Similar Posts
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Nama : Fatimah Andriani
NIM : 856273248
Program Study : PGSD
Pokjar : Koto Baru Simalanggang, Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat
Menurut analisis saya tentang video ini yang membahas tentang “Belajar Membaca Pantun”
1. Berikut kelemahan pada video tersebut
a. Pada kegiatan awal pembelajaran:
• Guru tidak membaca do’a sebelum belajar
• Guru juga tidak mengecek kehadiran siswa
• Guru tidak mereview materi sebelumnya
• Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
• Kurangnya alat peraga
b. Bagian kegiatan inti
• Pada saat mengajar guru lebih monoton menggunakan metode ceramah, sehingga murid hanya berfokus pada penyampaian guru. Alangkah lebih baik guru memberikan metode yang lebih menarik, sehingga membuat siswa aktif dalam bertanya dan tampil didepan kelas.
• Guru tidak menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa tentang bagaimana cara membaca pantun, sehingga ada siswa yang tidak paham dan asal-asal saja membaca pantun
• Guru tidak memberikan ruang kepada siswa untuk bertanya
c. Bagian Penutup
• Guru tidak meminta siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran hari ini
• Guru juga tidak menyimpulkan materi pelajaran hari ini.
• Guru juga tidak menyampaikan kepada siswa untuk materi selanjutnya
2. Berikut kelebihan pada isi video tersebut.
• guru dapat membuat suasana belajar lebih tenang
• Siswa mengikuti pembelajaran dengan baik
• Guru memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil pembelajaran pada saat tampil kedepan kelas.
Sekian dari analisis saya terhadap video tersebut!
Nama : Fatimah Andriani
NIM : 856273248
Program Study : PGSD
Pokjar : Koto Baru Simalanggang, Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat
Menurut analisis saya tentang video ini yang membahas tentang “Belajar Membaca Pantun”
1. Berikut kelemahan pada video tersebut
a. Pada kegiatan awal pembelajaran:
• Guru tidak membaca do’a sebelum belajar
• Guru juga tidak mengecek kehadiran siswa
• Guru tidak mereview materi sebelumnya
• Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
• Kurangnya alat peraga
b. Bagian kegiatan inti
• Pada saat mengajar guru lebih monoton menggunakan metode ceramah, sehingga murid hanya berfokus pada penyampaian guru. Alangkah lebih baik guru memberikan metode yang lebih menarik, sehingga membuat siswa aktif dalam bertanya dan tampil didepan kelas.
• Sebelum belajar guru tidak menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa tentang bagaimana cara membaca pantun, sehingga ada siswa yang tidak paham.
• Guru tidak memberikan ruang kepada siswa untuk bertanya
c. Bagian Penutup
• Guru tidak meminta siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran hari ini
• Guru juga tidak menyimpulkan materi pelajaran hari ini.
• Guru juga tidak menyampaikan kepada siswa untuk materi selanjutnya
2. Berikut kelebihan pada isi video tersebut.
• Suasana belajar lebih tenang
• Siswa mengikuti pembelajaran dengan baik
• Guru memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil pembelajaran didepan kelas.
Sekian dari analisis saya terhadap video tersebut.
Nama : Sudarman Zebua
NIM : 878253436
Upbjj-UT : Medan
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Idanogawo
Berdasarkan Video pembelajaran tentang Belajar Membaca Pantun, saya telah mengamati beberapa hal yaitu :
1. Kelebihan
– Guru menjelaskan materi dengan sangat baik serta menggunakan bahasa yang mudah bisa dimengerti sehingga peserta didik bisa menyerap materi
yang disampaikan.
– Guru menunjuk siswa untuk memperagakan bagaimana cara membaca pantun
– Guru Bertanya kembali tentang materi yang sudah disampaikan
2. Kekurangan
– Guru langsung pada kegiatan inti dan tidak melakukukan kegiatan pembuka seperti berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
– Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil dan berani untuk mencoba memperagakan cara membaca pantun, menurut saya
sangat penting untuk mendukung keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran
– Guru tidak menanggapi peserta didik yang memberikan saran kepada guru tersebut untuk kembali memperagakan cara membaca pantun yang baik
– intonasi suara guru pada saat memmeperagakan cara membaca pantun kurang tepat
– intonasi saat ceramah pada saat kegiatan pembelajaran juga kurang tepat.,,…
– guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menunjuk siswa untuk menarik kesimpulan pembelajaran
Nama : NURUL HALIZA
NIM : 855740022
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : SIDOMULYO
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut saya dalam video GPO yg telah saya tonton ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu sebagai berikut :
1. Kekurangan dalam proses pembelajarannya :
• Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran contohnya salam pembuka, Do’a, Absen kehadiran dan memberikan sedikit motivasi belajar siswa untuk meningkatkan semangat belajar siswa.
• Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa hanya asal-asalan dalam membaca sebuah pantun.
• Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
2. Kelebihan dalam proses pembelajarannya :
• Guru mampu membuat kelas nyaman dan tentram dalam proses pembelajaran sehingga siswa berani memberikan pendapatnya.
• Guru menjelaskan materi dengan sangat baik serta menggunakan bahasa yang mudah bisa dimengerti sehingga peserta didik bisa menyerap materi
yang disampaikan.
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca pantun di depan kelas.
Nama : NURUL HALIZA
NIM : 855740022
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : SIDOMULYO
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut saya dalam video GPO yg telah saya tonton ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran yaitu sebagai berikut :
1. Kekurangan dalam proses pembelajarannya :
• Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran contohnya salam pembuka, Do’a, Absen kehadiran dan memberikan sedikit motivasi belajar siswa untuk meningkatkan semangat belajar siswa.
• Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa hanya asal-asalan dalam membaca sebuah pantun.
• Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
2. Kelebihan dalam proses pembelajarannya :
• Guru mampu membuat kelas nyaman dan tentram dalam proses pembelajaran sehingga siswa berani memberikan pendapatnya.
• Guru menjelaskan materi dengan sangat baik serta menggunakan bahasa yang mudah bisa dimengerti sehingga peserta didik bisa menyerap materi yang disampaikan.
• Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca pantun di depan kelas.
Nama : Yosman Gulo
Nim : 856023117
Program studi: PGSD
Pokjar 12 Medan, propinsi Sumatera Utara, Kabupaten Nias Barat, kecamatan mandrehe utara.
Menurut hemat saya terkait tentang video cara belajar membaca pantun khusus nya mata pelajaran bahasa Indonesia yang pertama yang saya perhatikan tadi pada awal nya, :
A. kelemahan Guru
1. Guru tidak menyapa siswanya
2. Guru tidak mengajaknya murid untuk berdoa
3. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
4. Guru tidak mengunakan media pendukung dalam belajar
5. Guru tidak menyimpulkan atau tidak memberikan kesimpulan kepada siswa
B. Pada bagian kegiatan inti nya guru hanya menjelaskan dan menyampaikan ciri-ciri pantun Guru kurang mengarahkan siswa untuk mencari atau membuat pantun nya sendiri setiap masing-masing siswa tadi saya perhatikan metode penerapan guru yang disampaikan fokus pada ceramah, Dalam hal ini juga guru tidak memberikan contoh cara membaca pantun yang baik yang bagus, seterusnya guru tidak menanyakan apa ada yang kurang mengerti siswa atau yang kurang paham terkait tentang cara membaca pantun karna guru tadi saya perhatikan lebih fokus langsung mengajak siswa untuk duet bersama teman secara berpasangan membaca pantun, Guru juga tidak menyampaikan kesimpulan kepada siswa tentang terkait materi yang di bahas pada video tersebut dan guru juga tidak memberikan Pr atau tugas kepada siswa dirumahnya atau acua untuk belajar dirumah.
C. Kelebihan pada video belajar membaca pantun Khusus mata pelajaran bahasa Indonesia di SD
1. Guru menyampaikan langsung materi kepada siswa cara membaca pantun
2. Siswa cepat menangkap apa yang disampaikan oleh guru
3. Guru memberi metode variasi dalam membaca pantun
4. Guru mengajak siswa mencoba menampilkan cara membaca pantun yang bagus secara duet atau dua orang.
5. Guru langsung menanyakan kepada siswa materi yang disampaikan nya
6. Guru mengajak siswa berlatih secara berpasangan untuk membacakan pantun
7. Guru memantau siswa serta mengawasi disaat membaca.
8. Siswa semua pada tenang
D. Pada kegiatan akhir atau penutup
1. Guru tidak mengajak berdoa murid nya
2. Tidak memotivasi siswa nya.
Hanya ini menurut hemat saya pada video yang telah saya tonton Mohon dimaklumi kalau kurang berkenaan terkhusus kepada seluruh yang melihat komentar saya terima kasih
Nama : Sulis Setyawati
Nim : 855860155
Program study : PGSD-UT MEDAN
Pokjar : Asahan
Menurut analisis tentang video tersebut tentang ” Belajar Membaca Pantun”
kekurangan pada video tersebut yaitu:
pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak membaca doa sebelum belajar serta mengecek kehadiran siswa, seharusnya guru juga mengulas kembali pelajaran sebelumnya agar siswa ingat apa yang telah di pelajari. pada saat menjelaskan terlalu monoton jadi guru tersebut menggunakan metode ceramah. seharusnya guru menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa tentang bagaimana cara membaca pantun dengan baik dan tidak asal asal saja. sebaiknya guru juga memberikan ruang bertanya pada siswa agar mereka aktif bertanya. Dan di akhir video guru harus meminta siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran hari ini dan harus menyampaikan kepada siswa materi untuk selanjutnya.
Yang menarik dari video tersebut ialah guru dan siswa menciptakan suasana yang tenang dalam pembelajaran berlangsung. dan siswa mengikuti pelajaran dengan baik dan guru harus memberikan apresiasi kepada siswa terhadap hasil pembelajaran karena sudah tampil di depan kelas.
Hasil analisis saya terhadap video tersebut sekian dan terima kasih:)
Nama: Mareta indah sutra
Nim:856823207
Prodi:PGSD S1
UPBJJ:UT Bengkulu
Menurut pendapat saya
Dari Video di atas guru tidak melakukan kegiatan awal contohnya ber doa, absen ataupun ice breaking untuk menambah semangat anak-anak
Tetapi di sini hanya menanyakan kabar anak saja,
Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa sehingga anak-anak merasa kesulitan
Kelebihan:
Guru menjelaskan dengan singkat dan padat dan guru juga dapat membuat suasana belajar yang kondusif.
Nama : RISA AFI MAZIDAH
NIM : 858924138
Kelas : 6C/PGSD
UPBJJ : Jember Pokjar Genteng A, Banyuwangi
Setelah mengamati dan melihat video tersebut ada beberapa kelebihan dan kekurangan, diantaranya :
a. kekurangan : sebelum memulai pembelajaran guru tidak mengajak siswa untuk berdo’a, melakukan presensi, memberikan motivasi serta menyampaikan tujuan pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai. Sehingga terlihat siswa kurang nyaman saat pembelajaran. Selain itu, ketika menyampaikan materi guru terlihat belum menguasai materi sepenuhnya sehingga membuat siswa sedikit pasif. Dan guru juga tidak memberikan kesempatan kepada siswanya untuk bertanya. Guru juga seharusnya menyinggung kembali materi yang sudah diajarkan sehingga dapat menarik keaktifan siswa untuk berpikir. Materi yang diajarkan terlalu singkat, sehingga ketika guru memberikan pertanyaan kepada siswa terkait dengan pantun, siswa sedikit ragu untuk menanggapinya.
b. kelebihan : Guru mengajak siswa untuk saling bekerja sama membacakan pantun di depan kelas sehingga bisa melatih kepercayaan diri tiap siswa. Guru juga memberikan contoh membaca pantun dengan baik.
Demikian tanggapan dari saya, terima kasih.
NAMA : PUTRIYANI
NIM : 858066405
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : PONTIANAK
1. Reaksi anak / siswa terhadap pembelajaran tersebut sangat aktif dalam mengajukan pertanyaan dan menjawab,kemudia anak / siswa sangat gigih dalam belajar membaca pantun.
2. Kelemahan seorang guru adalah adalah guru tersebut tidak membaca doa terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran dan seorang guru juga tidak mengecek kehadiran siswa
3. Seorang guru menjelaksan materi dengan sangat baik mengunakan bahasa yang mudah dimegerti sehingga peserta didik bisa menyerap materi yang disampaikan
4. Ada keunikan saat pelajaran berlangsung yaitu ketika ada siswa yang membeca pantu dengan berintonasi seperti membaca puisi.
5. Usul dari saya sebagai seorang guru kita harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anak / siswa agar seorang anak dapat berprilaku dengan baik