Sinopsis
Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran IPA dengan topik “Strategi Pembelajaran IPA”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar tentang pengertian ekosistem. Sebelum menanyakan pengertian tentang ekosistem guru menayangkan gambar video tentang kehidupan pada suatu padang rumput, terlihat disana adanya hewan-hewan pemakan rumput, tanaman rumput , pepohonan, dan adanya persingan dalam perebutan makanan. Setelah diperlihatkan tanyangan, guru kemudian menanyakan kepada siswa tentang pengertian dari ekosistem., dan mengambil kesimpulan dari jawaban yang diberikan siswa. Agar lebih jelas guru membawa siswa ke halaman sekolah untuk mengamati ekosistem yang sesungguhnya. Satu kelompok mengamati ekosistem kolam, kelompok lain pada ekosistem kebun dan sungai. Siswa diminta untuk mencatat dan mendiskusikan makhluk apa saja yang terdapat pada masing-masing ekosistem. Setelah selesai kegiatan siswa diminta membuat kesimpulan tentang pengertian ekosistem dan salah satu kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil temuannya di depan kelas.
Pertanyaan pemicu diskusi :
Sudah cocokkah strategi pembelajaran yang digunakan guru tersebut pada materi yang sedang dibahas? Beri alasan jawaban anda.
Tri Wahyuningsih
Dalam tayangan video tentang belajar ekosistem dengan pendekatan discovery, terlihat suasana dalam kelas dimana seorang guru menjelaskan tentang ekosistem dan memberikan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa. Setelah ditayangkan video tentang ekosistem, guru kembali memberikan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang ekosistem.
Kemudian siswa dibawa untuk mengamati ekosistem buatan yang terdapat disekitar sekolah dan diminta untuk melaporkan hasil pengamatannya di depan kelas.
Ditinjau dari kesesuaian materi yang diberikan dengan tingkat perkembangan peserta didik sudah baik dan mudah untuk dilaksanakan, karena sudah sesuai dengan tingkat pemahaman siswa SMP terhadap bahan dan cara kerja yang harus dilakukan.
Materi yang diberikan pada pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum yang berlangsung pada saat ini karena dalam silabus kurikulum 2013 SMP kelas 7, 8, dan 9 edisi revisi tahun 2017 dimana pada kelas VII, terdapat pembelajaran mengenai ekosistem. Kompetensi dasar yang tercantum dalam kurikulum 2013 kelas VII: menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya dan pembelajarannya: mengamati ekosistem buatan misalnya akuarium/kolam ikan/terarium cacing difokuskan pada komponen biotik dan abiotik serta interaksi yang terjadi di dalamnya; membuat laporan hasil percobaan interaksi antara komponen biotik dan abiotik serta dampak dinamika populasi dan mendiskusikannya dengan teman.
Dalam hal ini guru menerapkan proses pembelajaran dengan model discovery, dimana salah satu kebaikan dari model ini adalah siswa mengamati masalah yang disajikan oleh guru sebagai rangsangan pembelajaran di awal. Siswa diajak untuk merumuskan informasi yang diberikan pada masalah tersebut, dan merencanakan cara untuk memecahkannya. Masalah yang diberikan sebaiknya membuat siswa tertarik untuk memecahkannya melalui model pembelajaran penemuan. Siswa mengumpulkan informasi untuk menemukan konsep guna memecahkan masalah yang sudah teridentifikasi. Siswa mengolah data hingga didapatkan suatu kesimpulan. Siswa mempresentasikan hasil temuan dan pemecahan masalah di dalam kelas. Siswa atau kelompok lain menanggapi presentasi tersebut dengan pengarahan guru.
Dalam pembelajaran IPA, khususnya bidang biologi, memang sebaiknya siswa diajak mengamati lingkungan yang ada disekitar sekolah/tempat tingggalnya. Sehingga dapat lebih memudahkan pemahaman siswa terhadap materi biologi yang dipelajarinya.
Dra. Anna Ratnaningsih, M.Si.
Nama: AHSANUDIN
NIM: 018125307
PRODI: Pendidikan Biologi
Menurut saya, strategi yang digunakan sudah tepat. Apalagi dalam mengajarkan materi ekosistem guru mengajak siswa keluar kelas untuk mengajak secara langsung ekosistem sesungguhnya. Ini akan membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan, dan siswa akan lebih mudah memamahmi konsep ekosisitem.
nama : Tessa Rianti Malau
NIM : 044048481
Prodi : Pendidikan Biologi
Menurut saya, metode pembelajaran yang dilakukan sudah bagus, karena dengan mengajak siswa belajar diluar kelas akan membuat suasana belajar lebih menyenangkan sehingga akan mudah siswa memahami pembelajaran tentang ekosistem
nama : Dedy Adian Utomo
NIM : 501253241
Prodi : Magister Pendidikan
Pembelajaran materi ekosistem dengan pendekatan discovery
pemahaman ekosistem penting.
sebaiknya anak dibawa langsung kelapangan, tidak hanya didalam kelas,
siswa diajarkan menemukan apa yang ada dalam lingkungan, siswa lebih mengenal lingkungan tersebut, sehingga pelajaran lebih bermakna, tetapi sebelum keluar ke lingkungan sebaiknya siswa diberi panduan, atau lembar pengamatan apa saja yang mesti diamati.
kemudian setelah di kembali kedalam kelas siswa diberi waktu untuk menyusun laporan singkat, kemudian melakukan presentasi dari apa yang ditemukan dialam
Nama : Nina Herlina
NIM: 501223184
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Asalamualaikum wr wb.
izin menanggapi,
dalam kegiatan pembelajaran pada video tersebut sudah sudah tepat, model pembelajaran discovery learning adalah model pembelajaran dengan melakukan penemuan konsep melalui informasi atau data yang didapat dari pengamatan atau percobaan (Sani,2014 dalam Luk Sukarini,2021).
Dengan melakukan pengamatan, siswa akan merasakan secara langsung, mengamati, menyentuh dan mendengarkan yang akan membuat siswa lebih memahami akan apa yang mereka pelajari.
karena pada dasarnya tidak perlu jauh-jauh untuk belajar dan juga jangan hanya dikelas saja kita bisa belajar, kita bisa memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran sehingga siswa tidak aka merasa bosan karena selalu berada di dalam kelas saja.
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Nama : Erna Fitri Yenti
NIM: 501133309
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ: Padang
Menurut pandangan saya pendekatan discovery yang digunakan oleh guru tersebut untuk materi ekosistem sangat tepat dan bagus. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat memberikan tingkat pemahaman yang tinggi. Dengan pendekatan discovery ini, siswa. Pada pendekatan discovery ini memerlukan proses mental seperti mengamati, menjelaskan, menggolongkan ataupun mengambil kesimpulan. Pada kegiatan ini guru bisa memberikan masalah dan siswa disuruh memecahkan masalah melalui percobaan.
Dengan pendekatan ini dapat meningkatkan aktivitas dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Terima kasih
Nama : Yuana Yanuarianti
NIM: 501333213
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ: Malang
Menurut saya setelah mengamati tanyangan vidio tersebut saya merasa bahwa strategi yang digunakan sudah sesuai.Mengapa demikian karena pada awalnya guru ingin peserta didik menemukan sendiri konsep dari pengertian ekosistem itu apa.Sehingga setelah penanyangan vidio guru menggali melalui beberapa pertanyaan dan dilanjutkan dengan mengeksplorasi lingkungan sekitar untuk menemukan pengetahuan yang lain.Hal ini sesuai dengan model pembelajaran discovey learning yaitu model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk menemukan sendiri pengetahuan yang ingin disampaikan dalam pembelajaran. Penjelasan tersebut senada dengan pendapat Hanafiah (2012, hlm.77) yang menyatakan bahwa model pembelajaran discovery learning adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, dan logis sehingga mereka dapat menemukan sendiri pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai wujud adanya perubahan perilaku.
Terima kasih
Assalamualaikum wr wb
Nama : Sukomiarti
NIM. : 017408669
Prodi. : S1/ Pendidikan Biologi
Tugas. : Makul PKP
Menurut saya, pendekatan Discovery Learning yang di gunakan pada pembelajaran ekosistem sudah tepat, pertama anak diperlihatkan vidio tentang ekosistem dan diperkuat lagi dengan membawa anak secara langsung langsung untuk melihat ekosistem yang terdapat di lingkungan sekitar. Sehingga anak dapat menemukan sendiri komponen apa saja yang terdapat dalam ekosistem yang di amati. Siswa menjadi aktif , kreatif dan tidak bosan dengan pembelajaran.
Nama : Lilik Syafriani
NIM : 501133276
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Padang-Sumatera Barat
Nama : Lilik Syafriani
NIM : 501133276
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Padang-Sumatera Barat
Setelah saya mengamati tanyangan vidio tersebut saya melihat bahwa strategi yang digunakan sudah sesuai. Karena peserta didik menemukan sendiri konsep dari pengertian ekosistem. Discovery learning adalah metode pembelajaran yang menerapkan inquiry-based instruction. Metode pembelajaran discovery learning akan mendorong siswa untuk menyelidiki sendiri, membangun pengalaman dan pengetahuan masa lalu, menggunakan intuisi, imajinasi, kreativitas, mencari informasi baru untuk menemukan fakta, korelasi, juga kebenaran baru. Dalam hal ini, belajar tidak sama dengan menyerap apa yang dikatakan atau dibaca, tetapi siswa akan belajar mencari jawaban dan solusi sendiri secara aktif.
Sementara menurut pakar pendidikan, Rusman, discovery learning adalah dukungan seorang individu atau kelompok untuk menemukan pengetahuannya sendiri berdasarkan dengan pengalaman yang didapatkannya.
Nama : Risqi Widiarti
NIM : 501213255
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Pada video pembelajaran “Belajar Ekosistem Dengan Pendekatan Discovery” sangatlah efektif karena pendekatan discovery adalah suatu pendekatan yang mengaktifkan dan melatih siswa untuk menemukan suatu konsep yang di anggap baru oleh siswa itu sendiri. Seperti dalam kegiatan pembelajaran ekosistem setelah guru menerangkan dan memperlihatkan video pembelajaran tentang ekosistem, siswa diajak langsung ke lapangan untuk mempelajari ekosistem yang ada di lingkungan sekolah. Siswa dapat memecahkan suatu masalah dengan melakukan percobaan secara langsung membuat siswa lebih menyenangkan, mandiri dan kreatif dalam pembelajaran.