silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : Mevi Andini Putri
    Nim : 856816351
    Menurut pendapat saya, dari video diatas anak yang tidk percaya diri, sangatlah memerlukan dorongan positif dan pengakuan atas prestasinya yang mereka miliki, serta lingkungan yang mendukung setiap aspek perkembangannya, dan memahami anak membangun rasa percaya diri pada anak. Mendengarkan Meraka dengan empati dan memberikan kesempatan untuk berkembang sesuai usianya , untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Seperti guru memberikan motivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tidak mengerti tentang tugas yang diberikan . Guru juga harus menghargai hasil karya anak dan memperhatikan kemajuan , di beri arahan dan masukan agar anak menjadi lebih baik . Serta dapat menumbuhkan semangat kepada anak , sehingga anak dapat memperlihatkan bakat yang terpendam yang ada pada dirinya melalui kegiatan yang dapat menonjolkan kreativitas anak agar lebih baik

  2. setelah melihat tayangan video tentang
    Anak yang tidak memiliki kepercayaan diri dengan hasil belajar yang di kerjakan ,dalam video pembelajaran yang saya lihat , guru sudah melakukan hal yang tepat, dengan mencoba beberapa tahapan teknik pengajaran dari bertanya, memberi saran untuk menggambar sesuai keinginan dan sebagainya .
    Karena rasa percaya diri harus dimiliki anak sejak dini sebagai pondasi penting pembelajaran selanjutnya dan untuk membangun citra diri dan motivasi yang lebih tinggi . Anak adalah unik, mungkin butuh pendekatan yang berbeda pula.
    Yang terpenting guru harus tetap konsisten membantu anak untuk fokus pada proses belajarnya karena secara tidak langsung guru mengajarkan anak untuk menikmati proses pembelajaran dan menikmati hal hal yang baru dan tidak selalu harus menghasilkan yang sempurna serta selalu memberikan pujian dan dukungan terhadap usaha dan hasil yang di capai

  3. Rita Narulita – 859504033
    setelah melihat tayangan video tentang
    Anak yang tidak memiliki kepercayaan diri dengan hasil belajar yang di kerjakan ,dalam video pembelajaran yang saya lihat , guru sudah melakukan hal yang tepat, dengan mencoba beberapa tahapan teknik pengajaran dari bertanya, memberi saran untuk menggambar sesuai keinginan dan sebagainya .
    Karena rasa percaya diri harus dimiliki anak sejak dini sebagai pondasi penting pembelajaran selanjutnya dan untuk membangun citra diri dan motivasi yang lebih tinggi . Anak adalah unik, mungkin butuh pendekatan yang berbeda pula.
    Yang terpenting guru harus tetap konsisten membantu anak untuk fokus pada proses belajarnya karena secara tidak langsung guru mengajarkan anak untuk menikmati proses pembelajaran dan menikmati hal hal yang baru dan tidak selalu harus menghasilkan yang sempurna serta selalu memberikan pujian dan dukungan terhadap usaha dan hasil yang di capai

  4. Nama Nurissobah
    Nim. 858732062
    Vidio di atas menjelaskan tentang cara menangani anak yg tidak percaya diri dg cara di beri penguatan, memotivasi anak dan lain lain

  5. Nama : Hardini
    NIM : 857 164128
    Menurut pendapat saya tentang video di atas, seorang guru harus memotivasi atau memberi dukungan kepada anak didiknya agar percaya diri dalam mengerjakan tugas yang diberikan walaupun belum mampu memahami tugas dengan yang diberikan dengan baik. Dari video diatas tindakan yang di lakukan oleh guru tersebut sangat tepat. Karena anak butuh dukungan dan memotivasi anak untuk berani melakukan atau mengerjakan tugas sesuai yang di arahkan.

  6. Nama : Hojin Pati Kawa
    NIM : 858819352

    Pada video tersebut terlihat bahwa terdapat anak yang memiliki rasa tidak percaya diri dan untuk mengatasi hal tersebut Guru melakukan berbagai cara yaitu denga cara melakukan pendekatan secara persenoal yang mana Guru berusaha untuk mendekati anak dan menunjukkan kepekaan atau rasa peduliu terhadap anak tersebut sehingga membuat anak merasa nyaman dan aman kemudian Guru juga memberikan penguatan positif terhadap anak serta memberikan motivasi supaya anak dapat meningkatkan rasa percaya dirinya dan Guru juga dapat memotivasi anak supaya anak dapat mengekplorasi aktivitas yang lebih kreatif sehingga memperkuat rasa percaya diri anak,stimulasi yang lainnya yang diberikan oleh Guru yaitu dengan cara memberikan saran atau masukan-masukan kepada anak.dari video tersebut kita dapat belajar bahwa bagaimana cara Guru melakukan pendekatan pada anak serta bagaimana cara menstimulus anak untuk meningkatkan rasa percaya diri anak.

  7. setelah melihat video diatas, pendekatan seorang guru sudah cukup terlihat jelas, dalam pembentukan karakter kepercayaan diri pada anak, mellaui pendekatan pada anak, mencoba mengeksplorasi kemampuan anak, dan mengajak menggambar bebas di halam sekolah, sehingga menciptakan sifat percaya diri pada anak tersebut, secara tidak langsung memberikan peluang keberanian pada anak untuk berani mengekspresikan dirinya melalui kegiatan menggambar. dan kegiatan bisa menggunakan banyak media, agar anak bisa memilih kegiatan yang mereka minati

  8. Nama : ZULFAIDAH
    NIM : 858181166

    Dalam tayangan video Seri Pembelajaran PAUD,dengan judul Anak Tidak Percaya Diri,dapat kita simak bersama bahwa rasa percaya diri anak terutama terhadap hasil karnyanya mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan kemampuan anak.Terutama perkembangan kemampuan sosial emosional anak.
    Peran guru paud sangat penting,selain dengan memberikan dukungan dan motivasi pada anak,seorang guru paud juga diharapkan untuk dapat menstimulasi kemampuan anak untuk dapat mengeksplorasi kemampuan baik dengan cara bertanya,mencontohkan,atau dengan melakukan kegiatan di tempat yang berbeda untuk mencegah kebosanan anak.
    Kegiatan pembelajaran juga tentunya harus dirancang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.Media yang digunakan juga harus ramah pada anak,serta aman dan mudah digunakan.

  9. Nama : SRI LESTARI
    NIM : 857805606
    UPBJJ : UT SURAKARTA

    Tanggapan saya sebagai guru terhadap video ini, kita harus bersikap empatik dan peduli terhadap perkembangan anak tersebut. Berikut beberapa tanggapan yang bisa dipertimbangkan:
    1. Empati: Sangat penting bagi kita sebagai guru untuk memahami bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dan rasa percaya diri yang berbeda-beda, oleh sebab itu perlu diadakan pendekatan yang lebih kepada siswa.

    2. Motivasi: Memberikan motivasi pada anak dengan cara yang positif dan membangun, seperti memberikan pujian pada hasil kegiatan anak, dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak. Memberikan dorongan dan dukungan tanpa membuat mereka merasa terbebani akan meningkatkan kreativitas anak.

    3. Komunikasi : Bertanya kepada anak jika mereka masih ragu atau tidak mengerti akan tugas yang diberikan dengan cara yang baik untuk memastikan bahwa anak dapat mendengar dan memahami perintah dari bu guru. Komunikasi yang baik dapat membantu anak merasa nyaman untuk berbicara tentang perasaan atau keinginan anak yang ingin di ungkapkan.

    4. Fleksibel: Anak dapat mengekspresikan kreativitas mereka dengan cara yang berbeda-beda, termasuk dalam memilih aktivitas yang di sukai, dapat membantu mereka lebih termotivasi dan percaya diri. Sebagai guru, kita harus dapat menyesuaikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak.

    5. Eksplorasi: Mengajak anak untuk bereksplorasi dengan berbagai ide dan konsep yang sesuai dengan tugas yang diberikan dapat membantu anak merasa lebih bersemangat dalam pembelajaran. Memberikan kesempatan bagi anak untuk bereksplorasi sesuai dengan minat dan bakat anak dapat membantu meningkatkan rasa percayaan diri anak.

    Kita sebagai guru dapat membantu anak mengatasi ketidakpercayaan diri dengan berbagai cara di atas, sehingga anak lebih PD dan anak dapat termotivasi untuk meningkatkan kreativitas anak, sesuai dengan tumbuh kembang anak.

  10. Nama : Noviesi
    NIM : 859871618
    Judul : Anak tidak percaya Diri
    Video ini memberikan wawasan berharga tentang pentingnya membangun kepercayaan diri pada anak usia dini, dengan menyoroti berbagai faktor yang dapat mempengaruhi hal ini, seperti lingkungan keluarga, interaksi dengan teman sebaya, dan metode pengajaran di sekolah. Orang tua dan pendidik perlu memahami bahwa setiap anak memiliki potensi unik yang perlu dikembangkan dengan cara yang positif dan mendukung. Melalui kegiatan bermain yang mendidik, memberikan pujian yang membangun, dan memberikan kesempatan pada anak untuk mencoba hal baru, kita dapat membantu mereka membangun rasa percaya diri yang kuat. Video ini sangat berguna sebagai panduan praktis bagi orang tua dan pendidik dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan kepercayaan diri anak.

Leave a Reply