silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik

Muchtar M Noor

Memanfaatkan lingkungan untuk mengajarkan konsep pecahan yang dilakukan oleh guru sudah baik, namun akan lebih baik jika guru memerintahkan kepada murid untuk membawa buah-buahan satu atau dua hari sebelum pelajaran materi pecahan dimulai. Menggambar persegi untuk mendeskripsikan pecahan sebaiknya dilakukan setelah murid praktek memotong buah-buahan. Murid hendaknya dibawa dari konkrit ke abstrak.

Guru juga tidak harus meminta murid membawa buah-buahan pisau dari rumah. Sebagai gantinya guru bisa meminta murid membeli roti atau kue yang mudah dipotong tanpa menggunakan pisau, disekitar sekolah.

Guru perlu berusaha agar murid tertarik untuk belajar bilangan pecahan; misalnya sebelum pelajaran dimulai didahului dengan cerita-cerita yang membuat murid tertib dan menyimak semua informasi dari guru.

Drs. Tarhadi, M.Si.

  1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
  2. Media sudah tepat.
  3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

909 Comments

  1. Nama : Rahmawati
    Nim : 837196825
    Pokjar : Tapin
    Prodi : S1-PGSD
    Judul video : Belajar matematika dengan lingkungan sebagai media pembelajaran .

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Terlihat pada video pembelajaran di atas siswa belum siap untuk menerima pembelajaran, tidak antusias . Didalam video terlihat guru tidak memotivasi siswa untuk kesiapan belajar nya . Guru hanya menjelaskan materi tidak memperhatikan kondisi siswa.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahannya guru diawal pembelajaran tidak adanya pendahuluan seperti mengucapkan salam , tidak melakukan absensi , tidak memoivasi siswa untuk membangkitkan semangat belajar , hanya menjelaskan tanpa memperhatikn kondisi siswa nya , media pembelajaran yang kurang menarik , penguasaan kelas kurang dikuasai oleh guru .

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihannya guru mendapatkan ide untuk pembelajaran berikut nya yaitu menungaskan siswa untuk membawa buah-buahan sebagai media pembelajaran..

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Hal-Hal unik guru tetap melakukan pembelajaran walaupun siswa siswa nya tidak memperhatikan sama sekali . Melihat dari pembelajaraan sebelum nya anak kurang antusias dalam pembelajaran guru mendapatkan ide untuk pembelajaran berikutnya mendapat ide yang menarik yaitu dengan menugaskan siswa membawa media pembelajaran berupa buah-buahan.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Sebaiknya sebelum pembelajaran dilakukan hendak nya guru menciptakan sikap dan suasana kelas yang menarik , dengan cara memotivasi siswa melakukan pembelajaran tersebut , menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk mebangkitkan semangat siswa dalam pembelajaran , guru juga harus mengontrol seluruh aktivitas siswa agar memperhatikan pembelajarandan terlibat aktif . Menyiapkan media pembelajaran terlebih dahulu . Hendaknya menyiapkan media pembelajaran terlebih dahulu media yang memudahkan anak untuk memahami pembelajaran.

  2. Nama : Norsinah
    Nim : 858098157
    pokjar : Pontianak
    Prodi : S1-PGSD
    Judul : Belajar Matematika Dengan Lingkungan Sebagai Media

    Pada video Pembelajaran berikut reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik perhatian siswa dan ada beberapa siswa yang belum siap, seharusnya di awal pembelajaran guru melakukan refleksi teradap siswa dan memberikan motivasi supaya siswa lebih bersemangat dan fokus dalam memperhatikan gurunya.
    adapun kelemahan guru dalam pembelajaran di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, membaca doa bersama, tidak mengecek kehadiran siswa, cara guru menjelaskan kurang menarik karena kurangnya media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa.
    kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut membawa alat media nyata yang dapat di contohkan dalam kehidupan sehari hari.

  3. 1. Reaksi siswa pada VD 1 adalah : siswa tidak memperhatikan guru menerangkan pelajaran di depan kelas.
    2. kelemahan guru dalam VD 1 adalah :
    – guru kurang kreatif
    – guru hanya menggunakan papan tulis untuk mengajar bilangan/ pecahan
    – guru terlalu cepat menyampaikan materi
    3. pada VD 2 kelebihan guru dalam pembelajaran ini adalah : guru telah mengajak siswa untukt aktif dan telah menggunakan media pembelajaran yang konkret berupa buah buahan.
    4. Hal unik yag ditemukan dalam VD 2 adalah : siswa berkaktifitas dengan memotong buah- buahan sehingga siswa tertarik mempelajari pembagian pecahan dalam pembelajaran matematika
    5. upaya yang dapat di usulkan dalam meningkatkan pembelajaran tentang pembagian/ pecahan adalah :
    – Gunakan media konkret supaya siswa lebih dapat memahami pembelajaran dengan baik.

  4. Analisis masalah VD 1
    – Tiadak ada kegiatan awal/Apersepsi
    – Guru tidak memperhatikan dan mengajak siswa untuk siap menerima materi pembelajaran/tidak
    ada motivasi
    – Banyak siswa yang tidak memperhatikan saat guru menjelaskan materi
    – Media papan tulis dan Metode ceramah membuat bosan dan tidak menarik perhatian siswa
    Setelah mengetahui kelemahan dan kekurangan guru,pada VD 2 ada perbaikan
    – Guru mengajak siswa aktip dan kreatif dalam pelajaran pecahan
    – Melalui media buah- buahan siswa dapat memahami tentang pecahan

  5. 1. Reaksi siswa pada Video adalah : Peserta didik tidak memperhatikan guru saat guru menerangkan materi yang sedang di ajarkan
    2. kelemahan guru dalam Video adalah :
    – guru kurang aktif dalam mengunakan media pembelajaran
    – guru hanya menerangkan di papan tulis
    – guru kurang secara rinci dalam penyampaian materi
    2. pada VD 2 kelebihan guru dalam pembelajaran ini adalah : guru telah mengajak siswa untukt aktif dan telah menggunakan media pembelajaran yang konkret berupa buah buahan.
    3. Hal unik yag ditemukan dalam VD 2 adalah : siswa mampu memecahkan masalah pecahan dengan memotong bagian2 buah
    4. upaya yang dapat di usulkan dalam meningkatkan pembelajaran tentang pembagian/ pecahan adalah :
    – Gunakan Alat peraga yang kumplit dalammenerangkan supaya siswa bisa cepat menarik dalam penyampaian pembelajaran kita

  6. Nama : Hana Zahidah
    NIM : 857382173
    Program Studi : PGSD – S1
    UPBJJ : Pokjar Pelabuhan Ratu

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Di hari pertama pembelajaran, siswa mengacuhkan proses pembelajaran. Siswa sibuk dengan kegiatannya sendiri contohnya mengbrol dengan temanya dan lain sebagainya.
    Sedangkan di hari ke dua, siswa senang dan aktif dalam proses pembelajaran. Karena media yang digunakan membuat siswa ingin terlibat dalam proses pembelajaran.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru melakukan pembelajaran tidak ada apersepsi dan tidak menyampaikan penjelasan materi. Hanya memberikan soal dan meminta siswa untuk memotong buah tanpa ada penejlasan materi selanjutnya. Guru tidak membuka untuk anak bertanya, dan tidak ada kesimpulan di akhir pembelajaran.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru sudah baik dalam memberikan media pembelajaran, sehingga siswa terlihat senang dalam proses pembelajaran tersebut.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Saat guru menentuka media ajar yang akan di gunakan untuk pembelajaran.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Sebelum proses pembelajaran, alangkah baiknya guru mempersiapkan RPP/modul ajar dengan baik . Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal. Dan menggunakan media ajar yang tidak membahayakan. Contoh membawa roti tanpa harus dipotong menggunakan pisau.

  7. Nama : SLAMET RIYANTI
    NIM : 857990481

    Hasil pengamatan saya :
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Pembelajaran yang hanya diberikan tentang teorinya saja anak-anak pasti akan merasa bosan, lain halnya jika pembelajaran menggunakan media ajar yang bisa memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan guru, dengan guru mempunyai ide untuk menggunakan media apel dan mentimun dalam pembelajarannya, anak-anak merasa tertarik dan pembelajaranpun membuat anak-anak aktif dan suasana menyenangkan.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru harus mampu mengkondisikan anak-anak, yang sering terjadi disaat guru sedang menjelaskan materi didepan kelas justru anak-anak sibuk dengan dirinya sendiri dan akhirnya membuat gaduh di dalam kelasnya.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru mampu memberikan materi pembelajaran dengan menggunakan media apel dan mentimun yang membuat anak-anak tertarik dengan kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan yang pasti memudahkan anak-anak dalam memahami materi disampaikan.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Dari berbagai karakter anak yang berbeda-beda membuat kelas menjadi kurang kondusif, ada anak yang memperhatikan ada juga anak yang asik bermain, bahkan ada juga anak yang sama sekali tidak memperhatikan. Semua itu yang sering membuat guru bisa terhibur dengan kepolosan anak-anak dan bisa juga sebaliknya membuat guru itu emosional.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Guru harus bisa mengkondisikan anak-anak dan juga harus kreatif dalam memberikan materi pembelajaran menggunakan media yang bisa menarik dan memotifasi anak-anak, agar suasana menjadi aktif, interaktif dan menyenangkan

  8. Nama : Listina
    Nim : 858516565
    Prodi : S1 – PGSD
    Judul : Belajar Matematika Dengan Lingkungan Sebagai Media

    Hasil pengamatan saya mengenai video diatas :

    ▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa pada saat kegiatan pembelajaran ialah siswa tidak fokus memperhatikan guru saat
    menjelaskan didepan justru mereka malah sibuk bermain dengan teman sebangku dan ada juga yang sibuk
    sendiri, pada akhirnya mereka tidak bisa memahami dan menegrti apa yang sudah dijelaskan oleh guru.

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan
    2. Guru tidak tegas dalam menertibkan siswa sehingga pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung
    siswa tidak memperhatikan guru atau bermain dengan teman.
    3. seharusnya benda tajam tidak boleh digunakan sebagai bahan ajar karena berbahaya.
    4. guru tidak berusaha membuat agar siswanya tertarik untuk belajar bilangan pecahan

    ▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    1. cara guru mengatasi siswa agar bisa memahami dan terlibat langsung cukup baik dan kreatif
    2. Materi yang dibawakan guru sudah sesuai.

    ▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    1. siswa ada yang melamun
    2. cara guru mengajar
    3. guru membiarkan siswa untuk menggunakan benda tajam

    ▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    1. Pada kegiatan pembelajaran guru harus bisa menciptakan sikap dan suasana kelas yang menarik.
    2. Sebelum pelajaran dimulai sebaiknya didahului dengan bercerita tentang hal yang sekiranya membuat
    siswa tertarik atau semangat untuk belajar.

  9. Nama : Rani Susanti
    NIM : 856854233
    UPBJJ : UT Bengkulu

    Menurut saya, pembelajaran yang dilakukan pada video diatas belum sesuai dengan silabus, dimana seharusnya seorang guru dalam setiap pembelajaran di awal melakukan pembukaan terlebih dahulu contohnya, mengucapkan salam, berdoa, absensi. selanjutnya guru memberikan arahan dan penjelasan mengenai materi pembelajaran untuk kesiapan belajar siswa. sehingga dari video diatas anak-anak sibuk sendiri tidak ada yang memperhatikan guru didepan kelas.
    selain itu, media yang digunakan juga sebaiknya jangan menggunakan benda-benda yang berbahaya untuk anak-anak, bisa diganti dengan benda-benda yang ada dilingkungan sekolah misalnya, batu, kertas, dan lidi yang lebih aman dan tidak berbahaya.

  10. Nama : Nurtilawati
    NIM : 858043225
    Prodi : S1-PGSD

    Refleksi “Matematika dengan lingkungan sebagai Media”

    Dari pengamatan saya dari video tersebut adalah :
    Identifikasi masalah :
    – guru tidak menciptakan kesiapan belajar siswa
    -siswa tidak memperhatikan guru
    – siswa asik bermain dengan teman sebangkunya
    -pembelajaran terlalu monoton sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar

    Alternatif pemecahan masalah :
    Sebelum kegiatan pembelajaran sebaiknya guru melakukan kegiatan pendahuluan seperti : mengucap salam, menyapa siswa, absensi menanyakan kesiapan siswa dalam proses pembelajaran, memberikan motivasi serta menciptakan suasana siap belajar didalam kelas,
    Dikegiatan inti, guru menjelaskan materi pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran, memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran.
    Dikegiatan penutup, guru melakukan tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa pada materi tersebut

    Tujuan perbaikan :
    – agar kegiatan proses pembelajaran lebih kondusif,
    -siswa lebih aktif dan bersemangat belajar
    – memudahkan siswa untuk memahami materi serta tujuan pembelajaran.

Leave a Reply