Similar Posts
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Nama : DYAH AYU HIDHAYATUS.S
NIM : 858857417
Pokjar : Musi Nganjuk
Format Analisis Video Pembelajaran
Mata Pelajaran : BHS.Indonesia
Kelas : 3 SD
Aspek yang diamati Hasil Analisis
Kegiatan Pendahuluan
1. Salam Pembuka dan berdo’a sebelum belajar Tidak ada pembaca an doa dan suasana kelas belum terkoni
2. Menyanyikan lagu wajib nasional/melafalkan pancasila Tidak ada ajakan untuk menyanyikan lagu wajib nasional/melafalkan pancasila
3. Menanyakan kehadiran siswa dan menyampaikan KD Tidak ada absensi di kelas dan tidak ada penjelasan tentang KD yang akan diajarkan
4. Apersepsi dan motivasi Seharusnya sebelum pembelajaran di mulai seorang guru harus memberikan apresepsi terlebih dahulu terhadap siswa sehingga dapat membangkitkan semangat belajar siswa sebelum pembelajaran di mulai. Metode yang digunakan sudah baik karena pembelajaran lebih banyak berpusat pada murid. Namun alangkah baiknya jika seorang guru memberikan contoh nada( intonasi) pada pantun dalam pembelajaran agar dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang di sampaikan.
Kegiatan Inti
1. Penguasaan materi pembelajaran Penjelasan materi sudah cukup, karena materi yang diajarkan adalah cara membaca pantun yang benar
2. Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik Video 1 menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab
Video 2 menggunakan metode berpasangan investigation, Tanya jawab dan penugasan
3. Penerapan pendekatan saintifik Video 1 ada tetapi tidak lengkap, kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan menanya cara membaca pantun
Video 2 ada tetapi tidak disimpulkan dan alat yang digunakan hanya buku sehingga hasil pengamatan tidak standar
4. Pemanfaatan media/sumber belajar dalam pembelajaran Video 1 media yang digunakan hanya papan tulis
Video 2 menggunakan media buku
5. Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran Video 1 Tidak, pelajaran berfokus pada guru
Video 2 Ada pelibatan peserta didik
Kegiatan Penutup
1. Kesimpulan Tidak ada kegiatan menyimpulkan pembelajaran
2. Salam penutup Tidak ada kegiatan penutupan
izin menanggapi, Saya Zaedatur Hiqmah Pada video pembelajaran materi pantun cara penyampaian guru sudah bagus, namun seharusnya guru mencontohkab terlebih dahulu bagaimana cara membaca pantun yang baik dan benar. terimakasih
Nama : Amelia Syamsudin Rajak
NIM : 856316315
Prodi : S1 PGSD
Mata Kuliah :Pemantapan Kemampuan Mengajar (Sipas Non TTM)
Format Analisis Video Pembelajaran
Mata Pelajaran : BHS.Indonesia (Belajar Membaca Pantun)
Kelas : 3 SD
Aspek yang diamati Hasil Analisis
Kegiatan Pendahuluan
1. Tidak ada salam pembuka maupun kegiatan berdo’a sebelum proses belajar mengajar di mulai
2. Guru tidak menanyakan kabar siswa maupun melakukan pengecekan kehadiran atau mengabsen siswa-siswi dikelas
3. Tujuan pembelajaran tidak disebutkan
4. Apersepsi dan motivasi yang di sampaikan guru sudah cukup baik hanya saja masih terlihat kaku
5. Guru tidak memberikan contoh bagaimana cara membaca pantun dengan baik dan benar, seharusnya sebelum meminta siswa membaca pantun guru seharusnya memberikan contoh nyabterlebih dahulu agar siswa dapat lebih memahami cara atau intonasi yang tepat dalam membaca pantun
Kegiatan inti
Penguasaan guru terhadap materi pembelajaran maupun Penjelasan materi sudah cukup, karena materi yang diajarkan adalah cara membaca pantun yang benar
2. Penerapan strategi pembelajaran pada video 1 yang mendidik menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab
Sementara Video 2 menggunakan metode berpasangan investigation, Tanya jawab dan penugasan
3. Penerapan pendekatan saintifik Video 1 ada tetapi tidak lengkap, kegiatan yang dilakukan yaitu kegiatan bertanya cara membaca pantun
Video 2 ada tetapi tidak disimpulkan dan alat yang digunakan hanya buku sehingga hasil pengamatan tidak standar atau belum cukup baik serta kurang memuaskan
4. Pemanfaatan media/sumber belajar dalam pembelajaran Video 1 media yang digunakan hanya media buku
Video 2 menggunakan media buku juga
5. Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran Video 1 Tidak, pelajaran berfokus pada guru
Video 2 Ada pelibatan peserta didik
Kegiatan Penutup
1. Kesimpulan Tidak ada kegiatan menyimpulkan pembelajaran
2. Salam penutup Tidak ada pada kegiatan penutupan
Nama : Friska Oktapiannauli Samosir
Nim : 856457079
Priodi : PGSD
Selamat Pagi
Izinkan saya menyampaikan hasil pengamatan terhadap video tersebut.
Menurut saya didalam video tersebut masih memiliki kekurangan. Dimana dalam video yang 1 Guru tidak memulai dengan berdoa,,guru langsung memulai pelajaran dengan kegiatan inti. Seharusnya ketika memulai pelajaran kita harus melakukan pendahuluan yang berisi Kegiatan dimulai dengan berdoa,setelah itu guru mengabsen, menyanyikan lagu nasional dan terakhir kita memotivasi peserta didik agar siswa semangat dalam memulai pembelajaran.
Selanjutnya dalam video 1 saya melihat Siswa langsung mempraktekkan cara membaca pantun tanpa arahan dari guru, dan dalam video 2 guru baru mengajarkan cara membaca pantun dengan benar. Sebaiknya guru terlebih dahulu mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar agar siswa dapat mengikuti cara guru tersebut. Untuk mengetahui kemampuan siswa guru dapat melakukan evaluasi pantun dengan memberikan LKS kepada siswa dan Guru Juga Akan mengetahui dimana Letak kekurangpahaman siswa.
Hanya ini yang dapat saya sampaikan dalam forum diskusi. Saya ucapkan Terimakasih atas perhatian bapak/ibu.
Nama : Alfiatul Nikmah
Nim. :856455297
Pokjar : kemuning
Program studi : S1-PGSD
menurut analisis saya dari Vidio yang sudah saya lihat:
1.pendidik sudah melakukan tahap apersepsi seperti menyapa serta mengabesen anak didik sebelum proses pembelajaran berlangsung.
2.dalam penyampaian materi yang sudah di lakukan pendidik sudah cukup bagus karna di situ pendidik melakukan pembelajaran secara berkelompok yang akan membuat siswa lebih bersosialisasi dengan teman temannya.
3.namun menurut saya hal yang kurang efektif adalah,pendidik terlebih dahulu harus mencontohkan bagaimana cara membaca pantun dengan baik dan benar sebelum menyuruh anak didik sendiri yang mencontohkan .dan seharusnya dalam pembagian kelompok pendidik sendiri yang harus membagi atau memilihnya supaya tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan,seperti terjadi keributan di kelas.
Nama : Yeni Safitri
Nim : 856567763
Upbjj : Jambi
Prodi : PGSD
Menurut saya didalam video tersebut masih memiliki kekurangan. Dimana dalam video yang 1 Guru tidak memulai dengan berdoa,,guru langsung memulai pelajaran dengan kegiatan inti. Seharusnya ketika memulai pelajaran kita harus melakukan pendahuluan yang berisi Kegiatan dimulai dengan berdoa,setelah itu guru mengabsen, menyanyikan lagu nasional dan terakhir kita memotivasi peserta didik agar siswa semangat dalam memulai pembelajaran.
Selanjutnya dalam video 1 saya melihat Siswa langsung mempraktekkan cara membaca pantun tanpa arahan dari guru, dan dalam video 2 guru baru mengajarkan cara membaca pantun dengan benar. Sebaiknya guru terlebih dahulu mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar agar siswa dapat mengikuti cara guru tersebut. Untuk mengetahui kemampuan siswa guru dapat melakukan evaluasi pantun dengan memberikan LKS kepada siswa dan Guru Juga Akan mengetahui dimana Letak kekurangpahaman siswa.
Nama : Nur Azira
Nim : 856454819
Program Studi: PGSD S1
UPBJj-UT : 16/PEKANBARU
Mata Kuliah: Pemantapan Kemampuan Mengajar
Analisis saya mengenai Vidio tersebut :
Menurut pendapat saya proses pembelajaran tersebut sudah cukup baik, karena memiliki kelebihan dan keunikan, yaitu:
A. Kelebihan
1. Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan cukup baik, singkat, padat, dan jelas
2. Pada proses kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti, sampai dengan kegiatan penutup guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
B. Keunikan
1. Awalnya siswa belajar membaca pantun seperti membaca puisi, kemudian setelah guru memberikan contoh ataupun cara membaca pantun yang baik dan benar, dengan menggunakan intonasi yang tepat dan jelas, maka siswa tersebut telah memahami materi belajar membaca pantun.
Nama : Heni Kurniawati
Nim : 858851541
Prodi : S1 PGSD – BI
Pokjar : Musi – Nganjuk
Kesimpulan Analisis Video pembelajaran
Kekurangan :
1. Pembelajaran pada video tersebut kurang baik, karena pada awal pembelajaran tidak ada, salam, berdoa, menanyakan kabar siswa dan kesiapan siswa dalam belajar , serta tidak ada motivasi yang dapat membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran
2. Guru langsung masuk pada pembelajaran dan langsung meminta siswa untuk membuka buku.
3. Guru menjelaskan terlalu cepat dan langsung menyimpulkan semua siswa paham tentang membaca pantun tanpa bertanya apakah sudah mengerti atau belum.
4. Guru juga tidak memberikan contoh terlebih dahulu cara membaca pantun yang tepat.
5. Guru langsung menunjuk siswa untuk maju kedepan tanpa memberikan siswa kesempatan untuk berlatih dengan sesama teman.
6. Guru kurang menghargai hasil usaha anak, dan langsung menghakimi, ketika siswa membaca pantun tidak sesuai dan membaca seperti teks biasa.
7. Pada akhir pembelajaran tidak ada rangkuman materi yang telah di pelajari.
Kelebihan :
1. Pada penjelasan materi guru selain ceramah, guru bertanya jawab dengan siswa sehingga siswa dapat mengerti materi tentang pantun, hanya praktek membaca pantun yang belum dapat siswa terapkan dengan baik sebab guru belum memberikan contoh membaca pantun dengan tepat.
Nama : Arinta Nazhifah Janani
Nim : 857702099
Pokjar kedungwuni Pekalongan
Izin menanggapi
Reaksi anak : anak sangat antusias dalam pembelajaran dikarenakan guru memberikan pengantar sebelum memberikan materi
Kelebihan : guru mengajarkan membaca pantun yang benar terhadap anak didiknya
Kelemahan : guru tidak memberikan salam sapa terhadapa siswa
Saran : sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru memberikan salam dan mengabsen siswa
Kegiatan akhir guru harus memberikan penyimpulan terhadap materi pantun.
Nama : FENI MAHFIROH
Nim. : 856572418
Dalam materi tersebut yang dijelaskan oleh guru sudah cukup baik, sehingga siswa bersemangat dalam membaca pantun.
Namun, ada baiknya sebelum memulai pembelajaran untuk berdoa terlebih dahulu.