silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak jelas penyampaiannya. Guru memberikan petunjuk-petunjuk agar siswa dapat bertelepon dan menerima telpon dengan benar. Pada hakikat nya bertelepon adalah berkomunikasi dengan orang lain yang berjarak jauh . Kecermatan menerima pesan sangat di perlukan.
Apakah anda pernah melakukan pembelajaran dengan tema “bertelepon” ? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!
Dra. Zulfahnur Z.F., M.Pd.
–
–
–
–
Nama : Umidayani
Nim. : 855865369
Guru harus memberikan contoh yang baik dan mudah dipahami siswa agar siswa tidak melakukan kesalahan lagi
Guru memberikan saran kepada murid agar mencacat pesan apabila ada penelpon, supaya pesan yang disampaikan tersampaikan
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dan melakukan pembelajaran
Guru dapat memberikan kepada murid waktu mengemukakan pendapat
Nama : Slamet Riyadi
NIM : 857007108
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Kotaagung
Prodi : PGSD Semester 6
Setelah saya menonton vidio pembelajaran tentang “Bagaimana cara menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelpon” dari laman Guru Pintar Online (GPO), hasil analisis saya terhadap vidio tersebut adalah:
– Proses pembelajaran yang dilakukan guru sudah baik, guru menerangkan dan memberikan contoh yang jelas tentang bagaimana cara menyampaikan pesan yang baik. Terlihat para siswa juga memahami apa yang disampaikan oleh guru dengan baik dan langsung bisa memberikan contoh penerapannya didepan kelas. Guru juga terlihat memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa sehingga memancing antusias dan perhatian siswa dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih hidup.
– Namun, terkait dari proses pembelajaran inti tersebut guru belum melakukan pendahuluan, seperti melakukan salam pembuka, berdoa, mengabsen, ice breaking, pemberian apersepsi dan sebagaimana. selain itu guru juga tidak melakukan penutup dalam pembelajaran seperti berdoa dan melakukan evaluasi.
Nama: Nesi Amelia
NIM: 856739124
Kegiatan belajar yang dilakukan Bu Guru sudah baik, guru cepat tanggap dalam mengidentifikasi masalah yang terjadi, setelah mengetahui anak didiknya sepertinya belum sepenuhnya cakap dalam memaknai serta menyampaikan pesan yang diperoleh lewat telepon, Bu Guru langsung mengajak siswa dikelasnya untuk mempelajari bagaimana cara menerima pesan seseorang dengan baik dan keterampilan dalam menyampaikan pesan tersebut. Bu Guru menggunakan metode ceramah dan tanya-jawab yang diikuti oleh keantusiasan seluruh siswa, dan latihan langsung yang dilakukan di depan kelas oleh beberapa peserta didik dalam menerima dan menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelepon dengan baik.
Meski begitu, kegiatan belajar dengan tema Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon ini, dalam penerapan di kelas, saat tiba waktunya siswa mendapatkan giliran maju ke depan, terlihat hanya beberapa siswa saja mendapatkan kesempatan maju, kesempatan dimana seluruh siswa dapat aktif dalam kegiatan belajar terlihat belum sepenuhnya maksimal. Oleh sebab itu, di kegiatan belajar mendatang Bu Guru ada baiknya menyiapkan metode atau pendekatan, bisa juga teknik atau ditambahi media pembelajaran yang menarik, dimana seluruh siswa memperoleh giliran untuk mencoba langsung bagaimana caranya menerima dan menyampaikan pesan dengan baik, metode dimana melibatkan seluruh siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar nyatanya lebih efektif dalam memberikan pengalaman belajar yang bermakna, baru, dan dapat meningkatkan motivasi serta minat belajar siswa.
Nama : Ulfah Anisa
NIM : 857639329
Pokjar : Slawi
Video : Bagaimana cara menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelpon
Setelah saya menyimak video dari laman Guru Pintar Online (GPO), hasil analisis saya adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dari keseluruhan proses pembelajaran yang dilakukan sudah berjalan baik, Guru mengajarkan bagaimana berkomunikasi dengan baik, terjalin komunikasi dua arah didalam kelas saat guru menanyakan bagaimana cara menerima pesan dari telepon, lalu murid menjawab dengan di catatan atau bertanya kepada penelpon untuk diulang kembali pesan nya.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
-. Guru tidak melakukan tahapan pendahuluan seperti”mempersiapkan murid, berdoa,dan mengisi absensi”tampak dalam video, maya yang memberitahu kepada guru kalau anis tidak masuk sekolah.
-. Guru tidak memberikan kepada murid waktu untuk mengemukakan pendapat
-. Guru membiarkan murid menertawakan maya saat memberikan informasi yang salah terkait anis
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Guru memberikan motivasi,contoh-contoh, serta pelatihan yang berkesinambungan kepada siswa dikelas yang dapat menjadikan mereka lebih komunikatif dalam menyampaikan sebuah pesan.
-.Guru memberikan saran kepada murid agar mencatat pesan apabila ada penelpon, agar pesan yang dikomunikasikan tersampaikan. Dengan menyampaikan pesan terciptalah tolong menolong.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menurut saya hal unik didalam video pembelajaran yang ditayangkan adalah saat murid bermain peran memperagakan bagaimana menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelpon didepan kelas dengan menggunakan Handphone sebagai media nya.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut pendapat saya, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah
– Pilih metode belajar yang tepat. Dengan pemilihan metode yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
– Manfaatkan media belajar, selain buku juga bisa melalui media internet sebagai media belajar, meningkatkan kualitas guru seperti menempuh pendidikan maupun seminar.
– Evaluasi pembelajaran, evaluasi ini bisa dilihat dari analisis nilai siswa. Selain itu, juga mengevaluasi metode dan media belajar yang selama ini digunakan.
– ciptakan suasanan belajar yang menyenangkan, misalnya dengan memberi pujian kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan, sementara ketika siswa tidak bisa menjawab bukan langsung dimarahi, namun dikoreksi secara baik.
Terimakasih
Nama : Nur Aisyah
Nim : 855843782
Pokjar : Labusel
Menurut analisa saya dalam video tersebut,cara penyampaian guru sudah cukup baik.beliau mengajarkan anak cara menerima dan menyampaikan pesan dari telepon dengan baik sehingga anak mudah memahaminya.
Terlebih lagi untuk anak yg kurang tanggap, memang harus memiliki cara dengan mencatat pesan pesan yang disampaikan agar tidak mengalami kesalahan lagi dalam penyampaian.
Vidio pembelajaran ini sudah cukup bagus dan sangat mudah dipahami..
Nama : Ita Maulidul Habibah
NIM : 858831407
Pokjar: Kepanjen
Kekurangan:
Di awal pembelajaran guru tidak memberikan apersepsi mengenai pembelajaran hari ini
Kelebihan:
Guru mengajak siswa mempraktekkan apa yang mereka pelajari hari ini