silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.
Yetty Morelent dan Teguh Prakoso

Similar Posts

164 Comments

  1. Nama : Rini Handayani
    NIM : 858053874
    UPBJJ : PONTIANAK
    Setelah menonton video tersebut saya berpendapat bahwa
    – Pada kegiatan awal guru tidak mengecek kehadiran siswa, hanya menyapa dan menanyakan kabar.
    – Guru langsung menunjuk siswa, padahal guru bisa menawarkan kepada siswa siapa yang ingin membaca. Namun ada siswa yang belum bisa membaca.
    – Pada saat menunjuk salah satu siswa tetapi siswa tersebut tidak bisa membaca, seharusnya guru memberi arahan agar anak belajar membaca.
    – Dalam video tersebut guru memberikan pujian kepada anak – anak. Dengan begitu anak – anak akan lebih semangat.

    Dengan video solusi yang diberikan saya setuju. Kelemahan pada video pembelajaran tersebut yaitu siswa tidak dilatih membaca terlebih dahulu. Tetapi solusi yang diberikan belum bisa meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca. Bagi anak yang belum bisa membaca mengikuti apa yang diucapkan cukup mudah tetapi mereka belum tahu apa saja yang mereka ucapkan.

  2. Nama : astina sary
    Nim : 877522729
    Prodi : FKIP PGSD
    UPBJJ : Medan

    Kelemahan.
    1. Tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran
    2. pembelajaran kurang kreativitas
    3. alat dan bahan pembelajaran kurang menunjang kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan tidak menarik jika tidak ada kegiatan penutup pada pembelajaran.

    Kelebihan
    Guru menyampaikan pembelajaran dengan suara dan artikulasi yang tepat.

  3. Nama : astina sary
    Nim : 877522729
    Prodi : FKIP PGSD
    UPBJJ : Medan

    Kelemahan.
    1. Tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran
    2. pembelajaran kurang kreativitas
    3. alat dan bahan pembelajaran kurang menunjang kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan tidak menarik jika tidak ada kegiatan penutup pada pembelajaran.

    Kelebihan
    Guru menyampaikan pembelajaran dengan suara dan artikulasi yang tepat.

  4. Nama : astina sary
    Nim : 877522729
    Prodi : FKIP PGSD
    UPBJJ : Medan

    Kelemahan.
    1. Tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran
    2. pembelajaran kurang kreativitas
    3. alat dan bahan pembelajaran kurang menunjang kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan tidak menarik jika tidak ada kegiatan penutup pada pembelajaran.

    Kelebihan
    Guru menyampaikan pembelajaran dengan suara dan artikulasi yang tepat.

  5. Nama : Fadilah Suci
    NIM : 877623568
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Kota Agung
    Assalamualaikum, Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya lihat kekurangan dalam pembelajaran tersebut adalah :
    1. Guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.
    2. Guru kurang memotivasi siswa agar semangat belajar.
    3. Guru kurang memberikan contoh yg jelas dan dalam penjelasannya terlalu tergesa-gesa.
    4. Guru menggunakan media pembelajaran hanya dengan menggunakan buku.
    5. Pada akhir pembelajaran guru tidak memberikan tugas atau evaluasi pada siswa.
    Sedangkan kelebihan dalam video pembelajaran adalah:
    1. Guru sudah menyapa siswa dengan ceria
    2. Guru mampu mengondisikan siswa

  6. Nama: Vika Maulinda
    Nim: 858048819
    Prodi: PGSD-S1

    Berdasarkan video yang saya tonton menurut pendapat saya adalah Guru tersebut hanya menyapa siswa serta menanyakan kabar siswanya dan langsung membahas materi yang akan dipelajari namun tidak memulai dengan mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu serta tidak mengabsen siswa didalam kelas, Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran tetapi guru tidak memberikan solusi untuk siswa yang belum bisa membaca tetapi Langsung melempar pertanyaan dan menyuruh siswa lain untuk membaca seharusnya Guru memberikan arahan terlebih dahulu agar anak belajar membaca dan meningkatkan minat baca.

  7. Nama: Vika Maulinda

    Nim: 858048819

    Prodi: PGSD-S1

    Berdasarkan video yang saya tonton menurut pendapat saya adalah Guru tersebut hanya menyapa siswa serta menanyakan kabar siswanya dan langsung membahas materi yang akan dipelajari namun tidak memulai dengan mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu serta tidak mengabsen siswa didalam kelas, Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran tetapi guru tidak memberikan solusi untuk siswa yang belum bisa membaca tetapi Langsung melempar pertanyaan dan menyuruh siswa lain untuk membaca seharusnya Guru memberikan arahan terlebih dahulu agar anak belajar membaca dan meningkatkan minat baca.
    Kelebihannya : Guru menyampaikan pembelajaran dengan artikulasi dan suara yang jelas.

  8. Nama : Indah Prastitiningtyas
    NIM : 857825235
    UPBJJ : Surakarta
    Pokjar : Klaten

    1. Reaksi anak terhadap pembelajaran tersebut sangat berantusias dan semangat mengikuti pembelajaran.
    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut adalah kurangnya kegiatan pembukaan, guru langsung menanyakan kabar, tidak dibuka dengan salam dan berdoa, guru juga tidak melatih membaca terlebih dahulu.
    3. Kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu guru berhasil menemukan solusi untuk mengatasi anak-anak yang belum bisa membaca, yaitu dengan anak-anak diminta untuk menirukan dan mengulangi bacaan yang dibacakan oleh guru. Kelebihan lain adalah guru juga mengajar dengan penuh semangat dan suara yang keras sehingga anak-anak terlihat semangat dan fokus dalam mengikuti pembelajaran.
    4. Hal-hal unik dalam video tersebut adalah guru meminta anak-anak yang belum bisa membaca untuk membacakan tulisan yang ada di buku.
    5. Upaya yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah sebelum memulai pembelajaran, sebaiknya dibuka dengan salam dan berdoa. Guru juga harus fokus untuk melatih membaca pada anak-anak yang belum bisa membaca.

  9. Nama : Rooidah Syarof
    NIM : 855863903
    UPBJJ : Medan

    Setelah melihat video yang tertera disini, saya berpendapat bahwa:
    – Pendidik tidak menyiapkan Peserta didik secara fisik dan mental dari memulai masuk ke dalam ruang kelas seperti berdoa, memberikan yel-yel semangat belajar, menanamkan nasionalisme lalu melakukan presensi atau Mengecek kehadiran peserta didik.
    – Pendidik tidak mengingatkan materi sebelumnya kepada peserta didik dan langsung memberikan pertanyaan yang belum dijelaskan oleh pendidik.
    -Dan kurangnya perhatian Pendidik terhadap peserta didik yang belum bisa membaca

  10. NAMA : DARA YUNITA SARI
    NIM : 856028535
    POKJAR : BINJAI

    1. Ringkasan Isi Video
    a.Identitas Isi Video
    >Nama Guru Tokoh : Dra. Lis Setiawati, M.Pd
    >Nama Sekolah : SD 66
    >Nama Penulis : Dra. Yetty Morelent, M.Hum
    >Sutradara Pengembang Video : Dannie R
    b.sinopsis isi video pembelajaran
    Dalam video pembelajaran tersebut, para siswa kelas 1 mempelajari cara “Belajar Membaca
    Deskripsi Tentang Benda” yang mana guru tersebut menekankan bagaimana agar anak kelas 1 dapat
    mendeskripsikan benda-benda yang ada di sekitarnya

    2.Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    Kelemahan sang guru dalam memulai pembelajaran , guru masih memiliki kekurangan dalam
    kegiatan membuka pelajaran yaitu siswa kelas 1 tidak dilatih membaca terlebih dahulu, lalu tidak
    melaksanakan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran. Seperti yang kita tahu bahwa anak
    kelas rendah yaitu kelas 1 itu masih cenderung belajar sambil bermain, anak kelas 1 harus sebisa
    mungkin kita buat dia merasa nyaman di dalam pembelajaran kita, kita bisa menggunakan ice
    breaking atau bernyanyi lagu nasional terlebih dahulu atau mungkin kita bisa bertanyaa bagaimana
    keadaan nya hari ini, apakah dia sudah sarapan atau belum
    Sebisa mungkin kita harus kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran khususnya untuk
    peserta didik kita di kelas rendah agar anak tidak jenuh.

    3.Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    Kelebihan guru tersebut menurut saya adalah beliau berpenampilan sangat rapi dan bersih.
    Penampilan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran sangat berpengaruh dalam
    pemikiran anak. Anak kecil suka dengan orang yang cantik,bersih,wangi dan rapi. Hal ini
    membuat anak merasa nyaman dan senang ketika mereka mendapatkan guru yang cantik dan
    rapi di pandangan mereka.

    4.Hal Unik yang terdapat dalam pembelajaran video
    Hal unik yang terdapat dalam video tersebut adalah guru langsung memberikan contoh benda-benda
    yang ada di sekitar siswa, sehingga siswa langsung bisa menyebutkannya

    5.Rencana perbaikan dalam pembelajaran video
    Dalam video tertera bahwa sang guru menjelaskan gambar-gambar benda serta membaca
    penjelasan yang ada pada gambar tersebut, sang guru juga mengajarkan anak untuk berlatih membaca
    kata demi kata.

Leave a Reply