Sinopsis

Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran IPA dengan topik “Strategi Pembelajaran IPA”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar tentang pengertian ekosistem. Sebelum menanyakan pengertian tentang ekosistem guru menayangkan gambar video tentang kehidupan pada suatu padang rumput, terlihat disana adanya hewan-hewan pemakan rumput, tanaman rumput , pepohonan, dan adanya persingan dalam perebutan makanan. Setelah diperlihatkan tanyangan, guru kemudian menanyakan kepada siswa tentang pengertian dari ekosistem., dan mengambil kesimpulan dari jawaban yang diberikan siswa. Agar lebih jelas guru membawa siswa ke halaman sekolah untuk mengamati ekosistem yang sesungguhnya. Satu kelompok mengamati ekosistem kolam, kelompok lain pada ekosistem kebun dan sungai. Siswa diminta untuk mencatat dan mendiskusikan makhluk apa saja yang terdapat pada masing-masing ekosistem. Setelah selesai kegiatan siswa diminta membuat kesimpulan tentang pengertian ekosistem dan salah satu kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil temuannya di depan kelas.

Pertanyaan pemicu diskusi :
Sudah cocokkah strategi pembelajaran yang digunakan guru tersebut pada materi yang sedang dibahas? Beri alasan jawaban anda.

Tri Wahyuningsih

Dalam tayangan video tentang belajar ekosistem dengan pendekatan discovery, terlihat suasana dalam kelas dimana seorang guru menjelaskan tentang ekosistem dan memberikan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa. Setelah ditayangkan video tentang ekosistem, guru kembali memberikan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang ekosistem.

Kemudian siswa dibawa untuk mengamati ekosistem buatan yang terdapat disekitar sekolah dan diminta untuk melaporkan hasil pengamatannya di depan kelas.

Ditinjau dari kesesuaian materi yang diberikan dengan tingkat perkembangan peserta didik sudah baik dan mudah untuk dilaksanakan, karena sudah sesuai dengan tingkat pemahaman siswa SMP terhadap bahan dan cara kerja yang harus dilakukan.

Materi yang diberikan pada pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum yang berlangsung pada saat ini karena dalam silabus kurikulum 2013 SMP kelas 7, 8, dan 9 edisi revisi tahun 2017 dimana pada kelas VII, terdapat pembelajaran mengenai ekosistem. Kompetensi dasar yang tercantum dalam kurikulum 2013 kelas VII: menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya dan pembelajarannya: mengamati ekosistem buatan misalnya akuarium/kolam ikan/terarium cacing difokuskan pada komponen biotik dan abiotik serta interaksi yang terjadi di dalamnya; membuat laporan hasil percobaan interaksi antara komponen biotik dan abiotik serta dampak dinamika populasi dan mendiskusikannya dengan teman.

Dalam hal ini guru menerapkan proses pembelajaran dengan model discovery, dimana salah satu kebaikan dari model ini adalah siswa mengamati masalah yang disajikan oleh guru sebagai rangsangan pembelajaran di awal. Siswa diajak untuk merumuskan informasi yang diberikan pada masalah tersebut, dan merencanakan cara untuk memecahkannya. Masalah yang diberikan sebaiknya membuat siswa tertarik untuk memecahkannya melalui model pembelajaran penemuan. Siswa mengumpulkan informasi untuk menemukan konsep guna memecahkan masalah yang sudah teridentifikasi. Siswa mengolah data hingga didapatkan suatu kesimpulan. Siswa mempresentasikan hasil temuan dan pemecahan masalah di dalam kelas. Siswa atau kelompok lain menanggapi presentasi tersebut dengan pengarahan guru.

Dalam pembelajaran IPA, khususnya bidang biologi, memang sebaiknya siswa diajak mengamati lingkungan yang ada disekitar sekolah/tempat tingggalnya. Sehingga dapat lebih memudahkan pemahaman siswa terhadap materi biologi yang dipelajarinya.

Dra. Anna Ratnaningsih, M.Si.

Similar Posts

26 Comments

  1. Mohon izin, saya:

    Nama : Devi Aninda Putri
    NIM : 501333127
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    ingin menanggapi video pembelajaran dengan judul “Belajar Ekosistem Dengan Pendekatan Discovery”.
    Berikut tanggapan saya.
    strategi pembelajaran yang digunakan guru tersebut pada materi yang sedang dibahas sudah cocok karena guru tidak langsung memberitahukan pengertian dari ekosistem melainkan dengan memberikan rangsangan berupa video tentang kehidupan pada suatu padang rumput, terlihat disana adanya hewan-hewan pemakan rumput, tanaman rumput , pepohonan, dan adanya persingan dalam perebutan makanan. Setelah itu, guru menanyakan tentang pengertian ekosistem pada siswa. Jawaban dari beberapa siswa kemudian disimpulkan oleh guru. untuk lebih memahami tentang ekosistem, siswa juga diajak untuk mengamati lingkungan sekitar siswa yaitu halaman sekolah, kolam, kebun, dll. Siswa diajak berdiskusi tentang ekosistem dan membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Dari kegiatan yang dilakukan siswa yaitu mengamati video, mengamati lingkungan secara langsung, serta berdiskusi membuat siswa dapat menemukan sendiri apa yang dimaksud dengan ekosistem. Membangun pengetahuan yang dimiliki siswa hingga dapat menemukan yang dimaksud dengan ekosistem itulah yang termasuk dalam pembelajaran discovery.

  2. Dalam tayangan video tersebut guru mengubah strategi pembelajaran dari mengamati video tentang ekosistem menjadi mengamati secara langsung ekositem yanga ada di sekitar sekolah. Strategi kedua sudah cukup efektif meningkatkan keaktifan siswa, siswa juga dapat melakukan menyelidikan sebagaimana yang dikehendaki pendekatan discovery. Namun dalam video tersebut terlihat pengamatan siswa belum begitu terarah, akan lebig efektif jika guru menyiapkan LKPD sehingga proses penyelidikan dan diskusi kelompok lebih teratur. Pendekatan discovery sangat efektif agar siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuannya berdasarkan pengamatan maupun eksperimen dan eksplorasi lingkungan. Dengan menerapkan pendekatan discovery pembelajaran akan lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa.

  3. Nama: Anda Habibah Siregar
    NIM : 501202901
    Prodi : Magister Pedidikan Dasar

    Menurut saya discovery learning baik untuk materi ekosistem tersebut. Diawali dengan tanya jawab terkait dengan ekosisstem kemudian dilanjutkan dengan menonton video. selanjutnya guru memberikan pengalaman langsung dengan mengeksplorasi ekosistem yang berada dilingkungan sekolah, menjadikan siswa terlibat langsung dalam pembelajaran. dan pada akhir pembelajaran adanya evaluasi dengan memberikan kesempatan siswa untuk presentasi akan hasil temuannya dilingkungan sekolah tersebut. menurut saya sudah cukup baik.

  4. Menurut saya pendekatan discovery cocok digunakan pada materi ekosistem karena langkah-langkah dalam pendekatan discovery bisa dilakukan pada materi ini, seperti
    1. Pemberian rangsangan (stimulation) dengan menanyangkan video tentang ekosistem 2)Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement)
    3)Pengumpulan data (data collection)
    4)Pengolahan data (data processing)
    5)Pembuktian (verification)
    6)Menarik simpulan/generalisasi (generalization) dengan berdiskusi serta menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.

  5. Nama : Reni Angraini
    NIM : 501133205
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Menurut saya pendekatan discovery cocok digunakan pada materi ekosistem karena langkah-langkah dalam pendekatan discovery bisa dilakukan pada materi ini, seperti
    1. Pemberian rangsangan (stimulation) dengan menanyangkan video tentang ekosistem 2)Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement)
    3)Pengumpulan data (data collection)
    4)Pengolahan data (data processing)
    5)Pembuktian (verification)
    6)Menarik simpulan/generalisasi (generalization) dengan berdiskusi serta menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.

  6. strategi pembelajaran yang digunakan guru tersebut pada materi yang sedang dibahas sudah teapt, Melalui model discovery learning dengan pendekatan saintifik, siswa diberikan kesempatan untuk berpikir, menemukan, berpendapat dan saling bekerja sama melalui aktivitas belajar secara ilmiah, sehingga dapat melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan pemecahan masalah serta mendapatkan pengetahuan. Di dalam video ini langkah kegiatan pembelajarannya sudah sesuai karena guru tidak langsung memberitahukan pengertian dari ekosistem melainkan dengan memberikan rangsangan berupa video tentang kehidupan pada suatu padang rumput, terlihat disana adanya hewan-hewan pemakan rumput, tanaman rumput , pepohonan, dan adanya persingan dalam perebutan makanan. Setelah itu, guru menanyakan tentang pengertian ekosistem pada siswa. Jawaban dari beberapa siswa kemudian disimpulkan oleh guru. untuk lebih memahami tentang ekosistem, siswa juga diajak untuk mengamati lingkungan sekitar siswa yaitu halaman sekolah, kolam, kebun, dll. Siswa diajak berdiskusi tentang ekosistem dan membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Dari kegiatan yang dilakukan siswa yaitu mengamati video, mengamati lingkungan secara langsung, serta berdiskusi membuat siswa dapat menemukan sendiri apa yang dimaksud dengan ekosistem. Membangun pengetahuan yang dimiliki siswa hingga dapat menemukan yang dimaksud dengan ekosistem itulah yang termasuk dalam pembelajaran discovery.

  7. Nama : NUR AZIZAH
    NIM : 501333173
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Assalamualaikum Wr. Wb.
    ijin menanggapi
    Pada video pembelajaran “Belajar Ekosistem Dengan Pendekatan Discovery” sangatlah efektif karena pendekatan discovery adalah suatu pendekatan yang mengaktifkan dan melatih siswa untuk menemukan suatu konsep yang di anggap baru oleh siswa itu sendiri. Seperti dalam kegiatan pembelajaran ekosistem setelah guru menerangkan dan memperlihatkan video pembelajaran tentang ekosistem, siswa diajak langsung ke lapangan untuk mempelajari ekosistem yang ada di lingkungan sekolah. Siswa dapat memecahkan suatu masalah dengan melakukan percobaan secara langsung membuat siswa lebih menyenangkan, mandiri dan kreatif dalam pembelajaran.

  8. pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. setelah penjelasan tentang materi, siswa di ajak untuk memperhatikan vidio. dari pengamatan yang dilakukan oleh siswa terhadap vidio, terlihat diskusi kecil diantara siswa. kemudian siswa diajak lansung untuk pengamatan lapangan. dengan penagamatan lapangan ini siswa lebih tertantang dan mnyenangkan bagi siswa. hal ini akan membuat siswa aktif, kreatif, dan mandiri dalam pembelajaran. dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tentu siswa dapat dengan mudah memahami terhadap materi yang dipelajari.

  9. Nama : ASNAWITA
    NIM : 501132948
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar (MPDr)
    UPBJJ : UT PADANG
    Dalam kegiatan pembelajaran pada video tersebut sudah sudah tepat, model pembelajaran discovery learning adalah model pembelajaran dengan melakukan penemuan konsep melalui informasi atau data yang didapat dari pengamatan atau percobaan (Sani,2014 dalam Luk Sukarini,2021).
    Berikut tanggapan saya.
    strategi pembelajaran yang digunakan guru tersebut pada materi yang sedang dibahas sudah cocok karena guru tidak langsung memberitahukan pengertian dari ekosistem melainkan dengan memberikan rangsangan berupa video tentang kehidupan pada suatu padang rumput, terlihat disana adanya hewan-hewan pemakan rumput, tanaman rumput , pepohonan, dan adanya persingan dalam perebutan makanan. Setelah itu, guru menanyakan tentang pengertian ekosistem pada siswa. Jawaban dari beberapa siswa kemudian disimpulkan oleh guru. untuk lebih memahami tentang ekosistem, siswa juga diajak untuk mengamati lingkungan sekitar siswa yaitu halaman sekolah, kolam, kebun, dll. Siswa diajak berdiskusi tentang ekosistem dan membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Dari kegiatan yang dilakukan siswa yaitu mengamati video, mengamati lingkungan secara langsung, serta berdiskusi membuat siswa dapat menemukan sendiri apa yang dimaksud dengan ekosistem. Membangun pengetahuan yang dimiliki siswa hingga dapat menemukan yang dimaksud dengan ekosistem itulah yang termasuk dalam pembelajaran discovery.
    menurut pakar pendidikan, Rusman, discovery learning adalah dukungan seorang individu atau kelompok untuk menemukan pengetahuannya sendiri berdasarkan dengan pengalaman yang didapatkannya.

  10. nama : muhammad satria
    nim : 501172966
    prodi : magister pendidikan dasar

    dalam video tersebut guru akan mengajarkan materi tentang ekosistem akan tetapi pada saat pembelajaran berlangsung guru memberikan media pembelajaran berupa video dan dalam video tersebut juga sulit di pahami siswa dikaarenakan terdapat lingkungan asing atau yang belum dipahami siswa dalam artian jauh dari ruang lingkup kehidupan mereka sehingga siswa memahami kesulitan dalam memamahami isi video tersebut , maka dari itu guru mengubah pendekatan pembelajarannya yaitu dengan menggunakan pendekatan discovery , dalam pendekatan tersebut siswa diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi konsep atau topik tersebut melalui pengamatan di lingkungan sekitar,serta eksperimen dan investigasi mandiri sehingga memberikan kebebasan kepada siswa untuk menemukan pola , mencari solusi dan sebagainya , dan disana guru berperan sebagai fasilitator sehingga materi yang diajarkan lebih mudah di pahami oleh siswa ,selanjutnya guru bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan sebagai evaluasi dalam pembelajaran

Leave a Reply