silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Sekolastika Ha’ong
NIM : 858434962
Pengalaman negatif di masa lalu, perbandingan sosial dengan teman sebaya, atau kurangnya dukungan dari keluarga dan guru. Untuk membantu anak agar lebih percaya diri di sekolah, orang tua bisa memberikan motivasi, pujian, dan kesempatan untuk mengambil keputusan sendiri. Selain itu, penting juga untuk menciptakan lingkungan yang aman dan suportif di rumah, serta mengajarkan anak untuk menerima kegagalan sebagai bagian dari proses belajar.
Nama : TSANI SAYYIDATUS SHOFARIYAH
NIM : 860028299
Video ini sangat relevan dengan tantangan/kendala yang sering ditemui guru di dalam kelas. Anak kurang percaya diri biasanya disebabkan oleh kurangnya dukungan sosial emosional dari lingkungan sekitar. Oleh karena itu, video ini sangat inspiratif bagi saya juga sebagai seorang tenaga pendidik, dimana saya jadi lebih tahu bagaimana cara mengatasi siswa dengan permasalahan kurang percaya diri.
Nazifah Batubara
Nim 856053016
Guru menanyakan kepada Anak masih ragu tugas yang diberikan oleh guru kepada anak,
Guru memberikan saran kepada anakyangdisukai meskipun tidak sesuai tema pada saat itu, guru memotivasi kreatif anak dengan cara menggambarkan apa yang disukai anak.guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan cara gambar yang di sukai oleh anak, lakukan pendekatan pada anak dengan cara pasti bisa mengerjakan sendiri, pada beberapa kasus anak yang baru masuk sekolah, dia belum bisa menulis yang bisa hanya mencoret coretan, guru membantu anak menarik garis cara yang benar, guru mengajak anak belajar diluar dengan menghindari kebosanan anak belajar.
Setelah menonton video tentang anak yang tidak percaya diri, saya merasa sangat video tersebut sudah bagus. Sikap guru dalam video tersebut menunjukkan pentingnya peran pendidik dalam membentuk kepercayaan diri anak. Ketika anak merasa tidak mampu, sering kali mereka bukan benar-benar tidak bisa, tetapi mereka belum percaya pada dirinya sendiri. Di sinilah peran guru menjadi sangat penting. Guru yang memberikan semangat kepada anak agar anak tidak mudah menyerah, dan terus mengatakan bahwa anak bisa, secara perlahan membantu anak membangun keyakinan dalam dirinya.
Saya sangat menghargai pendekatan yang digunakan guru dalam video, yaitu bersikap sabar, memberikan pujian a, dan tidak fokus pada kesalahan. Cara ini sangat efektif karena membuat anak merasa aman untuk mencoba, belajar dari kesalahan, dan terus berkembang.
Setelah melihat vidio di atas tentang anak yang tidak percaya diri terhadap hasil kegiatan ny, sudah bagus dalam menangani nya. Guru tersebut sudah mendekati anak yang tidak percaya diri dengan pendekatan2 yang anak bisa percaya diri untuk melakukan kegiatan nya.dengan cara ini saya sebagai guru bisa untuk mencoba dalam menangani sifat dan sikap anak yang tidak percaya diri dalam melakukan sesuatu kegiatan
video II seri pengembangan sosial emosional I dengan judul anak tidak percaya diri. dari video ini dapat di lihat bagaimana cara guru untuk mengembangkan percaya diri anak , dapat kita ketahui anak yang tidak percaya diri cenderung akan lambat dalam perkembangannya karena merasa apa yang ia kerjakan tidak sesuai dengan keinginan guru. salah satu cara agar dapat mengembangkan percaya diri pada anak adalah selalu menanyakan kepada anak apakah iya masih ragu atas karya nya, dan guru memotovasi kreativitas anak serta mengeksplorasi potensi anak, berikan keyakinan dan pujian kepada anak bahwa karya anak tersebut bagus dan sudah sesuai, metode yang ada di dalam video ini sudah sangat efektif untuk meningkatkan ras percaya diri anak.
Menurut saya setelah menonton vidio tadi, saya rasa di vidio tersebut sudah bagus karena guru itu memiliki peran yang sangat penting dalam membantu anak yang kurang percaya diri, denagn guru yang memotivasi kreativitas anak serta memberikan pujian kepada anak bahwa karya anak tersebut sudah bagus. metode yang ada di vidio tersebut sudah sangat bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri anak.
Menurut saya setelah menonton vidio tadi, saya rasa di vidio tersebut sudah bagus karena guru itu memiliki peran yang sangat penting dalam membantu anak yang kurang percaya diri, denagn guru yang memotivasi kreativitas anak serta memberikan pujian kepada anak bahwa karya anak tersebut sudah bagus. metode yang ada di vidio tersebut sudah sangat bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri anak.
Dari vidio yang kita saksikan dapat di lihat untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak – anak, peran guru sangatlah penting. guru dituntut untuk menguasai kondisi kelasnya dan memahami setiap peserta didiknya. Kepercayaan diri anak di PAUD perlu waktu untuk menumbuhkannya selain itu juga guru harus banyak melakukan upaya – upaya untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak. adapun upaya – upaya tersebut dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Saya setuju dengan video tersebut, bahwa biasanya anak yang tidak percaya diri itu tidak kreatif, karena pada dasarnya anak yang kreatif adalah anak yang berani untuk mencoba ide ataupun eksperimen baru, sedangkan untuk anak yang kurang kreatif tersebut biasanya dia takut untuk mencoba hal-hal baru dan mereka takut gagal. Guru bisa melakukan beberapa cara untuk meningkatkan percaya diri anak seperti dengan menanyakan kepada anak tentang tuugas yang diberikan, hal ini bertujuan agar anak lebih memahami instruksinya sehingga mengurangi ketakutan mereka melakukan kesalahan dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Guru juga bisa memotivasi siswa dengan menggambar hal yang disukainya, agar anak merasa lebih percaya diri, karena saat melakukan hal yang mereka sukai mereka akan merasa bisa melakukannya dengan baik sehingga mereka merasa lebih percaya diri.