silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok.
Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!
!
Dra. Yetty Morelent, M. Hum.
–
–
–
–
Nama : Dea Rizky Ananda
NIM : 857130515
Prodi : PGSD
UPBJJ : Jakarta
Berikut hasil dari pengamatan video tersebut terdapat :
Kelemahan
1.Guru tidak mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai kegiatan pembelajaran
2. Guru kurang menjelaskan langkah langkah membuat pantun tetapi guru malah langsung membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
3. Dalam pembagian kelompok siswa belum dapat terkondisikan dengan baik
Kelebihan
1.Guru ikut serta dalam mendapingi dan mengamati pengerjaan tugas pada setiap kelompok jika ada yang mengalami kesulitan guru langsung membantu siswa untuk menemukan solusi
2.Terdapat metode pembelajaran kelompok untuk memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran dan membantu satu sama lain
3.Guru menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan
Rencana perbaikan yang dapat dilakukan dari kelebihan dan kekurangan
1.Sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu
2.Seebelum menugaskan siswa untuk membuat patun sebaiknya guru memberikan contoh dalam membuat pantun terlebih dahulu
3. Akan lebih efsien jika guru terlebih dahulu menyusun meja dan kursi berkelompok sebelum memulai pembelajaran yang akan ada tugas berkelompok
Baik Terima kasih ya pak 🙏
Nama : DARMAWAN HALAWA
Nim : 856061489
Mohon izin berkomentar mengenai Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia tentang pembelajaran mengenai pantu
Jadi menurut saya
Ada 2 analisis saya tentang pembelajaran tersebut.
1. Guru dapat menguji kembali siswa peserta didik setelah guru melakukan pembelajaran pada minggu lalu tentang belajar dengan pantu. Sehingga anak – anak dapat lebih mengingatkan kembali tentang apa yang pernah dispaikan oleh guru.
2. Siswa pula dapat menampilkan diri untuk berani dalam memberikan pantu baik secara membaca pantu dan juga pula guru menyuruh menuliskan pantu di papan tulis dengan sikap dan bimbingan yang di lakukan guru terhadap peserta didik hingga siswa dapat memiliki keberanian untuk berbicara, bertanya dan menjawab. Tujuan yang akan telah di dengar dari mata pelajaran tersebut sehingga siswa lebih tetmotivasi dengan cara belajar yang baik… Terima kasih ya Pak 🙏🏿
Nama : CINDY SYAHFRINA
NIM : 878258048
Pokjar : Medan
UPBJJ : UT – Medan
Dari vidio di atas kita dapat memperoleh :
KELEMAHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO :
a. Guru tidak memulai pembelajaran dengan kegiatan penyemangat.
b. guru tidak menjelaskan terlebih dahulu
mengenai pantun dan contohnya
c. proses pembelajaran terlihat kaku dan kurang bersemangat
d. Guru kurang menunjukkan ekspresi yang ceria
KELEBIHAN PEMBELAJARAN DALAM VIDEO :
a.Guru menanyai siswa yang tidak hadir dan alasannya tidak hadir
b. guru membagi siswa dalam kelompok, sehingga memungkinkan siswa saling berdiskusi dan menyampaikan ide
c. guru mengajak siswa mempresentasikan hasil diskusi sehingga menimbulkan keberaniaan dan rasa percaya diri pada siswa.
RENCANA PERBAIKAN YANG DAPAT DILAKUKAN (ATAS DASAR KELEBIHAN DAN KELEMAHAN)
a. Pada kegiatan pendahuluan sebaiknya melakukan kegiatan membangkit semangat seperti tepuk semangat dan lainnya.
b. Guru seharusnya menjelaskan terlebih dahulu, sebelum memberi tugas kepada siswa untuk membuat pantun
c. guru dapat lebih menunjukkan ekspresi gembira dan ceria agar kelas lebih hidup, berwarna dan tidak kaku.
Nama : Tiya Dwi Ariska
NIM : 878251511
Materi : Belajar membuat pantun
Pokjar : serdang bedagai
Kurang dalam video :
1. Guru diawal tidak mengabsensi kehadiran siswa.
2. Guru diawal masuk kelas langsung memberikan tugas kepada siswa tanpa memberikan ice breaking kepada siswa, ice breaking yang diberikan bisa tentang materi yang akan disampaikan yang dimodifikasi oleh guru sehingga menjadi sebuah lagu yang dapat dinyanyikan bersama dengan para peserta didik, agar peserta didik lebih semangat untuk mengikuti proses pembelajaran.
3. Guru tidak memberikan penjelasan diawal tentang ciri-ciri pantun, Jenis-jenis pantun, tetapi guru langsung memberikan tugas membuat pantun tanpa memberikan contoh terlebih dahulu. Sehingga siswa yang tidak paham akan sulit mengerjakan diawal.
Kelebihan dalam video:
1. Guru dapat membuat peserta didik aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dari awal hingga akhir.
2. Guru dapat dengan baik memberikan kesimpulan yang cukup jelas, singkat dan mudah dimengerti oleh peserta didik.
3. Guru sangat menguasai kondisi kelas sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan semangat dan menyenangkan
NAMA : SITI NURHIDAYAH
NIM :856506806
UT-DAERAH : PEKANBARU
MATERI : BAHASA INDONESIA KELAS 1V
BELAJAR MEMBUAT PANTUN
Setelah saya menonton vidio tentang belajar membuat pantun ,menurut saya ada beberapa kelemahan dan kelebihan diantaranya
kelemahan :
1.guru pada waktu akan memulai pelajaran tidak berdoa terlebih dahulu,ice breking tidak ada.
2.pembelajarannya tidak beruntun.maksudnya disini kegiatan pendahuluan ,inti,penutup.
3.guru tidak memberikan contoh pelajaran yg sedang berlansung terlebih dahulu.
kelebihannya :
1.guru menjelaskan materi pembelajaran dg baik,jelas,mudah di pahami,singkat,.
2.guru memberikan kesimpulan kepada anak didik dengan mudah di pahami.
3.peserta didik aktif ketika pembelajaran berlangsung.
NAMA : DINDA ISMI RISKI
NIM : 878248309
Setelah saya selesai menonton video diatas tentang “BELAJAR MEMBUAT PANTUN” Saya menemukan adanya kelebihan dan kekurangan dalam video diatas yaitu :
KELEMAHAN ISI VIDEO “BELAJAR MEMBUAT PANTUN”
1. Pertama -tama hendaknya guru memberikan salam kepada siswa dan berdoa bersama sebelum memulai pelajaran
2. Jika guru menerangkan materi hendaknya dituliskan dan dicontohkan terlebih dahulu dipapan tulis agar siswa memahami dengan cara melihat, tidak hanya mendengarkan saja.
3. Seharusnya guru harus memberikan beberapa contoh dari pantun yang diajarkan agar membuat pikiran siswa menjadi terbuka
4. Guru hendaknya memberikan catatan terhadap siswa dari tiap-tiap jenis pantun beserta contohnya, lalu siswa dapat mengerjakan dan membuat pantun secara kelompok maupun pribadi
5. Hendaknya guru menggunakan media belajar seperti Audio Visual agar membuat suasana kelas menjadi tidak membosankan seperti halnya makin berkembangnya zaman kita sebagai guru juga harus lebih kreatif dan inovatif.
KELEBIHAN ISI VIDEO ” BELAJAR MEMBUAT PANTUN”
1. Guru mengajarkan kepada siswa tentang pantun saya rasa sudah cukup baik dan mudah dipahami anak-anak
2. Membuat kelompok belajar dalam penugasan materi didalam kelas cukup efektif agar anak dapat saling bersisialisasi
3. Membacakan pantun didepan kelas saya rasa cukup baik untuk menambah rasa kepercayaan didi para peserta didik .
NAMA : MARTA MEI SADAR LASE
NIM : 856061013
Izin memberi tanggapan
Pada video yang saya analisis, ada beberapa kelemahan dan kelebihan :
1.kekurangan
• Guru memulai pelajaran tanpa berdoa terlebih dahulu
• Siswa tidak teratur dalam membentuk kelompok,sehingga kelasnya ribut tidak kondusif
• Gurunya tidak menggunakan media pembelajaran
2.kelebihan
• Guru memberikan contoh berpantun terlebih dahulu
• Guru menjelaskan tentang pembuatan pantun
• Guru menyuruh siswanya untuk membuat pantun yang mereka tahu
• Guru mengajari siswanya dalam mengucapkan pantun yang benar
• Siswa/siswinta aktif dalam pembelajaran
Saran :
• sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran, guru hendaknya mengajak anak untuk berdoa dan bernyanyi sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
• memulai ice breaking dengan tepuk semangat
sekian dan terimakasih
Nama : KHAIRUNNISA
NIM : 860124598
UPBJJ : UT MEDAN
Reaksi Anak/Siswa
Antusiasme: Siswa terlihat lebih bersemangat dan terlibat aktif saat belajar berkelompok.
Sosialisasi: Pembelajaran berkelompok memungkinkan siswa berinteraksi dan berdiskusi, yang membuat mereka lebih nyaman.
Kelemahan Guru dalam Pembelajaran
Kurangnya Contoh: Guru tidak memberikan contoh cara membaca pantun sebelum memulai pembelajaran, yang bisa membuat siswa bingung.
Keributan Saat Pembagian Kelompok: Proses pembagian kelompok tidak teratur, menyebabkan keributan di kelas.
Kelebihan Guru dalam Pembelajaran
Penyampaian Materi: Guru menyampaikan materi dengan baik, sehingga siswa dapat memahami konsep pantun.
Keterlibatan Siswa: Siswa aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
Kondisi Kelas: Guru berhasil menciptakan suasana kelas yang tertib dan terkendali.
Hal-hal Unik dalam Video
Metode Pembelajaran: Pendekatan pembelajaran berkelompok yang mendorong kolaborasi antar siswa.
Pengamatan: Guru mengamati kegiatan setiap kelompok, menunjukkan perhatian terhadap proses pembelajaran.
Usulan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Berikan Contoh Membaca Pantun: Sebelum pembelajaran, berikan contoh jelas tentang cara membaca pantun.
Atur Pembagian Kelompok: Rencanakan pembagian kelompok dengan lebih terstruktur untuk menghindari keributan.
Fasilitasi Diskusi: Arahkan diskusi kelompok dengan pertanyaan pemandu agar fokus pada materi.
Umpan Balik: Berikan umpan balik setelah kelompok mempresentasikan pantun mereka untuk memperkuat pembelajaran.
Nama : Laelatul Khoeriyah
NIM : 857637769
Setelah menonton video pembelajaran terdapat kelebihan dan kekurangan. Kelebihanya adalalah:
1. peserta didik aktif dalam pembelajaran yang berlangsung
2. guru menyampaikan materi pembelajaran dengan cukup baik, singkat, padat, dan jelas. Dalam pembelajaran guru juga menyimpulkan serta mengevaluasi pembelajaran
Kekuranganya
1. Tidak mengulang kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya
2. pada pembagian kelompok terjadi keributan dalam kelas sehingga tidak kondusif
Rencana perbaikan
perbaikan pembelajaran yang sebaiknya dilakukan adalah menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif dan tertib, sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Dengan manajemen kelas yang lebih baik, siswa akan lebih disiplin dan fokus pada materi yang diajarkan, mengurangi keributan dan gangguan selama pembelajaran. Penerapan aturan yang jelas dan penguatan positif akan meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, pembagian kelompok yang terstruktur akan mendorong siswa untuk bekerja sama dengan lebih baik, sehingga hasil belajar mereka meningkat secara keseluruhan. Perbaikan ini juga memudahkan guru dalam mengelola kelas, sehingga pembelajaran menjadi lebih efisien dan produktif.
Nama : Laelatul Khoeriyah
NIM : 857637769
Setelah menonton video pembelajaran di atas terdapat kelebihan dan kekuaranganya
kelebihan :
1. Peserta didik aktif dalam pembelajaran yang berlangsung
2. Dalam pembelajaran guru menyimpulkan serta mengevaluasi pembelajaran
Kekurangan
1. Pada pembagian kelompok terjadi keributan dalam kelas, sehingga tidak kondusif
2. guru tidak mengulang kembali materi yang diajarkan kemarin
Rencana perbaikan yang dapat dilakukan dengan menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif dan tertib, sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Dengan manajemen kelas yang lebih baik, siswa akan lebih disiplin dan fokus pada materi yang diajarkan, mengurangi keributan dan gangguan selama pembelajaran. Penerapan aturan yang jelas dan penguatan positif akan meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, pembagian kelompok yang terstruktur akan mendorong siswa untuk bekerja sama dengan lebih baik, sehingga hasil belajar mereka meningkat secara keseluruhan. Perbaikan ini juga memudahkan guru dalam mengelola kelas, sehingga pembelajaran menjadi lebih efisien dan produktif.