Sinopsis

Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPA di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya bahkan tidak mendengarkan penjelasannya (tidak focus). Solusi yang ditawarkan dalam program ini untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan beberapa langkah, yaitu: memetakan anak yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual lalu guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak focus tersebut.

Hartinawati

Memberikan alternatif solusi untuk guru yang siswanya tidak fokus dalam mengikuti pelajaran.

Pada saat membuka pelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan guru tidak melakukan apersepsi, tapi guru menutup pelajaran dengan baik, yaitu memberikan motivasi belajar (mengerjakan PR) agar nilai akhir terbantu.

Guru menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Guru melakukan refleksi setelah mengajar, kemudian mencoba mendekati siswa yang tiak fokus belajar. Setelah memahami masalahnya, guru memberikan perhatian khusus dan memotivasi siswa-siswa yang kurang fokus.

Video ini bagus sebagai video pembelajaran, perlu ditonton oleh guru yang mempunyai masalah yang sama, yaitu siswa dikelasnya tidak fokus dalam belajar.

Yang perlu dicontoh dari guru dalam video ini adalah:
Guru selalu melakukan refleksi kemudian mencoba mencari solusi dengan terlebih dulu mencari tau masalah siswa.

Saran:
Sebaiknya guru tidak pelit dalam memberikan pujian sebagai penguatan

Deetje Sunarsih

Similar Posts

105 Comments

  1. Nama : Indah Permatasari
    NIM : 501172973
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT : Palembang

    Setelah mengamati video tersebut, Masalah seperti yang terjadi pada adegan yang terdapat di dalam video tersebut juga penah di alami oleh guru disekolah saya. Hal yang dapat kita amati dalam video tersebut yaitu Guru tidak menggunakan metode pembelajaran dengan baik, Guru hanya aktif sendiri dalam menjelaskan materi, sehingga tidak ada umpan balik dari siswa terhadap guru. Guru Langsung bertanya kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang ditanyakan, Tidak merangkumkan kembali materi pembelajaran serta Tidak melakukan kegiatan penutup. Hal lain yang saya pelajari dari video tersebut adalah seberapa cepat guru bereaksi terhadap hal-hal yang terjadi dan segera berpikir untuk memperbaiki pembelajaran. Hal ini penting dan perlu dilakukan secara terus menerus oleh guru untuk memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dan unik.

  2. Nama : Sarianto
    NIM : 501574273
    Prodi : MPDR

    Dari video ini saya mempelajari bahwa pentingnya seorang guru memperhatikan bagaimana siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan harus cermat menemukan kendala yang dihadapi siswa. Kemudian, guru harus mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan langkah-langkah yang efektif agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal. Di dalam video ini ada beberapa solusi yang ditawarkan terkait mengatasi masalah siswa yang tidak fokus dalam belajar yakni dengan memberikan bimbingan khusus, memandang siswa beberapa waktu, dan sesekali memberikan pertanyaan dengan memberikan jeda waktu dalam menjawabnya.
    Sebagai masukan juga, untuk menarik perhatian siswa guru dapat menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dengan diselingi games-games ringan dan ice breaking. Pembelajaran konvensional dan monoton harus diganti dengan pendekatan PAIKEM.

  3. Nama : Rosni Erlinda
    NIM : 501133101
    Prodi : Megister Pendidikan Dasar
    UPJJ : Padang
    Saya juga sering mengalami masalah tersebut dalam kegiatan pembelajaran, maka kita sebgai pendidik harus memberikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan murid,gaya belajar murid, minat , bakat, gaya belajar murid. Kita harus mampu memenuhi semua kebutuhan siswa dalam belajar, apabila kebutuhan murid dalam belajar dapat kita penuhi, maka pembelajaran itu akan menjadi menarik dan murid-murid akan senang belajar, tidak membagi perhatian dalam belajar, sehingga akan terwujud nantinya wellbeing

  4. Nama : MOHAMAD GAGAN NAZMUDINDIREJA
    NIM : 501233185
    Program : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Bandung

    Ketika saya menonton videonya dan mempelajarinya di video tersebut seharusnya guru harus menyiapkan siswa ketika pembelajaran belum di mulai, seperti siswa harus berdo’a terlebih dahulu, kegiatan apersepsi, dan kegiatan-kegiatan lainnya di dalam kelas, dan di saat kegiatan awal proses pembelajaran berlangsung seharusnya guru harus betul-betul mempersiapkan siswanya dalam keadaan betul-betul siap dalam memusatkan perhatiannya terhadapa kegiatan pembelajaran yang akan di bahas oleh guru. Guru juga harus peka dan bersabar kepada siswa ketika di dalam suatu proses pembelajaran sedang berlangsung, dan itu akan berpengaruh terhadap berhasilnya suatu pembelajaran. Selanjutnya dari video tersebut menceritakan ketika guru melihat suatu permasalahan yang ada pada muridnya maka guru tersebut cepat respon dan bereaksi dan cepat merefleksi di dalam diri guru itu sendiri untuk segera memperbaiki di dalam pembelajarannya. Dan hal itu harus terus di lakukan terus menerus oleh guru untuk memberikan pelayanan pendidikan yang baik kepada siswanya dalam suatu kebutuhan belajar siswa, dan siswa itu beragam dan siswa punya karakter masing-masing. Dengan pendekatan dialog dan pendekatan personal apa yang di lakukan oleh guru kepada siswa, menurut saya itu sangat tepat sekali. Murid harus siap dalam belajar, guru harus sabar dan peka terhadap siswa apa yang di inginkan siswa supaya siswa dalam belajar bisa paham dan siswa merasa semangat dalam belajar, karena siswa itu beragam dan guru harus terus merefleksi terhadap masalah siswa dan itu harus di ulang-ulang sampai behasil, sehingga dampak yang di hasilkan adalah peningkatan belajar siswa di kelas.

  5. Nama : Andi Fatimah
    NIM : 031160851
    Prodi : Pendidikan Biologi
    UPBJJ : UT-Tarakan

    Masalah anak tidak fokus atau kurang konsentrasi ketika guru menjelaskan memang kerap dialami oleh guru-guru termasuk saya sendiri. Mereka menyimak tapi pikiran mereka ke arah lain dan ada pula yang tidak menyimak sama sekali dan cerita dengan temannya ketika tidak dilihat oleh guru. Salah satu cara yang bisa guru lakukan agar mengatasi hal ini yaitu bertanya kepada siswa hal apa yang menyebabkan tidak fokus dan bisa juga dengan menyelingi pembelajaran dengan permainan konsentasi.

  6. Dari video ini, sering juga saya alami pada saat proses pembelajaran berlangsung, banyak nya siswa yang kurang peduli terhadap pelajaran atau siswa yang aktif hanya itu-itu saja. Biasanya solusi yang saya lakukan dengan cara:
    1. Menunjuk salah seorang siswa yang tidak fokus dan menanyakan tentang materi yang sedang saya ajarkan, dengan cara itu siswa yang lain yang tidak fokus akan menarik perhatian mereka agar bisa fokus kembali.
    2. Dengan metode diskusi kelompok, disana saya yang akan memilihkan kelompok tersebut sesuai dengan kemampuan siswa, tujuan nya agar siswa dapat menumbuhkan rasa keberanian untuk mengemukakan pendapat mereka.

  7. Nama : Yuana Yanuarianti
    NIM : 501333213
    Prodi : Megister Pendidikan Dasar
    UPJJ : Malang
    Setelah saya menonton vidio tersebut saya mendapati bahwa dalam vidio terdapat permasalahan terhadap peserta didik.Dimana mereka kurang konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran karena permasalahan yang timbul dari masing-masing peserta didik.Karena guru merasa adanya ketidak fokusan peserta didik dalam belajar sehingga membuntuhkan suatu pendekatan persuasif yang dapat mendorong peserta didik kembali fokus dalam belajar dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik

  8. Setelah menyaksikan video, saya mendapatkan pelajaran bagaimana solusi yang ditempuh jika kita mendapati kasus sepertti dalam video. Dimana banyak siswa yang tidak fokus dalam mengikuti pelajaran. Sebagai seorang guru kita harus mengetahui kondisi kesiapan masing-masing siwa sebelum memulai pelajaran. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa siswa juga sama seperti orang dewasa yang memiliki masalah dalam kehidupannya. Maka langkah yang bisa ditempuh guru antara lain:
    1. memberikan perhatian khusus pada siswa yang berkebutuhan khusus (memiliki masalah) dengan cara menghampiri mereka dan menyanakan maslah yang dihadapinya.
    2. jika memberikan pertanyaan jangan sebutkan nama terlebih dahulu, namun lemparkan pertanyaan dan beri mereka waktu untuk berpikir.
    3. berikan tatapan kepada setiap siswa, jangan ada siswa yang luput dari pantauan guru sehingga bisa meminimalisir tindakan yang mengganggu mereka belajar seperti adanya kesibukan tersendiri.
    Video yang dibuat oleh UT sangatlah bagus dan memberi inspirasi bagi kami sebagai guru yang pasti pernah menghadapi masalah yang sama seperti yang ada di video.

  9. NAMA : DIMAS FAUZI SEPTYAWAN
    NIM : 501223288
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ UT BOGOR

    Setelah menonton video tersebut, menandakan bahwa pentingnya pendekatan yang dilakukan oleh guru. tidak hanya mengajar di dalam kelas, guru harus melakukan pendekatan guna melihat apakah siswa tersebut terdapat masalah/kesulitan dalam proses pembelajaran. selain itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar anak fokus dan konsentrasi selama guru melakukan penjelasan materi yaitu:
    1. Membuat lingkungan belajar yang kondusif
    2. Berikan perhatian khusus kepada anak, baik melalui dialog, pujian atau hadiah
    3. Gunakan metode pembelajaran yang bervariasi
    4. Diskusikan dengan anak dengan menanyakan kepada anak tentang apa yang membuatnya tidak fokus
    5. Ciptakan suasana yang menyenangkan
    6. Jika anak terus mengalami kesulitan untuk fokus, konsultasikan dengan guru atau ahli terkait biasanya dengan guru Bimbingan konseling

  10. Nama : Neng Satryani S.K
    NIN : 501213223
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Serang
    Dari

    Dari video yang telah saya amati adalah situasi proses pembelajaran dimana beberapa siswa tidak fokus terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung. Dan setelah melakukan pendekatan ternyata beberapa siswa tersebut memiliki masalah, sehingga tidak fokus dalam belajar.
    Itu pun yang kadang saya alami ketika mengajar. Hal yang saya lakukan biasanya melakukan ice breaking sebelum memulai pembelajaran akan anak lebih semangat dan lebih siap untuk memulai pembelajaran. Kemudian dalam proses pembelajaran biasanya saya menunjuk siswa untuk menanyakan perihal apa saja yang sudah saya sampaikan, tujuannya agar teman-temannya lebih fokus dan siap ketika belajar.
    Hal lainnya biasanya saya pun menanyakan kondisi anak mengapa tidak konsentrasi ketika belajar.

Leave a Reply