Sinopsis
Program ini membahas tentang bagaimana seorang guru IPS di SMP melaksanakan pembelajaran sejarah perjuangan Diponegoro dengan cara bermain peran (role playing) yang dilaksanakan di luar kelas, dengan melibatkan siswa bermain perang-perangan antara pangeran diponegoro dengan jendral the kocle.
Ary Purwatiningsih
1. Video ini dimaksudkan untuk membantu proses pembelajaran tentang kemampuan siswa dalam menguasai materi sejarah Pangeran Diponegoro.
2. Kekuatan dari guru :
A. pada saat membuka pelajaran guru sudah menyampaikan kompetensi khusus yang akan dicapai. Pada inti kegiatan guru dalam teknik bertanya sudah baik, selalu menunjuk siwa satu persatu dan menyebut nama, membagi peran dalam kelompok, menyampaikan metde yang akan dipakai. Dalam menutup kegiatan guru sudah melakukan evaluasi, yakni dengan dengan mengajukan pertnyaan kepada siswa secara lisan, tentang nialai-nialai yang dapat dipetik dari sejarah Pangeran Diponegoro, menutup kegiatan denga mengucap salam. Kelemahan, dalam pendahuluan guru tidak memberi motivasi kepada siswa dengan memberikan pertanyaan atau aperseps, bahasa yang digunakan mohon diperbaiki, dalam vidio guru menggunakan kata tanya apa Pangeran Diponegoro, mestinya siapa. Dalam kegiatan inti terdapat kelemahan pada konsep. Mohon dikoreksi kembali ayah dari Pangeran Diponegoro, guru menyebutkan Hamengkubuwana ke II, seorang raja Mataram di Yogyakarta,sumbernya yang beda atau salah ucap, untuk mater sejarah Pangeran Diponegoro kurang tepat jika dengan bermain peran, karena perlu lokasi dan durasi yang cukup panjang. Dalam kegiatan akhir, kelemahan yang bisa dilihat adalah; guru belum memberikan penguatan dari beberapa jawaban siswa tentang keteladanan Pangeran Diponegoro, belum ada kesimpulan dari pembahasan materi.
B. Dalam penggunaan pendekatan, metode serta alat peraga dalam penyajian materi sejarah Pangeran Diponegoro perlu diperhatikan durasi waktu, dengan kompetensi yang akan dicapai. Dalam materi tersebut, akan lebih simpel dengan menggunakan gambar mati ataupun vidio. Sedangkan evaluasi tidak sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.
C. Dilihat dari kompetensi yang disampaikan guru, sudah baik, jsesuai dengan kemampuan anak.
D. Saya percaya bahwa di sini , tidak ada guru yang ngawur, semua sudah disesuaikan dengan kurikulum.
E. Secara umum proses pembelajaran dalam vidio ini sudah cukup, perlu diperbaiki lagi.
Dra. Siti Nurkhoti’ah, M.Pd.
NAMA : RIYAN NUR WAHYUDIONO
NIM : 812535323
UPBJJ : MALANG
PROGRAM STUDI : PGSD/PDGK4209
Indentifikasi Masalah :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
• Siswa seperti kebingungan untuk menelaah setiap penjelasan guru Karen terlalu tegang.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
• Guru kurang memotivasi siswa.
• Guru tidak menjelaskan materi pelajaran dan langsung masuk ke inti
• Guru kurang paham dalam penggunaan alat peraga yang mengakibatkan waktu belajar terbuangsisa-sia dan pada akhirnya siswa merasa bosan, suasana kelas menjadi tidak kondusif
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
• Menguasai materi yang diajarkan
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
• Terlihat seperti bermain bersama dan sangat mengedukasi
Tindakan yang Dipilih untuk mengatasi Masalah :
1. Guru merencanakan eksperimen sebelum memulai proses pembelajaran.
2. Menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui metode eksperimen dapat mendidik kerjasama kelompok dan interaksi antar siswa.
NAMA : EKO TRIONO
NIM : 501173151
UPBJJ : PALEMBANG
PROGRAM STUDI : Magister Pendidikan Dasar
Indentifikasi Masalah :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
• Siswa kurang aktif akibat tidak adanya keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan fokus pembelajaran hanya ada pada guru.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
• guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang sesuai.
• guru tidak menjelaskan materi pelajaran dan langsung masuk ke inti
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
> Menguasai materi yang diajarkan
> Guru segera mengubah metode pembelajaran karena sadar metode yang telah digunakan tidak efektif
Tindakan yang Dipilih untuk mengatasi Masalah :
1. Guru merencanakan eksperimen sebelum memulai proses pembelajaran.
2. Menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui metode eksperimen dapat mendidik kerjasama kelompok dan interaksi antar siswa.
Nama : Ayu Ainul Maghfiroh
NIM : 501253155
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Berdasarkan video tersebut, saya sependapat bahwa metode role playing dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran sejarah. Metode role playing ini juga pernah saya terapkan dalam pembelajaran dikelas saya yaitu tentang pembelajaran barter. Metode role playing dapat membuat siswa menjadi objek sekaligus subjek dalam pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilakukan tidak hanya berpusat pada guru. Selain itu metode role playing juga menuntuk guru untuk lebih kreatif dalam menyajikan pembelajaran sehingga siswa akan lebiha antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran yang berkaitan dengan sejarah.
NAMA : HENDRA PUTRA GUNAWAN HULU
NIM : 855855311
UPBJJ : IDANOGAWO
PROGRAM STUDI : PGSD
Indentifikasi Masalah :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
• Siswa kurang aktif akibat tidak adanya keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan fokus pembelajaran hanya ada pada guru.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
• guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang sesuai.
• guru tidak menjelaskan materi pelajaran dan langsung masuk ke inti
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
> Menguasai materi yang diajarkan
> Guru segera mengubah metode pembelajaran karena sadar metode yang telah digunakan tidak efektif
Tindakan yang Dipilih untuk mengatasi Masalah :
1. Guru merencanakan eksperimen sebelum memulai proses pembelajaran.
2. Menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui metode eksperimen dapat mendidik kerjasama kelompok dan interaksi antar siswa.
Nama : Siti Nurbayani
NIM : 856586369
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajran yang dilakukan guru?
Jawaban: Terlihat dalam video siswa saat pertama kali guru menjelaskan masih kebingungan dan belum memahami materi yang diajarkan, tapi setelah guru mengubah model pembelajaran menjadi role playing (bermain peran) siswa dapat memahami pelajajaran yang debirkan gurunya.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban: Kelemahan yang saya lihat pada saat awal pembelajaran guru langsung memberikan pertanyaan kepada siswa sedangkan siswa belum mengatahui tentang materi yang diajarkan
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan Pembelajaran?
Jawaban: Guru mampu dengan cepat mengubah model pembelajarannya sehingga siswa mampu memahami materi yang berikan dengan baik.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawaban: Guru Memberikan materi sangat unik menurut saya memberikan pembelajaran dengan langsung siswa mempraktekan peran dari materi yang disampaikan.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada diamati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawaban: Guru harus menyampaikan materi terlebih dahulu sehingga siswa dapat memahami dan bisa menjawab ketika ada pertanyaan.
NAMA : MARNI
NIM : 856586272
PRODI : PGSD S1
Indentifikasi Masalah :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
• Siswa seperti kebingungan untuk menelaah setiap penjelasan guru Karen terlalu tegang.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
• Guru kurang memotivasi siswa.
• Guru tidak menjelaskan materi pelajaran dan langsung masuk ke inti
• Guru kurang paham dalam penggunaan alat peraga yang mengakibatkan waktu belajar terbuangsisa-sia dan pada akhirnya siswa merasa bosan, suasana kelas menjadi tidak kondusif
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
• Menguasai materi yang diajarkan
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
• Terlihat seperti bermain bersama dan sangat mengedukasi
Tindakan yang Dipilih untuk mengatasi Masalah :
1. Guru merencanakan eksperimen sebelum memulai proses pembelajaran.
2. Menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui metode eksperimen dapat mendidik kerjasama kelompok dan interaksi peserta didik.
NAMA : ADE IRMA CITA DEWI
NIM : 855855218
Indentifikasi Masalah :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
• Siswa kurang aktif akibat tidak adanya keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan fokus pembelajaran hanya ada pada guru.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
• guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang sesuai.
• guru tidak menjelaskan materi pelajaran dan langsung masuk ke inti
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
> Menguasai materi yang diajarkan
> Guru segera mengubah metode pembelajaran karena sadar metode yang telah digunakan tidak efektif
Tindakan yang Dipilih untuk mengatasi Masalah :
1. Guru merencanakan eksperimen sebelum memulai proses pembelajaran.
2. Menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui metode eksperimen dapat mendidik kerjasama kelompok dan interaksi antar siswa.