silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

399 Comments

  1. Nama : Ribka Krisnawati Simanungkalit
    NIM : 877529072
    MatKul : PKM

    1. Judul Video : Bahasa Indonesia Kelas IV Belajar Membuat pantun, alamat sumber video : gurupintar.ut.ac.id
    2. Ringkasan Video :Pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membuat pantun, berserta alternatifnya agar siswa lebih cepat dalam membuat pantun.
    3. Identitas -> nama tokoh : Guru dan siswa (Mimin, Yani, Alfin, dan Didi) Sutradara : Dra. Yetty Morelent, M. Hum
    4. Kelemahan video : membuat judul cara membuat pantun dengan cepat, namun di video tidak ada penjelasan caranya
    5. Kelebihan : anak2 sudah di briefing terlebih dahulu sehingga bisa serentak atau kompak dalam menjawab pertanyaan ibu Guru.
    6. Hal unik dalam video : semuamurid berani dan semangat dalam mengikuti pelajaran. Dan antusias dalam menjawab.
    7. Rencana pembelajaran :
    * Guru memberikan cara cepat dalam membuat pantun
    * Siswa mampu membuat pantun dengar mudah dan cepat

  2. Selamat Pagi Bpk/ibu Dosen PDGK 4209 PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
    Nama : Christophorus Bagas Enjang Utama
    Nim : 857153512
    Prodi : PGSD / UPBJ Jakarta
    Izin menanggapi video diatas,

    Setelah saya menonton video belajar membuat pantun ini, saya memperhatikan guru yang mengajar sudah baik, karena dari pertama masuk kelas sudah memberi salam, doa, absen dan memberi apresiasi dan motivasi ke anak-anak agar semangat dalam belajar.
    Dalam membuat pantun harus diperhatikan beberapa hal agar proses pembuatan dan hasilnya baik. Langkah-langkah membuat pantun yaitu :
    1. Tentukan tema
    2. Buatlah empat baris
    3. Setiap baris terdiri dari 8–12 suku kata
    4. Gunakan rima silang a-b-a-b
    5. Buatlah sampiran yang menarik dan berhubungan dengan isi pantun
    6. Gabungkan sampiran dan isi menjadi pantun
    7. Perhatikan irama dan gunakan bahasa yang sederhana

    Sumber Refrensi :
    1. Modul PDGK 4209 PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR 4013

  3. Nama : Marwiyah
    NIM : 856110051
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar Batam

    Bismillah.
    Mohon izin untuk menanggapi vidio pembelajaran Bahasa Indonesiatentang belajar membuat pantun.

    Secara keseluruhan cara penyampaian Ibu guru sudah sangat luar biasa dan pembagian kelompok tugas adalah salah satu strategi pembelajaran untuk melatih kerja sama dan komonikasi antara siswa di dalam kelas. Guru juga selalu memberikan apresiasi untuk hasil karya diskusi atau kerja kelompok dengan pujian-pujian dan tepuk tangan yang meriah.
    Keunikan dari siswa yang cerdas mampu menciptakan pantun-pantun baru dengan baik yang sangat menghibur. Tetapi ada beberapa point tambahan berikut agar pembelajaran berjalan dengan maximal:
    1. Untuk pendahuluan kelas sebaiknya di awali dengan kegiatan berdoa bersama siswa
    2. Ice breaking dan apersepsi bisa di lakukan guru untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar secara menarik dan antraktif
    3. Penutup dengan penarikan kesimpulan yang sederhana

    Sekian, Terima Kasih 🙂

  4. Nama : Niswatul Ma’rufah
    NIM : 857755898
    UPBJJ : Semarang

    Kegiatan pembelajaran yang saya lihat pada vidio tersebut sudah baik, dari respon anak anak, cara penyampaian guru juga sudah bagus, interaksi antara guru dan siswa juga sudah terbangun, kerjasama antara sesama siswa juga baik, penangkapan materi yang sebelumnya baik sehingga anak anak bisa memahami materi yang sebelumnya lalu menerapkan pelajaran yang selanjutnya, kegiatan pembelajaran juga sudah menggunakan berbagai cara yaitu diskusi dan berpikir kritis menjawab dengan lisan dan tulisan.
    Namun juga ada kelemahannya yaitu guru tidak menyampaikan tujuan dan manfaat dari materi yang dipelajari, saat sesi penutup guru tidak memberikan kesimpulan dari apa yang sudah dipelajari.

  5. Nama : Deska Wulandari
    Nim : 857047251
    Pokjar : Sidomulyo
    UPBJJ: Bandar Lampung

    Menurut saya video di atas dapat menjadi contoh untuk mengajar di sekolah karena memberikan materi yang menarik dan mudah di pahami siswa dengan memberikan contoh pantun yang sering di dengar atau di alami siswa Maka siswa akan jauh lebih memahami dalam membuat pantun sederhana baik pantun nasehat jenaka sindiran ataupun semangat.. kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dengan kawan-kawan nya sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan kerjasama siswa serta membuat siswa tidak merasa bosan dan jenuh saat pembelajaran berlangsung…
    Membacakan pantun yang sudah di buat perkelompok juga dapat menambah wawasan siswa mengenai pantun yang di bacakan oleh teman nya..
    Mungkin itu saja masukan dari saya Terima kasih..

  6. Nama : Mutiara Sakinah
    NIM : 857168014
    UPBJJ : Jakarta

    Setelah menonton video di atas dengan judul membuat puisi, menurut pendapat saya guru dalam video tersebut telah melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Guru membuka dengan menyapa anak-anak, guru menanyakan siapa yang tidak hadir dalam kelas, serta guru melakukan apersepsi dengan menanyakan pelajaran apa yang sudah dipelajari kemarin. Dan guru juga sudah menggunakan metode diskusi berkelompok dalam mengerjakan tugas. Namun ada beberapa hal yang kurang dari video mengajar di atas.
    1. Guru memulai tanpa berdoa.
    2. Guru tidak melakukan penyampaian tujuan pelajaran hari itu.
    3. Dalam apersepsi, guru kurang membahas materi sebelumnya dan kaitannya dengan materi hari ini yang ingin diajarkan.
    4. Saat mengakhiri pelajaran, guru dan murid tidak membuat kesimpulan dari pembelajaran hari itu.

  7. Nama : Rahmad Hidayat
    Nim : 856482169
    Semester/ kelas : 6A
    Pokjar : Pelalawan

    Menurut pendapat saya dari video tersebut yang berjudul tentang “belajar membuat pantun” dari video tersebut seorang guru mengajarkan anaknya membuat pantun, dari video tersebut guru sudah berperan Aktif dalam proses pembelajaran dan sudah menjelaskan apa itu pantun jenis ” pantun dan mengajarkan cara membuat pantun,dan guru juga mengapresiasi siswa nya dengan baik,karena dengan apresiasi tersebut membuat siswa menjadi semangatt dalam belajar.

    Namun , menurut pendapat saya juga ada kekurangan dalam video tersebut yaitu:
    1.Tidak adanya tahap awalan , dimana dari video tersebut pembelajaran tidak diawali dengan doa. Dan tidak adanya ice breaking,jika ada ice breaking proses pembelajaran akan menjadi lebih baik lagi,karena ice breaking sangat berguna untuk memotivasi siswa agar semangat dalam belajar
    2.tahap akhir tidak adanya kesimpulan,dan refleksi,karena kesimpulan sangat penting agar siswa dapat mengingat dan mengulangi kembali yang telah ia pelajari.
    sekian terima kasih

  8. Izin untuk melakukan analisis terhadap video pembelajaran.
    Nama : Atika Asinaida Tanjung
    Nim : 856026825
    Pokjar : Salut Zauhari Labura

    Menurut pendapat saya, dalam video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kelemahan yang saya temukan, diantaranya;
    1. Pada kegiatan pendahuluan tidak ada pelaksanaan berdoa, apersepsi juga tidak dilakukan.
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
    3. Pada kegiatan penutup, guru tidak menyampaikan kesimpulan dan tidak ada penguatan materi yang dilakukan secara bersama-sama.

    Namun, kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah baik dan sesuai dengan tahapan-tahapan rancangan pelaksanaan pembelajaran. Terdapat hal unik yang saya temukan yaitu, guru memberikan apresiasi kepada setiap peserta didik yang tampil dan maju ke depan untuk memberikan hasil kerjanya, yang mana hal itu dapat membuat peserta didik lebih semangat dan berani tampil di depan kelas.
    Adapun saran rencana perbaikan dari saya adalah, jika ingin membuat kelompok sesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, dalam hal ini lebih baik lakukan kelompok kecil saja atau kegiatan membuat pantun sebaiknya dilakukan dengan teman sebangku saja.

  9. Nama : Oktari Devianti
    NIM : 856050067
    Pokjar : Asahan

    Setelah melihat vidio diatas dapat saya simpulkan bahwa: Pertama, Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran harusnya melaksanakan Apersepsi terlebih dahulu. Kedua,Keberhasilan pembelajaran dalam vidio tersebut dikarenakan guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok untuk belajar. Walaupun disisi lain masih bnyak kekurangan dari Vidio tersebut, tetapi secara umum menurut saya pemaparan dan penerapan kegiatan pembelajaran sudah cukup luar biasa.

  10. Nama : YENI YUNITA
    NIM : 856481547
    UPBJJ : Pelalawan
    Semester 6
    Setelah saya melihat video di atas analisis pembelajaran bahasa Indonesia tentang membuat pantun.
    Reaksi anak sangat semangat karena banyak mengenal bermacam2 pantun
    Kelebihannya
    Strategi belajar aktif, ada tanya jawab yang melibatkan siswa dalam kegiatan mengajar
    Kelemahannya
    Guru tidak berdoa saat pelajaran di mulai.
    Hal yg unik
    Peserta didik mampu membaca pantun dengan baik dan bener.
    Seorang guru bisa mnyediakan alat media yang cocok untuk media pembelajaran seperti buku khusus pantun.. Biar siswa lebih memahami arti pantun. Terimakasih 🙏

Leave a Reply