silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Izin menjawab
Nama :Lisna
Nim 855898636
UT Banda Aceh.
Video anak yang tidak percaya diri.
Anak yang tidak percaya memang sering para guru hadapi pada pembelajaran di PAUD. Yang dilakukan guru pada video merupakan cara untuk membantu anak yang belum percaya diri. Guru mendekati si anak memberikan penguatan dan memotivasi memotivasi anak untuk menggambar. Guru memberikan kebebasan dan mengeksplorasi anak untuk memilih aktivitas lain yang
disenangi anak.
nama : Fitriani
nim : 855851615
Dalam video ini saya melihat guru memberi Motivasi pada anak agar anak memiliki rasa percaya diri, Percaya diri adalah salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini karena membantu mereka membangun fondasi yang kuat untuk menghadapi tantangan di masa depan. Anak yang percaya diri cenderung merasa lebih bahagia dan puas dengan dirinya sendiri. Mereka lebih mampu mengatasi rasa takut atau kecemasan, sehingga tumbuh dengan emosi yang lebih stabil. Percaya diri pada anak usia dini tidak hanya membantu mereka berkembang secara individu, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menjadi individu yang mampu menghadapi dunia dengan sikap yang positif dan Resilient.
Mimin Mintarsih
NIM 877671458
Video ini sangat bermanfaat bagi kami pendidik untuk mengatasi anak tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakanya.
Cara agar dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dan kreativitas anak, guru menanyakan kepada anak atas tugas yang diberikan, guru memberikan saran dan menggali imajinasin anak atas apa yang mereka sukai, memotivasi kreativitas anak untuk menggambar apa yang ia sukai, mengeksplorasi potensi anak sesuai apa yang ditugaskan kepada anak, melakukan pendekatan dan meyakinkan anak bahwa mereka mampu untuk menggambar, guru membebaskan anak untuk menggambar apa yang ia sukai, untuk anak yang baru mulai masuk sekolah biasanya motorik halusnya belum terasah maka dari itu dia menggambar berupa coretan bermakna maka pendidik bertanya mengenai gambar yang ia buat lalu guru menuliskan keterangan di gambarnya.
Video ini sangat bagus dan mudah dipahami. Tentunya kita sebagai guru juga harus memberikan pujian kepada anak anak agar senang untuk melakukan kegiatan mengasah kreativitas dan merasa percaya diri atas karyanya.
Nama : Hana Pertiwi
Nim : 855765291
Dalam tayangan videoini kegiatan belajar mengajar sudah terlihat baik. guru aktif memberikan motivasi dari stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dalam melakukan sesuatu.video ini juga memberikan pengalaman kepada saya sebagai seorang guru dalam melakukan pembelajaran di kelas untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.
Saran saya untuk video tersebut sebaiknya media yang digunakan dalam pembelajaran lebih bervariasi sehingga anak merasa tidak bosan dan tercipta pembelajaran yang lebih menyenangkan.
Nama : Rita Nurhidaya
Nim: 859400901
Judul Video: Anak Tidak Percaya Diri
Pada anak usia dini permasalah anak tidak percaya diri kerap muncul ini menjadikan anak kurang kreatif dalam prose belajarnya. Dari penjelasan tersebut maka penting sekali bagi guru untuk membantu anak dalam mengatasi masalah tersebut.
1. Guru dapat meminta anak untuk bertanya terkait tugas yang diberikan ketika mereka merasa kebingungan
2. Guru memberikan saran pada anak ketika kegiatan menggambar berlangsung meskipun tidak sesuai dengan tema yang berjalan.
3. Guru memberikan dorongan pada anak dengan memberikan motivasi kreativitas, ini dapat dilakukan dengan guru meminta anak menggambar sesuai dengan sesuatu yang paling anak sukai.
4. Guru dapat mengeksplorasi potensi anak terkait dengan kegiatan menggambar
5. Pada anak yang bermasalah guru dapat meminta anak untuk menggambar sesuai dengan apa yang mereka sukai
6. Setelah kegiatan menggambar selesai guru dapat mengaajak anak untuk mempersentasikan hasil karyanya.
Nama : Selly anawati
Nim : 855765324
Dalam tayangan video tersebut kegiatan belajar mengajar sudah terlihat baik. guru aktif memberikan motivasi dari stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dalam melakukan sesuatu.video ini juga memberikan pengalaman kepada saya sebagai seorang guru dalam melakukan pembelajaran di kelas untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.
Meningkatkan rasa percaya diri siswa dapat dilakukan melalui banyak kegiatan. Dan hal ini harus dilakukan secara terus menerus. Karena kepercayaan diri siswa sebagian besar didapatkan berdasarkan pada pengalaman, dan secara bertahap diperkuat oleh keberhasilan di bidang sosial, emosional, dan intelektualnya. Siswa yang aktif dan memiliki banyak pengalaman di masa sekolahnya akan semakin mudah dan semakin alami dalam membangun rasa percaya dirinya. Jadi penting bagi Guru untuk membangun suasana yang aman, dan jangan segan untuk selalu memberikan umpan balik yang dapat siswa kembangkan.
Berikut adalah cara meningkatkan rasa percaya diri anak
• Memberikan apresiasi: Guru dapat memberikan pujian atau reward atas pencapaian siswa, sekecil apapun itu.
• Mendukung setiap minat dan bakat yang dimiliki siswa: Guru dapat mendukung setiap minat dan bakat yang dimiliki siswa.
Nama: Eka Yuanita putri
Nim : 857328219
Dalam video yang saya lihat Ibu guru terus memotivasi anak, dengan menanyakan apa yg sedang dikerjakan, dan itu dilakukan ke semua anak dengan sabar dan penuh perhatian. Ibu Guru juga berusaha meyakinkan bahwa anak-anak bisa mengerjakan hasil karya sendiri, walaupun gambar belum jelas, tetapi Ibu guru tetap mengapresiasi dengan baik. Pemilihan tempat pengembangan kreatif an anak baik dikelas maupun diluar kelas membuat anak menghindari rasa kebosanan.
Terimakasih
Nama : Fauzana Alhidrah
NIM : 856281062
Dari video tersebut kita dapat mengetahui bahwa rasa percaya diri merupakan hal penting yang harus ditanamkan dalam diri anak usia dini, dimana kita sebagai guru bisa membantu menumbuhkan rasa percaya diri anak dengan cara menanyakan kepada anak jika masih ada yang diragukan , memberikan saran kepada anak menggambar hal yang ia sukai, memberikan motivasi anak untuk berkreativitas, dan mengeksplorasi potensi anak. Tentunya hal ini diperlukan kesabaran, ketekunan serta kasih sayang dari guru agar rasa percaya diri anak dapat berkembang dengan optimal.
menurut saya video tersebut sangat bermanfaat karena bisa menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi pendidik beserta orang tua dalam mendukung perkembangan kepercayaan diri anak di lingkungan belajarnya. Dalam video tersebut menjelaskan bahwasannya rasa percaya diri sangat penting dalam proses belajar anak. Peran guru dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi siswa sangatlah diperlukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak. guru memberikan motivasi dan stimulasi kepada siswa dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. selain itu, pemilihan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk terlibat langsung seperti menceritakan hasil gambarnya di hadapan teman temannya, atau memajang hasil karyanya di hadapan temannya, hal itu dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri anak saat berada dilingkungan bermainnya. Setelah saya menyaksikan video tersebut, saya menjadi faham akan pentingnya sebuah stimulasi, pendekatan, dan motivasi untuk anak-anak dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka. sekian tanggapan dari kami, Terimakasih
Kepercayaan diri menjadi salah satu kualitas penting yang perlu dikembangkan sejak dini. Anak-anak yang memiliki rasa percaya diri cenderung lebih berani dalam menghadapi tantangan dan lebih mampu mengejar impian mereka. Aktivitas kreatif seperti menggambar, melukis, atau membuat kerajinan tangan dapat sangat bermanfaat dalam membangun kepercayaan diri anak. Ketika anak-anak berkreasi, mereka belajar untuk mengekspresikan diri mereka tanpa batasan, yang dapat memperkuat rasa percaya diri mereka. Seperti yang terdapat pada video pembelajaran di atas guru menggunakan teknik pendekatan yang membuat anak lebih percaya diri lagi terhadap karyanya. Video tersebut sangat menginspirasi bagi guru yang mengalami kendala anak kurang percaya diri.