silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.
Yetty Morelent dan Teguh Prakoso

Similar Posts

163 Comments

  1. Nama : Sinta Pusvita
    Nim : 857317699

    Setelah saya menonton video tentang “Belajar membaca tentang Benda” terdapat kelemahan dan kelebihan yang saya amati. Diantara kelemahannya adalah Guru tidak melakukan kegiatan apersepsi/pendahuluan seperti berdo’a, mengabsen siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, Guru langsung menunjuk salah satu siswa untuk membaca tanpa melatih siswa terkebih dahulu karena tidak semua siswa kelas tersebut dapat membaca lancar, sehingga tampak siswa hanya diam dan terlihat bingung, Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang lancar dalam membaca, Guru tidak menampilkan media yang dapat menunjang pembelajaran sehingga siswa tertarik dan memahami Pelajaran, Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pelajaran, refleksi. Adapun kelebihan yang saya amati diantaranya adalah guru tampak bersemangat dalam membangkitkan semangat siswa dengan menggali informasi sehingga siswa antusias menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar mereka, Guru mengajak siswa untuk melihat benda di dalam buku,kemudian guru membimbing siswa dengan latihan membaca yang dimulai dengan guru yang membaca terlebih dahulu dan diikuti ulang oleh siswa dan Setelah guru melatih siswa,guru meminta salah satu siswa untuk membaca,terlihat siswa sudah lancar membaca.

  2. Nama : SEPTIAN TRI WALISTA
    NIM : 877530582

    Setelah saya lihat video ini,guru melakukan kegiatan pembuka pelajaran,kegiatan pembuka diperlukan oleh siswa untuk mempersiapkan diri dalam nemerima pembelajaran dengan baik.Guru langsung menunjuk siswa untuk membaca tanpa melatih siswa terlebih dahulu sehingga siswa tidak memahami pelajaran.

  3. Nama : ELISA
    Nim : 858069582
    Pokjar : Jambi
    Dari video di atas yang berjudul ( belajar membaca deskripsi tentang benda)

    Menurut pendapat saya terdapat kelemahan dan kelebihan yang disampaikan oleh guru pada video di atas
    Kelebihan nya yaitu
    1. Guru menggunakan volume yang cukup lantang, sehingga siswa dapat mendengar dengan jelas.
    2. Guru menyapa siswa ketika masuk kedalam kelas.
    3. Guru memberikan kalimat pujian kepada siswa yang aktif

    Kelemahan nya yaitu:
    1. Guru tidak melakukan berdoa bersama sama pada awal pembelajaran
    2. Tidak ada nya refleksi pada pelajaran sebelum nya.

  4. Nama : ELISA
    Nim : 858069582

    Dari video di atas yang berjudul ( belajar membaca deskripsi tentang benda) Menurut pendapat saya terdapat kelemahan dan kelebihan yang disampaikan oleh guru pada video di atas Kelebihan nya yaitu 1. Guru menggunakan volume yang cukup lantang, sehingga siswa dapat mendengar dengan jelas. 2. Guru menyapa siswa ketika masuk kedalam kelas. 3. Guru memberikan kalimat pujian kepada siswa yang aktif Kelemahan nya yaitu: 1. Guru tidak melakukan berdoa bersama sama pada awal pembelajaran 2. Tidak ada nya refleksi pada pelajaran sebelum nya.

  5. Nama : YULI SINAGA
    Nim : 856054967
    Pokjar : DAIRI

    Setelah saya menonton video tentang “Belajar membaca tentang Benda” terdapat kelemahan dan kelebihan didalam video.kelemahannya adalah Guru tidak melakukan kegiatan apersepsi/pendahuluan seperti berdo’a, dan mengabsen siswa.guru juga belum menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru juga langsung menunjuk salah satu siswa dan siswa tampak terlihat kebingungan. Guru juga belum melatih siswa kelas 1 SD dalam membaca. Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang lancar dalam membaca.guru juga tidak menampilkan media pembelajaran dengan jelas.kelebihannya adalah diawal guru menyapa siswa.Guru juga menggunakan volume yang cukup lantang, sehingga siswa dapat mendengar dengan jelas.guru tampak bersemangat dalam membangkitkan semangat siswa dengan menggali informasi sehingga siswa antusias menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar mereka, Guru mengajak siswa untuk melihat benda di dalam buku,kemudian guru membimbing siswa dengan latihan membaca yang dimulai dengan guru yang membaca terlebih dahulu dan diikuti ulang oleh siswa dan Setelah guru melatih siswa,guru meminta salah satu siswa untuk membaca,terlihat siswa sudah lancar membaca.guru juga mengapresiasi siswa yang berani tampil kedepan.

  6. Nama : Nur grahayul
    Nim : 859762534

    Menurut pendapat saya dalam video “Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda” Metode pembelajaran guru sudah bagus,sebelum guru memberikan pembelajaran guru tersebut sudah mempersiapkan dirinya serta pembelajaran dan metode apa yang akan ia bawakan sehingga pembelajaran didalam kelas lebih kondusif.

    Pada awal video guru memberikan salam dan pada akhir video guru memberikan arahan untuk mempelajari bukunya ketika di rumah dan memberikan salam untuk menutup pembelajaran

  7. Nama : Sri Irmyanti Rahayu
    Nim : 821569951
    UPBJJ : 83/ KENDARI
    Pokjar : UT KENDARI
    Setelah Saya mengamati video pembelajaran tersebut.Ada bebarapa kelemahan dan kelebihan dianataranya :
    Kelemahan :
    – Guru tidak mengucapkan salam pembuka.
    – Guru tidak melakukan kegiatan apresiasi pada awal pembelajaran
    – Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    Kelebihan :
    – Guru mampu mengarahkan peserta didik dengan latihan membaca.
    – Guru mampu mengapresiasikan peserta didik yang berani tampil di depan kelas.
    – Guru mampu mengajak peserta didik untuk melihat benda di dalam buku,
    Saran : – Sebaiknya guru melakukan kegiatan awal, pada saat memulai pembelajaran.
    – Sebaiknya guru melihat kesiapan peserta didik untuk memulai pembelajaran

  8. Nama: Siti Aisah
    Nim. : 859764591
    Porjak: Kendari

    Menurut saya pembelajaran yang dilakukan sudah baik,akan tetapi ada beberapa hal yang perlu di perbaiki salah satunya yaitu ketika awal pertemuan guru disarankan untuk membuka dengan menanyakan kabar siswa sekaligus memberikan ice breaking yang menyenakan bagi siswa agar siswa dapat lebih siap untuk menerima pembelajaran yang akan di sampaikan oleh guru.

  9. Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kelemahan dan kelebihannya yaitu :
    Kelemahan :
    – Guru pada awal pembelajaran tidak melakukan apersepsi dan mengucapkan salam pembuka sebelum membuka pembelajaran.
    – tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
    – Guru tidak melakukan absensi siswa dan doa pembuka sebelum mulai pembelajaran
    – Guru tidak menjelaskan materi awal secara terperinci sehingga guru pada saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan
    kemudian untuk kelebihan yaitu :
    – Guru mampu dengan sabar membimbing siswa untuk memahami isi bacaan yang telah dibaca.
    – Guru mampu mengajak siswa sebagai partisipan aktif ketika sebagian peserta didik ke depan.
    – Guru mampu membuat peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran di kelas
    – Guru memberikan kesempatan membaca cerita secara bergantian
    Kemudian untuk Saran yaitu :
    – Guru sebaiknya menggunakan pertanyaan terbuka untuk mendorong peserta didik untuk berpikir lebih kritis tentang isi cerita .
    – Sebaiknya guru sebelum memulai pembelajaran guru memberikan salam dan berdoa sebelum melakukan pembelajaran
    – Sebaiknya guru tidak lupa untuk mengabsen peserta didik
    – Sebaiknya guru memberi metode pembelajaran yang lebih inovatif

  10. Nama : Titien Mira Maharani
    Nim : 877605197
    Pokjar : Prabumulih

    Assalamu’alaikum……
    Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kelemahan dan kelebihannya yaitu : Kelemahan : – Guru pada awal pembelajaran tidak melakukan apersepsi dan mengucapkan salam pembuka sebelum membuka pembelajaran. – tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai – Guru tidak melakukan absensi siswa dan doa pembuka sebelum mulai pembelajaran – Guru tidak menjelaskan materi awal secara terperinci sehingga guru pada saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan kemudian untuk kelebihan yaitu : – Guru mampu dengan sabar membimbing siswa untuk memahami isi bacaan yang telah dibaca. – Guru mampu mengajak siswa sebagai partisipan aktif ketika sebagian peserta didik ke depan. – Guru mampu membuat peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran di kelas – Guru memberikan kesempatan membaca cerita secara bergantian Kemudian untuk Saran yaitu : – Guru sebaiknya menggunakan pertanyaan terbuka untuk mendorong peserta didik untuk berpikir lebih kritis tentang isi cerita . – Sebaiknya guru sebelum memulai pembelajaran guru memberikan salam dan berdoa sebelum melakukan pembelajaran – Sebaiknya guru tidak lupa untuk mengabsen peserta didik – Sebaiknya guru memberi metode pembelajaran yang lebih inovatif

Leave a Reply