Similar Posts
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Nama : Fatimah Andriani
NIM : 856273248
Program Study : PGSD
Pokjar : Koto Baru Simalanggang, Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat
Menurut analisis saya tentang video ini yang membahas tentang “Belajar Membaca Pantun”
1. Berikut kelemahan pada video tersebut
a. Pada kegiatan awal pembelajaran:
• Guru tidak membaca do’a sebelum belajar
• Guru juga tidak mengecek kehadiran siswa
• Guru tidak mereview materi sebelumnya
• Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
• Kurangnya alat peraga
b. Bagian kegiatan inti
• Pada saat mengajar guru lebih monoton menggunakan metode ceramah, sehingga murid hanya berfokus pada penyampaian guru. Alangkah lebih baik guru memberikan metode yang lebih menarik, sehingga membuat siswa aktif dalam bertanya dan tampil didepan kelas.
• Guru tidak menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa tentang bagaimana cara membaca pantun, sehingga ada siswa yang tidak paham dan asal-asal saja membaca pantun
• Guru tidak memberikan ruang kepada siswa untuk bertanya
c. Bagian Penutup
• Guru tidak meminta siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran hari ini
• Guru juga tidak menyimpulkan materi pelajaran hari ini.
• Guru juga tidak menyampaikan kepada siswa untuk materi selanjutnya
2. Berikut kelebihan pada isi video tersebut.
• guru dapat membuat suasana belajar lebih tenang
• Siswa mengikuti pembelajaran dengan baik
• Guru memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil pembelajaran pada saat tampil kedepan kelas.
Sekian dari analisis saya terhadap video tersebut!
Nama : Fatimah Andriani
NIM : 856273248
Program Study : PGSD
Pokjar : Koto Baru Simalanggang, Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat
Menurut analisis saya tentang video ini yang membahas tentang “Belajar Membaca Pantun”
1. Berikut kelemahan pada video tersebut
a. Pada kegiatan awal pembelajaran:
• Guru tidak membaca do’a sebelum belajar
• Guru juga tidak mengecek kehadiran siswa
• Guru tidak mereview materi sebelumnya
• Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
• Kurangnya alat peraga
b. Bagian kegiatan inti
• Pada saat mengajar guru lebih monoton menggunakan metode ceramah, sehingga murid hanya berfokus pada penyampaian guru. Alangkah lebih baik guru memberikan metode yang lebih menarik, sehingga membuat siswa aktif dalam bertanya dan tampil didepan kelas.
• Sebelum belajar guru tidak menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa tentang bagaimana cara membaca pantun, sehingga ada siswa yang tidak paham.
• Guru tidak memberikan ruang kepada siswa untuk bertanya
c. Bagian Penutup
• Guru tidak meminta siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran hari ini
• Guru juga tidak menyimpulkan materi pelajaran hari ini.
• Guru juga tidak menyampaikan kepada siswa untuk materi selanjutnya
2. Berikut kelebihan pada isi video tersebut.
• Suasana belajar lebih tenang
• Siswa mengikuti pembelajaran dengan baik
• Guru memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil pembelajaran didepan kelas.
Sekian dari analisis saya terhadap video tersebut.
Nama : Sudarman Zebua
NIM : 878253436
Upbjj-UT : Medan
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Idanogawo
Berdasarkan Video pembelajaran tentang Belajar Membaca Pantun, saya telah mengamati beberapa hal yaitu :
1. Kelebihan
– Guru menjelaskan materi dengan sangat baik serta menggunakan bahasa yang mudah bisa dimengerti sehingga peserta didik bisa menyerap materi
yang disampaikan.
– Guru menunjuk siswa untuk memperagakan bagaimana cara membaca pantun
– Guru Bertanya kembali tentang materi yang sudah disampaikan
2. Kekurangan
– Guru langsung pada kegiatan inti dan tidak melakukukan kegiatan pembuka seperti berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
– Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil dan berani untuk mencoba memperagakan cara membaca pantun, menurut saya
sangat penting untuk mendukung keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran
– Guru tidak menanggapi peserta didik yang memberikan saran kepada guru tersebut untuk kembali memperagakan cara membaca pantun yang baik
– intonasi suara guru pada saat memmeperagakan cara membaca pantun kurang tepat
– intonasi saat ceramah pada saat kegiatan pembelajaran juga kurang tepat.,,…
– guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menunjuk siswa untuk menarik kesimpulan pembelajaran
Nama : NURUL HALIZA
NIM : 855740022
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : SIDOMULYO
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut saya dalam video GPO yg telah saya tonton ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu sebagai berikut :
1. Kekurangan dalam proses pembelajarannya :
• Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran contohnya salam pembuka, Do’a, Absen kehadiran dan memberikan sedikit motivasi belajar siswa untuk meningkatkan semangat belajar siswa.
• Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa hanya asal-asalan dalam membaca sebuah pantun.
• Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
2. Kelebihan dalam proses pembelajarannya :
• Guru mampu membuat kelas nyaman dan tentram dalam proses pembelajaran sehingga siswa berani memberikan pendapatnya.
• Guru menjelaskan materi dengan sangat baik serta menggunakan bahasa yang mudah bisa dimengerti sehingga peserta didik bisa menyerap materi
yang disampaikan.
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca pantun di depan kelas.
Nama : NURUL HALIZA
NIM : 855740022
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : SIDOMULYO
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut saya dalam video GPO yg telah saya tonton ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu sebagai berikut :
1. Kekurangan dalam proses pembelajarannya :
• Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran contohnya salam pembuka, Do’a, Absen kehadiran dan memberikan sedikit motivasi belajar siswa untuk meningkatkan semangat belajar siswa.
• Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa hanya asal-asalan dalam membaca sebuah pantun.
• Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
2. Kelebihan dalam proses pembelajarannya :
• Guru mampu membuat kelas nyaman dan tentram dalam proses pembelajaran sehingga siswa berani memberikan pendapatnya.
• Guru menjelaskan materi dengan sangat baik serta menggunakan bahasa yang mudah bisa dimengerti sehingga peserta didik bisa menyerap materi yang disampaikan.
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca pantun di depan kelas.
Nama : Yosman Gulo
Nim : 856023117
Program studi: PGSD
Pokjar 12 Medan, propinsi Sumatera Utara, Kabupaten Nias Barat, kecamatan mandrehe utara.
Menurut hemat saya terkait tentang video cara belajar membaca pantun khusus nya mata pelajaran bahasa Indonesia yang pertama yang saya perhatikan tadi pada awal nya, :
A. kelemahan Guru
1. Guru tidak menyapa siswanya
2. Guru tidak mengajaknya murid untuk berdoa
3. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
4. Guru tidak mengunakan media pendukung dalam belajar
5. Guru tidak menyimpulkan atau tidak memberikan kesimpulan kepada siswa
B. Pada bagian kegiatan inti nya guru hanya menjelaskan dan menyampaikan ciri-ciri pantun Guru kurang mengarahkan siswa untuk mencari atau membuat pantun nya sendiri setiap masing-masing siswa tadi saya perhatikan metode penerapan guru yang disampaikan fokus pada ceramah, Dalam hal ini juga guru tidak memberikan contoh cara membaca pantun yang baik yang bagus, seterusnya guru tidak menanyakan apa ada yang kurang mengerti siswa atau yang kurang paham terkait tentang cara membaca pantun karna guru tadi saya perhatikan lebih fokus langsung mengajak siswa untuk duet bersama teman secara berpasangan membaca pantun, Guru juga tidak menyampaikan kesimpulan kepada siswa tentang terkait materi yang di bahas pada video tersebut dan guru juga tidak memberikan Pr atau tugas kepada siswa dirumahnya atau acua untuk belajar dirumah.
C. Kelebihan pada video belajar membaca pantun Khusus mata pelajaran bahasa Indonesia di SD
1. Guru menyampaikan langsung materi kepada siswa cara membaca pantun
2. Siswa cepat menangkap apa yang disampaikan oleh guru
3. Guru memberi metode variasi dalam membaca pantun
4. Guru mengajak siswa mencoba menampilkan cara membaca pantun yang bagus secara duet atau dua orang.
5. Guru langsung menanyakan kepada siswa materi yang disampaikan nya
6. Guru mengajak siswa berlatih secara berpasangan untuk membacakan pantun
7. Guru memantau siswa serta mengawasi disaat membaca.
8. Siswa semua pada tenang
D. Pada kegiatan akhir atau penutup
1. Guru tidak mengajak berdoa murid nya
2. Tidak memotivasi siswa nya.
Hanya ini menurut hemat saya pada video yang telah saya tonton Mohon dimaklumi kalau kurang berkenaan terkhusus kepada seluruh yang melihat komentar saya terima kasih
Nama : Sulis Setyawati
Nim : 855860155
Program study : PGSD-UT MEDAN
Pokjar : Asahan
Menurut analisis tentang video tersebut tentang ” Belajar Membaca Pantun”
kekurangan pada video tersebut yaitu:
pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak membaca doa sebelum belajar serta mengecek kehadiran siswa, seharusnya guru juga mengulas kembali pelajaran sebelumnya agar siswa ingat apa yang telah di pelajari. pada saat menjelaskan terlalu monoton jadi guru tersebut menggunakan metode ceramah. seharusnya guru menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa tentang bagaimana cara membaca pantun dengan baik dan tidak asal asal saja. sebaiknya guru juga memberikan ruang bertanya pada siswa agar mereka aktif bertanya. Dan di akhir video guru harus meminta siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran hari ini dan harus menyampaikan kepada siswa materi untuk selanjutnya.
Yang menarik dari video tersebut ialah guru dan siswa menciptakan suasana yang tenang dalam pembelajaran berlangsung. dan siswa mengikuti pelajaran dengan baik dan guru harus memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil pembelajaran karena sudah tampil di depan kelas.
Hasil analisis saya terhadap video tersebut sekian dan terima kasih:)
Nama: Mareta indah sutra
Nim:856823207
Prodi:PGSD S1
UPBJJ:UT Bengkulu
Menurut pendapat saya
Dari Video di atas guru tidak melakukan kegiatan awal contohnya ber doa, absen ataupun ice breaking untuk menambah semangat anak-anak
Tetapi di sini hanya menanyakan kabar anak saja,
Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa sehingga anak-anak merasa kesulitan
Kelebihan:
Guru menjelaskan dengan singkat dan padat dan guru juga dapat membuat suasana belajar yang kondusif.
Nama : RISA AFI MAZIDAH
NIM : 858924138
Kelas : 6C/PGSD
UPBJJ : Jember Pokjar Genteng A, Banyuwangi
Setelah mengamati dan melihat video tersebut ada beberapa kelebihan dan kekurangan, diantaranya :
a. kekurangan : sebelum memulai pembelajaran guru tidak mengajak siswa untuk berdo’a, melakukan presensi, memberikan motivasi serta menyampaikan tujuan pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai. Sehingga terlihat siswa kurang nyaman saat pembelajaran. Selain itu, ketika menyampaikan materi guru terlihat belum menguasai materi sepenuhnya sehingga membuat siswa sedikit pasif. Dan guru juga tidak memberikan kesempatan kepada siswanya untuk bertanya. Guru juga seharusnya menyinggung kembali materi yang sudah diajarkan sehingga dapat menarik keaktifan siswa untuk berpikir. Materi yang diajarkan terlalu singkat, sehingga ketika guru memberikan pertanyaan kepada siswa terkait dengan pantun, siswa sedikit ragu untuk menanggapinya.
b. kelebihan : Guru mengajak siswa untuk saling bekerja sama membacakan pantun di depan kelas sehingga bisa melatih kepercayaan diri tiap siswa. Guru juga memberikan contoh membaca pantun dengan baik.
Demikian tanggapan dari saya, terima kasih.
NAMA : PUTRIYANI
NIM : 858066405
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : PONTIANAK
1. Reaksi anak / siswa terhadap pembelajaran tersebut sangat aktif dalam mengajukan pertanyaan dan menjawab,kemudia anak / siswa sangat gigih dalam belajar membaca pantun.
2. Kelemahan seorang guru adalah adalah guru tersebut tidak membaca doa terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran dan seorang guru juga tidak mengecek kehadiran siswa
3. Seorang guru menjelaksan materi dengan sangat baik mengunakan bahasa yang mudah dimegerti sehingga peserta didik bisa menyerap materi yang disampaikan
4. Ada keunikan saat pelajaran berlangsung yaitu ketika ada siswa yang membeca pantu dengan berintonasi seperti membaca puisi.
5. Usul dari saya sebagai seorang guru kita harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anak / siswa agar seorang anak dapat berprilaku dengan baik