Similar Posts

8 Comments

  1. Video diatas tentang Cara Mudah Menghafal Rumus Matematika menurut saya sangat relevan dan bisa dipraktekkan oleh mahasiswa keguruan maupun guru di sekolah sekolah agar pembelajaran lebih menarik.
    Untuk perbandingan, seperti komen saya di video pertama, jika guru hanya langsung memberi rumus tanpa tahu rumus itu darimana, dan bagaiana penerapannya dalam kehidupan sehari hari, maka siswa akan terus menganggap rumus matematika itu susah, harus menghafal, tidak menarik dan sebagainya.
    Tapi dengan adanya praktek darimana rumus itu berasal, siswa bisa memahami rumus dengan baik dan tertarik dengan materi, karena pada umumnya siswa lebih tertarik dengan praktek daripada materi.

  2. Binti Masruroh (042642961) pokjar Garum Blitar UPBJJ Malang

    Dalam video tersebut memang benar bahwa mindset peserta didik bahwa matematika seperti hantu. Maka sebagai guru harus memiliki strategi untuk menarik peserta didik agar menyukai pembelajaran matematika. Karena pada pembelajaran matematika banyak rumus yang harus dihafal. Sebagai guru maka harus pandai pandai memberikan banyak kejutan untuk menarik peserta didik. Seperti contoh melakukan pembelajaran matematika menggunakan metode matematika realistik dengan media lingkungan sekitar.

  3. Assalamu’alaikum.
    Nama: Amalia Rahmadani Tanjung
    NIM: 043873716
    Prodi: Pendidikan Matematika

    Izin menanggapi🙏🏻
    * Reaksi anak dalam kegiatan pembelajaran yang di lakukan oleh guru?
    Yaitu mereka sangat senang dan semangat dalam belajar matematika jika gurunya bisa memberikan strategi yang tepat seperti halnya dalam video tersebut. Karna mudah di mengerti dan tidak bikin pusing di kepala.

    * Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran:
    Menurut saya, kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran dalam video tersebut, tidak ada. Karna di dalam video tersebut anak-anak didik sangat senang dan makin semangat belajar matematika.

    * Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran:
    – Anak-anak didik jadi makin semangat belajarnya.
    – Yang tidak senang dengan pelajaran matematika, menjadi suka.
    – Dan tidak membuat mereka takut lagi dengan pelajaran matematika.

    * Hal-hal unik yang di temukan dalam video tersebut:
    Gurunya sangat humoris sehingga anak-anak didik tersebut tidak cepat bosan. Karena guru tersebut memberikan strategi belajar yang mudah di mengerti oleh anak-anak didik dengan memberikan lembar kerja yang sudah di rancang dan membuat perkelompok, di setiap kelompok berjumlah 4 orang. Mereka harus mengisi lembar kerja tersebut dengan menentukan luas bangun datar yang berada di sekeliling mereka, seperti meja, papan tulis, dan pintu.

    * Apa saja yang dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya:
    Menurut saya, buatlah anak-anak didik lebih senang belajar matematika, agar mereka tidak berpikir lagi bahwa matematika itu abstrak dan bikin pusing di kepala. Dengan cara selalu memberikan strategi-strategi yang tepat, agar mudah di mengerti dan di pahami oleh anak-anak didik.

    Sekian dan terima kasih.

  4. Sering terjadi di banyak sekolah dengan keluhan anak terhadap pelajaran matematika, yang di antaranya seperti yang di tampilkan di video tersebut sehingga daya minat terhadap belajar matematika pun terus menurun, banyak faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa di kelas dalam belajar matematika salah satunya guru di kelas , guru di kelas mengajar tidak boleh monoton dengan cara itu itu saja . Guru di kelas harus melakukan inovasi terhadap strategi pembelajaran matematika supaya murid tidak jenuh.
    Seperti yang di tampilkan dalam video guru menyisipkan media yang ada di kelas untuk menjadi belajar semakin asik dan murid pun terangsang aktif untuk mengikuti belajar.
    Saya Deden Setiawan
    Terimakasih

  5. Nama : TASYA NURYASWA
    NIM : 857432332
    Prodi : S-1 PGSD

    Dalam proses menjelaskan materi dan gambaran mengenai pembelajaran terlalu cepat, dan guru tidak menanyakan apakah ada siswa yang belum memahami materi yang telah disampaikan. Hal ini mengakibatkan siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Guru memahami bahwa dalam penyampaian materi yang diajarkan tidak berjalan sesuai rencana, karena masih banyak siswa yang tidak memahami materi. Untuk itu guru mengulang kembali materi pada pertemuan selanjutnya dengan menggunakan media belajar konkrit yang ada disekitar lingkungan siswa, agar dapat mudah untuk dipahami. Selain itu penggunaan media belajar yaitu benda tajam (pisau) dalam kelas dapat membahayakan bagi siswa. Sebaiknya jika penggunaan media belajar sudah ditentukan, siswa bisa terlebih dahulu memotong buah menjadi beberapa bagian sesuai instruksi dari guru di rumah dengan bantuan orang tua sebelum di bawa ke sekolah. Atau bisa menggunakan media kue yang lebih lembut, sehingga alat potong berupa pisau dari bahan plastik yang tidak berbahaya bagi siswa.

  6. Nama : R. Widji Soko Pandito
    NIM : 042069917
    Program Studi : S1 Pendidikan Matematika

    Guru tersebut sudah menyadari ada masalah yang terjadi di kelas pada mata pelajaran matematika, yaitu adanya kekurangsukaan dari siswa pada matematika, ada yang berkata membosankan, ada yang berkata matematika itu susah, bikin pusing kepala dan abstrak di kepala siswa. Dan hal ini jelas akan mengganggu tujuan dan hasil pembelajaran bila dibiarkan terus seperti itu. Tindakan guru tersebut sudah tepat, ia melakukan refleksi dan mungkin melakukan penelitian tindakan kelas, dan salah satu tindaka perbaikan yang efektif dilakukannya adalah mengubah metode pengajarannya dan menggunakan media belajar untuk membantu pemahaman.

    Para siswa terlihat antusias saat bekerja kelompok, karena pelajaran matematika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari mereka yaitu dengan mengukur luas benda-benda di sekitar mereka yang merupakan bangun datar, materi yang sedang mereka pelajari. Mereka saling berdiskusi saat mengerjakan LK, mempraktikkan penggunaan rumus matematika yang mungkin di pekan lalu masih abstrak di dalam kepala mereka, namin kini mereka mendapatkan pemahaman. Proses belajar menjadi efektif dan menyenangkan, dan guru juga terlihat profesional karena sudah menyiapkan peralatan apa saja yang harus dibawa siswa dan juga lembar kerja siswa.

    Sebagai penutup, di akhir pelajaran, mungkin guru bisa memberikan sedikit penguatan dengan meminta siswa mereview kembali bangun datar apa saja yang telah mereka ukur dan apa rumusnya,namun terlepas dari itu, apa yang sudah dilakukan guru tersebut pada video ini sudah bagus sekali. Good Job!

  7. NAMA : ASEP FIKRUL YAQIN
    NIM : 042057145
    PRODI : PENDIDIKAN MATEMATIKA
    UPBJJ UT : BOGOR

    Izin menanggapi video pembelajaran,

    Paradigma negatif terhadap mata pelajaran matematika di sekolah sampai saat ini memang masih menghantui sebagian besar peserta didik kita. Mereka beranggapan bahwa mempelajari matematika itu sulit dan menyulitkan, beragam faktor yang mendasari asumsi-asumsi negatif tersebut, baik itu dalam intern peserta didiknya sendiri maupun pengaruh dari luar. Tantangan besar memang bagi para guru, agar mata pelajaran matematika dapat disajikan dalam bentuk yang menarik dan menyenangkan. Sehinga mendorong minat, motivasi dan hasil belajar yang lebih baik dari waktu ke waktu.

    Salah satunya adalah upaya yang dilakukan guru dalam video pembelajaran tersebut, dimana pembelajaran matematika tidak hanya disampaikan dengan ringan, akan tetapi pembelajaran juga disampaikan pada penalaran-penalaran sederhana yang mudah difahami peserta didiknya. Alat peraga sederhana dengan melibatkan benda-benda disekitar, membuat apa yang disampaiakan tervisualisasi dengan baik. Peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajarannya, guru juga memberikan arahan dan pendampingan. Hasil tugas peserta didik juga diperiksa untuk memastikan pemahaman mereka terhadap apa yang disampaikan.

    Saatnya rumus-rumus matematika yang menyulitkan dapat disajikan dalam bentuk penalaran sederhana, sehingga dapat lebih mengena dan difahami dengan baik oleh peserta didik. Sehingga asumsi dan paradigma negatif peserta didik terhadap mata pelajaran matematika lambat laun akan dengan mudah dihilangkan . Disinilah letak pentingnya seorang guru dituntut dapat menyajikan pembelajaran kreatif dan inovatif, agar tidak hanya pembelajaran dapat disajikan lebih menyenangkan, juga lebih mudah difahami oleh peserta didik.

    Terima kasih.

  8. Nama : Swarenda Septia
    NIM : 501574227

    Izin Menanggapi Bapak/Ibu
    Diawal video terlihat bagaimana pelajaran matematika ini sebagai momok menakutkan bagi siswa. Salah satunya terlihat banyak siswa yang tidak hadir tanpa pemberitahuan dan dipaparkan komentar pada siswa tentang sulitnya pelajan MM serta tidak mengasyikkan. Hal inilah yang mengharuskan pembelajaran matematika perlu dikemas semenarik mungkin, karena keberhasilan pembelajaran matematika salah satunya didukung oleh kemahiran guru dalam melaksanakan aktivitas pengajaran serta kesadaran siswa dalam mengikuti aktivitas pembelajaran (Pratama, 2015). Dalam video, guru memberikan LKPD yang peserta didik mencari dan menghitung luas pada bangun datar di sekitarnya. Peserta didik mengalami langsung dan memahami penerapan penggunaan rumus bangun datar tersebut. Menurut saya yang perlu diperbaiki adalah guru belum terlihat meluruskan mindset siswa akan sulitnya pelajaran MM dan manfaat jika kita menyukai MM yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Guru juga belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengevaluasi kesulitan dalam proses pembelajaran. Ada baiknya siswa memahami konsep dengan mengaitkan rumus. Dalam pembelajaran, guru harus memiliki strategi atau model pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang memudahkan siswa dalam memahami materi konsep dan pembelajaran yang menyenangkan.

Leave a Reply