silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.
Yetty Morelent dan Teguh Prakoso

Similar Posts

183 Comments

  1. Nama : Sri Rahmawati
    NIM : 857495594
    Prodi : S1-PGSD MS
    Assalamu’alaikum….
    saya ingin berkomentar/berdiskusi tentang video pembelajaran tersebut. Ada beberapa kesalahan guru, misalnya guru tidak mengajak anak2 berdoa terlebih dahulu, tidak melakukan apresiasi terhadap anak2, cara belajarnya juga masih memakai cara berpusat kepada guru dan kurangnya menstimulus atau tidak mengajak aktif anak2 krn guru menunjuk salah satu murid saja padahal guru bisa saja memberikan kesempatan kepada anak2 untuk membaca deskripsi ataupun menjawab pertanyaan. Guru juga kurang mengajari dalam hal membaca karena anak2 kelas satu masih terdapat anak yang kurang bisa membaca. Guru harus memberikan contoh atau melatih anak bagaimana cara membaca benda2 tersebut (yang ada dalam materi).Guru juga harus mengajar dengan cara menyenangkan agar anak senang belajar dan menarik minat anak dalam mengikuti pelajaran, misalnya agar anak aktif selama pelajaran guru bisa memakai kartu baca atau menempelkan bacaan pada setiap benda2 yang ada di kelas tesebut. Anak-anak bisa belajar secara kelompok mencari tulisan benda tersebut dan mencatatnya di buku tulis.
    sekian pendapat dari saya, terima kasih…

  2. NAMA : ARIEF MAULANA AKBAR
    NIM : 857494632
    Assalamu’alaikum.
    Ijin memberikan tanggapan mengenai video tersebut. Menurut pendapat saya ada beberapa kegiatan yang terlewat, sebagai berikut:
    1. Guru tidak mengucapkan salam, tidak membimbing peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdo’a, dan tidak melakukan presensi
    2. Guru tidak melakukan apersepsi
    3. Materi yang diberikan belum tuntas/ tidak lengkap
    4. Guru tidak memvisualisasi benda-benda yang ada di sekitar, atau bahkan lebih bagusnya guru menunjukan dan menyebutkan benda-benda yang belum di sebutkan oleh peserta didik
    5. Pada pemberian tugas, kalau ada peserta didik yang belum bisa membaca alangkah lebih baiknya pembahasan poin tersebut harus tuntas, bisa dengan menunjuk peserta didik yang sudah bisa membaca atau dibimbing langsung oleh guru.
    6. Tidak ada evaluasi, atau kegiatan mereview

    Sekian
    Wassalamu’alaikum

  3. Nama : Heni Wilyandini
    NIM : 858049921
    kelas : B
    Semester : 6
    PGSD S1

    Video yang dibahas yaitu tentang “Belajar Membaca Deskripsi Tentang Benda”.
    Setelah mengamati video pembelajaran di atas, menurut Saya guru tersebut sudah baik dalam menyampaikan materi. Namun terdapat beberapa kekurangan pada saat pembelajaran berlangsung, yaitu:
    1) Dalam membuka pembelajaran, guru tidak memulai dengan mengajak semua siswa berdoa terlebih dahulu, dan juga tidak mengabsen siswa. Guru tersebut hanya menyapa dan menanyakan kabar.
    2) Guru kurang menstimulus siswa, karena guru tidak menawarkan kepada murid-muridnya siapa yang ingin membaca, tetapi langsung menunjuk. Sehingga ada anak yang ingin membaca tetapi tidak memiliki kesempatan.
    3) Guru tidak memberikan solusi kepada anak yang tidak bisa membaca.

  4. Nama : Ainun Najiah
    Nim : 858048833
    Prodi : S1 PGSD
    Setelah saya menonton video tersebut, ada beberapa kekurangan dan kelebihan pada saat guru mengajar, yaitu :
    – pada saat kegiatan awal maupun kegiatan akhir guru sudah sangat baik dalam memulai maupun mengakhiri pembelajaran, hanya saja pada saat masuk dan selesai pembelajaran guru tidak mengucapkan salam dan tidak membaca doa sebelum memulai maupun mengakhiri proses pembelajaran.
    – guru sudah membangkitkan gairah semangat belajar siswa dengan sangat baik, yaitu dengan memberikan pujian kepada siswa dengan mengatakan hebat pintar semuanya, namun pada saat ada siswa yang tidak bisa membaca guru sebaiknya memberikan solusi untuk siswa tersebut dengan mengingatkn siswa pada akhir pembelajaran dengan rajin belajar membaca baik itu dengan ibu, ayah, maupun kakak.

  5. NAMA : FRIZA ELFINA DAMAYANTI
    NIM : 85877628
    UPBJJ : UT MALANG POKJAR KOTA KEDIRI

    – Kelebihan video pembelajaran Belajar Membaca Deskripsi Tentang Benda adalah guru berpenampilan sopan, materi yang diajarkan sesuai dengan kurikulum.

    – Kelemahan vidio pembelajaran tersebut adalah guru tidak memberikan solusi kepada anak yang belum bisa membaca dan berganti menunjuk anak lain yang kebetulan juga masih belum bisa membaca. Pada saat video sesi 1 solusi yang diberikan sangat tidak membantu anak, karena anak hanya diminta untuk dibacakan oleh orang tuanya masing-masing ketika mereka sampai di rumah. Guru juga tidak mencoba untuk mengenali sejauh mana tahap membaca anak tersebut. Kemudian pada video sesi 2 yang dikatakan merupakan solusi menurut saya metode solusi yang digunakan masih belum behasil ya sebab anak yang belum bisa membaca di video sesi 1 tidak ditampilkan kemajuannya dan justru anak lain yang maju.

    – Saran dari saya sebaiknya guru lebih mendekat kepada anak, mencoba menggali dan mengenali kemudian baru bisa membantu dan menemukan solusi yang sesuai dan mencoba untuk menggunakan metode lain yang sudah teruji behasil diterapkan, sebab metode yang digunakan tadi masih belum berhasil.

  6. nama : elisiani
    nim : 858037095
    pokjar : tujuh belas

    Pendapat saya mengenai vidio yang telah ditonton diatas adalah guru tersebut dalam penyampaian dari segi suara dan gerak sudah baik. Guru menyampaikan pembelajaran dengan sangat ceria dan bergembira, dimana siswa dapat menerima dan mengikuti pembelajaran dengan sangat aktif. Guru juga menggunakan buku pelajaran yang di dapat siswa untuk melihat pelajaran apa yang diberikan. Suasana kelas menjadi hidup dengan berbagai pertanyaan yang diberikan oleh guru kepada siswa dan siswa juga sangat aktif di dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Suasana kelas yang bersih dan anak anak duduk dengan rapi dan tertib juga membantu jalannya suasana dalam pembelajaran tersebut. Guru juga menggunakan benda-benda di sekitar kelas dalam proses pembelajaran agar siswa dapat dengan jelas mengetahui apa nama benda yang ada disekitarnya. Tetapi adapun dalam vidio tersebut kekurangan dalam segi kegiatan pembelajaran yaitu :
    1. Guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu.
    2. Guru tidak melakukan absensi sebelum memulai pembelajaran.
    3. Guru tidak memberikan latihan membaca terlebih dahulu.
    4. Guru tidak menyiapkan alat peraga tambahan untuk memudahkan pembelajaran.

    Adapun solusi yang dapat dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu :
    1. Guru mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa.
    2. Guru melakukan absensi siswa.
    3. Guru menyiapkan alat peraga untuk memudahkan kegiatan pembelajaran.
    4. Guru memberikan latihan membaca kepada siswa dengan memeberikan contoh dan menulisnya di papan tulis.
    5. Guru memberikan latihan kembali kepada siswa yang belum bisa membaca.
    6. Guru dapat memberitahu kekurangan siswa yang belum bisa membaca kepada orang tua/wali siswa agar juga dapat melatih siswa dirumah. karena waktu dirumah jauh lebih banyak untuk belajar.

    Dengan ini diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan siswa menjadi lebih mudah dalam memahami pembelajaran yang diberikan.

  7. Nama : Vika Maulinda
    Nim : 858048819
    Prodi : PGSD-S1

    Berdasarkan video yang saya tonton , menurut pendapat saya adalah Guru tersebut hanya menyapa siswa serta menanyakan kabar siswanya dan langsung membahas materi yang akan dipelajari namun tidak memulai dengan mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu serta tidak mengabsen siswa didalam kelas, Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran tetapi guru tidak memberikan solusi untuk siswa yang belum bisa membaca tetapi langsung melempar pertanyaan dan menyuruh siswa lain untuk membaca seharusnya Guru memberikan arahan terlebih dahulu agar anak belajar membaca dan meningkatkan minat baca.

  8. Nama: SINTIYA LARASATY MARPAUNG
    NIM : 858048951

    Mengenai Vidio yang saya saksikan menurut saya dari Vidio tersebut pada saat penyampaian materi sebaiknya guru tersebut mengawali dengan memberikan salam kepada siswanya lalu, lalu berdoa setelah itu melakukan absensi.
    Pada saat memasuki materi pembelajaran, sebaiknya guru tersebut menjelaskan isi materi yang akan di bahas kepada siswa seperti menjelaskan Apa yang di maksud dengan benda dan apa saja yang dapat disebut sebagai benda, setelah itu bertanya atau meminta siswa menyebutkan nama-nama benda yang ada di dalam kelas.
    Dan saya juga melihat dari Vidio tersebut juga terdapat siswa yang tidak bisa membaca, sebaiknya di dalam kelas tersebut guru lebih menekankan siswa untuk rajin membaca agar siswa lancar membaca.

  9. Nama : Rani Sugiarti
    Nim : 825295571
    UPBJJ : 16/Pekanbaru

    Berdasarkan vidio yang telah saya tonton, guru memulai pelajaran tanpa berdoa terlebih dahulu, dan untuk apresiasi sudah bagus banyak tanya jawab yang dilakukan antara guru dan siswa, sehingga siswa memiliki semangat untuk memulai pembelajaran.
    namun proses pembelajarannya kurang efektif, disini siswa tidak dibimbing untuk membaca jadi kemungkinan besar apabila proses belajar mengajar yang kita lakukan seperti vidio ini maka siswa kita akan banyak yang tertinggal dalam membaca, sebaiknya apabila siswa kita masih kelas satu, untuk membaca kita lakukan bimbingan dengan menuliskan materi di papan tulis dan anak membaca satu persatu kedepan, tidak harus semua materi habis dibaca oleh satu anak, cukup beberapa kata saja supay kita bisa mengetahui kemampuan masing-masing anak dalam membaca dan kita bisa menyusun rencana belajar yang lebih efektif untuk anak/siswa. terimakasih

  10. Nama : Maysaroh Nur Alisa Pohan
    NIM : 858419486
    Jurusan : PGSD – S1 UPBJJ Samarinda
    1. Setelah menonton tayangan vidio diatas dapat saya refleksikan vidio tersebut sebagai berikut? Reaksi siswa tadi terlihat hanya Sebagian saja yang aktif, sedangkan yang tidak aktif cenderung diam tidak mau bertanya kepada guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru tersebut tidak melakukan doa bersama dan absensi terhadap siswanya, guru tidak bertanya kepada siswanya apakah sudah paham atau belum terhadap materi yang diajarkan, dan guru terlihat cuek terhadap siswa yang belum bisa membaca.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru tersebut mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran dengan melakukan tanya jawab dan guru tersebut menggunakan bahasa yang baik dan santun.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Tidak ada
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Guru lebih mendekatkan diri lagi kepada siswanya dan guru tersebut mempelajari kembali bagaimana cara mengajar yang baik.

Leave a Reply