Similar Posts
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Nama : Yesyana Priskila Amnifu
Nim : 857118184
Pokjar : Kalideres
Menurut saya, kekurangan guru tersebut adalah kurang menjelaskan tujuan pembelajaran di hari itu, yang pada akhirnya membuat siswa menjadi kebingungan walaupun tetap memperhatikan guru tersebut berbicara. Kemudian di awal video guru tersebut seperti tidak ada persiapan, mulai dari salam pembuka, berdoa, dan menyapa siswa. Lalu setelah berbicara, guru tersebut langsung memberi tugas membuat sebuah cerita kepada siswa. Untuk kelebihannya, komunikasi antara guru dan siswa sangatlah bagus. Guru berbicara mengenai kejadian yang di alaminya, lalu dijadikannya sebagai contoh untuk materi yang beliau ajarkan, lalu siswa yang mendengarkan serta merespon cerita dari guru tersebut.
NAMA: ANNISA DWIYANTI
NIM: 877782804
Menurut saya, video berisikan tentang Guru berbagi pengalaman pribadi tentang kebaikan dan kejahatan manusia. Kemudian, guru mengajak siswa untuk menulis cerita pengalaman pribadi mereka. Guru menjelaskan langkah-langkah menulis cerita dan membimbing siswa dalam proses penulisan. Siswa menulis cerita dan membacakannya di depan kelas. Guru memberikan pujian dan motivasi kepada siswa. Guru menyimpulkan bahwa dengan pendekatan humanistik, siswa dapat mengembangkan kemampuan menulis dan percaya diri. Dengan menggunakan pendekatan humanistik dan strategi pembelajaran yang efektif, video ini menunjukkan bagaimana pembelajaran dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Nama : Vicky Mawar Dita
NIM : 857029601
POKJAR : Sidomulyo
Berdasarkan hasil analisis saya dalam menyimak video pembelajaran Bahasa Indonesia diatas yaitu tentang Bagaimana Menulis Cerita, yaitu
1. Kelebihan video
Pembelajaran diatas sudah berjalan dengan baik. Guru melakukan pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis pengalaman yaitu dengan bercerita dan mudah di mengerti oleh peserta didik dalam menulis cerita yang dibuat menjadi kelompok belajar kecil untuk mendiskusikan pengalaman siapa yang lebih baik, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan dan guru memberi apresiasi dan motivasi serta beliau juga memajang karangan siswa/siswi di dinding, semua itu terlihat sangat baik yang dapat membangun semangat belajar siswa di kelas.
2. Kelemahan Video
Guru kurang lengkap dalam membuka pelajaran, seperti tidak melakukan absen dan berdoa. Tidak memberikan ice breaking agar lebih semangat serta guru tidak memanfaatkan media pembelajaran yang menunjang sehingga pembelajaran menjadi sangat monoton. Guru belum membuat kesimpulan tentang proses pembelajaran yang berlangsung.
3. Hal Unik yang terjadi
Siswa awalnya kurang tertarik dengan pembelajaran menulis cerita namun setelah di ajari cara nya siswa pun melakukan dengan baik. Guru memberikan contoh keterkaitan materi dengan kehidupan sehari-hari.
4. Rekomendasi Perbaikan
Sebaiknya guru melakukan pembelajaran awal dengan berdoa lalu absen dan menanyakan kabar, lalu melakukan ice breaking agar anak-anak bersemangat dan tidak bosan. sebaik nya guru dapat memanfaatkan banyak media agar anak-anak mudah memahami, seperti gambar untuk meningkatkan pemahaman dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru juga seharus nya membuat kesimpulan tentang proses pembelajaran yang sudah berlangsung.
Nama: Chairun Nisa
Nim: 855854413
Pokjar: Labusel
Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa kelemahan dari video tersebut:
1. Guru tidak melakukan apresiasi sebelum melakukan pembelajaran.
2. Terdapat keadaan siswa yang merasa bosan saat di suruh menuliskan ceritanya di buku tulisnya.
3. Guru seperti nya belom menemukan pendekatan yang cocok untuk mengajarkan pembelajaran kepada siswa
Hal unik yang terdapat di dalam video tersebut: Bagaimana siswa mampu membuat cerita dengan baik dan benar.
Perbaikannya sapat dilakukan:
1. Sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran guru melakukan apresiasi dan menanyakan kesiapan siswa untuk belajar.
2. Sebaiknya guru tidak terlalu sering untuk menyuruh siswa menulis dan bisa di gantikan hal yang lain salah satunya langsung kedepan menceritakan pengalamannya saat berlibur.
Nama : REVORMARNIAT ZENDRATO
Nim : 855853776
Pokjar : idanogawo
Menurut saya pada video pembelajaran terdapat kekurangan dan kelebihan dari guru.
Kekurangannya : guru tidak melakukan pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran, dn langsung masuk ke materi inti dan siswa masih bingung untuk mencari topik cerita karena kurangnya penjelasan dari bapak guru
Kelebihannya : dalam menyampaikaan materi guru sudah bagus, guru melakukan kegiatan tanya jawab dengan murid sehingga anak anak bisa menyampaikan materi yang belum paham.
saran yang dapat saya berikan yaitu sebaiknyaa dalam kegiatan pembelajaran isi dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu. Setelah salam alangkah baiknya menanyakan kabar murid,mengecek kehadiran murid,mengecek kebersihan kelas, dan sebisa mungkin mengondisikan murid agar efektif dalam mengikuti pembelajaran. Dan pada saat menyampaikan materi, jangan lupa untuk perhatikan kefokusan muridnyaa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. guru juga harus lebih lantang dan tegas dalam memberikan materi agar tidak mengantuk dalam proses pembelajaran.
Nama : Sesilia Krisna
Nim : 856614103
izin berkomentar.
Berdasarkan video diatas, dalam pembelajaran tersebut guru sudah menyampaikan materi dengan baik, tentang bagaimana menulis cerita. Anak-anak juga bersemangat. Hanya saja sedikit tambahan yaitu guru harusnya melakukan apresiasi seperti, salam, doa, dan mengecek kehadiran siswa sebelum melakukan pembelajaran. Sedikit saran baiknya siswa dilibatkan secara aktif dengan cara mengajak siswa maju ke depan untuk bercerita, dan menambah media pembelajaran serta ice breaking yang lebih menarik agar siswa tambah bersemangat lagi.
Nama : Sesilia Krisna
Nim : 856614103
Izin berkomentar.
Berdasarkan video diatas, dalam pembelajaran tersebut guru sudah menyampaikan materi dengan baik, tentang bagaimana menulis cerita. Anak-anak juga bersemangat, tetapi sedikit monoton terlalu banyak menyuruh siswa menulis. Hanya saja sedikit tambahan yaitu guru harusnya melakukan salam, doa, dan mengecek kehadiransiswa sebelum melakukan pembelajaran. Sedikit saran baiknya siswa dilibatkan secara aktif dengan mengajak siswa maju ke depan untuk bercerita, dan menambah media pembelajaran serta ice breaking yang lebih menarik agar siswa tambah bersemangat lagi.
NAMA: NURJANNAH HARAHAP
NIM: 860127633
UPBJJ : UT MEDAN
Menurut saya, video berisikan tentang Guru berbagi pengalaman pribadi tentang kebaikan dan kejahatan manusia. Kemudian, guru mengajak siswa untuk menulis cerita pengalaman pribadi mereka. Guru menjelaskan langkah-langkah menulis cerita dan membimbing siswa dalam proses penulisan. Siswa menulis cerita dan membacakannya di depan kelas. Guru memberikan pujian dan motivasi kepada siswa. Guru menyimpulkan bahwa dengan pendekatan humanistik, siswa dapat mengembangkan kemampuan menulis dan percaya diri. Dengan menggunakan pendekatan humanistik dan strategi pembelajaran yang efektif, video ini menunjukkan bagaimana pembelajaran dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Nama : Nurjannah Harahap
NIM : 860127633
UPBJJ : UT MEDAN
Semester 6
Dari video diatas kita bisa mengambil pelajaran bahwa :
1. Apa yang diceritakan oleh guru tersebut untuk kita saling tolong menolong, tetapi juga harus melihat kondisi artinya apa, seringkali muncul modus penipuan pura pura minta bantuan ternyata itu untuk menjebak.
2. Harus ada interaksi antara siswa dan guru untuk mempermudah menjaga konsentrasi peserta didik
3. Guru tidak menjelaskan secara rinci dan jelas terkait tujuan pembelajaran dan juga guru hanya meminta siswa untuk mencari materi pembelajaran tanpa memberikan penjelasan yang baik.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Septiyana Permana
Kelas : D
NIM : 857029697
Semester : 6
Upbjj : Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
1. Murid sangat mendengarkan dan sangat hikmat lalu sangat responsif juga saat guru memberikan penjelasan pelajaran
2. Menurut saya kelemaham guru tersebut ialah kurang memberikan contoh yang lebih signifikan dalam menjelaskan dan membuat suatu cerita.
3. kelebihan guru tersebut mwnurut saya ialah guru tersebut sangat memberikan tata cara apalagi dengan duduk berkelompok jadi siswa bisa melakukan diskusi bersama teman temannya
4. bisa mengetahui bahwa banyak sekali cerita yang bisa dibuat oleh anak murid dan cara membuat cerita dengan mudah
5. menurut saya tinggal menambahkan suasana belajar lagi yang lebih seru agar tidak membosankan agar murid juga lebih leluasa juga dalam mengembangkan suatu cerita