silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Mei Fissaamawati
NIM : 856970502
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Kalirejo
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah menyaksikan video pembelajaran non ekstrak yang berjudul ” Menentukan arah mata angin diatas” diatas, hal-hal yang dapat dianalisis dari video diatas yaitu :
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, yaitu:
Reaksi anak pada pembelajaran cenderung tegang dan kurang rileks dalam mengikuti pembelajaran, hal ini akan berpengaruh kurangnya daya tangkap anak terhadap materi. Reaksi anak terhadap jawaban teman yang salah dirasa kurang baik, karena berkesan tidak menghargai. Anak lebih sntusias saat diajak belajar keluar kelas dibandingkan didalam kelas.
2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran, yaitu:
a. Tidak adanya apersepsi dan motivasi awal dalam pembelajaran mata angin
b. Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dulu.
c. Guru kurang memberikan penjelasan materi diawal dan langsung melakukan sesi tanya jawab yang jelas saja kurang mampu dijawab siswa.
d. Guru menciptakan suasana kelas yang tegang bagi siswa.
e. Guru mengajak siswa untuk belajar mata angin diluar kelas, tetapi tidak memanfaatkan apapun objek diluar kelas dan hanya mengajak anak berbaris.
f. Kurangnya metode guru dalam menyampaikan jenis-jenis arah angin secara lengkap dan berstruktur.
g. Seharusnya guru tidak menunjuk salah satu siswa dalam menjawab pertanyaan, tapi berikan kesempatan yang sama kepada seluruh siswa dalam kelas.
3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran, yaitu:
a. Ada usaha dari guru untuk mengajak siswa belajar diluar kelas.
b. Guru tidak monoton hanya memberikan metode cermah tetapi mengajak siswa untuk berinteraksi.
c. Mengajak anak memberi tepuk tangan bagi siswa yang benar mejawab, ini termasuk dalam hal mengapresiasi orang lain.
4. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, yaitu:
a. Sebaiknya sampaikan terlebih dahulu materi pelajaran kepada siswa sebelum melakukan sesi tanya jawab.
b. Awali pembelajaran dengan apersepsi dan motivasi agar siswa antusias dalam pelajaran.
c. Gunakan media yang sesuai dalam mengajarkan arah mata angin. Kita dapat mengajarkan anak lagu mata angin timur tenggara kepada anak agar anak mengetaahui secara rinci jenis-jenis arah.
d. Guru seharusnya memberikan refleksi bagi siswa jika siswa salah dalam menjawab atau memberi jawaban lebih rinci.
Nama : Frisky Ariska wanda
Nim :856044547
Pokjar : Sei balai
Menurut pendapat saya berdasarkan video yang di sajikan Guru mengajar tanpa kegiatan pendahuluan, langsung pada kegiatan inti.tidak ada pendahuluan sehingga membuat Siswa juga terlihat kaku saat Guru menjelaskan materi.Namun, ketika siswa di ajak kelapangan oleh Guru, siswa begitu sangat antusias dan terlibat aktif mempraktekkan.Guru kurang terampil dalam menyampaikan materi dan guru tidak menggunakan media yang lebih menarik contohnya media kompas untuk menjelaskan materi menentukan arah mata angin agar siswa lebih cepat menangkap materi yang di jelaskan oleh guru.alternatif solusi yang ditempuh terhadap masalah pembelajaran
Berdasarkan video tersebut saya mempunyai sebuah gagasan inovatif dalam alternatif pemecahan masalah. Gagasan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang konkrit contoh menggunakan media kompas. dengan menggunakan media tersebut diharapkan dapat memudahkan siswa dalam mengingat materi yang di berikan oleh guru.
Nama: Joscelina Alberina br S. Depari
NIM: 856027651
Semester: 6
Pokjar: Binjai
Program Studi: PGSD-S1
UPBJJ-UT: Medan
Menurut saya, pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah baik dengan mengajak siswa untuk belajar di luar kelas. Hanya saja ada baiknya jika sebelum memulai pembelajaran awali terlebih dahulu dengan mengucapkan salam, membaca doa bersama, menanyakan kabar anak-anak,dan bisa juga melakukan ice breaking sesuai dengan tema pembelajarn hari ini yaitu Arah Mata Angin dengan menyanyikannya. Dengan melakukan ini anak-anak akan lebih aktif dan semangat dalam belajar.
Nama : Nahrul Ahmadi
NIM : 858901574
PRODI : PGSD
UPBJJ : Jember
POKJAR : Wuluhan
Assalamu’alaikum,
Mohon ijin menanggapi terkait Video pembelajaran dengan tema “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”.
Berdasarkan Video diatas, dapat dilihat bahwa kegiatan pembelajaran sudah berjalan cukup bagus, akan tetapi terdapat beberapa hal yang masih perlu diperbaiki sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa video diatas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal sebagai berikut:
1. Pada awal pembelajaran, Guru tidak berusaha untuk mengaitkan materi pembelajaran yang berlangsung dengan pembelajaran sebelumnya.
2. Pada pelaksanaannya, Guru belum memanfaatkan media pembelajaran untuk menunjang pemahaman siswa. Semisal, Guru dapat menggunakan media pembelajaran seperti kompas ataupun gambar arah mata angin untuk memudahkan pemahaman siswa. Dilain sisi, penggunaan media pembelajaran ini, juga dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam hal belajar.
3. Dalam proses tanya jawab, Guru cenderung acuh atas respon siswa lain ketika siswa yang diberikan pertanyaan tidak bisa menjawab. Maka dalam hal ini, seharusnya guru juga harus memberikan tanggapan positif kepada siswa agar ia memiliki motiovasi lebih dalam belajar dikemudian hari.
4. Dilain sisi, Pembelajaran yang dilakukan diluar kelas juga merupakan bagian positif yang dilakukan oleh Guru. Dimana, Murid menjadi lebih memahami ketika ditunjukkan secara langsung arah mata angin. belajar diluar kelas tentu juga akan memberikan kesan tersendiri bagi Murid agar merasa tidak bosan dalam belajar.
Sekian Terimakasih
nama : ERVINA PUJI CAHYANI (858911987)
POKJAR : umbulsari ( JEMBER)
menurut pendapat saya penjelasan materi
tentang arah mata angin kurang jelas, karena disana beliau tidak memaparkan dengan jelas pngertian dari arah mata angin. diupayakan
untuk menyampaikan materi mata angin itu apa, dan bagaimana
menentukan arah mata angin kemudian setelah itu baru dilakukan
pembelajaran praktikum di luar kelas untuk menentukan arah mata angin.Dengan begitu siswa dapat dengan mudah untuk menentukan arah
mata angin. Dan seharusnya ketika memulai pembelajaran di awali dengan sapaan, berdoa atau pembisaan yang lain. dan sebelum materi dapat diberi bebrapa portanyaan tentang mata angin dengan seperti tebak tebakan sehingga menarik minat belajar dari siswa.
Dengan begitu siswa dapat dengan mudah untuk menentukan arah
mata angin.
Nama : Lisa Sumiarti
NIM : 858033865
Prodi : S1-PGSD
Menurut pendapat saya awal pembelajaran masih kurang efektif sehingga siswa merasa bingung dengan arah mata angin, namun setelah melakukan praktik di lapangan siswa memahami dan dapat menunjukkan arah mata angin dengan tepat.
Kelemahan dari Video
1. guru tidak melakukan presensi di awal
2. Metode tanya jawab saat awal pembelajaran kurang efektif
3. Guru tidak mengaitkan materi dengan materi sebelumnya
Kelebihan dari video
1. Siswa dengan mudah memahami materi dengan melaksanakan praktik secara langsung
2. Pengelolaan kelas baik sehingga siswa merasa senang saat pembelajaran
Hal unik
Saat menyampaikan materi pembelajaran di luar kelas suara guru langtang dan tegas
Nama : RINA PRATIWI
NIM : 856028804
Program Studi : S1 PGSD
Menurut saya, masih ada beberapa tahapan pada video pembelajaran tersebut yang kurang efektif, misalnya sepeti tidak adanya apersepsi yang dilakukan olehh guru sebagai tindakan awal dalam pembelajaran untuk meningkatkan konsentrasi dan kreativitas peserta didik.
Nama : RINA PRATIWI
NIM : 856028804
Program Studi : S1 PGSD
Menurut saya, masih ada beberapa tahapan pada video pembelajaran tersebut yang kurang efektif, misalnya sepeti tidak adanya apersepsi yang dilakukan olehh guru sebagai tindakan awal dalam pembelajaran untuk meningkatkan konsentrasi dan kreativitas peserta didik. selain ituu kurangnya gerakan tubuh yang diberikan oleh guru juga menyebabkan peserta didik menjadi sangat monoton dalam menerima informasi yang diberikan oleh guru.
Nama : HERUANTO
Nim : 856080489
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ-Ut: BATAM
Pokjar : UT BATAM
Vidio pembelajaran tersebut menyajikan kegiatan pembelajaran tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
Menurut saya pada video pembelajaran tadi, guru belum melakukan kegiatan awal pebelajaran seperti pendahuluan sebelum belajar yaitu mengajak siswa berdoa,mengecek kehadiran siswa dan bahkan menyapa siswa. Ekspresi guru kuran semangat dan datar, memancing pertanyaan juga kurang semangat. Mengenai materi yang disampaikan cukup menarik karena pelajaran tentang arah mata angin merupakn hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari jadi ketika siswa mempelajari materi ini siswa akan cepat mengerti jika diperaktikan secara langsung di lapangan seperti yang telah dilakukan guru di dalam vedio tadi. Menurut saya materi ini bisa dijadikan nyanyian untuk memudahkan anak menghapal arah mata angin dan bisa juga dijadikan ice breaking secara bersama-sama.
Nama : DESMAWATI ZULFA
NIM : 856572124
Program Studi : PGSD-S1
Analisis Video Pembelajaran
1. Judul dan Sumber dari Video Pembelajaran
Judul : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
Sumber video pembelajaran : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/belajar-mudah-menentukan-arah-mata-angin/
2. Ringkasan Isi Video Pembelajaran
Pemampuan siswa dapat bertambah bila adanya praktek langsung di lapangan, tidak hanya mengandalkan buku pembelajaran. Arah mata angin juga sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari seperti dalam membaca peta cuaca dan lain-lain.
3. Kelemahan dalam Video Pembelajaran
– Ibu guru memberi contoh yang sedikit sulit untuk siswanya saat memuali pembelajaran.
– Kurangnya interaksi pembuka saat memulai pelajaran.
– Guru tidak menegur siswa yang bersorak ketika mendengar jawaban temannya.
– Guru terlalu kaku dan jarang tersenyum.
4. Kelebihan dalam Video Pembelajaran
– Anak-anak berperan aktif saat melakukan praktek dan anak-anak terlibat langsung dalam pembelajaran
– Guru mengapresiasi anak-anak yang menjawab
– Dengan adanya praktik langsung anak-anak dapat menjawab manfaat arah mata angin secara langsung tanpa melihat buku
5. Hal Unik dalam Video Pembelajaran
Guru melibatkan langsung peserta didik sehingga peserta didik berani mengutarakan pendapat saat namanya dipanggil dan mereka mampu menjawab manfaat arah mata angin tanpa melihat buku.
6. Rencana Perbaikan yang Dapat Dilakukan
Guru diusahakan untuk lebih memanajemenkan kelas sehingga kelas kondusif.