itu, pembelajaran ini juga dapat membantu guru untuk mengembangkan strategi pengajaran yang lebih efektif, sehingga dapat memaksimalkan potensi belajar siswa di kelas.
Masukan dan saran saya tentang video tersebut adalah perlu ditambahkan beberapa solusi alternatif yang dapat membantu guru dalam mengatasi masalah siswa yang tidak fokus. Selain itu, sebaiknya juga dijelaskan mengenai penyebab siswa menjadi tidak fokus, sehingga guru dapat lebih memahami permasalahan tersebut dan mengembangkan strategi yang lebih baik. Selain itu, mungkin perlu ditambahkan saran bagi guru untuk mengembangkan suasana kelas yang kondusif dan memotivasi siswa agar lebih fokus pada pembelajaran.
Dengan demikian, langkah-langkah yang ditawarkan dalam pembelajaran tersebut dapat membantu guru IPA di SMP untuk mengatasi masalah siswa yang tidak focus pada pelajaran. Namun, perlu diingat bahwa setiap siswa memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda, sehingga pendekatan yang dilakukan harus disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa masing-masing.
Nama : Susanti
NIM : 501173105
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT : Palembang
Dari video tersebut saya dapat mempelajari bahwa guru IPA di SMP menghadapi masalah dimana siswanya tidak dapat menjawab pertanyaan dari guru dan tidak fokus pada saat belajar. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa solusi yang ditawarkan pada video ini yaitu guru memetakan anak yang tidak fokus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual lalu guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak focus tersebut. hal yang dapat saya pelajari dari video tersebut adalah bagaimana seorang guru cepat bereaksi pada hal yang terjadi dan segera merefleksi diri untuk perbaikan pembelajaran.
Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian siswa saat belajar yaitu
1. Terapkan belajar sambil bermain
2. Gunakan media pembelajaran yang menyenangkan
3. Gunakan model pembelajaran yang bervariasi
4. Pemberian reward
5. Bernyanyi di awal pembelajaran
Dengan melakukan cara yang diatas diharapkan agar bisa menarik perhatian siswa dan menjadikan siswa lebih fokus belajar.
Nama : Mirnawati
NIM : 501173176
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Palembang
setelah saya perhatikan video di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada siswa yang menjawab dan memperhatikan penjelasan guru mata pelajaran IPA tersebut. Hal ini terjadi karena guru hanya menggunakakan metode ceramah. Menurut Nizar dan Hasibuan (2011:58), metode ceramah adalah metode yang memberikan penjelasan-penjelasan sebuah materi. Biasa dilakukan di depan beberapa orang peserta didik. Metode ini menggunakan bahasa lisan. Peserta didik biasanya duduk sambil mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan pendidik. dengan metode ini yang terlihat aktif adalah guru sedangkan siswanya kelihatan pasif. Syarat mutlak suatu tujuan pembelajaran bisa tercapai adalah ketika siswa memperhatikan, fokus dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran, kata kunci utama agar siswa bisa memahami suatu materi adalah ketika mereka memperhatikan penjelasan guru dengan seksama dan mereka bisa menjawab pertanyaan yang disampaikan guru tersebut.
berbagai cara yang dapat digunakan dalam menarik perhatian siswa agar penjelasan yang dijelaskan guru dapat difahami
1. menerapkan pembelajaran sambil bermain
2.menggunakan media pembelajaran
3. variasi model dan metode pembelajaran
4.pemberian reward
5. suara yang digunakan harus lantang
6. melakukan ice breanking dan bernyanyi disela pembelajran
7. memberikan pertanyaan yang membuat siswa penasaran.
Nama : Eneng Fenti Nurnianingsih
NIM : 501203025
UPBJJ : Jakarta
Banyak faktor yang menyebabkan murid tidak konsestrasi di kelas, Menurut pendapat saya, apa yang sudah dilakukan Bapak guru dalam video tersebut sudah tepat.
Dengan melakukan, refleksi guna mencari tahu penyebab, kemudian melakukan pendekatan, melalukan evaluasi dan merubah strategi mengajarnya memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan konsentrasi siswa.
Kesadaran dari dalam diri untuk sabar dan peka dalam memperhatikan siswa dengan pendekatan yang tepat dan menjadikan siwa pusat perhatian dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi belajar dan siap mengerjakan tugas/pekerjaan rumah yang diberikan.
Nama : Nur Afiana
Nim : 501173019
Prodi : Magister pendidikan dasar
Masalah dalam vidio tersebut sangat sering terjadi di sekolah kami,dimana masih ada sebagian siswa yang tituntut untuk membantu pekerjaan orang tua.
Dari vidio tersebut dapat dilihat juga fokus siswa terbagi antara lelah dan pembelajaran yang kurang menarik dan juga cara guru memberi pertanyaan sangat mengejutkan sehingga siswa tidak lagi sempat berfikir.
namun trik guru dalam memperbaiki dan mengubah gaya mengajar sangat menarik dan patut ditiru.
jadi sebagai guru kita harus memikirkan bagaimana proses kita menjadi perhatian siswa.
Nama : Eko Triono
NIM : 501173151
Mahasiswa : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Palembang
menurut pengamatan dalam video pembelajaran tersebut ditemukan adanya kelemahan sebagai berikut:
1. Guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang tepat
2. Guru menjadi objek pembelajaran sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran
3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa terkesan hanya mengandai andai saja
4. Pembagian waktu dalam pembelajaran yang kurang tepat sehingga pada saat guru melakukan tanya jawab belum ada tindak lanjut waktu sudah habis
namun Guru tersebut cepat dalam melakukan refleksi sehingga pada saat pembelajaran berikutnya siswa dapat berubah menjadi aktif dan bisa fokus dalam pembelajaran.
menurut Howard Gardner ( 1983) mengemukakan bahwa pembelajaran yang efektif harus memperhitungkan berbagai macam kecerdasan siswa, dan bahwa penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan dapat membantu siswa belajar lebih baik.
Nama : Risma Yunita
Nim : 501173183
Prodi : Megister Pendidikan Dasar
Pada Vidio ini sangat sering terjadi didunia pendidikan mulai dari guru yang kurang kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran menjadi tidak menarik bagi siswa dan siswa yang terbagi lelahnya disekolah dan dirumah sehingga pembelajaran yang berlangsung menjadi sia-sia, tetapi hal yang patut dicontoh dari vidio ini guru mau merubah cara mengajarnya sehingga guru berfikir bagaimana cara membuat siswanya bisa semangat belajar dan guru juga mencari tahu apa kekurangan dari pembelajaran yang dilakukannya dan apa penyebab siswanya menjadi tidak tertarik untuk memperhatikan pembelajaran yang diberikan guru.
Solusi guru untuk memecahkan maslah ini yaitu dengan perubahan cara mengajar guru yang hanya menggunkan ceramah saja tetapi guru harus berinovasi dalam media dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga untuk meningkatkan dan menarik perhatian anak didik. selain itu didalam vidio ini solusi yang dilakukan oleh guru tersebut yaitu :
– guru harus sabar dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian khusus bagi anak-anak yang memerlukan bimbingan khusus
– guru dapat memandang anak untuk menarik perhatian mereka
– guru sesekali memberikan pertanyaan tanpa menyebut nama dan diberi waktu untuk menjawab
Nama : Ellya Reviana
NIM : 501132797
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Masalah seperti dalam vidio tersebut sering juga terjadi di sekolah kami, dimana kurang fokus nya anak ketika guru menjelaskan pelajaran yterlebih menggunakan metode ceramah dan siswa pun akan sering termenung dan menekurkan kepala kemeja.
Dari vidio tersebut dapat kita ambil trik dan cara agar siswa tidak drop dalam menerima pelajaran dan dapat kita tiru bagimana supaya siswa lebih senagta lagi dalam mengikutu pelajaran.
Jadi sebagai seorang guru kita harus menggunakan cara bagiaman supaya di kelas anak bisa memperhatiakn kita dan anak bisa aktif dalam pembelajaran dan guru memeberikan media yang menarik untuk anak.
Nama : Dini Apriyanti
NIM: 501233107
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Bandung
Proses pembelajaran seperti di video tersebut banyak dialami ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Peserta didik tidak fokus ketika guru menjelaskan banyak faktor yang mempengaruhi keadaan tersebut diantaranya faktor yang berasal dari lingkungan keluarga yaitu peserta didik ada yang kelelahan sehabis membantu orang tuanya, ada yang tidak semangat karena orang tuanya sering bertengkar. Kita sebagai guru harus peka dengan keadaan setiap murid yaitu dengan memberikan perhatian dan waktu yang lebih untuk anak-anak tersebut, sehingga anak-anak tersebut dapat mencurahkan perasaannya dan kita dapat memberikan motivasi dan solusi agar anak tersebut dapat semangat dalam belajar ditengan masalah yang sedang mereka alami. Dan kita pun harus dapat mengemas proses pembelajaran semenarik mungkin agar peserta didik dapat semangat belajar.
Nama : ANANG RASIDI
NIM : 501453235
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Asal UPBJJ-UT : Jayapura
Setelah menonton video yang disajikan, saya menyadari bahwa masalah anak yang tidak fokus saat belajar sering terjadi pada saat saya mengajar. Saya dapat melihat dari aktivitas anak saat saya menjelaskan dan dari tatapan kosong mereka. Hal ini tentu sangat merugikan anak karena mereka tidak dapat memperoleh ilmu yang seharusnya mereka dapatkan.
Solusi yang ditunjukkan dalam video sangat sesuai dengan praktik saya. Saya biasanya memanggil siswa yang tidak fokus secara individual dan bertanya kepada mereka apa penyebab ketidakfokusan mereka dalam belajar. Kemudian, saya memberikan nasihat dan motivasi untuk mendorong mereka untuk lebih bersemangat dalam belajar.
Selain itu, saya juga mencoba untuk memvariasikan bentuk pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan tertarik dalam pembelajaran.