Sinopsis

Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran PKN dengan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idola”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar. Akan tetapi begitu guru tersebut menanyakan tentang materi, tampak siswa sulit untuk menjawab. Melihat hal tersebut, guru mulai menayangkan tokoh-tokoh yang di mungkin dikenal oleh siswa seperti Bung Karno, Bung Hatta dan JK Rowling. Siswa sangat antusias dalam menyimak gambar tokoh idola yang ditayangkan oleh guru. Setelah gambar ditayangkan, guru bertanya kepada siswa, gambar siapa ini dan karakter apa yang dimiliki oleh tokoh tersebut. Mereka selalu bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Setelah itu guru ganti bertanya kepada siswa mengenai tokoh yang diidolakan mereka dan alasan apa mereka mengidolakan tokoh tersebut?. Ada siswa yang mengidolakan Ayahnya, ada yang mengidolakan Hadad Alwi, dan ada pula yang mengidolakan Justin Beiber. Setelah itu guru menuliskan nama-nama tokoh yang diidolakan siswanya tersebut di papan tulis. Selesai menulis di papan tulis, guru kemudian menyimpulkan bahwa untuk menjadi orang yang berhasil, harus memiliki karakter yang baik.

Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?

Ary Purwantiningsih

Tampilan Video cukup menarik karena topik cara mengatasi pembelajaran PKn untuk mengemukakan pendapat melalui pendekatan pengungkapan tokoh dan gurupun menutup pembelajaran dengan menarik, kesimpulan karakter yang di tokohkan tersebut dari pendapat siswa, namun pembelajaran tersebut tidak sesuai apa yang dinarasikan oleh presenter (dalam tayangan yang belajar adalah siswa SMP, sementara oleh presenter di sebutkan materi tersebut diperuntukkan untuk siswa SMA Kelas 1)

Pemilihan akar masalah cukup tepat karena topiknya adalah tokoh yang di idolakan! Dengan topik tersebut siswa paling tidak masing-masing memiliki contoh orang yang menjadi pilihan untuk di idiolakan hal inilah yang akhirnya dapat memotivasi siswa untuk berani mengemukakan pendapatnya. Disamping model pembelajaran nilai tersebut sangat cocok untuk contoh keteladanan lewat tokoh-tokoh atau orang yang diidiolakan serta karakter yang dimilikinya.

Penggunaan media cukup simpel gambar tokoh atau contoh orang sekitar yang di idiolakan oleh siswa, namun tayangan video sangat simpel atau terlalu pendek durasinya.

Kesan umum dan usulan perbaikan: Video cukup menarik dan bagus untuk contoh pembelajaran nilai, melalui siswa mengungkapkan tokoh-tokoh atau orang sekitar yang di idiolakan, hal ini sesuai dengan karakter atau ciri khas pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan, hanya saja untuk durasi terlalu singkat. Sajian video diperuntukan untuk SMA Kelas 1, namun proses pembelajaran dalam tayangan adalah siswa SMP.

Pemilihan dan penentuan media Pembelajaran tersebut penting dalam rangka upaya pembentukkan karaktar sesuai dengan tuntutan tujuan pendidikan nasional dan relevan dengan tujuan pemerintah untuk mewujudkan karakter bangsa yang mandiri dan bermartabat.

Contoh pembelajaran nilai melalui tokoh-tokoh dan orang-orang yang diidiolakan perlu disempurnakan dan dapat dijadikan sebagai model pembelajaran melalui pendekatan nilai.

Drs. Sriyono, M.Hum.

Similar Posts

50 Comments

  1. Jawaban diskusi:

    1. menurut pendapat saya tugas yang telah diberikan oleh guru tersebut sudah sesuai dengan materi yang telah dibahas, karena tugas yang diberikan mengacu pada materi yang telah disampaikan yaitu ”Ayo Belajar Dari Tokoh Idola. dibagian video tersebut guru menanyakan tentang tokoh-tokoh yang mungkin di kenal, selain itu juga guru menanyakan pada siswa tentang idola mereka.

    2. Jika saya sebagai guru, saya akan memberikan tugas pada siswa untuk mencari gambar tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Dan untuk penilaiannya adalah siswa diminta untuk mempresentasikan di depan rekan-rekannya.

    1
    0
  2. mohon maaf Pak Khanif, itu jawaban atas diskusi diatas adalah akun google saya, tadi saya mau masuk akun sudah ada akunnya orang lain dan tidak sengaja saya klik akun tersebut langsung login. tapi ini akun saya yang benar.
    Atas Nama : Ilham Khalimi
    NIM : 044131064
    Program Studi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

  3. 1.Menurut saya tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas sudah sesuai mengenai materi “Ayo Belajar Dari Tokoh Idola”. Salah satunya banyak siswa yang aktif karena belajar dengan materi tersebut dengan penambahan wawasan siswa mengenai tokoh tokoh pahlawan negara serta tokoh tokoh yang menjadi idola para siswa siswa karena kelebihan kelebihannya sehingga akan membangkitkan semangat siswa dan siswa dapat belajar kebaikan kebaikan dari para tokoh tokoh idolanya salah satunya ada siswa yang mengidolakan ayahnya karena kegigihan seorang ayah dan kelebihan para tokoh lainnya sehingga dari para tokoh tokoh tersebut akan memunculkan motivasi siswa untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

    2.Menurut saya, jika saya sebagai guru, maka saya akan memberikan tugas kepada siswa untuk membuat sebuah Kliping mengenai tokoh tokoh pahlawan negara serta tokoh yang mereka idolakan salah satunya mencantumkan fotonya, dan kelebihan kelebihan dari tokoh tokoh tersebut. Kemudian sebagai penilaiannya siswa diminta mempresentasikan mengenai kliping dari tokoh tokoh idolanya tersebut dan apa motivasi yang didapat dari belajar dari tokoh idolanya didepan kawan kawannya.

  4. Assalamualaikum wr. wb.
    semoga semuanya ada dalam kesehatan, keleluasaan waktu untuk mengikuti forum diskusi ini, aamiin yra.
    Nama saya Ucu Saeful Uyun, NIM 031229416, Prodi PPKn, alamat email : ucusaefuluyun@gmail.com
    pendapat saya mengenai video “Ayo Belajar dari Tokoh Idola” :

    1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
    menurut saya tugas yang sudah diberikan oleh guru dalam video tersebut sudah sesuai dengan materi yang dibahas yaitu ”Ayo Belajar Dari Tokoh Idola. Pada video tersebut guru menanyakan tentang tokoh-tokoh yang mungkin di kenal, selain itu juga guru menanyakan pada siswa tentang idolanya.

    2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?
    saya akan memberikan tugas pada siswa untuk mencari gambar tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia. Dan untuk penilaiannya yaitu siswa dibentuk dalam beberapa kelompok yang berisi 4 orang atau lebih disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada dikelas, selanjutnya tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan di depan kelas.

    Demikian pendapat yang dapat saya sampaikan, terima kasih.
    Wassalamualaikum wr. wb.

  5. Nama : Warsadi
    NIM : 044360722
    Prodi : S1 PKN
    Pertanyaan pemicu diskusi
    1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
    2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya?

    Pendapat saya :
    1. Sudah sesuai, karena seorang guru harus memberikan penjelasan yang terinci tentang materi yang disampaikannya, pada tayangan tersebut, guru dapat memicu siswa yang sebelum tayang gambar tokoh idola mereka seperti malas untuk belajar, tetapi ketika guru tersebut menampilkan tayangan gambar foto idola yang pertama foto Pa Soekarno, sontak petanyaan guru tersebut langsung dijawab berebut oleh beberapa siswa sehingga kelaspun aktif.
    2. Akan saya berrikan tugas membuat Album tokoh – tokoh idola dan menjelaskan tentang biografi tokoh idolanya tersebut, penilainnya menggunakan sistem kelompok, sehingga semua siswa ikut berperan aktif mencari dan membahas tokoh idolanya masing-masing.

  6. Assalamualaikum
    Nama Windi Tri Suprianti
    NIM 044584715
    1. Sudah sesuai
    2. jika saya menjadi guru saya akan menugaskan untuk Membuat kliping dengan tema “tokoh atau pahlwan yang berpengaruh dalam kemerdekaan NKRI”
    untuk cara penilaiannya adalah : sistem penilaian perindividu dengan Spesifikasi gambar yang jelas, rangkaian pengaruh sang tokoh dalam kemerdekaan, kuantitas para tokoh dalam kliping disertai dengan biografi sang tokoh lalu dipersentasi kan di depan kelas

  7. Nama : Rabiah Zahratul Jannah
    NIM : 044358267
    Prodi : S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

    Bismillah, izinkan saya untuk mengemukakan pendapat saya :
    1. Menurut saya sudah sesuai dan tepat, karna bisa jadi yang memicu kebosanan siswa, ketidaktahuan siswa itu karna kita sebagai guru kurang memberikan contoh atau hal yang bersangkutan dengan materi. Dari video tersebut saat guru menampilkan foto salah satu tokoh, terlihat siswa sangat fokus dan antusias melihat tokoh yang tak asing nama nya tapi siswa baru tahu foto sang tokoh tersebut. Juga dari menampilkan foto tokoh tokoh tersebut, siswa yang sebelumnya belum sama sekali tahu tentang tokoh Indonesia, menjadi tahu.
    2. Manurut saya tugas yang sesuai dengan materi tersebut, kita sebagai guru mengelompokan sejumlah siswa dengan rata rata minimal 4 atau 5 dari sejumlah siswa di kelas VII. Setelah adanya kelompok, guru memberikan tugas agar siswa memerani salah satu tokoh, dari banyaknya tokoh tokoh pahlawan di Indonesia, dengan berbeda beda tokoh di setiap kelompoknya. Yaitu dengan memakai pakaian khas pada tokoh tersebut dan menggambarkan karakter yang dimiliki tokoh tersebut.
    Dari sana sang guru bisa mendapatkan nilai dari hasil usaha mereka.

    Baik, demikian pendapat saya.
    Terima kasih

  8. NAMA: LATIFAH NURUL JANAH
    NIM: 042473553
    PRODI: S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

    1. Sudah Sesuai, dengan cara guru tersebut bertanya tentang tokoh idola mereka dan menampilkan gambar tokoh-tokoh idola seperti bung karno dan lain-lain, siswa menjadi mau untuk menyampaikan jawabannya dan akhirnya Proses KBM menjadi lebih hidup dan interaktif.

    2. Saya akan memberikan tugas kepada siswa berupa: Siswa diminta untuk menentukan 1 tokoh yang sangat di idolakan, kemdian siswa diminta untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang tokoh idola tersebut dan informasi-informasi yang mereka dapat dituliskan di buku tulis. kemudian penilaiannya dilakukan dengan cara: siswa diminta maju kedepan untuk menceritakan tentang tokoh idola nya (berdasarkan informasi yang mereka dapat) kemudian mereka juga diminta untuk menentukan sikap yang dapat diteladani dari tokoh idola yang mereka idolakan.

  9. Nama : Nurul Azizah
    NIM : 044126553
    Prodi : S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

    Bismillah, menurut pendapat saya :
    – tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas sudah sesuai sebab
    sudah sesuai dengan topik yang dibahas oleh guru yakni “Ayo Belajar Dari Tokoh Idola”.
    – Jika saya sebagai Guru, tugas yang paling sesuai dengan materi tersebut adalah diskusi
    – cara penilaiannya
    1) Setiap anggota kelompok menyebutkan nama idolanya, dan prestasinya.
    2) Salah satu anggota kelompok mencatat dan menuliskan dalam bentuk tabel. (LK terlampir)
    3) Guru berkeliling pada tiap kelompok untuk melihat keaktifan siswa.
    4) Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
    5) Guru dan kelompok lain menanggapi dan menilai

  10. NAMA : SUMAWAN
    NIM : 017407825
    PRODI : S1 PKN
    1. Sudah sesuaikah tugas yang diberikan guru tersebut dengan materi yang sedang dibahas?
    JAWAB : Menurut saya sudah sesuai, karena dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengemukakan pendapat dan berperan aktif dalam proses pembelajaran.
    2. Jika Saudara sebagai Guru, tugas apakah yang paling sesuai dengan materi tersebut? Dan bagaimanakah cara penilaiannya? setelah kegiatan tanya jawab saya akan memberikan tugas kepada seluruh anak berupa sebuah deskripsi tentang tokoh idola yang mereka miliki.
    JAWAB :

Leave a Reply