Similar Posts
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Nama : Rini Handayani
NIM : 858053874
UPBJJ : PONTIANAK
Setelah menonton video tersebut saya berpendapat bahwa
– Pada kegiatan awal guru tidak mengecek kehadiran siswa, hanya menyapa dan menanyakan kabar.
– Guru langsung menunjuk siswa, padahal guru bisa menawarkan kepada siswa siapa yang ingin membaca. Namun ada siswa yang belum bisa membaca.
– Pada saat menunjuk salah satu siswa tetapi siswa tersebut tidak bisa membaca, seharusnya guru memberi arahan agar anak belajar membaca.
– Dalam video tersebut guru memberikan pujian kepada anak – anak. Dengan begitu anak – anak akan lebih semangat.
Dengan video solusi yang diberikan saya setuju. Kelemahan pada video pembelajaran tersebut yaitu siswa tidak dilatih membaca terlebih dahulu. Tetapi solusi yang diberikan belum bisa meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca. Bagi anak yang belum bisa membaca mengikuti apa yang diucapkan cukup mudah tetapi mereka belum tahu apa saja yang mereka ucapkan.
Nama : astina sary
Nim : 877522729
Prodi : FKIP PGSD
UPBJJ : Medan
Kelemahan.
1. Tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran
2. pembelajaran kurang kreativitas
3. alat dan bahan pembelajaran kurang menunjang kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan tidak menarik jika tidak ada kegiatan penutup pada pembelajaran.
Kelebihan
Guru menyampaikan pembelajaran dengan suara dan artikulasi yang tepat.
Nama : astina sary
Nim : 877522729
Prodi : FKIP PGSD
UPBJJ : Medan
Kelemahan.
1. Tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran
2. pembelajaran kurang kreativitas
3. alat dan bahan pembelajaran kurang menunjang kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan tidak menarik jika tidak ada kegiatan penutup pada pembelajaran.
Kelebihan
Guru menyampaikan pembelajaran dengan suara dan artikulasi yang tepat.
Nama : astina sary
Nim : 877522729
Prodi : FKIP PGSD
UPBJJ : Medan
Kelemahan.
1. Tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran
2. pembelajaran kurang kreativitas
3. alat dan bahan pembelajaran kurang menunjang kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan tidak menarik jika tidak ada kegiatan penutup pada pembelajaran.
Kelebihan
Guru menyampaikan pembelajaran dengan suara dan artikulasi yang tepat.
Nama : Fadilah Suci
NIM : 877623568
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Kota Agung
Assalamualaikum, Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya lihat kekurangan dalam pembelajaran tersebut adalah :
1. Guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.
2. Guru kurang memotivasi siswa agar semangat belajar.
3. Guru kurang memberikan contoh yg jelas dan dalam penjelasannya terlalu tergesa-gesa.
4. Guru menggunakan media pembelajaran hanya dengan menggunakan buku.
5. Pada akhir pembelajaran guru tidak memberikan tugas atau evaluasi pada siswa.
Sedangkan kelebihan dalam video pembelajaran adalah:
1. Guru sudah menyapa siswa dengan ceria
2. Guru mampu mengondisikan siswa
Nama: Vika Maulinda
Nim: 858048819
Prodi: PGSD-S1
Berdasarkan video yang saya tonton menurut pendapat saya adalah Guru tersebut hanya menyapa siswa serta menanyakan kabar siswanya dan langsung membahas materi yang akan dipelajari namun tidak memulai dengan mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu serta tidak mengabsen siswa didalam kelas, Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran tetapi guru tidak memberikan solusi untuk siswa yang belum bisa membaca tetapi Langsung melempar pertanyaan dan menyuruh siswa lain untuk membaca seharusnya Guru memberikan arahan terlebih dahulu agar anak belajar membaca dan meningkatkan minat baca.
Nama: Vika Maulinda
Nim: 858048819
Prodi: PGSD-S1
Berdasarkan video yang saya tonton menurut pendapat saya adalah Guru tersebut hanya menyapa siswa serta menanyakan kabar siswanya dan langsung membahas materi yang akan dipelajari namun tidak memulai dengan mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu serta tidak mengabsen siswa didalam kelas, Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran tetapi guru tidak memberikan solusi untuk siswa yang belum bisa membaca tetapi Langsung melempar pertanyaan dan menyuruh siswa lain untuk membaca seharusnya Guru memberikan arahan terlebih dahulu agar anak belajar membaca dan meningkatkan minat baca.
Kelebihannya : Guru menyampaikan pembelajaran dengan artikulasi dan suara yang jelas.
Nama : Indah Prastitiningtyas
NIM : 857825235
UPBJJ : Surakarta
Pokjar : Klaten
1. Reaksi anak terhadap pembelajaran tersebut sangat berantusias dan semangat mengikuti pembelajaran.
2. Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut adalah kurangnya kegiatan pembukaan, guru langsung menanyakan kabar, tidak dibuka dengan salam dan berdoa, guru juga tidak melatih membaca terlebih dahulu.
3. Kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu guru berhasil menemukan solusi untuk mengatasi anak-anak yang belum bisa membaca, yaitu dengan anak-anak diminta untuk menirukan dan mengulangi bacaan yang dibacakan oleh guru. Kelebihan lain adalah guru juga mengajar dengan penuh semangat dan suara yang keras sehingga anak-anak terlihat semangat dan fokus dalam mengikuti pembelajaran.
4. Hal-hal unik dalam video tersebut adalah guru meminta anak-anak yang belum bisa membaca untuk membacakan tulisan yang ada di buku.
5. Upaya yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah sebelum memulai pembelajaran, sebaiknya dibuka dengan salam dan berdoa. Guru juga harus fokus untuk melatih membaca pada anak-anak yang belum bisa membaca.
Nama : Rooidah Syarof
NIM : 855863903
UPBJJ : Medan
Setelah melihat video yang tertera disini, saya berpendapat bahwa:
– Pendidik tidak menyiapkan Peserta didik secara fisik dan mental dari memulai masuk ke dalam ruang kelas seperti berdoa, memberikan yel-yel semangat belajar, menanamkan nasionalisme lalu melakukan presensi atau Mengecek kehadiran peserta didik.
– Pendidik tidak mengingatkan materi sebelumnya kepada peserta didik dan langsung memberikan pertanyaan yang belum dijelaskan oleh pendidik.
-Dan kurangnya perhatian Pendidik terhadap peserta didik yang belum bisa membaca
NAMA : DARA YUNITA SARI
NIM : 856028535
POKJAR : BINJAI
1. Ringkasan Isi Video
a.Identitas Isi Video
>Nama Guru Tokoh : Dra. Lis Setiawati, M.Pd
>Nama Sekolah : SD 66
>Nama Penulis : Dra. Yetty Morelent, M.Hum
>Sutradara Pengembang Video : Dannie R
b.sinopsis isi video pembelajaran
Dalam video pembelajaran tersebut, para siswa kelas 1 mempelajari cara “Belajar Membaca
Deskripsi Tentang Benda” yang mana guru tersebut menekankan bagaimana agar anak kelas 1 dapat
mendeskripsikan benda-benda yang ada di sekitarnya
2.Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Kelemahan sang guru dalam memulai pembelajaran , guru masih memiliki kekurangan dalam
kegiatan membuka pelajaran yaitu siswa kelas 1 tidak dilatih membaca terlebih dahulu, lalu tidak
melaksanakan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran. Seperti yang kita tahu bahwa anak
kelas rendah yaitu kelas 1 itu masih cenderung belajar sambil bermain, anak kelas 1 harus sebisa
mungkin kita buat dia merasa nyaman di dalam pembelajaran kita, kita bisa menggunakan ice
breaking atau bernyanyi lagu nasional terlebih dahulu atau mungkin kita bisa bertanyaa bagaimana
keadaan nya hari ini, apakah dia sudah sarapan atau belum
Sebisa mungkin kita harus kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran khususnya untuk
peserta didik kita di kelas rendah agar anak tidak jenuh.
3.Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Kelebihan guru tersebut menurut saya adalah beliau berpenampilan sangat rapi dan bersih.
Penampilan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran sangat berpengaruh dalam
pemikiran anak. Anak kecil suka dengan orang yang cantik,bersih,wangi dan rapi. Hal ini
membuat anak merasa nyaman dan senang ketika mereka mendapatkan guru yang cantik dan
rapi di pandangan mereka.
4.Hal Unik yang terdapat dalam pembelajaran video
Hal unik yang terdapat dalam video tersebut adalah guru langsung memberikan contoh benda-benda
yang ada di sekitar siswa, sehingga siswa langsung bisa menyebutkannya
5.Rencana perbaikan dalam pembelajaran video
Dalam video tertera bahwa sang guru menjelaskan gambar-gambar benda serta membaca
penjelasan yang ada pada gambar tersebut, sang guru juga mengajarkan anak untuk berlatih membaca
kata demi kata.