Anak tidak percaya Diri

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

2,901 Comments

  1. Halo saya Ruslianthi
    NIM: 858199423
    Judul : Anak tida percaya diri

    Dari vidio sesi 2 di atas memberi saya wawasan dan pengajaran yang luas akan mengenai anak selama ini saya belum sepenuhnya mengerti akan kehendak anak didik saya, dan cara saya menangani mereka seperti apa . dengan adanya vidio pembelajaran di atas itu suatu ilmu yang sangat mahal saya dapatkan Terima kasih Atas pembelajaran Vidio di atas tersebut.

  2. Anak Tidak Percaya Diri
    Dalam video ini terlihat anak tampak ragu-ragu saat beraktivitas, bahkan cenderung menarik diri saat diajak berpartisipasi. Ini menunjukkan kurangnya rasa percaya diri. Guru perlu lebih banyak memberikan dukungan emosional, seperti memberi pujian atas usaha kecil, membuat suasana kegiatan lebih nyaman, dan tidak memaksa anak langsung tampil. Dengan bimbingan yang hangat dan sabar, anak perlahan-lahan akan berani mencoba dan tampil lebih percaya diri.

  3. Nama : Rahma Indriati
    NIM : 857275846

    Video ini menampilkan seorang guru paud yang menghadapi anak yang kurang percaya diri pada hasil belajarnya, guru tersebut menggunakan pendekatan yang empatik dengan memberikan motivasi, menanyakan pemahaman anak terhadap tugas, dan menawarkan alternatif aktivitas yang sesuai dengan minat anak. Strategi ini bertujuan untuk membangun rasa percaya diri anak melalui dukungan positif dan pilihan yang relevan.

  4. NAMA : SALSA NURANNISA
    NIM : 857955907
    Guru tersebut menggunakan pendekatan yang sangat baik untuk membantu anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya.
    Dengan cara :
    1. Memberikan Penguatan dan Motivasi
    2. Menanyakan Kekhawatiran Anak
    3. Memberikan Pilihan Aktivitas
    4. Menghubungkan dengan kalimat anak
    5. Mengeksplorasi Kemungkinan

  5. Assalamualaikum baik saya akan memberikan komentar terhadap video ini, di dalam video guru memberikan motivasi kepada anak yang tidak percaya diri. guru memberikan kebebasan dalam menggambar. Walaupun tidak sesuai dengan tema, guru tetap memberikan saran yang baik kepada anak tentang gambar yang ia buat. bagi anak yang baru masuk, guru tidak memaksa anak untuk menggambar sesuai tema. ia diberi kesempatan untuk menggambar yang ia sukai dan gambar yang ia buat di tempelkan di papan tulis. Di sisi lain guru tetap memberi arahan tentang gambar yang diajarkan kepada anak.

  6. Assalamu’alaikum
    Nama : Illiyatul Ulya Choiriyah
    Nim : 877958978

    Izin menjawab
    Dalam video diatas terlihat seorang guru yang sedang membimbing anak didiknya dalam suatu lembaga pendidikan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak yang mana untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak ada beberapa teknik diantaranya:
    1. Guru bertanya pada anak atas tugas yang diberikan oleh ibu guru jika anak itu merasa ragu atas tugas yang diberikan
    2. Guru memberi saran pada anak tentang gambar yang disukai anak walau tidak sesuai dengan tema pada hari itu
    3. Guru memotivasi kreativitas anak dengan menyuruh anak untuk menggambar sesuai dengan gambar yang disukai anak
    4. Guru mengeksplorasi hal lain terkait gambar yang dibuat oleh anak ” misal anak menggambar ikan maka ibu guru mengajak anak untuk menggambar kolam ikan ”
    5. Guru melakukan pendekatan dengan memotivasi anak bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri. Pada anak yang bermasalah guru meminta anak untuk menggambar sesuai yang disukai anak.

    Pada awal masuk sekolah biasanya anak belum bisa menggambar karena motorik halus anak belum berkembang secara maksimal sehingga anak baru bisa membuat coretan coretan atau garis dalam hal ini guru bisa bertanya pada anak tentang nama gambar yang dibuat dan jika perlu anak diajak belajar di ruang bebas agar anak tidak merasa bosan dan terkekang di dalam kelas.

    Demikian komentar dari saya kurang lebihnya mohon dimaklumi.

    2.

  7. Nama : Rusydah
    Nim : 877634618

    Video ini menunjukkan mengenai cara guru dalam merangsang rasa percaya diri anak.
    Anak yang tidak percaya diri akan cenderung tidak kreatif. Guru bisa melakukan pendekatan agar anak lebih merasa percaya diri diantaranya guru bisa menanyakan apakah ada hal yang tidak dimengerti, memberikan opsi aktivitas lain yang disukai anak, dan memberikan saran untuk menggambar hal yang disukai anak. Guru juga dapat memberikan ruang kebebasan anak agar anak bisa lebih kreatif dalam berfikir. Membiarkan anak mengungkapkan perasaannya dengan metode berbincang-bincang juga dapat membuat anak lebih percaya diri.

  8. Nama : Siti Arofah
    Nim : 857649978

    Dari video diatas dapat kita pahami dan pelajarai dalam mengatasi anak yang tidak percaya diri. Ada Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak seperti melakukan pendekatan terhadap anak agar anak merasa nyaman, memberikan motivasi untuk meningkatkan kretivitas anak selain itu kita juga dapat mendampingi anak ketika anak merasa kesulitan serta memberi kata pujian untuk menambah semangat anak, memberikan kebebasan kepada anak tidak berpatok pada apa yang di kerjakan tapi kita dapat menggali potensi lain yang dimiliki anak dan tidak lupa memberikan apresiasi dari hasil yang telah dikerjakan oleh anak.
    Dengan adanya laman Guru pintar Online kita dapat dengan mudah mengerti dan memahami cara mengatasi permasalahan yang sering kita jumpai dengan penyajian yang ringkas dan jelas.

  9. Assalamu’alaikum
    Nama : Siti Hairati
    Nim : 858326651
    Dari video diatas membahas tentang anak yang tidak percaya diri dalam belajar dan bermain bersama teman nya. Dan gimana cara guru menghadapi anak yang tidak percaya diri tersebut. Dari vidio ini kami bisa menghadapi dan mengatasi anak yang tidak percaya diri. Terutama dalam menghadapi siswa baru masuk sekolah.
    Terimakasih

  10. Nama : KAMALA
    Nim : 825970174

    Dari video tersebut adalah beberapa anak kebanyakan tidak percaya diri dalam priode penting penanaman rasa kepercayaan diri dan juga beberapa tehnik yg dilakukan oleh guru pendidik anak usia dini, seperti guru dpt menanyakan kepada anak tugas-tugas yg dilakukan, guru memberikan saran sesuatu yg disukai meskipun bukan dengan tema saat itu, dan juga guru memotivasi kratifitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yg paling disukai anak, guru mencoba mengeplorasi potensi anak dengan tema menggambar ditugaskan kepada anak,
    anak yg bermasalah guru meminta anak tersebut menggambar hal yg paling di sukai dan bisa dilakukan pada anak, beberapa kasus terutama pada anak baru masuk sekolah anak belum dpt menggambar dengan baik karena motorik halus belum berkembang sempurna maka sebab itu gambaran anak hanya berupa corat coret atau garis garis, beberapa hal ini guru dpt meminta anak menerangkan hasil coretan yg telah dibuatnya dan menuliskan judul krya anak tersebut.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777