Sinopsis

Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPA di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya bahkan tidak mendengarkan penjelasannya (tidak focus). Solusi yang ditawarkan dalam program ini untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan beberapa langkah, yaitu: memetakan anak yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual lalu guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak focus tersebut.

Hartinawati

Memberikan alternatif solusi untuk guru yang siswanya tidak fokus dalam mengikuti pelajaran.

Pada saat membuka pelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan guru tidak melakukan apersepsi, tapi guru menutup pelajaran dengan baik, yaitu memberikan motivasi belajar (mengerjakan PR) agar nilai akhir terbantu.

Guru menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Guru melakukan refleksi setelah mengajar, kemudian mencoba mendekati siswa yang tiak fokus belajar. Setelah memahami masalahnya, guru memberikan perhatian khusus dan memotivasi siswa-siswa yang kurang fokus.

Video ini bagus sebagai video pembelajaran, perlu ditonton oleh guru yang mempunyai masalah yang sama, yaitu siswa dikelasnya tidak fokus dalam belajar.

Yang perlu dicontoh dari guru dalam video ini adalah:
Guru selalu melakukan refleksi kemudian mencoba mencari solusi dengan terlebih dulu mencari tau masalah siswa.

Saran:
Sebaiknya guru tidak pelit dalam memberikan pujian sebagai penguatan

Deetje Sunarsih

Similar Posts

105 Comments

  1. Nama : Apria Nuri Herlinda
    Nim : 501173072
    Prodi : Megister Pendidikan Dasar

    Setelah saya menonton video di atas, izin menanggapi video pembelajaran tentang menangani siswa yang kurang fokus di dalam kelas. Guru melakukan merefleksi diri permasalahan kelasnya mengapa siswa tidak fokus ketika guru menjelaskan materi pembelajaran, ketika guru bertanya tidak ada yang bisa menjawab.
    untuk mencari menyelesaikan permasalahan guru tersebut melakukan pendekatan terhadap siswa yang tidak fokus ,bertujuan untuk mengetahui alasan siswa tidak fokus selama pembelajaran.
    Setelah guru mengetahui penyebabnya maka guru tersebut mendapatkan solusinya sehingga guru dapat memberikan saran dan bantuan agar siswa dapat fokus mengikuti pembelajaran, di pertemuan berikutnya siswa sudah fokus dan bisa menjawab pertanyaan guru.
    Yang di lakukan guru sangat baik sekali yaitu guru merefleksi diri, mencari tau penyebab permasalahan pada siswa tidak fokus selama pembelajaran dan dapat menemukan solusi untuk permasalahan tersebut.

  2. Terkait solusi yang ditawarkan dalam program ini, memetakan siswa yang tidak fokus dan mendekati mereka secara individual adalah langkah yang sangat penting. Hal ini memungkinkan guru untuk lebih memahami setiap siswa secara individu dan memahami apa yang dapat memotivasi mereka untuk belajar. Setelah memahami kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa, guru dapat mengadopsi pendekatan persuasif untuk membantu siswa yang tidak fokus. Pendekatan persuasif dapat membantu siswa merasa didengar dan diterima, serta memotivasi mereka untuk memperhatikan pelajaran. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pendekatan persuasif adalah dengan membangun hubungan yang positif dengan siswa, menunjukkan minat dan dukungan pada kepentingan siswa, dan memberikan penghargaan pada prestasi siswa. Namun, perlu diingat bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan dan karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, guru perlu melakukan pendekatan secara individual dan kreatif untuk memotivasi siswa yang tidak fokus. Selain itu, guru juga dapat menggunakan metode pengajaran yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan dan gaya belajar siswa yang berbeda.

  3. nama: Tasmirah Tahir Rasid
    nim: 20-1343-0178-178926-162843
    prodi: Megister Pendidikan Dasar

    Terkait solusi yang ditawarkan dalam program ini, memetakan siswa yang tidak fokus dan mendekati mereka secara individual adalah langkah yang sangat penting. Hal ini memungkinkan guru untuk lebih memahami setiap siswa secara individu dan memahami apa yang dapat memotivasi mereka untuk belajar.

    Setelah memahami kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa, guru dapat mengadopsi pendekatan persuasif untuk membantu siswa yang tidak fokus. Pendekatan persuasif dapat membantu siswa merasa didengar dan diterima, serta memotivasi mereka untuk memperhatikan pelajaran. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pendekatan persuasif adalah dengan membangun hubungan yang positif dengan siswa, menunjukkan minat dan dukungan pada kepentingan siswa, dan memberikan penghargaan pada prestasi siswa.

    Namun, perlu diingat bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan dan karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, guru perlu melakukan pendekatan secara individual dan kreatif untuk memotivasi siswa yang tidak fokus. Selain itu, guru juga dapat menggunakan metode pengajaran yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan dan gaya belajar siswa yang berbeda.

  4. NAMA : LENI PITRIANIS
    NIM : 501132962
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Padang
    Berdasarkan Vidio yang yang saya tonton di atas saya melihat bahwa metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut kurang menarik bagi siswa karena hanya berpusat pada guru dan gurupun tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat menunjang proses pemeblajaran.menurut pendapat saya sebagai pendidik kita hendaknya dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan.kita juga harus mengetahui kebutuhan dari peserta didik kita dengan melakukan pendekatan-pendekatan seperti yang telah dilakukan oleh guru tersebut.Dengan pendekatan yang dilakukan oleh guru yang ada dalam vidio tersebut dapat mengetahui masalah atau kendala yang meyebabkan siswa tidak fokus dalam menerima pemebelajaran. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan harapan dan tujuan pembelajaranpun dapat terwujud.

  5. Nama : Leni Pitrianis
    Nim : 501132962
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Padang

    Berdasarkan vidio yang saya tonton di atas menunjukkan bahwa Metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut kurang menarik minat peserta didik karena hanya berpusat pada guru.guru juga tidak menggunakan media pembelajaranyang dapat mendukung proses pemebelajaran sehingga peserta didik pun tidak fokus dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru tersebut.Sebagai pendidik kita hendaknya dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik selain itu kita juga harus mengetahui kebutuhan mereka.

    solusi yang dilakukan guru tersebut sudah tepat dengan melakukan pendekatan secara langsung pada siswanya untuk mengetahui permasalahan yang dapat menghambat proses pembelajaran dengan begitu guru dapat mengetahui dan memperbaiki cara mengajar serta menyesuaikannya dengan kebutuhan dan karakteristik mereka masing-masing sehingga tujuan dari proses pembelajranpun dapat dengan mudah tercapai.

  6. Nama : Aida Fitria
    NIM : 501202926
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Jakarta
    Manfaat dari video pembelajaran dengan judul anak tidak fokus ketika guru menjelaskan adalah saya merefleksi diri bahwa sebagai guru harus kreatif dalam mengelola pembelajaran. Dalam hal ini ada beberapa factor mengapa siswa menjadi tidak focus saat belajar. Peran guru sebagai motivator harus bisa membangkitkan kembali semangat siswa dalam belajar. Selain itu, menurut saya pada video tersebut guru tidak selalu menggunakan metode ceramah, guru bisa menerapkan metode yang bervariasi. Hal ini bertujuan agar siswa belajar dengan senang sehingga penerimaan materipun akan mudah. Pada video pembelajaran tersebut bisa menerapkan metode problem basic learning maupun diskusi yang disesuaikan dengan materi pelajaran yang sedang dibahas yaitu tentang makhluk hidup. Siswa bisa diberikan kesempatan untuk observasi di lingkungan sekolah.

  7. Nama : Elfrida Maryati Kleor
    NIM : 501453203
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Di dalam vidio tersebut seorang guru sedang mengajar namun dalam pembelajaran tersebut peserta didik tidak fokus mengikuti pelajaran. Sehingga peserta didik tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Dengan melihat peserta didik yang tidak fokus maka guru merefleksi diri dan melakukan pendekatan. Denagn melakukan pendekatan , guru menemukan apa penyebab peserta didik tidak fokus yaitu peserta didik memiliki persoalan. setelah menemukan penyebabnya maka gurupun mencari dan menemukan solusi yang tepat yaitu dengan memberikan saran dan memberikan perhatian kepada peserta didik yang memiliki persoalan sehingga peserta didik dapat fokus mengkuti pembelajaran. Selain itu gurupun mengubah cara atau pola dalam memberikan pertanyaan kepada siswa, yang mana dalam pertemuan pertama guru terlebih dahulu menunjuk peserta didik dan langsung mengajukan pertanyaan sehingga tidak memberikan jeda waktu untuk peserta didik dapat berfikir namun dalam pertemuan kedua guru memberikan pertanyaan secara umum kepada peserta didik kemudian menunjuk salah satu siswa untuk menjawab Sehingga dalam pertemuan berikut peserta didik sudah fokus mengikuti pelajaran dan dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Jika saya berada posisi guru tersebut maka sayapun akan melakukan hal yang sama dan akan membangkitkan perhatian peserta didik.

  8. Nama : MUHAMMAD FAKRI RAMBE
    NIM : 501574155
    Prodi : Pendidikan Dasar (MPDr)
    UPBJJ : Medan

    Komentar terhadap video:
    Berdasarkan video tersebut menurut saya, yang menyebabkan anak tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran dapat dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
    Faktor internal seperti : 1) pembelajaran yang monoton sehingga siswa cenderung merasa bosan, 2) siswa yang terlalu aktif juga terkadang sulit untuk fokus dalam memperhatikan guru, biasanya siswa yang telalu aktif mengerjakan sesuatu padahal guru sedang menjelaskan ; 3) kurangnya pendekatan guru kepada siswa
    Faktor eksternal seperti permasalahan yang dialami siswa diluar sekolah seperti dirumah, dengan keluarga, maupun lingkungan dapat mempengaruhi gaya belajar siswa disekolah. Siswa yang memiliki masalah di luar sekolah terkadang menjadi tidak fokus belajar atau bahkan tidak mau sekolah.
    Untuk itu, cara mengatasi hal seperti ini perlu dikaji lebih dalam oleh seorang guru. Seorang guru harus membuka dirinya untuk siap menjadi teman bagi anak dari permasalahan yang anak hadapi diluar. Guru dapat sekaligus menjadi konselor bagi siswanya. Pendekatan pembelajaran dapat diubah menjadi semenarik mungkin agar anak tidak bosan dan menjadi fokus untuk belajar.

  9. Nama: Yolanda Adelia Utami
    NIM : 501202879

    Adanya video pembelajaran untuk guru ini sangat baik dalam memberikan pembelajaran serta refleksi diri untuk guru. Adanya forum diskusi dan sharing meningkatkan pemahaman untuk seorang guru berbagi informasi, masalah dan cara penyelesaiannya. Hal ini dapat menjadi salah satu acuan yang digunakan dalam pembelajaran didalam kelas. Tahun ajaran ini saya memegang kelas 1 di salah satu Sekolah Dasar Negeri. Salah satu permasalahan untuk anak kelas 1 adalah sulitnya fokus. Adanya video ini dapat menjadi salah satu cara untuk saya mengimplementasikan cara-cara yang tepat untuk menemukan solusi dari sebuah permasalahan yang ada.

  10. Nama : YUNI NUR LAILI
    NIM : 501333198
    Program studi : Magister Pendidikan Dasar

    Terkait video pembelajaran yang ada di atas tentang kegiatan pembelajaran tersebut terjadi kendala, saat pembelajaran siswa kurang memahami terkait materi yang sudah disampaikan oleh guru. Guru menyadari adanya kendala hal tersebut, kemudian merefleksi terkait hal yang menjadi kendala dan permasalahan sehingga dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala dan permasalahan tersebut. Guru melakukan pendekatan kepada siswa untuk mengetahui alasan dari siswa terkait pembelajaran yang kurang fokus dan memahami materi yang sudah disampaikan. Setelah mengetahui alasan-alasan tersebut maka guru dapat memetakan murid berdasarkan permasalahan tersebut. Dengan adanya refleksi tersebut guru dapat mengatasi permasalahan pada pembelajaran yang muncul.

Leave a Reply