silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.
Yetty Morelent dan Teguh Prakoso

Similar Posts

172 Comments

  1. Nama:Atika Zulfitri
    Nim :856943569
    Belajar membaca deskripsi tentang benda
    Setelah menyimak video belajar di atas, ada beberapa
    kelemahan dari viedo belajar tersebut antara lain:
    1. Guru menyapa namun tidak melakukan presensi dan tidak memotivasi anak untuk belajar terlebih dahulu.
    2. Belum menyimpulkan materi pembelajaran di kegiatan penutup
    3. Hanya memanfaatkan alat peraga seadanya yaitu dengan menunjukkan benda – benda yang ada di kelas, padahal seharusnya bisa menggunakan alat peraga dari media gambar/ slide power point.
    4. Siswa tidak diajak untuk membaca terlebih dahulu untuk mengetahui gambaran mendeskripsikan objek, karena masih belajar di level rendah (kelas 2)

    Kelebihan:
    1. Guru menjelaskan dengan artikulasi yang jelas.
    2. Guru antusias dalam mengajar.
    Terima kasih.

    Reply
    sayyidatulmustamiah2704 says:
    April 21, 2023 at 4:15 pm
    Nama : sayyidatul mustamiah
    Nim : 857697424
    Prodi : S1 PGSD

    Dari video tersebut menurut saya penjelasan yang disampaikan oleh guru sudah jelas, dan juga guru menyampaikan materi dengan suara yang keras.
    Tetapi kekurangan dari guru tersebut menurut saya adalah:
    – diawal pelajaran guru tidak mengecek kehadiran siswa
    – diawal pelajaran guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu
    – guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang benda-benda tersebut.

  2. Annisa Aprilia
    858048826
    Terkait Vidio yang saya tonton membahas mengenai Belajar membaca deskripsi tentang benda disekitar kelas dan yang terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD. Dalam Vidio tersebut guru sudah cukup bagus dalam mengajar sehingga siswa dapat memahami pembelajaran yang dibahas dan siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran,namun ada sedikit kekurangan dari Vidio pembelajaran tersebut guru hanya menyapa siswa dan hanya menanyakan kabar siswa dan sebaiknya guru mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran

  3. NAMA : ERPAN KRISWANTO
    NIM : 837672515
    UPBJJ : 74 MALANG
    POKJAR : JOYOBOYO KOTA KEDIRI
    Kelebihan dan ke kuranan dalam video di atas adalah
    kelebihan :
    1. awal pembelajaran guru menyapa siswa
    2. suasana kelas kondusif
    3. intonsi menyampaikan materi sudah bagus
    kekurangan :
    1. alat peraga seadanya, seharusnya guru mengunakan alat peraga terbaru dan unik
    2. pada akhir pembelajara guru tidak memberikan kesimpulan dalam pembelajaran
    saran saya :
    – sebelum memulai pembelajaran sebaiknya siswa di ajak berdoa terlebih dahulu.
    – guru sebaiknya mengunakan media pembelajaran yang kreatif, supaya menarik perhatian siswa.
    – untuk siswa yang belum bisa membaca sebaiknya di adakan latihan khusus,supaya bisa megejar keterlambatan siswa tersebut

  4. Nama saya idesti lase
    Nim 856021059
    Prodi pgsd s1
    Upbjj 12 medan
    Pokjar idanogawo

    Menurut saya mengenai pembelajaran divideo ini dikegiatan awal sbnarnya sudah cukup bagus cuman alangkah bagusnya siswa dalam kegiatan awal sebelum memulai pembelajaran guru mengajak siswa supaya berdoa terlebih dahulu dan guru mengabsen siswa.

    Seterus dalam kegiatan inti sudah bagus karna guru dan siswa sama sama aktif dalam mengikuti proses pembelajaran apalagi dengan menggunakan peraga siswa lebih semangat mengikuti proses pembelajaran dan dalam kegiatan akhir sebaiknya guru harus menyimpulkan materi yang disampaikan dan mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa.

  5. Nama: Purnama Sabilla
    Nim: 856022265
    Prodi: S1 PGSD
    UPBJJ UT Medan

    “Belajar membaca deskripsi tentang benda”
    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Untuk diawal pembelajaran seluruh siswa bersemangat untuk mengikuti pembelajaran, tetapi diakhir-akhir pembelajaran mulai terdapat siswa yang tidak fokus seperti hanya terdiam dan menoleh ke belakang.

    2. Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Diawal pembelajaran guru tidak mengecek kehadiran siswa
    – Tidak melakukan doa
    – Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    – Guru hanya terfokus pada buku bacaan
    – Guru tidak memberikan kesimpulan diakhir pembelajaran
    – Tidak melatih siswanya untuk membaca terlebih dahulu

    3. Apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Bu guru memberikan pelajaran dengan penuh semangat
    – Memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan
    – Guru tidak hanya fokus pada 1 siswa
    – Memberikan apresiasi kepada siswa seperti ucapan “hebat” “pintar” dan memberi tepukan tangan.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut saat melaksanakan pembelajaran?
    Didalam video terlihat beberapa anak belum bisa membaca, saya melihat guru tersebut memiliki sebuah solusi dengan telaten mendiktekan deskripsi benda pada buku dan kemudian guru meminta siswa untuk mengikutinya.

    5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran?
    Guru yang terdapat dalam video hendaknya tidak hanya terfokus pada buku, alangkah baiknya memanfaatkan benda-benda sekitar untuk di deskripsikan. Sehingga pembelajaran tidak monoton.

  6. Nama:Josua Rio Sinaga
    NIM :856032979
    Pokjar:Samosir

    tanggapan saya setelah menonton vidio diatas ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses belajar mengajar antara lain ialah dalam melangsungkan atau memulai pembelajaran di ruang kels guru tidak memulai pembelajaran dengan cara berdoa dang mengecek kehadiran siswa tersebut.dimana sikap berdoa atau hal berdoa diperlukan dalam hal apasaja sehingga para siswa dapat menirunya.
    kelebihan dalam vidio tersebut pada saat melakukan pembelajaran ialah proses belajar mengajar di kelas tersebut sangat aktif baik dalam hal tanya jawab antara guru dan siswa,guru juga memberikan atau mengajarkan hal hal benda yang ada disekitar kelas sehingga memicu siswa agar tidak kewalahan untuk mengenalnya .dan juga para sisiwa disitu berani mengajukan atau memberi tanggapan mereka apabila guru tersebut memberi sebuah pertanyaan .dan dalam vidio tersebut para siswa sangat aktif dan berlomba lomba untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru mereka.

  7. Nama : SURI MAYANI SARAGIG
    Nim : 856024591
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : SERDANG BEDAGAI
    UPBJJ : MEDAN

    Video pembelajaran “Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda”

    Menurut saya mengenai pembelajaran video yang diatas dalam kegiatan awal sudah baik, namun alangkah baiknya guru mengajak para siswa untuk berdo’a terlebih dahulu.
    Pada kegiatan inti guru kurang memberi motivasi, dan hanya memanfaatkan alat peraga seadanya.
    Kelebihan pada kegiatan tersebut,guru sangat jelas dalam menerangkan pembelajaran tersebut,dan guru sangat antusias dalam mengajar,suasa kelasnya kondusif,dan cara penyampaian materi sangat bagus

  8. Nama : Veronika Afriana Sitohang
    Nim : 856033956
    Pokjar : Samosir
    UPBJJ : Medan

    Setelah saya mengamati video ” Belajar Membaca Deskripsi Tentang Benda ” hasil pengamatan saya :
    Pada saat guru memulai pembelajaran siswa tidak dipersiapkan terlebih dahulu misalnya berdoa sebelum belajar. Setelah guru menyapa siswa, guru langsung menyampaikan materi pembelajaran.

    Dari video juga dapat di simpulkan bahwa kelas 1 SD harus dilatih membaca terlebih dahulu dan menggunakan media pembelajaran konkret/nyata. misalnya seperti dalam video menyebutkan benda benda yang ada disekitar yang dapat langsung di lihat oleh siswa. sehingga pelajaran mudah untuk di pahami dan diterima oleh siswa.

    Terima kasih..

  9. Redho Tri Saputra
    856834708

    Assalamualaikum,
    Berdasarkan Video yang sudah sya tonton mengenai Belajar membaca deskripsi tentang benda disekitar kelas dan yang terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD. Dalam Video trsbt dari segi mengajar guru sudah cukup bagus, sehingga siswa dapat memahami pembelajaran yang dibahas dan siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran yang sya lihat divideo tersbt, tapi ada sedikit kekurangannya, pada awal pembelajaran guru tersebut tidak melakukan kegiatan doa diawal pembelajaran. Trimakasih wass

  10. Setelah saya menonton video tersebut, berikut adalah komentar saya:
    Penyebab Masalah :
    1. Guru tidak memberikan penjelasan tentang cara membaca deskripsi tentang benda
    2. Guru kurang menstimulus siswa karena guru tidak memberi kesempatan untuk siswa membaca
    3. Guru tidak memberikan solusi kepada anak yang tidak bisa membaca, melainkan guru langsung melempar pertanyaan
    Alternatif Pemecahan Masalah :
    1. Seharusnya guru pertama membuka pelajaran dengan salam dan berdoa
    2. Seharusnya guru menjelaskan bacaan cara membaca deskripsi tentang benda
    3. Guru lebih sering berinteraksi dengan siswa karena dapat membuat siswa menjadi aktif
    4. Guru harus memberikan solusi saat siswanya belum mengenal huruf, guru membantu dalam pengejaan kata
    5. Guru juga harus memberitahu kepada orang tua agar selalu dilatih membaca saat dirumah
    Tujuan Perbaikan :
    1. Menjelaskan materi sebelum melakukan pembelajaran
    2. Melatih siswa yang belum mengenal huruf
    3. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa
    4. Memberi solusi bagaimana caranya agar siswa dapat mengenal huruf dan membaca dengan benar

    Terimakasih..

Leave a Reply