silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak jelas penyampaiannya. Guru memberikan petunjuk-petunjuk agar siswa dapat bertelepon dan menerima telpon dengan benar. Pada hakikat nya bertelepon adalah berkomunikasi dengan orang lain yang berjarak jauh . Kecermatan menerima pesan sangat di perlukan.
Apakah anda pernah melakukan pembelajaran dengan tema “bertelepon” ? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!
Dra. Zulfahnur Z.F., M.Pd.
–
–
–
–
Nama : Miranda maulidya
Nim : 858081146
Dari video di atas dapat saya simpulkan bahwa reaksi peserta didik terhadap pembelajaran guru tersebut yaitu menyimak pembelajaran guru tersebut dengan mencatat apa yang disuruh guru tersebut.
menurut saya dari video tersebut kelemahan guru dalam menyampaikan pelajaran yaitu tidak adanya pendahuluan seperti ice breaking, apersepsi dan salam kepada peserta didik, guru juga kurang memberikan kesempatan kepada murid untuk mengungkapkan pendapat mereka.
menurut saya kelebihan dalam pembelajaran tersebut adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah baik guru mau memberikan motivasi dan mengidentifikasi masalah dengan baik guru memberikan penjelasan dan pelatihan yang berkesinambungan dengan materi yang sedang peserta didik pelajari sehingga membuat gelas menjadi kondusif.
hal yang bisa dilakukan guru tersebut dalam pembelajaran berikutnya yaitu menurut saya pemilihan metode belajar yang lebih tepat, saat anak-anak maju ke depan pastikan setiap anak bisa semuanya maju ke depan jadi guru tahu salah informasi yang disampaikan seperti Maya.
Terimakasih
Nama : Tsania Clara Budairi
Nim : 878197915
Secara keseluruhan pembelajaran dilakukan dengan baik, guru menerangkan juga memberikan contoh yang jelas dalam pelaksanaan penerimaan dan pemberian pesan yang baik melalui telpon. Guru juga meminta siswa untuk maju kedepan agar pengalaman yang dirasakan terasa lebih nyata, sehingga siswa mudah dalam menerima pembelajaran.
Terimakasih
Nama : Novita Dwi Cahyani
Nim : 860104249
Hasil analis saya dari video pembelajaran diatas yaitu siswa tidak mengerti,cara menyampaikan pesan yang diperoleh dari telpon dengan baik, siswa tampak malas mengikuti proses pembelajaran, disebabkan oleh pada awal kegiatan KBM dalam menyampaikan pembelajaran Guru terlihat sangat monoton tidak ada salam pembuka, ice breaking penyemangat, dan penjelasan tujuan pembelajaran terlebih dahulu yang akan dilakukan hari ini.
Guru memberikan penjelasan cara untuk menyampaikan pesan yang diperoleh dari telepon, kemudian mengarahkan siswa melakukan praktik komunikas sudah cukup baik dan menggunakan alat praktik yang relevan sehingga siswa memahami materi ini dengan baik.Upaya yang dilakukan oleh guru ketika siswa salah menyampaikan informasi sebaiknya mengingatkan siswa yang lain tidak menertawan temannya yang salah.
Nama: Mentari
Nim: 859881017
UPBJJ UT MEDAN
Video ini sangat relevan dan bermanfaat dalam mengajarkan keterampilan berkomunikasi , khususnya dalam konteks kehidupan nyata seperti bertelepon. Situasi yang diangkat adalah siswa menerima telepon dan tidak mencatat pesan dengan baik, hal ini merupakan contoh konkret dari masalah komunikasi yang sering terjadi. Guru berperan aktif dengan memberikan petunjuk, yang menunjukkan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan solutif. Selain itu, penekanan pada kecermatan dalam menerima pesan sangat penting untuk membentuk keterampilan komunikasi yang efektif sejak dini. Video ini cocok digunakan sebagai media pembelajaran tematik dan keterampilan berbahasa di tingkat sekolah dasar.
Nama : Cindy Agustina
Nim : 856049507
Pokjar : Labuhanbatu Selatan
Dalam video yang saya lihat dengan judul ” Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan Yang di Peroleh dari Penelpon” sudah bagus dalam video tersebut dan sudah saya pahami secara efektif, tetapi hanya ada beberapa kelebihan dan kekurangannya sedikit yaitu sebagai berikut :
Kelebihannya
1. Guru menyampaikan contoh pesan penelpon dengan sipenerima secara langsung dengan menyuruh siswa maju kedepan sebagai contoh.
2. Guru menyampaikan materi ini dengan mudah dan dapat dipahami oleh siswa.
Kekurangannya
1. Diawal Pembelajaran guru di menyampaikan pertanyaan apersepsi kepada siswa.
2. Guru tidak ada membuat model belajar berkelompok, dengan hanya memperhatikan kedapan melihat siswa yang sebagai contoh.
Nama : Salma ‘Ainus Syarifah
NIM :858983543
Menurut video Bagaimana Menyampaikan Pesan yang Diperoleh dari Telepon, maka berikut penjelasan saya.
Pada proses pembelajaran yang terjadi, sebelum guru memberikan pembelajaran mengenai bagaimana menerima dan menyampaikan pesan melalui telepon. Siswa mengalami suatu masalah atau melakukan kesalahan karena saat menerima dan menyampaikan telepon kurang tepat sehingga terjadi kesalahpahaman.
Sedangkan, saat guru memberikan pembelajaran menyampaikan pesan yang diperoleh dari telepon. Siswa tidak lagi melakukan kesalahan dan menyampaikan pesan dengan benar.
Dalam pembelajaran tersebut, guru memberikan pemahaman dengan cara menjelaskan pada siswa melalui praktik yang dilakukan oleh setiap dua siswa. Satu siswa berperan sebagai penelepon dan satu siswa yang lain sebagai penerima telepon. Melalui praktik langsung didepan kelas, siswa menjadi lebih mudah untuk memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Pemecahan masalah ketika menelepon dan menerima telepon bisa dihindari dengan mencatat pesan yang disampaikan oleh penelepon dan menyiapkan pensil didekat telepon. Selain itu, sebaiknya guru mencatat hal-hal yang harus diperhatikan ketika bertelepon di papan tulis sehingga siswa dapat menulisnya di buku catatan agar dapat dipelajari kembali dan mencegah lupa akan materi yang telah dipelajari. Ketika siswa selesai maju ke depan kelas, guru sebaiknya memberikan apresiasi pada siswa berupa tepuk tangan bersama dengan siswa lainnya.
Terima kasih.
Menurut analisa saya dalam video tersebut,cara menyampaikan pesan guru sudah cukup baik.beliau mengajarkan anak cara menerima dan menyampaikan pesan dari telepon dengan baik sehingga anak mudah memahaminya.
Terlebih lagi untuk anak yang kurang tanggap, memang harus memiliki cara dengan mencatat pesan pesan yang disampaikan agar tidak mengalami kesalahan lagi dalam pelayanan.
Vidio pembelajaran ini sudah cukup bagus dan sangat mudah dipahami..
Menurut analisa saya dalam video tersebut,cara menyampaikan pesan guru sudah cukup baik.beliau mengajarkan anak cara menerima dan menyampaikan pesan dari telepon dengan baik sehingga anak mudah memahaminya.
Terlebih lagi untuk anak yang kurang tanggap, memang harus memiliki cara dengan mencatat pesan pesan yang disampaikan agar tidak mengalami kesalahan lagi dalam pelayanan.
Vidio pembelajaran ini sudah cukup bagus dan sangat mudah dipahami.
Nama : Marsela Tambunan
Nim : 856094161
Assalamualikum ibu izin menanggapi video
Berdasarkan pengamatan saya setelah melihat video ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran.
Kelebihan :
• Kondisi kelas yang kondusif, sehingga apa yang disampaikan guru dapat dipahami anak didik dengan baik.
• Guru menjelaskan materi dan mengajak siswa langsung berperan dalam pembelajaran sehingga memudahkan siswa memahami materi pelajaran.
• Guru memotivasi siswa dan mengajarkan cara memecahkan masalah dengan baik dan mudah dipahami.
• Anak didik tertarik dengan pelajaran terutama ketika diminta maju kedepan.
• Guru memberikan kesimpulan dengan baik setelah menyampaikan materi pembelajaran
Kekurangan :
• Guru tidak memulai pelajaran dengan doa.
• Tidak adanya pemantik untuk siswa agar mereka bersemangat karena nampak dalam video anak didik nampak kaku.
• Tidak ada absen sebelum pembelajaran berlangsung.
Saya mengamati bahwa pembelajaran yang ditunjukkan dalam video ini sangat menekankan praktik langsung dan bimbingan konkret. Guru tidak hanya mengidentifikasi masalah (siswa tidak mencatat), tetapi juga memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara bertelepon yang benar dan pentingnya mencatat. Ini adalah pendekatan pengajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan prosedural seperti menerima dan menyampaikan pesan.