Sinopsis
Video ini berisi tayangan tentang cara guru membelajarkan matematika dengan menyenangkan. Di dalam tayangan tersebut guru menggunakan rumus-rumus luas bangun datar pada benda-benda yang ada di sekitar kelas. Misalnya: ubin, permukaan meja belajar, permukaan papan tulis, lantai ruang kelas, dan lain-lain. Ternyata menggunakan benda-benda di dalam kelas ini untuk belajar rumus bangun datar sangat efektif dilakukan oleh guru karena membuat siswa lebih senang belajar matematika.
Anda ingin mengetahui lebih lengkap bagaimana proses pembelajarannya? Simaklah tayangan video ini hingga akhir. Selamat menyimak.
Mulyadi, M.Pd
Tayangan Video pembelajaran tentang belajar matematika dengan menyenangkan ini cocok untuk topic “pengukuran” (luas bangun datar), karena siswanya aktif dalam bermatematika. Hanya saja lamanya pembelajaran perlu dipertimbangkan dan tayangan dalam video tersebut cukup menarik.
Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)
Tayangan pembelajaran ini berisi tentang bagaimana cara mengajarkan konsep abstrak matematika agar disenangi oleh siswa. Contoh yang dilakukan guru dengan melibatkan siswa secara langsung mengukur benda yang ada di sekitar siswa dapat menyebabkan siswa senang dan tidak bosan. Siswa akan senang belajar matematika apabila mereka dapat merasakan manfaat dari proses pembeajaran tersebut yaitu dengan langsung mempraktekan ilmu yang sedang dipelajari dengan benda yang ada disekitarnya atau dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan akan hilang sedikit demi sedikit.
Cucu Rahayu (SMPN 7 Sumedang)
Cara guru membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah sangat bagus. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media dan/atau evaluasi pembelajaran strateginya sudah bagus. Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik dan Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.
Dr. Hilaliyah (SMP Dharma Karya)
Yang saya dapat simpulkan Kelebihan dari video tersebut :
1. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran diawali dengan salam dan mengecek kehadiran siswa.
2. kemudian guru menanyakan alasan beberapa siswa yang tidak hadir.
3. Mengingatkan kembali siswa pada pembelajaran yang telah lalu dan menghubungkannya dengan materi ajar yang akan disampaikan.
4. Guru memberikan lembar kerja yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan berkelompok.
5. Siswa terlihat bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
6. Guru terlihat mengecek setiap tugas kelompok peserta didiknya.
Kekurangan dari video tersebut :
1. Haruslah kita sebagai guru memahami betul materi yang akan kita ajarkan
2. Menentukan metode” apasaja yang akan kita bawakan kepada peserta didik
3. Tidak ada nya ice breaking di sesi pembelajaran
4. Alangkah baiknya kita membuat kesimpulan dn refleksi agar peserta didik dapat memahami kesalahan mereka
Yang saya dapat simpulkan dari video tersebut semua sudah sesuai prosedur atay tata cara pembawaan mater ajar ke peserta didik.
Kekurangan dari video tersebut :
1. Haruslah kita sebagai guru memahami betul materi yang akan kita ajarkan
2. Menentukan metode” apasaja yang akan kita bawakan kepada peserta didik
3. Tidak ada nya ice breaking di sesi pembelajaran
4. Alangkah baiknya kita membuat kesimpulan dn refleksi agar peserta didik dapat memahami kesalahan mereka
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Perkenalkan saya :
Nama : Ricki Budiman
NIM : 043934798
UPBJJ UT : Bogor
PRODI : Pendidikan Matematika
Kelebihan :
1. Pembelajaran diawali dengan salam dan mengecek kehadiran siswa
2. Guru bertanya kehadiran siswa
3. Guru bertanya alasan kurang menyukai belajar matematika
4. Guru mengulas sedikit materi sebelumnya
5. Guru memberikan LK yang dikerjakan oleh peserta didik dengan berkelompok
6. Guru bertanya kepada peserta didiknya tentang proses belajarnya di dalam kelas
7. Peserta didik mengutarakan kegembiraannya dengan perubahan proses belajar dikelas
Kekurangan
1. Proses Berdoa belum terlihat
2. Belum adanya ice breaking saat pembelajaran
3. Tujuan pembelajaran tidak terlalu jelas
4. Pembukaa pembelajaran ada, refleksi pembelajaran belum terlihat dengan jelas
ijin menanggapi:
1. materi sudah terpahami dengan baik
2. ice breaking memang belum ada
3. benar adanya tidak ada refleksi
Assalamualaikum. Wr. Wb.
Perkenalkan, saya…
Nama : SRI LESTARI
NIM : 859878911
Pokjar : Siantar – Simalungun
Menurut pengamatan saya, video diatas sudah baik, ada beberapa kelebihan dan sedikit kekurangan seperti berikut:
KELEBIHAN
1. Guru melakukan kegiatan pendahuluan dengan baik, Ia memeriksa kehadiran siswa, memberikan perhatian dan menciptakan suasana belajar yang demokratis dengan melakukan tanya jawab mengenai pembelajaran Matematika, juga memberikan kegiatan apersepsi dengan mengulang pelajaran yang telah lalu.
2. Guru sudah mempersiapkan LKS dan merancang pembelajaran yang lebih bermakna dan menyenangkan kepada siswa dengan mengukur benda – benda konkret yang ada di kelas secara langsung, sehingga siswa tidak hanya mempelajari luas bangun datar secara abstrak saja.
3. Suasana kelas tampak tenang dan kondusif, siswa juga aktif melakukan diskusi kelompok dan tanya jawab dengan guru.
4. Guru mendatangi setiap kelompok untuk melihat dan menanyakan kesulitan yang mereka alami.
KELEMAHAN
1. Ekspresi guru sedikit kaku, akan lebih baik kalau guru menebar senyum kepada siswa dan menunjukkan wajah yang ceria.
2. Hasil kerja kelompok siswa akan lebih baik di presentasekan di depan kelas.
3. Guru tidak memberikan apresiasi kepada hasil kerja siswa, Ia hanya melihat dan menyimpulkan bahwa siswa sudah memahami materi dengan baik.
4. Suasana kelas sedikit datar, kurang hidup.
5. Saat melakukan tanya jawab, siswa seperti sudah diarahkan, sehingga video kurang natural.
6. Guru kurang melakukan motivasi kepada siswa dan penilaian.
Demikian hasil pengamatan saya, mohon maaf dan terima kasih.
Nama: Maratush Sholihah
NIM : 858737498
Prodi : PGSDBI
Menurut saya video pembelajaran diatas sudah baik, tetapi masih ada kekurangan dalam pembelajaran tersebut. Pada pembukaan seharusnya ada pembukaan doa sebelum memulai pembelajaran, kemudian guru sudah tepat untuk mengabsen siswa yang tidak hadir, kemudian sudah ada apersepsi sudah benar, lalu untuk tujuan pembelajarannya sepertinya tidak diperlihatkan langsung masuk ke kegiatan inti. Penjelasan materi kurang terperinci, tetapi metode pembelajaran yang digunakan sudah sesuai, pembagian kelompok dll.
Untuk penutup seharusnya dijelaskan kesimpulan dan motivasi pembelajaran untuk siswa.
Mungkin itu yang bisa saya sampaikan, Terima kasih.
Nama: Anggita Puspito Sari
NIM : 042693911
Prodi : Pendidikan Matematika
Pembelajaran matematika terkenal dengan pembelajaran yang sulit, membuat pusing , dan momok yang menakutkan. Stategi pembelajaran yang tepat akan membuat pembelajaran yang lebih menyenangkan. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan alat atau benda di sekitar, melalului diskusi maupun kerja kelompok. Dengan startegi tersebut diharapkan siswa menjadi lebih menyukai pelajran matematika. Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran lebih aplikatif karena menggunakan benda – benda sekitar. Siswa tidak bosan dan matematika tidak hanya fokus pada hafalan rumus.
Terima kasih
Terima kasih.
Nama: Umi Nadhifah
NIM : 501333087
Prodi : Magister pendidikan Dasar
UPBJJ: Malang
Seringkali memang matematika menjadi momok tersendiri bagi siswa, oleh karena itu perlu disajikan sebuah pembelajaran matematika yang menyenangkan, yakni dengan pelibatan secara langsung siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, serta memanfaatkan lingkungan sebagai bahan belajar realistik bagi siswa. Selain itu perlu dibangun sebuah kondisi yang menyenangkan antara guru dan siswa melalui interaksi yang positif, misalnya guru ramah, tidak memarahi, mendengarkan aspirasi siswa, membangun kedekatan dengan siswa
kelebihan dalam video tersebut adalah guru dapat membuat pembelajaran matematika yang menyenangkan dengan membentuk sebuah kelompok agar siswa dapat bekerjasama dengan baik. Guru juga mempratekkan alat peraga yang di sekitar ruang kelas untuk menentukan luas bangun datar. Sehingga siswa dapat mempratekkan di kehidupan sehari – hari tentang menentukan luas bangun datar.
Nama : Dewi Lisma Ria Magdalena
Nim : 877528941
Prodi : PGSD
Setelah melihat video diatas, menurut saya video sudah baik. Guru sudah memulai dengan kegiatan pendahuluan yaitu mengucap salam, menanyakan kabar, mengabsensi siswa, melakukan apersepsi dengan menanyakan materi sebelumnya. Kekurangan pada kegiatan pendahuluan : belum terlihat guru menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan ice breaking.
Pada kegiatan inti guru sudah membagi kelompok belajar siswa dengan begitu siswa dapat bekerja sama dengan teman temannya. Kekurangannya : tidak terlihat siswa mempersentasekan hasil diskusinya didepan kelas.
Kegiatan Penutup guru sudah menanyakan bagaimanakah pembelajaran hari ini. Itu sangat penting supaya kita sebagai guru mengetahui apa yg harus ditingkatkan untuk kedepannya. Kekurangannya : belum terlihat siswa menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran yg sudah dilakukan begitu juga dengan gurunya.