Similar Posts
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
NAMA : YUNISA TASFA NASUTION
NIM : 859882674
JUDUL : Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
POKJAR : Asahan UPBJJ : Medan
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dalam video tersebut, siswa tampak menunjukkan antusiasme dan keterlibatan yang positif selama proses pembelajaran. Mereka mendengarkan dengan saksama ketika guru menceritakan pengalaman pribadinya, yang kemudian dijadikan contoh dalam materi menulis cerita. Respons siswa yang aktif terlihat dari perhatian mereka yang terfokus dan partisipasi dalam diskusi yang dipandu oleh guru. Meskipun terdapat beberapa kebingungan awal karena kurangnya penjelasan tujuan pembelajaran, secara keseluruhan, siswa tetap menunjukkan minat dan keterlibatan dalam kegiatan tersebut.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Beberapa kelemahan yang terlihat dalam video antara lain kurangnya persiapan awal sebelum memulai pelajaran. Guru tidak menyampaikan salam pembuka, ajakan berdoa, atau penjelasan tujuan pembelajaran, yang dapat menyebabkan siswa merasa bingung tentang arah kegiatan. Selain itu, pemberian tugas menulis cerita dilakukan tanpa penjelasan yang memadai, sehingga siswa mungkin kesulitan memahami ekspektasi yang diharapkan.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Kelebihan guru dalam video ini meliputi kemampuan membangun komunikasi yang baik dengan siswa. Guru menggunakan pengalaman pribadi sebagai contoh dalam materi, yang membuat pelajaran lebih relevan dan menarik bagi siswa. Pendekatan ini membantu siswa memahami konsep menulis cerita dengan lebih konkret dan memotivasi mereka untuk berbagi pengalaman mereka sendiri dalam bentuk tulisan.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru melaksanakan pembelajaran?
Salah satu hal unik yang ditemukan adalah penggunaan cerita pribadi guru sebagai alat untuk mengajarkan materi menulis cerita. Pendekatan ini tidak hanya membuat pelajaran lebih hidup, tetapi juga membantu siswa melihat hubungan antara pengalaman sehari-hari dan keterampilan menulis. Selain itu, guru mendorong siswa untuk menulis berdasarkan pengalaman mereka sendiri, yang dapat meningkatkan keterlibatan dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
a) Persiapan Awal yang Matang: Guru sebaiknya memulai pelajaran dengan salam, doa, dan penjelasan tujuan pembelajaran agar siswa memahami arah dan tujuan kegiatan.
b) Penjelasan Tugas yang Jelas: Sebelum memberikan tugas, guru perlu menjelaskan secara rinci apa yang diharapkan dari siswa, termasuk langkah-langkah yang harus diikuti dan kriteria penilaian.
c) Penggunaan Media Pembelajaran: Menggunakan alat bantu visual atau contoh tulisan dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.
d) Peningkatan Interaksi: Mendorong diskusi kelompok atau pasangan dapat meningkatkan partisipasi siswa dan memungkinkan mereka belajar dari satu sama lain.
e) Refleksi dan Umpan Balik: Memberikan waktu bagi siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan memberikan umpan balik konstruktif dapat membantu mereka berkembang dalam keterampilan menulis.
Menurut pendapat saya dari video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan nya yaitu:
Kekurangan nya,guru tidak membuka pembelajaran, malah langsung masuk dalam materi tanpa mengulas kembali materi yang sudah lalu atau bahkan mengajak anak-anak untuk berdoa sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung.
Sedangkan kelebihan nya,guru tersebut menjelaskan materi dengan baik dan melakukan interaksi tanya jawab dengan siswa ,dan guru memberikan motivasi dan apresiasi terhadap setiap siswa ketika selesai membaca kan hasil setiap karangan nya.
Menurut pendapat saya dari video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan nya yaitu:
Kekurangan nya,guru tidak membuka pembelajaran, malah langsung masuk dalam materi tanpa mengulas kembali materi yang sudah lalu atau bahkan mengajak anak-anak untuk berdoa sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung.
Sedangkan kelebihan nya,guru tersebut menjelaskan materi dengan baik dan melakukan interaksi tanya jawab dengan siswa ,dan guru memberikan motivasi dan apresiasi terhadap setiap siswa ketika selesai membaca kan hasil setiap karangan nya.
Saran untuk perbaikan sebaiknyaa dalam kegiatan pembelajaran isi dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu. Setelah salam alangkah baiknya menanyakan kabar murid,mengecek kehadiran murid,mengecek kebersihan kelas, dan sebisa mungkin mengondisikan murid agar efektif dalam mengikuti pembelajaran. Dan pada saat menyampaikan materi, jangan lupa untuk perhatikan kefokusan muridnyaa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. guru juga harus lebih lantang dan tegas dalam memberikan materi agar tidak mengantuk dalam proses pembelajaran.
NAMA:EDAR MULIA WARUWU
NIM:859880434
POKJAR: IDANOGAWO
Menurut pendapat saya dalam vidio pembelajaran guru kurang Guru berbagi pengalaman pribadi tentang kebaikan dan kejahatan manusia. Kemudian, guru mengajak siswa untuk menulis cerita pengalaman pribadi mereka.Sedangkan kelebihan nya,guru tersebut menjelaskan materi dengan baik dan melakukan interaksi tanya jawab dengan siswa ,dan guru memberikan motivasi dan apresiasi terhadap setiap siswa ketika selesai membaca kan hasil setiap karangan nya.
Saran untuk perbaikan sebaiknyaa dalam kegiatan pembelajaran isi dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu. Setelah salam alangkah baiknya menanyakan kabar murid,mengecek kehadiran murid,mengecek kebersihan kelas, dan sebisa mungkin mengondisikan murid agar efektif dalam mengikuti pembelajaran.
Terimakasih
Nama : Siti Khomisah
Nim : 857730145
Pokjar : Kedungwuni
Menurut saya pada video pembelajaran terdapat kekurangan dan kelebihan dari guru. Guru tidak melakukan pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran, dan langsung masuk ke materi inti dan siswa masih bingung untuk mencari topik cerita karena kurangnya penjelasan dari bapak guru
Kelebihannya : dalam menyampaikaan materi guru sudah bagus, guru melakukan kegiatan tanya jawab dengan murid sehingga anak anak bisa menyampaikan materi yang belum paham.
saran yang dapat saya berikan yaitu sebaiknyaa dalam kegiatan pembelajaran isi dengan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu. Setelah salam alangkah baiknya menanyakan kabar murid,mengecek kehadiran murid,mengecek kebersihan kelas, dan sebisa mungkin mengondisikan murid agar efektif dalam mengikuti pembelajaran. Dan pada saat menyampaikan materi, jangan lupa untuk perhatikan kefokusan muridnyaa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. guru juga harus lebih lantang dan tegas dalam memberikan materi agar tidak mengantuk dalam proses pembelajaran. Guru juga memberikan motivasi dan apresiasi terhadap siswa yang dapat membangun semangat bagi siswa.
NAMA: HENDRA PUTRA GUNAWAN HULU
NIM: 855855311
KELAS : A
Semester :8
Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa kelemahan dari video tersebut:
1. Guru tidak melakukan apresiasi sebelum melakukan pembelajaran.
2. Terdapat keadaan siswa yang merasa bosan saat di suruh menuliskan ceritanya di buku tulisnya.
3. Guru seperti nya belom menemukan pendekatan yang cocok untuk mengajarkan pembelajaran kepada siswa
Hal unik yang terdapat di dalam video tersebut: Bagaimana siswa mampu membuat cerita dengan baik dan benar.
Perbaikannya sapat dilakukan:
1. Sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran guru melakukan apresiasi dan menanyakan kesiapan siswa untuk belajar.
2. Sebaiknya guru tidak terlalu sering untuk menyuruh siswa menulis dan bisa di gantikan hal yang lain salah satunya langsung kedepan menceritakan pengalamannya saat berlibur.
Nama : Nur Elda Laeli
NIM : 858572065
Pokjar : Kabupaten Kediri
UPBJJ UT : Malang
Semester : 8 / 118
Judul Video : Bagaimana Menulis Cerita
Link Video : https://gurupintar.ut.ac.id/bagaimana-menulis-cerita/
Menurut pendapat saya setelah melihat video diatas adalah sebagai berikut :
1. Guru tidak meluma pembukaan dengan membaca doa
2. Guru tidak memberikan gambaran tentang tujuan pembelajaran
3. Guru tidak membimbing siswa untuk bertanya jawab tentang resume tentang poin-poin penting apa saja yang baru dilakukan
4. Guru tidak mengajaksiswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran
Nama : Nur Elda Laeli
NIM : 858572065
Pokjar : Kabupaten Kediri
UPBJJ UT : Malang
Semester : 8 / 118
Judul Video : Bagaimana Menulis Cerita
Link Video : https://gurupintar.ut.ac.id/bagaimana-menulis-cerita/
Menurut pendapat saya setelah melihat video diatas adalah sebagai berikut :
1. Guru tidak meluma pembukaan dengan membaca doa
2. Guru tidak memberikan gambaran tentang tujuan pembelajaran
3. Guru tidak membimbing siswa untuk bertanya jawab tentang resume tentang poin-poin penting apa saja yang baru dilakukan
4. Guru tidak mengajak siswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran
Nama : Nur Elda Laeli
NIM : 858572065
Pokjar : Kabupaten Kediri
UPBJJ UT : Malang
Semester : 8 / 118
Judul Video : Bagaimana Menulis Cerita
Link Video : https://gurupintar.ut.ac.id/bagaimana-menulis-cerita/
Menurut pendapat saya setelah melihat video diatas adalah sebagai berikut :
1. Guru tidak meluma pembukaan dengan membaca doa
2. Guru tidak memberikan gambaran tentang tujuan pembelajaran
3. Guru tidak membimbing siswa untuk bertanya jawab tentang resume tentang poin-poin penting apa saja yang baru dilakukan
4. Guru tidak mengajak siswa berdoa untuk mengakhiri pembelajaran
Kelebihan:
Guru menggunakan pendekatan humanistik dan membagikan pengalaman pribadi, membuat siswa merasa lebih dekat dan tertarik.
Siswa diberi kesempatan menulis cerita sendiri dan membacakannya, membangun rasa percaya diri.
Kelemahan:
Tidak ada pembukaan seperti salam atau doa; siswa tampak bingung karena tidak ada penjelasan awal yang jelas.
Ada siswa yang merasa bosan saat diminta menulis.
Hal Unik:
Cerita berdasarkan pengalaman nyata guru, digunakan sebagai inspirasi untuk pembelajaran.
Solusi:
Lakukan pembukaan yang baik dan membangun suasana (apresiasi, tanya kabar).
Variasikan metode, misalnya cerita lisan sebelum menulis agar siswa lebih semangat.
Link video dan informasi lengkap bisa dilihat di sini: https://gurupintar.ut.ac.id/bagaimana-menulis-cerita/
Apakah percakapan ini bermanfaat sejauh ini?
Nama Ferdi wahid
Nim 859546428
Kelebihan:
Guru menggunakan pendekatan humanistik dan membagikan pengalaman pribadi, membuat siswa merasa lebih dekat dan tertarik.
Siswa diberi kesempatan menulis cerita sendiri dan membacakannya, membangun rasa percaya diri.
Kelemahan:
Tidak ada pembukaan seperti salam atau doa; siswa tampak bingung karena tidak ada penjelasan awal yang jelas.
Ada siswa yang merasa bosan saat diminta menulis.
Hal Unik:
Cerita berdasarkan pengalaman nyata guru, digunakan sebagai inspirasi untuk pembelajaran.
Solusi:
Lakukan pembukaan yang baik dan membangun suasana (apresiasi, tanya kabar).
Variasikan metode, misalnya cerita lisan sebelum menulis agar siswa lebih semangat.
Link video dan informasi lengkap bisa dilihat di sini: https://gurupintar.ut.ac.id/bagaimana-menulis-cerita/
Apakah percakapan ini bermanfaat sejauh ini?