silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik

Muchtar M Noor

Memanfaatkan lingkungan untuk mengajarkan konsep pecahan yang dilakukan oleh guru sudah baik, namun akan lebih baik jika guru memerintahkan kepada murid untuk membawa buah-buahan satu atau dua hari sebelum pelajaran materi pecahan dimulai. Menggambar persegi untuk mendeskripsikan pecahan sebaiknya dilakukan setelah murid praktek memotong buah-buahan. Murid hendaknya dibawa dari konkrit ke abstrak.

Guru juga tidak harus meminta murid membawa buah-buahan pisau dari rumah. Sebagai gantinya guru bisa meminta murid membeli roti atau kue yang mudah dipotong tanpa menggunakan pisau, disekitar sekolah.

Guru perlu berusaha agar murid tertarik untuk belajar bilangan pecahan; misalnya sebelum pelajaran dimulai didahului dengan cerita-cerita yang membuat murid tertib dan menyimak semua informasi dari guru.

Drs. Tarhadi, M.Si.

  1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
  2. Media sudah tepat.
  3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

909 Comments

  1. Nama : Clareisa Simarmata
    NIM : 856041226
    Prodi : PGSD
    Setelah menganalisis video tersebut,komentar yang bisa saya sampaikan adalah….
    Penggunaan media memang sangat membantu dalam pembelajaran matematika apalagi media yang digunakan adalah media yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar sehingga anak-anak bisa dengan mudah memahaminya.
    Tapi penggunaan pisau dalam video tersebut sepertinya kurang aman untuk anak-anak.Mungkin bisa diwakilkan oleh gurunya saja untuk memotong buah tersebut.

  2. nama :Lusi ulandari
    nim : 856733488
    pokjar : Baturaja
    prodi : PGSD-S1

    Setelah saya mengamati video mengenai pembelajaran tersebut saya menemukan beberapa hal baik itu kelemahan maupun kelebihan dalam pembelajaran.
    Kekurangan yang ada dalam video tersebut yaitu:
    1. Guru Tidak melakukan kegiatan pra pembelajaran atau kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran, mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
    2. Untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar guru dapat memberikan kegiatan ice breaking seperti bernyanyi atau mengajak siswa untuk tepuk semangat sehingga pada awal pembelajaran terlihat menyenangkan.
    3. Guru juga tidak melakukan kegiatan apersepsi, artinya guru tidak mengaitkan apa yang telah diketahui atau dialami dengan apa yang akan dipelajari.
    4. Guru tidak meyampaikan tujuan pembelajaran dari materi yang akan disampaikan.
    5. Penguasaan kelas yang kurang, sehingga kodisi kelas tidak kondusif yang mengakibatkan siswa tidak konsentrasi dalam belajar.
    6. Dalam penggunaan media yang digunakan seperti halnya guru tersebut menyuruh siswa untuk membawa buah dan pisau menurut saya itu tidak dilakukan. Dikarenakan pisau yang digunakan itu sangat berbahaya, apalagi mengingat siswa sering melakukan hal-hal yang diluar dugaan kita. Seperti memainkan pisau didalam kelas yang dapat membahayakan diri mereka sendiri maupun temannya yang ada dikelas. guru dapat menggunakan media yang ada dilingkungan sekolah seperti halnya kertas yang bisa didapatkan siswa dikelas.
    7. sebelum memberikan soal guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan diajarkan dan memberikan contoh sebelum siswa mempraktekkan.
    8. Kurangnya perhatian guru terhadap siswa, itu terlihat guru hanya memperhatikan siswa yang berada didekatnya saja, seharusnya guru memperhatikan siswa satu persatu. Sehingga guru dapat mengetahui perkembangan siswa tersebut.
    9. Tidak adanya kegiatan evaluasi yang dapat mengukur kemampuan siswa seperti memberikan soal mengenai pecahan. dengan adanya evaluasi guru dapat mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari.

    Selain kelemahan, terdapat kelebihan dalam pembelajaran:
    Guru menyadari bahwa saat menjelaskan materi terlihat kondisi kelas yang tidak kondusif, sehingga ia menggunakan media pembelajaran yaitu benda konkret (nyata) seperti buah-buahan atau yang lainnya. Hal itu dapat memberikan pengalaman kepada siswa serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Guru menyadari bahwa penggunaan metode ceramah saja tidaklah efektif dikarenakan tidak ada hal yang menarik dari pembelejaran tersebut. dengan menggunakan media dalam pembelajaran dapat menarik perhatian siswa dan kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan.

  3. Nama : Lusi ulandari
    Nim :856733488
    Pokjar : Baturaja
    Prodi : PGSD-S1

    Setelah saya mengamati video mengenai pembelajaran tersebut saya menemukan beberapa hal baik itu kelemahan maupun kelebihan dalam pembelajaran.
    Kekurangan yang ada dalam video tersebut yaitu:
    1. Guru Tidak melakukan kegiatan pra pembelajaran atau kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran, mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
    2. Untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar guru dapat memberikan kegiatan ice breaking seperti bernyanyi atau mengajak siswa untuk tepuk semangat sehingga pada awal pembelajaran terlihat menyenangkan.
    3. Guru juga tidak melakukan kegiatan apersepsi, artinya guru tidak mengaitkan apa yang telah diketahui atau dialami dengan apa yang akan dipelajari.
    4. Guru tidak meyampaikan tujuan pembelajaran dari materi yang akan disampaikan.
    5. Penguasaan kelas yang kurang, sehingga kodisi kelas tidak kondusif yang mengakibatkan siswa tidak konsentrasi dalam belajar.
    6. Dalam penggunaan media yang digunakan seperti halnya guru tersebut menyuruh siswa untuk membawa buah dan pisau menurut saya itu tidak dilakukan. Dikarenakan pisau yang digunakan itu sangat berbahaya, apalagi mengingat siswa sering melakukan hal-hal yang diluar dugaan kita. Seperti memainkan pisau didalam kelas yang dapat membahayakan diri mereka sendiri maupun temannya yang ada dikelas.
    7. sebelum memberikan soal guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan diajarkan dan memberikan contoh sebelum siswa mempraktekkan.
    8. Kurangnya perhatian guru terhadap siswa, itu terlihat guru hanya memperhatikan siswa yang berada didekatnya saja, seharusnya guru memperhatikan siswa satu persatu. Sehingga guru dapat mengetahui perkembangan siswa tersebut.
    9. Tidak adanya kegiatan evaluasi yang dapat mengukur kemampuan siswa seperti memberikan soal mengenai pecahan. dengan adanya evaluasi guru dapat mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari.

    Selain kelemahan, terdapat kelebihan dalam pembelajaran:
    Guru menyadari bahwa saat menjelaskan materi terlihat kondisi kelas yang tidak kondusif, sehingga ia menggunakan media pembelajaran yaitu benda konkret (nyata) seperti buah-buahan atau yang lainnya. Hal itu dapat memberikan pengalaman kepada siswa serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Guru menyadari bahwa penggunaan metode ceramah saja tidaklah efektif dikarenakan tidak ada hal yang menarik dari pembelejaran tersebut. dengan menggunakan media dalam pembelajaran dapat menarik perhatian siswa dan kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan.

  4. Hasil dari pengamatan saya tentang video pembelajaran yg berjudul ” Belajar Matematika dengan Lingkungan sebagai Media ”

    Diawal pembelajaran Guru tidak memberikan salam serta tidak berdoa sebelum memulai pembelajaran, guru masuk ke kelas langsung menyampaikan materi..
    Guru kurang tegas saat kbm berlangsung sehingga siswa sibuk bermain saat kbm berlangsung..
    Nah untuk dihari selanjutnya dalam pembelajaran pecahan bilangan guru mempermudah siswa melaksanakan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yg mudah dipahami yaitu “buah”
    Dan diakhir pembelajaran guru juga tidak menutup pembelajaran…

  5. Hasil dari pengamatan saya tentang video pembelajaran yg berjudul ” Belajar Matematika dengan Lingkungan sebagai Media ”

    Diawal pembelajaran Guru tidak memberikan salam serta tidak berdoa sebelum memulai pembelajaran, guru masuk ke kelas langsung menyampaikan materi..
    Guru kurang tegas saat kbm berlangsung sehingga siswa sibuk bermain saat kbm berlangsung..
    Nah untuk dihari selanjutnya dalam pembelajaran pecahan bilangan guru mempermudah siswa melaksanakan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yg mudah dipahami yaitu “buah”
    Dan diakhir pembelajaran guru juga tidak menutup pembelajaran…

  6. Guru tidak memberikan salam serta tidak berdoa sebelum memulai pembelajaran, guru masuk kelas langsung menyampaikan materi..
    Guru kurang tegas saat kbm berlangsung sehingga siswa sibuk bermain saat kbm berlangsung

  7. Nama: ANJELINA NAIBAHO
    NIM. : 856035659
    PROGRAM STUDI: S1-PGSD

    Hasil pengamatan saya terhadap video di atas yang berjudul “belajar matematika dengan lingkungan sebagai media”
    Dengan metode pembelajaran yang 1 yang dilakukan guru terlihat jelas bahwa siswa tidak tertarik dan tidak merespon saat guru mengajar lalu guru juga tidak memperhatikan kondisi siswa yang tidak kondusif seperti apa dan guru tetap melanjutkan pelajaran tersebut.

    Pada metode pembelajaran yang kedua yang dilakukan guru terlihat jelas bahwa siswa tertarik dalam mengikuti pelajaran tersebut karena menggunakan media bantu yang dibawa oleh siswa yaitu buah yang sudah diberitahukan oleh guru.
    Dengan menggunakan media pembelajaran yang kedua yaitu menggunakan media siswa dan guru dapat saling berinteraksi dan siswa memahami pembelajaran matematika tersebut dan suasana kelas menjadi kondusif dan efisien dan sangat menyenangkan

  8. Nama : Maratus Sholihah
    NIM : 856985606
    Semester : 6
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : seputih Banyak
    Dalam pengamatan saya :
    Kelemahan kelemahan yang dilakukan oleh guru tersebut adalah :
    1. Tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, absensi siswa dll
    2. Guru tidak melakukan kegiatan apresiasi
    3. Guru juga tidak melakukan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari serta tidak menghubungkannya dengan kegiatan belajar sebelumnya

    4. Guru tidak memberikan penjelasan yang faktual

    5. Setelah melakukan adegan belah membelah guru juga tidak memberikan penjelasan mengenai hubungan antara kegiatan tersebut dengan materi sehingga pembelajaran tidak maksimal

    6. Guru tidak mengevaluasi

    Kelebihannya :
    1. Guru mampu memberikan solusi apabila metode yang digunakan tidak berjalan maka bisa menggunakan metode yang lain

  9. Nama : Maratus Sholihah
    NIM : 856985606
    Semester : 6
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : seputih Banyak
    Dalam pengamatan saya :
    Kelemahan kelemahan yang dilakukan oleh guru tersebut adalah :Tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, absensi siswa dsb . Guru juga tidak melakukan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari serta tidak menghubungkannya dengan kegiatan belajar sebelumnya. Guru tidak memberikan penjelasan yang faktual. Setelah melakukan adegan belah membelah guru juga tidak memberikan penjelasan mengenai hubungan antara kegiatan tersebut dengan materi sehingga pembelajaran tidak maksimal dan terkesan menggantung. Guru memperlihatkan ekspresi dan mimik wajah yang kurang ceria sehingga
    membuat siswa kurang bersemangat belajar.turu tidak melakukan kegiatan evaluasi. Sehingga tidak tau perkembangan kemampuan siswa

    Kelebihannya :
    guru mampu mencari solusi Apabila metode yang digunakan tidak berjalan maka bisa menggunakan metode yang lain

  10. NAMA : LAILI LUTFIANA
    NIM : 858948681
    PRODI : S1_PGSD
    Hasil pengamatan saya terhadap video di atas yang berjudul “belajar matematika dengan lingkungan sebagai media”
    Dengan metode pembelajaran pertama yang dilakukan guru yaitu dengan metode ceramah terlihat jelas bahwa siswa tidak tertarik dan tidak merespon saat guru mengajar , karena guru tidak menggunakan media bantu dan membuat siswa tidak tertarik ,lalu guru juga tidak memperhatikan kondisi siswa yang tidak kondusif seperti apa dan guru tetap melanjutkan pelajaran tersebut.

    Pada metode pembelajaran yang kedua guru mengunakan media bantu untuk menenrangkan berupa buah-buahan yang membuat siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran yang kedua siswa dan guru bisa saling berinteraksi dan siswa memahami pembelajaran matematika tersebut dan suasana kelas menjadi kondusif dan efisien dan sangat menyenangkan

Leave a Reply