silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Nok Risqi
NIM : 858527955
Judul video : Anak tidak percaya diri .
Dalam video diatas Guru dapat menayakan pada anak jika masih ragu kepada tugas yang diberikan,guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu,guru dapat memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai anak,guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait denagntema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak, lakukan pendekatan anak dengan cara memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri,pada anak yang bermasalah guru meminta anak untuk menggambar hal yang paling disukai dan bisa dilakukan oleh anak, pada beberapa kasus terutama anak baru masuk sekolah anak belum dapat menggambar dengan baik karena motorik halus belum berkembang dengan sempurna maka gambar anak hanya berupa coret-coretan atau berupa garis,dalam hal ini guru dapat meminta anak untuk menerangkan hasil coretan yang dibuatnya dan menuliskan judul karyanan tersebut di kertas gambarnya karena anak blm bisa nulis sendiri. jika di perlukan ajak anak-anak untuk menggambar bebas di luar kelas atau menggambar disekitar sekolahdan kelihatan anak menggambar apapun yang mereka sukai hal ini sangat baik untuk mengembangkan daya kreativitas anak dan meningkatkan kebosanan.
nama : prisi indah lestari
nim : 859684409
video tersebut menjelaskan tentang bagaimana cara menghadapi anak yang tidak percaya diri terhadap tugas yang diberikan guru. cara yang dapat kita lakukan :
1. guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan
2.guru dapat memberikan saran untuk menggambar yang disukai meskipun tidak sesuai tema
3. guru memotivasi kreatifitas anak dengan cara meminta anak menggambar hal yang disukai
4. guru mencoba mengekplorasi hal lain terkait dengan pembelajaran saat itu
5. guru melakukan pendekatan agar anak lebih percaya diri
beberapa cara tersebut sangat baik dan sangat membantu untuk kita sebagai pendidik agar lebih memahami bagaimana cara mengatasi anak yang kurang percaya diri sehingga anak dapat mengembangkan emosionalnya dengan baik. terimakasih
nama : Prisi Indah lestari
nim : 859684409
video tersebut menjelaskan tentang bagaimana cara menghadapi anak yang tidak percaya diri. cara yang dapat dilakukan guru :
1.Guru menanyakan kembali atas tugas yang sudah diberikan apa masih ragu atau bingung.
2. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara memberikan kebebasan anak untuk menggambar sesuatu yang disukainya.
3. Guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat sesuai dengan tema yang sedang dilaksanakan
4. Guru melakukan pendekatan keada anak dengan cara memotivasi anak
5. Guru dapat meminta anak untuk menceritakan hasil karyanya.
cara-cara tersebut sangat bermanfaat untuk kita sebagai pendidik agar dapat lebih mengenali anak dan dapat menangani anak yang kurang percaya diri sehingga anak menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan dapat mengendalikan sisi emosionalnya, terimakasih
Nama : Maulida Rahmi
NIM : 858289252
Anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif, sehingga perlu diperbaiki karena pada anak usia dini adalah periode penting dalam penanaman rasa percaya diri.
Berikut ini beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak pada kegiatan menggambar
1. Menanyakan kepada anak terkait tugas yang diberikan
2. Memberikan saran sesuatu yang anak sukai meski tidak sesuai dengan tema saat itu
3. Memotivasi kreativitas anak dengan menyarankan sesuatu yang disukai anak dan bisa dilakukan anak
4. Mengeksplorasi yang bisa anak buat terkait tema
5. Melakukan pendekatan kepada anak
6. Ajak anak-anak menggambar bebas di luar kelas atau di lingkungan sekolah
Nama : Elisa Kristin Sianturi
Nim : 858945647
Judul : Anak tidak Percaya Diri
Pendapat saya tentang video tersebut telah melakukan pendekatan Melalui dorongan, motivasi, dan pemberian kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi kreativitas mereka, guru menciptakan lingkungan yang memungkinkan anak untuk merasa aman dan percaya diri dalam berekspresi. Bertanya kepada anak untuk memastikan pemahaman mereka dan memberikan pilihan aktivitas lain yang sesuai dengan minat dan keahlian mereka juga membantu meningkatkan rasa percaya diri anak. ada beberapa teknik yang bisa dilakukan guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan kreativitas anak misalnya :
1. Guru menanyakan kepada anak jika masih ragu akan tugas yang di berikan.
2. Guru dapat memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak
3. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak menggambar sesuatu yang disukai anak.
4. Guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa di buat terkait dengan tema menggambar yg di tugaskan kpd anak
5. Lakukan pendekatan kepada anak dengan memotivasi nahwa anak pasti bisa menggambar sendiri.
Guru yang memperhatikan dan merespons kebutuhan emosional dan psikologis anak dengan sensitif dapat membantu membangun pondasi yang kuat untuk perkembangan mereka secara menyeluruh. Dalam strategi, pendekatan dan metode pembelajaran yang sudah dilakukan sangat bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu.
Humaira
Nim: 858288465
Menurut pendapat saya, anak usia dini memiliki berbagai karakter yang berbeda-beda antara anak yang satu dengan yang lainnya. Keinginan anak usia dini sering tidak dapat diprediksi termasuk saat mengikuti pembelajaran. Dalam video ini langkah yang dilakukan oleh guru dalam menyikapi anak yang merasa tidak percaya diri terhadap hasil kegiatan yang dilakukan di sekolah sangat tepat, yaitu guru menanyakan kepada anak yang masih ragu dengan tugas yang diberikan, guru memberikan saran pada anak untuk melakukan sesuatu yang disukai anak, guru memotivasi kreativitas anak, mengeksplorasi potensi anak, dan melakukan pendekatan dengan cara memberi motivasi bahwa anak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan.
Rini Wulandari (857703678)
Dalam video dijelaskan cara mengatasi anak yang kurang percaya terhadap hasil karya gambarnya. Dikatakan pula bahwa anak yang tidak percaya diri tidak kreatif. Karakteristik anak berbeda-beda oleh karena itu pastinya perkembangan anak juga berbeda. Rasa tidak percaya diri pada anak menyebabkan beberapa aspek perkembangan menjadi terhambat. Biasanya terdapat faktor yang membuat anak merasa tidak percaya diri. Sebagai guru kita perlu mengetahui akar masalah dan mencoba mengatasi dengan memberi dukungan dan motivasi segingga anak merasa nyaman dan mulai dapat berkreasi dengan percaya diri.
Judul vidio : Anak Tidak Percaya Diri
Neneng Komariyah ( 857622135 )
Dalam vidio tersebut menjelaskan tentang bagaimana mengatasi anak yang tidak percaya diri terhadap hasil karyanya. Anak yang tidak percaya diri juga akan menghambat kreativitasnya. Hal yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi hal tersebut adalah melakukan pendekatan kepada anak. Pendekatan kepada anak dapat dilakukan dengan cara menanyakan kepada anak tentang kesulitan dalam belajarnya, memberi saran,serta memberi motivasi kreativitas anak dan mengeksplorasi potensi anak.
Nama : Ester Winda Sembung
NIM : 858461028
Anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif dan terlihat malas, sehingga perlu diperhatikan karena pada anak usia dini adalah periode penting dalam penanaman rasa percaya diri dan rasa ingin tahu anak.
Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak pada kegiatan menggambar
1. Memotivasi kreativitas anak dengan menyarankan sesuatu yang disukai anak dan bisa dilakukan anak
2. Mengeksplorasi anak yang dapat dilakukan berkaitan dengan tema
3. Melakukan pendekatan kepada anak dan memunculkan motivasi-motivasi anak
4. Ajak anak-anak menggambar bebas di luar kelas atau di lingkungan sekolah berkaitan dengan hal-hal yang disukai oleh anak
5. mengajarkan anak untuk dapat tampil didepan misalnya mengajak anak bernyanyi sesuai dengan apa yang dia sukai
Nama : ESTER WINDA SEMBUNG
NIM : 858461028
Anak yang tidak percaya diri akan cenderung tidak kreatif, sehingga perlu mendapatkan perhatian karena pada anak usia dini merupakan periode penting dalam penanaman rasa percaya diri.
Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak pada kegiatan menggambar
1. Memberikan saran sesuatu yang anak sukai meski tidak sesuai dengan tema saat itu
2. Memotivasi kreativitas yang dilakukan anak dengan menyarankan sesuatu yang disukai anak
3. Mengeksplorasi yang bisa anak buat terkait tema
4. Melakukan pendekatan kepada anak dan mengalih hal-hal apa saja yang disukai oleh anak agar dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak melalui hal yang disukai
5. memberikan kesempatan pada anak untuk dapat mengekplor dirinya melalui hal-hal yang disukai.