Similar Posts
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Yesyana Priskila Amnifu
Nim : 857118184
Pokjar : Kalideres
Menurut saya, kekurangan guru tersebut adalah kurang menjelaskan tujuan pembelajaran di hari itu, yang pada akhirnya membuat siswa menjadi kebingungan walaupun tetap memperhatikan guru tersebut berbicara. Kemudian di awal video guru tersebut seperti tidak ada persiapan, mulai dari salam pembuka, berdoa, dan menyapa siswa. Lalu setelah berbicara, guru tersebut langsung memberi tugas membuat sebuah cerita kepada siswa. Untuk kelebihannya, komunikasi antara guru dan siswa sangatlah bagus. Guru berbicara mengenai kejadian yang di alaminya, lalu dijadikannya sebagai contoh untuk materi yang beliau ajarkan, lalu siswa yang mendengarkan serta merespon cerita dari guru tersebut.
NAMA: ANNISA DWIYANTI
NIM: 877782804
Menurut saya, video berisikan tentang Guru berbagi pengalaman pribadi tentang kebaikan dan kejahatan manusia. Kemudian, guru mengajak siswa untuk menulis cerita pengalaman pribadi mereka. Guru menjelaskan langkah-langkah menulis cerita dan membimbing siswa dalam proses penulisan. Siswa menulis cerita dan membacakannya di depan kelas. Guru memberikan pujian dan motivasi kepada siswa. Guru menyimpulkan bahwa dengan pendekatan humanistik, siswa dapat mengembangkan kemampuan menulis dan percaya diri. Dengan menggunakan pendekatan humanistik dan strategi pembelajaran yang efektif, video ini menunjukkan bagaimana pembelajaran dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Nama : Vicky Mawar Dita
NIM : 857029601
POKJAR : Sidomulyo
Berdasarkan hasil analisis saya dalam menyimak video pembelajaran Bahasa Indonesia diatas yaitu tentang Bagaimana Menulis Cerita, yaitu
1. Kelebihan video
Pembelajaran diatas sudah berjalan dengan baik. Guru melakukan pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis pengalaman yaitu dengan bercerita dan mudah di mengerti oleh peserta didik dalam menulis cerita yang dibuat menjadi kelompok belajar kecil untuk mendiskusikan pengalaman siapa yang lebih baik, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan dan guru memberi apresiasi dan motivasi serta beliau juga memajang karangan siswa/siswi di dinding, semua itu terlihat sangat baik yang dapat membangun semangat belajar siswa di kelas.
2. Kelemahan Video
Guru kurang lengkap dalam membuka pelajaran, seperti tidak melakukan absen dan berdoa. Tidak memberikan ice breaking agar lebih semangat serta guru tidak memanfaatkan media pembelajaran yang menunjang sehingga pembelajaran menjadi sangat monoton. Guru belum membuat kesimpulan tentang proses pembelajaran yang berlangsung.
3. Hal Unik yang terjadi
Siswa awalnya kurang tertarik dengan pembelajaran menulis cerita namun setelah di ajari cara nya siswa pun melakukan dengan baik. Guru memberikan contoh keterkaitan materi dengan kehidupan sehari-hari.
4. Rekomendasi Perbaikan
Sebaiknya guru melakukan pembelajaran awal dengan berdoa lalu absen dan menanyakan kabar, lalu melakukan ice breaking agar anak-anak bersemangat dan tidak bosan. sebaik nya guru dapat memanfaatkan banyak media agar anak-anak mudah memahami, seperti gambar untuk meningkatkan pemahaman dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru juga seharus nya membuat kesimpulan tentang proses pembelajaran yang sudah berlangsung.
Nama: Chairun Nisa
Nim: 855854413
Pokjar: Labusel
Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa kelemahan dari video tersebut:
1. Guru tidak melakukan apresiasi sebelum melakukan pembelajaran.
2. Terdapat keadaan siswa yang merasa bosan saat di suruh menuliskan ceritanya di buku tulisnya.
3. Guru seperti nya belom menemukan pendekatan yang cocok untuk mengajarkan pembelajaran kepada siswa
Hal unik yang terdapat di dalam video tersebut: Bagaimana siswa mampu membuat cerita dengan baik dan benar.
Perbaikannya sapat dilakukan:
1. Sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran guru melakukan apresiasi dan menanyakan kesiapan siswa untuk belajar.
2. Sebaiknya guru tidak terlalu sering untuk menyuruh siswa menulis dan bisa di gantikan hal yang lain salah satunya langsung kedepan menceritakan pengalamannya saat berlibur.
Nama : REVORMARNIAT ZENDRATO
Nim : 855853776
Pokjar : idanogawo
Menurut saya pada video pembelajaran terdapat kekurangan dan kelebihan dari guru.
Kekurangannya : guru tidak melakukan pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran, dn langsung masuk ke materi inti dan siswa masih bingung untuk mencari topik cerita karena kurangnya penjelasan dari bapak guru
Kelebihannya : dalam menyampaikaan materi guru sudah bagus, guru melakukan kegiatan tanya jawab dengan murid sehingga anak anak bisa menyampaikan materi yang belum paham.
saran yang dapat saya berikan yaitu sebaiknyaa dalam kegiatan pembelajaran isi dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu. Setelah salam alangkah baiknya menanyakan kabar murid,mengecek kehadiran murid,mengecek kebersihan kelas, dan sebisa mungkin mengondisikan murid agar efektif dalam mengikuti pembelajaran. Dan pada saat menyampaikan materi, jangan lupa untuk perhatikan kefokusan muridnyaa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. guru juga harus lebih lantang dan tegas dalam memberikan materi agar tidak mengantuk dalam proses pembelajaran.
Nama : Sesilia Krisna
Nim : 856614103
izin berkomentar.
Berdasarkan video diatas, dalam pembelajaran tersebut guru sudah menyampaikan materi dengan baik, tentang bagaimana menulis cerita. Anak-anak juga bersemangat. Hanya saja sedikit tambahan yaitu guru harusnya melakukan apresiasi seperti, salam, doa, dan mengecek kehadiran siswa sebelum melakukan pembelajaran. Sedikit saran baiknya siswa dilibatkan secara aktif dengan cara mengajak siswa maju ke depan untuk bercerita, dan menambah media pembelajaran serta ice breaking yang lebih menarik agar siswa tambah bersemangat lagi.
Nama : Sesilia Krisna
Nim : 856614103
Izin berkomentar.
Berdasarkan video diatas, dalam pembelajaran tersebut guru sudah menyampaikan materi dengan baik, tentang bagaimana menulis cerita. Anak-anak juga bersemangat, tetapi sedikit monoton terlalu banyak menyuruh siswa menulis. Hanya saja sedikit tambahan yaitu guru harusnya melakukan salam, doa, dan mengecek kehadiransiswa sebelum melakukan pembelajaran. Sedikit saran baiknya siswa dilibatkan secara aktif dengan mengajak siswa maju ke depan untuk bercerita, dan menambah media pembelajaran serta ice breaking yang lebih menarik agar siswa tambah bersemangat lagi.
NAMA: NURJANNAH HARAHAP
NIM: 860127633
UPBJJ : UT MEDAN
Menurut saya, video berisikan tentang Guru berbagi pengalaman pribadi tentang kebaikan dan kejahatan manusia. Kemudian, guru mengajak siswa untuk menulis cerita pengalaman pribadi mereka. Guru menjelaskan langkah-langkah menulis cerita dan membimbing siswa dalam proses penulisan. Siswa menulis cerita dan membacakannya di depan kelas. Guru memberikan pujian dan motivasi kepada siswa. Guru menyimpulkan bahwa dengan pendekatan humanistik, siswa dapat mengembangkan kemampuan menulis dan percaya diri. Dengan menggunakan pendekatan humanistik dan strategi pembelajaran yang efektif, video ini menunjukkan bagaimana pembelajaran dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Nama : Nurjannah Harahap
NIM : 860127633
UPBJJ : UT MEDAN
Semester 6
Dari video diatas kita bisa mengambil pelajaran bahwa :
1. Apa yang diceritakan oleh guru tersebut untuk kita saling tolong menolong, tetapi juga harus melihat kondisi artinya apa, seringkali muncul modus penipuan pura pura minta bantuan ternyata itu untuk menjebak.
2. Harus ada interaksi antara siswa dan guru untuk mempermudah menjaga konsentrasi peserta didik
3. Guru tidak menjelaskan secara rinci dan jelas terkait tujuan pembelajaran dan juga guru hanya meminta siswa untuk mencari materi pembelajaran tanpa memberikan penjelasan yang baik.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Septiyana Permana
Kelas : D
NIM : 857029697
Semester : 6
Upbjj : Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
1. Murid sangat mendengarkan dan sangat hikmat lalu sangat responsif juga saat guru memberikan penjelasan pelajaran
2. Menurut saya kelemaham guru tersebut ialah kurang memberikan contoh yang lebih signifikan dalam menjelaskan dan membuat suatu cerita.
3. kelebihan guru tersebut mwnurut saya ialah guru tersebut sangat memberikan tata cara apalagi dengan duduk berkelompok jadi siswa bisa melakukan diskusi bersama teman temannya
4. bisa mengetahui bahwa banyak sekali cerita yang bisa dibuat oleh anak murid dan cara membuat cerita dengan mudah
5. menurut saya tinggal menambahkan suasana belajar lagi yang lebih seru agar tidak membosankan agar murid juga lebih leluasa juga dalam mengembangkan suatu cerita