Sinopsis
Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran PKN dengan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idola”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar. Akan tetapi begitu guru tersebut menanyakan tentang materi, tampak siswa sulit untuk menjawab. Melihat hal tersebut, guru mulai menayangkan tokoh-tokoh yang di mungkin dikenal oleh siswa seperti Bung Karno, Bung Hatta dan JK Rowling. Siswa sangat antusias dalam menyimak gambar tokoh idola yang ditayangkan oleh guru. Setelah gambar ditayangkan, guru bertanya kepada siswa, gambar siapa ini dan karakter apa yang dimiliki oleh tokoh tersebut. Mereka selalu bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Setelah itu guru ganti bertanya kepada siswa mengenai tokoh yang diidolakan mereka dan alasan apa mereka mengidolakan tokoh tersebut?. Ada siswa yang mengidolakan Ayahnya, ada yang mengidolakan Hadad Alwi, dan ada pula yang mengidolakan Justin Beiber. Setelah itu guru menuliskan nama-nama tokoh yang diidolakan siswanya tersebut di papan tulis. Selesai menulis di papan tulis, guru kemudian menyimpulkan bahwa untuk menjadi orang yang berhasil, harus memiliki karakter yang baik.
Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
Ary Purwantiningsih
Tampilan Video cukup menarik karena topik cara mengatasi pembelajaran PKn untuk mengemukakan pendapat melalui pendekatan pengungkapan tokoh dan gurupun menutup pembelajaran dengan menarik, kesimpulan karakter yang di tokohkan tersebut dari pendapat siswa, namun pembelajaran tersebut tidak sesuai apa yang dinarasikan oleh presenter (dalam tayangan yang belajar adalah siswa SMP, sementara oleh presenter di sebutkan materi tersebut diperuntukkan untuk siswa SMA Kelas 1)
Pemilihan akar masalah cukup tepat karena topiknya adalah tokoh yang di idolakan! Dengan topik tersebut siswa paling tidak masing-masing memiliki contoh orang yang menjadi pilihan untuk di idiolakan hal inilah yang akhirnya dapat memotivasi siswa untuk berani mengemukakan pendapatnya. Disamping model pembelajaran nilai tersebut sangat cocok untuk contoh keteladanan lewat tokoh-tokoh atau orang yang diidiolakan serta karakter yang dimilikinya.
Penggunaan media cukup simpel gambar tokoh atau contoh orang sekitar yang di idiolakan oleh siswa, namun tayangan video sangat simpel atau terlalu pendek durasinya.
Kesan umum dan usulan perbaikan: Video cukup menarik dan bagus untuk contoh pembelajaran nilai, melalui siswa mengungkapkan tokoh-tokoh atau orang sekitar yang di idiolakan, hal ini sesuai dengan karakter atau ciri khas pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan, hanya saja untuk durasi terlalu singkat. Sajian video diperuntukan untuk SMA Kelas 1, namun proses pembelajaran dalam tayangan adalah siswa SMP.
Pemilihan dan penentuan media Pembelajaran tersebut penting dalam rangka upaya pembentukkan karaktar sesuai dengan tuntutan tujuan pendidikan nasional dan relevan dengan tujuan pemerintah untuk mewujudkan karakter bangsa yang mandiri dan bermartabat.
Contoh pembelajaran nilai melalui tokoh-tokoh dan orang-orang yang diidiolakan perlu disempurnakan dan dapat dijadikan sebagai model pembelajaran melalui pendekatan nilai.
Drs. Sriyono, M.Hum.
Nama: Sepri Ferdiansyah
Nim: 041634424
Prodi: PPKn Upbjj-UT: Bandar Lampung
Sangat baik jika seorang guru memulai pembelajaran dengan memberikan salam dan berdoa serta mengabsensi peserta didik terlebih dahulu, karena hal ini menunjukkan adanya rasa hormat dan kebersamaan antara guru dan siswa. Penggunaan metode gambar juga merupakan cara yang baik untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan membantu siswa untuk lebih memahami konsep atau ide yang diajarkan. Selain itu, menutup pembelajaran dengan kesimpulan yang disampaikan oleh siswa tentang tokoh idola mereka dan karakteristik yang baik yang harus dimiliki oleh seorang tokoh idola adalah cara yang bagus untuk mengajarkan nilai-nilai positif. Dalam pembelajaran, penting bagi guru untuk mempertimbangkan kebutuhan dan minat siswa sehingga mereka dapat lebih terlibat dan termotivasi dalam proses belajar. Namun, selain metode yang digunakan, peran seorang guru juga sangat penting dalam membangun keterampilan dan karakter siswa sehingga mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan sukses di masa depan.
Belum diberikan tugas, dan untuk mengawali pembelajaran seharusnya terlebih dahulu menyiapkan situasi siswa seperti menyapa dan berdoa
saya harus memberi tugas kepada siswa, Pembuatan kliping beberapa tokoh yang menjadi idola (yang mempunyai karakter baik dan kerja keras) seperti para Pahlawan Nasional beserta foto dan data diri mereka.
Menilai hasil kerja keras mereka…
Nama: Dina Purnama Sari
Nim: 043728328
Prodi: PPKn
Upbjj UT: Bandar Lampung
Menurut pendapat saya tugas yang telah diberikan oleh guru tersebut sudah sesuai dengan materi yang telah dibahas, karena tugas yang diberikan mengacu pada materi yang telah disampaikan yaitu ”Ayo Belajar Dari Tokoh Idola. dibagian video tersebut guru menanyakan tentang tokoh-tokoh yang mungkin di kenal, selain itu juga guru menanyakan pada siswa tentang idola mereka.
Jika saya sebagai guru, saya akan memberikan tugas pada siswa untuk mencari gambar tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Dan untuk penilaiannya adalah siswa diminta untuk mempresentasikan di depan rekan-rekannya.
Nama Mahasiswa : MAYA PAULA RITA
Nomor Induk Mahasiswa/ NIM : 043670609
Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kode/Nama UPBJJ : 50/SAMARINDA.
Ijin berkomentar terkait video diatas,
Menurut saya, sudah sesuai,
mulai pembelajaran dengan memberikan salam dan berdoa serta mengabsensi siswa adalah tindakan yang sangat baik oleh seorang guru karena menunjukkan rasa hormat dan kebersamaan dengan siswa. Penggunaan metode gambar dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan membantu siswa memahami konsep yang diajarkan.
Sebagai tambahan, menutup pelajaran dengan kesimpulan dari siswa tentang tokoh idola mereka dan karakteristik yang baik dapat mengajarkan nilai-nilai positif. Dalam proses pembelajaran, penting bagi guru untuk mempertimbangkan kebutuhan dan minat siswa sehingga mereka lebih terlibat dan termotivasi. Namun, selain metode pembelajaran, peran guru sangat penting dalam membentuk keterampilan dan karakter siswa sehingga mereka dapat tumbuh menjadi individu yang sukses dan baik di masa depan.
tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut adalah merancang pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan dan minat siswa serta mempromosikan keterampilan dan karakter yang diinginkan. Beberapa tugas yang dapat dilakukan oleh guru dalam konteks ini termasuk merancang strategi pembelajaran yang berbeda untuk memfasilitasi pemahaman siswa, memilih materi yang relevan dan menarik untuk siswa, mengembangkan aktivitas pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa, dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka.
Untuk menilai hasil pembelajaran, guru dapat menggunakan berbagai instrumen penilaian seperti tes, tugas, proyek, presentasi, dan sebagainya. Namun, penting bagi guru untuk memastikan bahwa instrumen penilaian yang digunakan relevan dengan tujuan pembelajaran dan materi yang diajarkan. Selain itu, guru juga harus memberikan umpan balik yang tepat waktu dan konstruktif kepada siswa untuk membantu mereka memahami kekuatan dan kelemahan mereka dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki. Dengan cara ini, guru dapat mengevaluasi keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan membantu mereka untuk terus meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka.
Nama : Pujo Satrio Utomo NIM : 501173137 Program Studi: Magister Pendidikan Dasar UPBJJ UT: Palembang. Menurut saya dari video singkat diatas menggambarkan seorang guru untuk berusaha mengingat kembali para jasa proklamator kepada generasi muda seperti Bung Karno oleh karenanya karakteristik dan semangat cinta tanah air Bung Karno tidak bisa dilupakan begitu saja bahkan layak dijadikan idola kepada generasi muda sekarang seperti kaum pelajar. Hal tersebut secara tidak langsung membuat para kaum pelajar akan pentingnya menjaga kesatuan NKRI jangan sampai lengah dijajah oleh budaya luar. Peran seorang guru tersebut menurut saya telah berhasil memikat pandangan bahwasanya Indonesia memiliki idola yang baik untuk ditiru agar para generasi penerus bangsa bisa membanggakan nama baik Indonesia merdeka 💪👍
Nama : Donal
NIM : 041098259
Prodi : 73/PPKN
Menurut saya dari video singkat diatas seorang guru berusaha untuk mengingatkan kembali para jasa proklamator kepada generasi muda seperti Bung Karno, karena karakteristik dan semangat cinta tanah airnya tidak bisa dilupakan begitu saja bahkan layak dijadikan idola kepada generasi muda sekarang seperti kaum pelajar. Hal tersebut secara tidak langsung membuat para kaum pelajar tahu akan pentingnya menjaga kesatuan NKRI jangan sampai lengah dijajah oleh budaya luar. Peran seorang guru tersebut menurut saya telah berhasil memikat pandangan siswa bahwasanya Indonesia memiliki idola yang baik untuk ditiru agar para generasi penerus bangsa bisa membanggakan nama baik Indonesia merdeka.
Nama : Heldita Rizka Yani
NIM : 856075193
Prodi : S1 PGSD
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
Jawaban : menurut pendapat saya penyampaian materi yang disampaikan guru sudah sesuai, guru juga dapat memancing siswa dan wawasan yang siswa miliki, dengan menayangkan foto para tokoh pahlawan/ idola dan guru juga memberikan pertanyaan kelebihan apa yang dimiliki para tokoh tersebut.
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya ?
Jawaban : jika saya sebagai guru tugas yang saya berikan dengn membentuk kelompok lalu dalam 1 kelompok peserta didik dapat membagi peran apa yang sesuai dengan tokoh yang mereka pilih untuk diperankan.
Nama : Muhammad Kurniawan
NIM : 043497935
Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
UPPBJ UT TARAKAN
1. Menurut saya sudah sesuai, namun karena siswa sedang belajar mata pelajaran PKN ada baiknya mengaitkan kehidupan tokoh idola dengan tokoh nasional agar siswa yang tadinya sudah terstimulan dari tokoh idola mereka yang dibahas kemudian dikaitkan dengan tokoh nasional sehingga siswa memahami dengan lebih baik dalam pembelajaran PKN, karena menurut saya siswa cenderung memberi keseriusan dalam suatu hal yang digemarinya sehingga dengan keterkaitan tokoh – tersebut siswa akan bersemangat dalam belajar.
2. tugas yang paling sesuai menurut saya adalah siswa bisa membuat beberapa kelompok kemudian membuat sebuah biografi tokoh nasional, setelah itu mereka bisa bermain peran agar dapat menjiwai tokoh – tokoh nasional tersebut
Nama : BENI HERANITA
NIM : 856973482
Prodi : PGSD
UPPB BANDAR LAMPUNG
Menurut saya media yang menampilkan suara dan gambar diam. Contohnya: film bingkai suara (sound slide), film rangkai suara. Audio-visual gerak, yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak.
Peranan media pembelajaran dalam penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar seperti
1.memperjelas penyajian materi dalam pembelajaran,
2.penyebaran informasi sangat baik dan tepat,
3.teknologi dapat menyajikan secara logis ilmiah dan sistematis serta mampu melengkapi,
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran PKn agar lebih bersemangat untuk terus meningkatkan minat belajar dengan menggunakan Media Audio Visual sehingga hasil belajar akan maksimal
Nama : BENI HERANITA
NIM : 856973482
Prodi : PGSD
UPPB BANDAR LAMPUNG
Menurut saya media yang menampilkan suara dan gambar diam. Contohnya: film bingkai suara (sound slide), film rangkai suara. Audio-visual gerak, yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak.
Peranan media pembelajaran dalam penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar seperti
1.memperjelas penyajian materi dalam pembelajaran,
2.penyebaran informasi sangat baik dan tepat,
3.teknologi dapat menyajikan secara logis ilmiah dan sistematis serta mampu melengkapi,
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran PKn agar lebih bersemangat untuk terus meningkatkan minat belajar dengan menggunakan Media Audio Visual sehingga hasil belajar akan maksimal