Similar Posts
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Nama : Sinta Pusvita
Nim : 857317699
Setelah saya menonton video tentang “Belajar membaca tentang Benda” terdapat kelemahan dan kelebihan yang saya amati. Diantara kelemahannya adalah Guru tidak melakukan kegiatan apersepsi/pendahuluan seperti berdo’a, mengabsen siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, Guru langsung menunjuk salah satu siswa untuk membaca tanpa melatih siswa terkebih dahulu karena tidak semua siswa kelas tersebut dapat membaca lancar, sehingga tampak siswa hanya diam dan terlihat bingung, Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang lancar dalam membaca, Guru tidak menampilkan media yang dapat menunjang pembelajaran sehingga siswa tertarik dan memahami Pelajaran, Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pelajaran, refleksi. Adapun kelebihan yang saya amati diantaranya adalah guru tampak bersemangat dalam membangkitkan semangat siswa dengan menggali informasi sehingga siswa antusias menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar mereka, Guru mengajak siswa untuk melihat benda di dalam buku,kemudian guru membimbing siswa dengan latihan membaca yang dimulai dengan guru yang membaca terlebih dahulu dan diikuti ulang oleh siswa dan Setelah guru melatih siswa,guru meminta salah satu siswa untuk membaca,terlihat siswa sudah lancar membaca.
Nama : SEPTIAN TRI WALISTA
NIM : 877530582
Setelah saya lihat video ini,guru melakukan kegiatan pembuka pelajaran,kegiatan pembuka diperlukan oleh siswa untuk mempersiapkan diri dalam nemerima pembelajaran dengan baik.Guru langsung menunjuk siswa untuk membaca tanpa melatih siswa terlebih dahulu sehingga siswa tidak memahami pelajaran.
Nama : ELISA
Nim : 858069582
Pokjar : Jambi
Dari video di atas yang berjudul ( belajar membaca deskripsi tentang benda)
Menurut pendapat saya terdapat kelemahan dan kelebihan yang disampaikan oleh guru pada video di atas
Kelebihan nya yaitu
1. Guru menggunakan volume yang cukup lantang, sehingga siswa dapat mendengar dengan jelas.
2. Guru menyapa siswa ketika masuk kedalam kelas.
3. Guru memberikan kalimat pujian kepada siswa yang aktif
Kelemahan nya yaitu:
1. Guru tidak melakukan berdoa bersama sama pada awal pembelajaran
2. Tidak ada nya refleksi pada pelajaran sebelum nya.
Nama : ELISA
Nim : 858069582
Dari video di atas yang berjudul ( belajar membaca deskripsi tentang benda) Menurut pendapat saya terdapat kelemahan dan kelebihan yang disampaikan oleh guru pada video di atas Kelebihan nya yaitu 1. Guru menggunakan volume yang cukup lantang, sehingga siswa dapat mendengar dengan jelas. 2. Guru menyapa siswa ketika masuk kedalam kelas. 3. Guru memberikan kalimat pujian kepada siswa yang aktif Kelemahan nya yaitu: 1. Guru tidak melakukan berdoa bersama sama pada awal pembelajaran 2. Tidak ada nya refleksi pada pelajaran sebelum nya.
Nama : YULI SINAGA
Nim : 856054967
Pokjar : DAIRI
Setelah saya menonton video tentang “Belajar membaca tentang Benda” terdapat kelemahan dan kelebihan didalam video.kelemahannya adalah Guru tidak melakukan kegiatan apersepsi/pendahuluan seperti berdo’a, dan mengabsen siswa.guru juga belum menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru juga langsung menunjuk salah satu siswa dan siswa tampak terlihat kebingungan. Guru juga belum melatih siswa kelas 1 SD dalam membaca. Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang lancar dalam membaca.guru juga tidak menampilkan media pembelajaran dengan jelas.kelebihannya adalah diawal guru menyapa siswa.Guru juga menggunakan volume yang cukup lantang, sehingga siswa dapat mendengar dengan jelas.guru tampak bersemangat dalam membangkitkan semangat siswa dengan menggali informasi sehingga siswa antusias menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar mereka, Guru mengajak siswa untuk melihat benda di dalam buku,kemudian guru membimbing siswa dengan latihan membaca yang dimulai dengan guru yang membaca terlebih dahulu dan diikuti ulang oleh siswa dan Setelah guru melatih siswa,guru meminta salah satu siswa untuk membaca,terlihat siswa sudah lancar membaca.guru juga mengapresiasi siswa yang berani tampil kedepan.
Nama : Nur grahayul
Nim : 859762534
Menurut pendapat saya dalam video “Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda” Metode pembelajaran guru sudah bagus,sebelum guru memberikan pembelajaran guru tersebut sudah mempersiapkan dirinya serta pembelajaran dan metode apa yang akan ia bawakan sehingga pembelajaran didalam kelas lebih kondusif.
Pada awal video guru memberikan salam dan pada akhir video guru memberikan arahan untuk mempelajari bukunya ketika di rumah dan memberikan salam untuk menutup pembelajaran
Nama : Sri Irmyanti Rahayu
Nim : 821569951
UPBJJ : 83/ KENDARI
Pokjar : UT KENDARI
Setelah Saya mengamati video pembelajaran tersebut.Ada bebarapa kelemahan dan kelebihan dianataranya :
Kelemahan :
– Guru tidak mengucapkan salam pembuka.
– Guru tidak melakukan kegiatan apresiasi pada awal pembelajaran
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
Kelebihan :
– Guru mampu mengarahkan peserta didik dengan latihan membaca.
– Guru mampu mengapresiasikan peserta didik yang berani tampil di depan kelas.
– Guru mampu mengajak peserta didik untuk melihat benda di dalam buku,
Saran : – Sebaiknya guru melakukan kegiatan awal, pada saat memulai pembelajaran.
– Sebaiknya guru melihat kesiapan peserta didik untuk memulai pembelajaran
Nama: Siti Aisah
Nim. : 859764591
Porjak: Kendari
Menurut saya pembelajaran yang dilakukan sudah baik,akan tetapi ada beberapa hal yang perlu di perbaiki salah satunya yaitu ketika awal pertemuan guru disarankan untuk membuka dengan menanyakan kabar siswa sekaligus memberikan ice breaking yang menyenakan bagi siswa agar siswa dapat lebih siap untuk menerima pembelajaran yang akan di sampaikan oleh guru.
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kelemahan dan kelebihannya yaitu :
Kelemahan :
– Guru pada awal pembelajaran tidak melakukan apersepsi dan mengucapkan salam pembuka sebelum membuka pembelajaran.
– tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
– Guru tidak melakukan absensi siswa dan doa pembuka sebelum mulai pembelajaran
– Guru tidak menjelaskan materi awal secara terperinci sehingga guru pada saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan
kemudian untuk kelebihan yaitu :
– Guru mampu dengan sabar membimbing siswa untuk memahami isi bacaan yang telah dibaca.
– Guru mampu mengajak siswa sebagai partisipan aktif ketika sebagian peserta didik ke depan.
– Guru mampu membuat peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran di kelas
– Guru memberikan kesempatan membaca cerita secara bergantian
Kemudian untuk Saran yaitu :
– Guru sebaiknya menggunakan pertanyaan terbuka untuk mendorong peserta didik untuk berpikir lebih kritis tentang isi cerita .
– Sebaiknya guru sebelum memulai pembelajaran guru memberikan salam dan berdoa sebelum melakukan pembelajaran
– Sebaiknya guru tidak lupa untuk mengabsen peserta didik
– Sebaiknya guru memberi metode pembelajaran yang lebih inovatif
Nama : Titien Mira Maharani
Nim : 877605197
Pokjar : Prabumulih
Assalamu’alaikum……
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kelemahan dan kelebihannya yaitu : Kelemahan : – Guru pada awal pembelajaran tidak melakukan apersepsi dan mengucapkan salam pembuka sebelum membuka pembelajaran. – tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai – Guru tidak melakukan absensi siswa dan doa pembuka sebelum mulai pembelajaran – Guru tidak menjelaskan materi awal secara terperinci sehingga guru pada saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan kemudian untuk kelebihan yaitu : – Guru mampu dengan sabar membimbing siswa untuk memahami isi bacaan yang telah dibaca. – Guru mampu mengajak siswa sebagai partisipan aktif ketika sebagian peserta didik ke depan. – Guru mampu membuat peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran di kelas – Guru memberikan kesempatan membaca cerita secara bergantian Kemudian untuk Saran yaitu : – Guru sebaiknya menggunakan pertanyaan terbuka untuk mendorong peserta didik untuk berpikir lebih kritis tentang isi cerita . – Sebaiknya guru sebelum memulai pembelajaran guru memberikan salam dan berdoa sebelum melakukan pembelajaran – Sebaiknya guru tidak lupa untuk mengabsen peserta didik – Sebaiknya guru memberi metode pembelajaran yang lebih inovatif