Sinopsis

Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPA di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya bahkan tidak mendengarkan penjelasannya (tidak focus). Solusi yang ditawarkan dalam program ini untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan beberapa langkah, yaitu: memetakan anak yang tidak focus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual lalu guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak focus tersebut.

Hartinawati

Memberikan alternatif solusi untuk guru yang siswanya tidak fokus dalam mengikuti pelajaran.

Pada saat membuka pelajaran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan guru tidak melakukan apersepsi, tapi guru menutup pelajaran dengan baik, yaitu memberikan motivasi belajar (mengerjakan PR) agar nilai akhir terbantu.

Guru menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Guru melakukan refleksi setelah mengajar, kemudian mencoba mendekati siswa yang tiak fokus belajar. Setelah memahami masalahnya, guru memberikan perhatian khusus dan memotivasi siswa-siswa yang kurang fokus.

Video ini bagus sebagai video pembelajaran, perlu ditonton oleh guru yang mempunyai masalah yang sama, yaitu siswa dikelasnya tidak fokus dalam belajar.

Yang perlu dicontoh dari guru dalam video ini adalah:
Guru selalu melakukan refleksi kemudian mencoba mencari solusi dengan terlebih dulu mencari tau masalah siswa.

Saran:
Sebaiknya guru tidak pelit dalam memberikan pujian sebagai penguatan

Deetje Sunarsih

Similar Posts

105 Comments

  1. Nama: TIARA KUSUMA WARDHANI
    NIM: 501323197
    Prodi: MAGISTER PENDIDIKAN DASAR

    Berdasarkan video yang telah disajikan yaitu tentang “Anak Tidak Fokus Ketika Guru Menjelaskan”, semua guru pasti pernah menghadapi kendala ketika siswa tidak fokus dalam pembelajaran. Salah satu strategi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mendekati siswa yang memiliki masalah dalam fokusnya dan menanyakan masalah yang sedang dialaminya. Selain itu, penting juga bagi guru untuk dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan juga menarik, agar siswa tidak teralihkan fokusnya. Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang berbeda, seperti gambar atau video, untuk membuat suasana pembelajaran lebih menarik. Selain itu, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menarik juga akan membantu siswa untuk lebih fokus dan berpartisipasi dalam pembelajaran.
    Dari video tersebut, terlihat bahwa guru berhasil menangani masalah siswa yang kurang fokus dalam pembelajaran dengan baik. Pendekatan yang dilakukan adalah mendekati siswa tersebut dengan tujuan untuk memahami alasan di balik ketidakfokusan mereka selama pembelajaran. Dengan memahami alasan tersebut, guru dapat memberikan saran dan bantuan yang sesuai agar siswa dapat kembali fokus dan terlibat dalam proses pembelajaran.

  2. siswa tidak fokus terhadap penyampaian guru tentang materi. ini terlihat, ketika guru menyampaikan pertanyaan siswa tidak paham dan tidak dapat menjawab pertanyaan dari guru. guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. seharusnya guru selain bercerita, guru menggunakan media yang dapat menarik perharian siswa terhadap pelajaran.
    untuk menarik minat anak dalam belajar, guru harus melibatkan semua anak. memberikan sanjungan atau pujian terhadap siswa yang aktif. merancang pembelajaran serta media yang inovatif.
    saat jam istirahat, guru mendekati siswa dan bercerita tentang kurang fokusnya anak terhadap pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut

  3. nama : Muhammad Satria
    nim : 501172966
    prodi : Magister Pendidikan Dasar reguler

    dalam penjelasan video terdapat guru yang mengalami kendala dalam menjelaskan pembelajaran ipa ,di karenakan anak-anak di dalam kelas tidak fokus pada penjelasan tersebut , ternyata setelah di telaah lebih lanjut ternyata terdapat kendala yang di alami oleh siswa itu sendiri , setelah di tanyakan oleh guru ternyata terdapat beberapa anak yang mempunyai masalah di luar pembelajaran atau di luar sekolah sehingga hal tersebut mengalihkan fokus anak ,

    dalam hal itu saya berkesempatan untuk menganalisis kendala yang ada dalam video tersebut
    1. guru tidak memeberikan pendekatan terhadap anak sehingga tidak mengetahui secara pasti apa yang terjadi pada anak murid dalam pembelajaran tersebut
    2. guru secara langsung to the point ke anak tanpa memberi tahu tujuan dari pembelajaran dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau memberikan pendapat dan guru tidak memberikan umpan pertanyaan kepada siswa dan langsung melanjutkan pembahasan materi
    3. perlunya media pembelajaran dalam proses pembelajaran sebagai upaya untuk memberikan penjelasan materi agar lebih mudah di pahami oleh siswa , atau melakukan tour sekitar sekolah dikarenakan berhubungan dengan makhluk hidup untuk secara langsung
    4. harusnya ada timbal balik atau nilai output yang diberikan kepada siswa , agar terciptanya pembelajaran yang berkesan

  4. Nama : Tuti Sumarni
    Nim : 501132909
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Padfang

    Dari vidio pembelajaran diatas terlohat bahwa siswa kurang fokus dalam memahami materi yang disajikan oleh guru sehingga proses pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal.siswa tidak dapat memeberikan tanggapan terhadap pertanyaan yang di ajukan oleh guru.maka dari itu pendekatan yang dilakukan oleh guru tersebut menurut saya sudah tepat yaitu dengan melakukan pendekatan secara individu terhadap permaslahan dan kendala yang dihadapi oleh siswa,sehingga guru dapat mengetahui permasalahannya. dan proses pemeblajaranpun dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan kebutuhan dari siswa.

  5. Permasalahan dalam video pembelajaran tadi sudah sering dialami semua guru,karena pada dasarnya tidak semua murid bisa fokus dalam pembelajaran. ada murid yang bisa menerima pelajaran melalui ceramah,ada murid yang bisa menerima pelajaran menggunakan media jadi tidak semua siswa bisa sama proses nya dalam pembelajan. jadi pada dasarnya kita sebagai guru harus bisa mempelajari bagaimana cara agar siswa kita fokus dalam menerima pembelajaran.

  6. Nama : Y.CAROLUS F. FOFIED NIM : 501453195 Prodi : Magister Pendidikan Dasar Asal UPBJJ-UT : Jayapura

    setelah menonton video tersebut, saya menyadari bahwa selama pembelajaran sering muncul masalah anak yang tidak konsentrasi belajar. Hal ini tentu saja sangat merugikan anak-anak karena mereka tidak mendapatkan informasi yang seharusnya mereka dapatkan. Saya biasanya memanggil siswa yang tidak fokus secara individu dan bertanya apa kekurangan fokus mereka. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan tertarik dalam belajar.

  7. Nama : Pety Pujiastuti
    NIM : 501273282
    Mahasiswa : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Yogyakarta
    menurut pengamatan dalam video pembelajaran tersebut ditemukan adanya kelemahan sebagai berikut:
    1. Guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang tepat
    2. Guru menjadi objek pembelajaran sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran
    3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa terkesan hanya mengandai andai saja
    4. Pembagian waktu dalam pembelajaran yang kurang tepat sehingga pada saat guru melakukan tanya jawab belum ada tindak lanjut waktu sudah habis
    namun Guru tersebut cepat dalam melakukan refleksi sehingga pada saat pembelajaran berikutnya siswa dapat berubah menjadi aktif dan bisa fokus dalam pembelajaran.
    menurut Howard Gardner ( 1983) mengemukakan bahwa pembelajaran yang efektif harus memperhitungkan berbagai macam kecerdasan siswa, dan bahwa penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan dapat membantu siswa belajar lebih baik.

  8. Nama: LILIK MUTOLIAH
    NIM: 501333159
    Prodi: MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    Menurut saya dalam pembelajaran seperti ini yang sering kali dialami banyak guru pada umumnya, hal ini yang dipicu karna siswa yang tidak fokus salah satunya siswa belum bisa yang mna dalam permasalah diluar skolah yang tidak sehrusnya di bawa ketika sekolah, dimana ini sering terjadi karena adanya peremasalahan diluar sekolah yang membuat ketika belajar tidak fokus. dalam hal ini yang dilakukan guru merupakan salah hal diman guru harus lebih memperhatikan dan memberikan bimbingan kepada siswa agar siswa bisa mengendalikan permaslahan diluar sekolah dan ketika didalam sekolah.

  9. Nama: LILIK MUTOLIAH
    NIM: 501333159
    Prodi: MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    pembelajaran seperti ini yang sering dialami banyak guru pada umumnya, hal ini yang dipicu karna siswa yang tidak fokus salah satunya, karena siswa belum siap menerima pelajaran, siswa masih memikirkan permasalah diluar skolah yang tidak seharusnya di bawa ketika sekolah, sehingga dapat mennganggu konsentrasi siswa ketika belajar. guru harus lebih memperhatikan dan memberikan bimbingan kepada siswa, guru harus sering mengajak komunikasi siswa, guru harus mendorong siswa supaya lebih aktif dan semangat belajar, guru harus selalu memperhatikan siswa, agar siswa bisa lebih fokus melaksanakan pembelajaran .

  10. NAMA : YOHANES GOLANEM
    NIM : 501453156
    Prodi: S2 Magister Pendidikan Dasar

    Salah satu tantangan menjadi guru adalah menghadapi murid yang sulit fokus dalam belajar. Tentunya perlu dilakukan pendekatan khusus dan perhatian yang diberikan untuk membantu sang anak. Saat murid kurang fokus ketika belajar di kelas maupun di rumah, ia akan kesulitan dalam memperhatikan instruksi yang diberikan oleh guru dan kurang komitmen dalam mengerjakan tugasnya. Nah, hal pertama yang dapat guru lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mencari cara melatih konsentrasi pada siswa serta mengidentifikasi dan memahami penyebab anak kurang fokus saat belajar.

    Salah satu langkah yang Saya lakukan untuk melatih konsentrasi siswa dan fokus pada pembelajaran adalah dengan menerapkan metode belajar yang tepat. Ada banyak metode mengajar, tetapi tidak semua metode dapat diterapkan pada materi pelajaran. Materi tertentu mungkin hanya cocok jika menggunakan metode mengajar tertentu. Metode mengajar yang sesuai dengan karakter siswa dan kebutuhan siswa akan membuat pembelajaran menjadi bermakna dan lebih menyenangkan. Dengan demikian siswa menjadi lebih bersemangat dan fokus saat belajar

Leave a Reply