Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Nama : Rini Handayani
NIM : 858053874
UPBJJ : PONTIANAK
Setelah menonton video tersebut saya berpendapat bahwa
– Pada kegiatan awal guru tidak mengecek kehadiran siswa, hanya menyapa dan menanyakan kabar.
– Guru langsung menunjuk siswa, padahal guru bisa menawarkan kepada siswa siapa yang ingin membaca. Namun ada siswa yang belum bisa membaca.
– Pada saat menunjuk salah satu siswa tetapi siswa tersebut tidak bisa membaca, seharusnya guru memberi arahan agar anak belajar membaca.
– Dalam video tersebut guru memberikan pujian kepada anak – anak. Dengan begitu anak – anak akan lebih semangat.
Dengan video solusi yang diberikan saya setuju. Kelemahan pada video pembelajaran tersebut yaitu siswa tidak dilatih membaca terlebih dahulu. Tetapi solusi yang diberikan belum bisa meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca. Bagi anak yang belum bisa membaca mengikuti apa yang diucapkan cukup mudah tetapi mereka belum tahu apa saja yang mereka ucapkan.
Nama : astina sary
Nim : 877522729
Prodi : FKIP PGSD
UPBJJ : Medan
Kelemahan.
1. Tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran
2. pembelajaran kurang kreativitas
3. alat dan bahan pembelajaran kurang menunjang kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan tidak menarik jika tidak ada kegiatan penutup pada pembelajaran.
Kelebihan
Guru menyampaikan pembelajaran dengan suara dan artikulasi yang tepat.
Nama : astina sary
Nim : 877522729
Prodi : FKIP PGSD
UPBJJ : Medan
Kelemahan.
1. Tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran
2. pembelajaran kurang kreativitas
3. alat dan bahan pembelajaran kurang menunjang kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan tidak menarik jika tidak ada kegiatan penutup pada pembelajaran.
Kelebihan
Guru menyampaikan pembelajaran dengan suara dan artikulasi yang tepat.
Nama : astina sary
Nim : 877522729
Prodi : FKIP PGSD
UPBJJ : Medan
Kelemahan.
1. Tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran
2. pembelajaran kurang kreativitas
3. alat dan bahan pembelajaran kurang menunjang kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan tidak menarik jika tidak ada kegiatan penutup pada pembelajaran.
Kelebihan
Guru menyampaikan pembelajaran dengan suara dan artikulasi yang tepat.
Nama : Fadilah Suci
NIM : 877623568
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Kota Agung
Assalamualaikum, Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya lihat kekurangan dalam pembelajaran tersebut adalah :
1. Guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.
2. Guru kurang memotivasi siswa agar semangat belajar.
3. Guru kurang memberikan contoh yg jelas dan dalam penjelasannya terlalu tergesa-gesa.
4. Guru menggunakan media pembelajaran hanya dengan menggunakan buku.
5. Pada akhir pembelajaran guru tidak memberikan tugas atau evaluasi pada siswa.
Sedangkan kelebihan dalam video pembelajaran adalah:
1. Guru sudah menyapa siswa dengan ceria
2. Guru mampu mengondisikan siswa
Nama: Vika Maulinda
Nim: 858048819
Prodi: PGSD-S1
Berdasarkan video yang saya tonton menurut pendapat saya adalah Guru tersebut hanya menyapa siswa serta menanyakan kabar siswanya dan langsung membahas materi yang akan dipelajari namun tidak memulai dengan mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu serta tidak mengabsen siswa didalam kelas, Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran tetapi guru tidak memberikan solusi untuk siswa yang belum bisa membaca tetapi Langsung melempar pertanyaan dan menyuruh siswa lain untuk membaca seharusnya Guru memberikan arahan terlebih dahulu agar anak belajar membaca dan meningkatkan minat baca.
Nama: Vika Maulinda
Nim: 858048819
Prodi: PGSD-S1
Berdasarkan video yang saya tonton menurut pendapat saya adalah Guru tersebut hanya menyapa siswa serta menanyakan kabar siswanya dan langsung membahas materi yang akan dipelajari namun tidak memulai dengan mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu serta tidak mengabsen siswa didalam kelas, Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran tetapi guru tidak memberikan solusi untuk siswa yang belum bisa membaca tetapi Langsung melempar pertanyaan dan menyuruh siswa lain untuk membaca seharusnya Guru memberikan arahan terlebih dahulu agar anak belajar membaca dan meningkatkan minat baca.
Kelebihannya : Guru menyampaikan pembelajaran dengan artikulasi dan suara yang jelas.
Nama : Indah Prastitiningtyas
NIM : 857825235
UPBJJ : Surakarta
Pokjar : Klaten
1. Reaksi anak terhadap pembelajaran tersebut sangat berantusias dan semangat mengikuti pembelajaran.
2. Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut adalah kurangnya kegiatan pembukaan, guru langsung menanyakan kabar, tidak dibuka dengan salam dan berdoa, guru juga tidak melatih membaca terlebih dahulu.
3. Kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu guru berhasil menemukan solusi untuk mengatasi anak-anak yang belum bisa membaca, yaitu dengan anak-anak diminta untuk menirukan dan mengulangi bacaan yang dibacakan oleh guru. Kelebihan lain adalah guru juga mengajar dengan penuh semangat dan suara yang keras sehingga anak-anak terlihat semangat dan fokus dalam mengikuti pembelajaran.
4. Hal-hal unik dalam video tersebut adalah guru meminta anak-anak yang belum bisa membaca untuk membacakan tulisan yang ada di buku.
5. Upaya yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah sebelum memulai pembelajaran, sebaiknya dibuka dengan salam dan berdoa. Guru juga harus fokus untuk melatih membaca pada anak-anak yang belum bisa membaca.
Nama : Rooidah Syarof
NIM : 855863903
UPBJJ : Medan
Setelah melihat video yang tertera disini, saya berpendapat bahwa:
– Pendidik tidak menyiapkan Peserta didik secara fisik dan mental dari memulai masuk ke dalam ruang kelas seperti berdoa, memberikan yel-yel semangat belajar, menanamkan nasionalisme lalu melakukan presensi atau Mengecek kehadiran peserta didik.
– Pendidik tidak mengingatkan materi sebelumnya kepada peserta didik dan langsung memberikan pertanyaan yang belum dijelaskan oleh pendidik.
-Dan kurangnya perhatian Pendidik terhadap peserta didik yang belum bisa membaca
NAMA : DARA YUNITA SARI
NIM : 856028535
POKJAR : BINJAI
1. Ringkasan Isi Video
a.Identitas Isi Video
>Nama Guru Tokoh : Dra. Lis Setiawati, M.Pd
>Nama Sekolah : SD 66
>Nama Penulis : Dra. Yetty Morelent, M.Hum
>Sutradara Pengembang Video : Dannie R
b.sinopsis isi video pembelajaran
Dalam video pembelajaran tersebut, para siswa kelas 1 mempelajari cara “Belajar Membaca
Deskripsi Tentang Benda” yang mana guru tersebut menekankan bagaimana agar anak kelas 1 dapat
mendeskripsikan benda-benda yang ada di sekitarnya
2.Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Kelemahan sang guru dalam memulai pembelajaran , guru masih memiliki kekurangan dalam
kegiatan membuka pelajaran yaitu siswa kelas 1 tidak dilatih membaca terlebih dahulu, lalu tidak
melaksanakan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran. Seperti yang kita tahu bahwa anak
kelas rendah yaitu kelas 1 itu masih cenderung belajar sambil bermain, anak kelas 1 harus sebisa
mungkin kita buat dia merasa nyaman di dalam pembelajaran kita, kita bisa menggunakan ice
breaking atau bernyanyi lagu nasional terlebih dahulu atau mungkin kita bisa bertanyaa bagaimana
keadaan nya hari ini, apakah dia sudah sarapan atau belum
Sebisa mungkin kita harus kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran khususnya untuk
peserta didik kita di kelas rendah agar anak tidak jenuh.
3.Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Kelebihan guru tersebut menurut saya adalah beliau berpenampilan sangat rapi dan bersih.
Penampilan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran sangat berpengaruh dalam
pemikiran anak. Anak kecil suka dengan orang yang cantik,bersih,wangi dan rapi. Hal ini
membuat anak merasa nyaman dan senang ketika mereka mendapatkan guru yang cantik dan
rapi di pandangan mereka.
4.Hal Unik yang terdapat dalam pembelajaran video
Hal unik yang terdapat dalam video tersebut adalah guru langsung memberikan contoh benda-benda
yang ada di sekitar siswa, sehingga siswa langsung bisa menyebutkannya
5.Rencana perbaikan dalam pembelajaran video
Dalam video tertera bahwa sang guru menjelaskan gambar-gambar benda serta membaca
penjelasan yang ada pada gambar tersebut, sang guru juga mengajarkan anak untuk berlatih membaca
kata demi kata.