Sinopsis

Satu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri, banyak siswa tidak percaya diri untuk mengekspresikan ide atau opini mereka dengan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu guru harus mencari metode atau cara agar mereka dapat mengekspresikan ide-ide atau opini mereka dalam Bahasa Inggris. Salah satunya dengan menggunakan fasilitas media sosial Facebook. Program video ini berisi pembelajaran bahasa Inggris dengan pokok bahasan “Exprising Idea and Opinion”. Video ini memperlihatkan bagaimana kreativitas guru memancing daya ekspresi siswa dalam bahasa Inggris melalui Facebook. Dengan cara ini mereka dapat menuangkan ide-ide atau opini lewat tulisan. Anda tentu penasaran ingin mengetahui bagaimana media sosial Facebook dapat dijadikan solusi untuk mendorong siswa berbahasa Inggris. Simaklah video berikut ini.

Tayangan video sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kurikulum. Guru memberikan sedikit apersepsi yang cukup baik sehingga peserta didik lebih siap mengikuti proses pembelajaran. Menggunakan telepon genggam atau handphone sebagai media pembelajaran sangat baik untuk meminimalisir rasa ketidak percayaan diri siswa berkomunikasi dalam bahasa inggris, dan dapat membangkitkan semangat para siswa karena media tersebut merupakan salah satu alat yang digunakan mereka dalam kesehariannya. Namun kelemahan dalam pembelajaran ini tidak menambah kemampuan para siswa dalam berkomukasi lisan, kecuali jika ada pembahasan dan analisa dari kalimat – kalimat yang ditulis mereka. Salah satunya dengan cara meminta para peserta didik melengkapi kalimat – kalimat yang kurang jelas, secara lisan cara seperti ini juga dapata dijadikan sebagai evaluasi dari proses pembelajaran. Sangat disayangkan dalam tayangan ini guru tidak memperhatikan pronunciation atau pengucapan dari para siswa dan tidak ada evaluasi, juga penutup dari guru.

Evaluasi dapat menjadi salah satu dasar berpijak untuk proses pembelajaran selanjutnya. Penutup dapat menjadi penyemangat peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran selanjutnya.

Secara umum tayangan video ini baik dan tidak terlalu kaku, walaupun mungkin sudah ada setting sebelumnya. Perlu diingatkan juga bahwa tidak setiap peserta didik mampu memiliki telepon genggam yang sesuai dengan kebutuhan dalam proses pembelajaran.

Ratih Kusumastuti

Similar Posts

62 Comments

  1. Nama : Akhmad Sugiarto
    NIM : 501323047
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Video ini memberikan perspektif yang menarik tentang penggunaan media sosial Facebook dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dalam konteks di mana banyak siswa tidak percaya diri dalam mengekspresikan ide atau opini mereka dalam bahasa Inggris, metode menggunakan Facebook sebagai fasilitas untuk mengungkapkan ide dan opini dapat menjadi solusi yang inovatif. Video ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang bagaimana guru dapat menggunakan kreativitas mereka untuk mendorong siswa menggunakan bahasa Inggris dalam tulisan mereka melalui media sosial. Saya sangat tertarik dengan video tersebut dan melihat bagaimana penggunaan Facebook dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengekspresikan diri dalam bahasa Inggris.
    Setelah mengamati video ini, saya mendapatkan beberapa manfaat, antara lain:
    1. Saya memperoleh pengetahuan tentang cara-cara kreatif yang dapat digunakan melalui Facebook untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris, seperti membuat grup diskusi, menulis postingan atau komentar, dan berbagi pemikiran melalui platform tersebut.
    2. Video ini menginspirasi saya untuk mencari metode pembelajaran yang inovatif dan menarik yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam mengungkapkan ide dan opini dalam bahasa Inggris. Guru dapat memperoleh ide tentang bagaimana mengintegrasikan media sosial atau teknologi dalam pembelajaran, yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan membangun kepercayaan diri mereka dalam menggunakan bahasa Inggris.
    Saran saya, selain membuat tulisan di facebook, guru juga bisa memanfaatkan fitur multimedia Facebook, misalnya siswa dapat membuat video pendek untuk mengungkapkan ide-ide atau membuat presentasi visual yang mendukung tulisan siswa. Ini akan membantu siswa untuk mengintegrasikan keterampilan berbicara, menulis, dan teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris.

  2. Nama : Heni Pratiwi
    NIM : 501202467
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Jakarta

    Video pembelajaran ini berupaya mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran yaitu menggunakan platform media sosial seperti Facebook agar peserta didik dapat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Alur pembelajaran ini antara lain melalui posting materi di Facebook dan meminta murid untuk menuangkan ide dan opini mereka melalui tulisan dan komentar adalah cara yang efektif untuk melibatkan murid secara aktif, memperluas keterampilan mereka dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris, dan membangun keterampilan kolaborasi serta penguasaan teknologi.

    Manfaat yang saya peroleh dari video pembelajaran ini antara lain peserta didik dapat belajar menggunakan teknologi secara efektif dan memperoleh pengalaman praktis dalam berkomunikasi melalui media sosial.

    Saran untuk video pembelajaran ini, dapat diterapkan dengan strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, yaitu Diferensiasi Konten. Setiap kelompok memilih membuat konten berbasis tulisan, seperti blog atau posting forum dengan menuangkan ide/ pendapat tentang topik yang dipilih. Peserta didik juga dapat menyertakan gambar, video, atau sumber daya lain yang menunjang opini mereka.

  3. Nama : ARCHANGELA GIRLANI VIDITIVIANA
    NIM : 501332949
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT Malang
    Dalam praktik pembelajaran di video berjudul “Expressing Ideas or Opinion” dapat diketahui bahwa guru secara kreatif dapat memaksimalkan peran teknologi terkhusus media sosial facebook untuk siswa belajar percakapan dalam bahasa Inggris. Kegiatan yang dilakukan oleh guru tersebut meminimalisir siswa yang masih malu dan kurang percaya diri dalam mengungkapkan argumennya dan mengekpresikan ide dan opininya dalam kelas bahasa inggris. Siswa yang kurang kompetensinya pun tidak segan lagi untuk ikut berkomentar. Guru telah berhasil memberikan pelajaran yang bermakna dan menyenangkan.Pemanfaatan internet sebagai media pendidikan di sekolah dapat menunjang proses belajar mengajar bahasa Inggris. Penggunaan internet dapat mendorong siswa lebih aktif belajar sehingga prestasi belajarnya meningkat. Meskipun internet dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran, tetapi ada beberapa kelemahan yang harus diatasi oleh guru sebagai pendidik di sekolah dan sebagai praktisi media internet. Tugas guru tidak hanya menggunakan keunggulan internet saja, tetapi juga perlu memikirkan cara-cara untuk mengurangi kelemahan tersebut.

    Manfaat yang saya dapatkan dari tayangan video praktik pembelajaran berjudul ”Expressing Ideas or Opinion” :
    1. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan memanfaatkan media sosial facebook ternyata dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk mengekspresikan ide atau opini diri dengan menggunakan bahasa Inggris. Mampu meminimalisir rasa kurang percaya diri siswa dalam mengungkapkan pendapatnya dalam bahasa Inggris di kelas.
    2. Melalui penggunaan media sosial facebook untuk pembelajaran bahasa Inggris, siswa dapat mengungkapkan ide atau opini mereka melalui tulisan atau postingan di media sosial facebook.
    3. Melalui penggunaan media sosial facebook untuk pembelajaran bahasa Inggris, siswa lebih nyaman dalam mengekspresikan ide dan opininya.
    4. Melalui penggunaan media sosial facebook untuk pembelajaran bahasa Inggris, siswa memiliki keleluasaan untuk mempersiapkan komentar yang ingin ditulisnya. Siswa dapat memberikan komentarnya dalam bentuk tulisan, siswa yang kemampuannya kurang dalam bahasa Inggris pun tidak akan merasa minder untuk memberikan komentar
    5. Melalui penggunaan media sosial facebook untuk pembelajaran bahasa Inggris, siswa lebih mandiri dalam belajar, karena siswa dituntut untuk berkomentar dengan bahasa mereka sendiri. Kalimat yang ditulis dalam kolom komentar dapat digunakan dalam keseharian mereka
    6. Skill yang dapat dinilai dari kegiatan ini adalah expressing ideas or opinion dan vocabulary.

    Saran dan masukan tentang video praktik pembelajaran berjudul ” Expressing Ideas or Opinion” :
    1. Metode yang digunakan oleh guru dalam video Pratik pembelajaran hanya mengasah kemampuan menulis siswa saja, sedangkan kemampuan berbicaralah yang ingin dimunculkan dalam materi ” Expressing Ideas or Opinion” . Jadi metode yang digunakan kurang tepat sebaiknya gunakan metode yang mengasah kecakapan menulis dan berbicara juga
    2. Penggunaan media sosial facebook sebagai alat pembelajaran harus dilakukan dengan bijak dan terkendali. Penting bagi guru untuk mengawasi dan mengarahkan aktivitas siswa di Facebook agar tetap fokus pada pembelajaran bahasa Inggris dan mencegah penggunaan yang tidak pantas atau tidak terkait.

  4. Nama : SAMSUDIN
    NIM : 501193153
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG

    Manfaat penggunaan media sosial Facebook sebagai solusi untuk mendorong siswa dalam belajar bahasa Inggris adalah ide yang menarik. Dengan memanfaatkan Facebook, siswa dapat terlibat dalam interaksi dalam bahasa Inggris yang lebih aktif dan nyata. Mereka dapat membentuk grup belajar, berbagi materi pembelajaran, mengadakan diskusi, dan mengikuti sesi tanya jawab langsung dengan guru. Hal ini akan membantu siswa meningkatkan keterampilan berbicara mereka, memperluas kosakata, serta memperdalam pemahaman tentang budaya dan konteks bahasa Inggris. Namun, penting juga untuk mengawasi penggunaan media sosial agar tetap fokus pada pembelajaran dan menghindari gangguan yang tidak perlu.

  5. Nama : Nina Nopiana Yuda
    NIM : 501202291
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Jakarta

    Tayangan video ini menghadirkan pembelajaran bahasa Inggris dengan judul “Expressing Ideas or Opinion” Video ini menunjukkan bagaimana guru secara kreatif merangsang siswa untuk mengekspresikan diri dalam bahasa Inggris melalui platform Facebook. Dengan pendekatan ini, siswa dapat mengekspresikan ide atau pendapat mereka melalui tulisan.

    Manfaat dari video tersebut adalah bahwa pemanfaatan media sosial Facebook dalam kegiatan pembelajaran oleh guru ternyata mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengekspresikan ide atau pendapat mereka menggunakan bahasa Inggris. Dengan pendekatan ini, siswa dapat mengungkapkan ide atau opini mereka melalui tulisan atau postingan di platform media sosial Facebook.
    Masukan dan saran: siswa sebaiknya diberikan pilihan media sosial yang berbeda selain Facebook agar mereka dapat berlatih menulis dalam bahasa Inggris sesuai dengan minat mereka.

  6. Nama : Jhon Krisman Limbong
    NIM : 501573945
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Medan

    Dari video tersebut, saya belajar tentang cara mengajarkan siswa untuk mengekspresikan ide atau opini mereka dalam bahasa Inggris dengan menggunakan media sosial Facebook. Saya melihat bagaimana seorang guru membuat sebuah grup Facebook khusus untuk kelasnya dan memberikan tugas kepada siswa untuk membuat postingan tentang topik yang telah ditentukan. Siswa diminta untuk menulis pendapat mereka secara singkat dan jelas, serta memberikan alasan atau bukti yang mendukung pendapat mereka. Siswa juga diminta untuk memberikan komentar atau tanggapan kepada postingan teman-teman mereka dengan sopan dan santun. Guru juga memberikan umpan balik dan koreksi kepada siswa melalui komentar di Facebook.

    Menurut saya, manfaat yang saya dapat dari mengamati video pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut:
    – Saya dapat mengetahui salah satu contoh penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris yang efektif dan menarik bagi siswa. Teknologi dapat membantu guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta memfasilitasi siswa untuk berkomunikasi dengan guru dan teman-teman mereka secara online.
    – Saya dapat mempelajari beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam mengekspresikan ide atau opini dalam bahasa Inggris, yaitu: menggunakan kalimat yang sederhana dan padat, menggunakan kata-kata yang tepat dan baku, menggunakan tanda baca yang benar, menggunakan kata penghubung yang sesuai, dan memberikan alasan atau bukti yang relevan dan logis.
    – Saya dapat meningkatkan kemampuan saya dalam menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris, karena saya dapat meniru atau mengadaptasi gaya bahasa yang digunakan oleh guru dan siswa dalam video tersebut. Saya juga dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang saya temukan dalam postingan atau komentar mereka.

    Masukan dan saran saya tentang video pembelajaran dari portal guru pintar tersebut adalah sebagai berikut:
    – Saya mengapresiasi video pembelajaran tersebut karena saya merasa video tersebut sangat bermanfaat dan informatif bagi saya. Video tersebut menampilkan proses pembelajaran yang nyata dan autentik, serta memberikan contoh yang konkret dan mudah dipahami.

  7. Nama : Jhon Krisman Limbong
    NIM : 501573945
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Medan

    Dari video tersebut, saya belajar tentang cara mengajarkan siswa untuk mengekspresikan ide atau opini mereka dalam bahasa Inggris dengan menggunakan media sosial Facebook. Saya melihat bagaimana seorang guru membuat sebuah grup Facebook khusus untuk kelasnya dan memberikan tugas kepada siswa untuk membuat postingan tentang topik yang telah ditentukan. Siswa diminta untuk menulis pendapat mereka secara singkat dan jelas, serta memberikan alasan atau bukti yang mendukung pendapat mereka. Siswa juga diminta untuk memberikan komentar atau tanggapan kepada postingan teman-teman mereka dengan sopan dan santun. Guru juga memberikan umpan balik dan koreksi kepada siswa melalui komentar di Facebook.

    Menurut saya, manfaat yang saya dapat dari mengamati video pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut:
    – Saya dapat mengetahui salah satu contoh penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris yang efektif dan menarik bagi siswa. Teknologi dapat membantu guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta memfasilitasi siswa untuk berkomunikasi dengan guru dan teman-teman mereka secara online.
    – Saya dapat mempelajari beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam mengekspresikan ide atau opini dalam bahasa Inggris, yaitu: menggunakan kalimat yang sederhana dan padat, menggunakan kata-kata yang tepat dan baku, menggunakan tanda baca yang benar, menggunakan kata penghubung yang sesuai, dan memberikan alasan atau bukti yang relevan dan logis.
    – Saya dapat meningkatkan kemampuan saya dalam menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris, karena saya dapat meniru atau mengadaptasi gaya bahasa yang digunakan oleh guru dan siswa dalam video tersebut. Saya juga dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang saya temukan dalam postingan atau komentar mereka.

    Masukan dan saran saya tentang video pembelajaran dari portal guru pintar tersebut adalah sebagai berikut:
    – Saya mengapresiasi video pembelajaran tersebut karena saya merasa video tersebut sangat bermanfaat dan informatif bagi saya. Video tersebut menampilkan proses pembelajaran yang nyata dan autentik, serta memberikan contoh yang konkret dan mudah dipahami.

  8. NAMA : ISMAIL
    NIM : 501323165
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ UT SURABAYA
    Jujur saya tidak suka pelajaran bahasa inggris karena kurang kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa inggris. vocabulary bahasa inggris saya minim, sulit pengucapannya dan cara penulisannya. salah satu strategi yang bagus dengan menggunakan media chating di facebooks dengan meminta siswa untuk memberikan komentar, strategi ini sangat bagus diterapkan di kelas saya untuk meningkatkan motivasi belajar anak didik saya. saya akan memilih topik yang mudah di pahami dan uptodate dan viral berhubungan dengan pengalaman mereka. terima kasih ut dengan melihat vidio ini saya bisa mengenal strategi pembelajaran yang menjadi solusi yang dialami saya yaitu murid kurang motivasi dalam belajar dengan memberiakan komentar yang positif agar mereka termotivasi. mungkin saran bagi pembelajaran saya, harus memberiakn bimbingan bagi siswa dalam menulis kosa kata berbahasa inggris dan menggunakan komentar yang sopan dan pemantauan bagi orang tua dalam penggunaan media sosial

  9. Andries Tamonob/ 501372935

    Penggunaan media sosial dalam meminimalisasi kurang percaya diri siswa dalam pelajaran bahasa inggris sangat bermanfaat.
    Penggunaan facebook atau media sosial lain dalam pembelajaran memberikan pemahaman bagi siswa bahwa media sosial juga dapat
    bermanfaat sebagai media untuk belajar. Siswa juga lebih tertarik mengekspresikan diri dan ide melalui tulisan mereka di media sosial dan dapat
    meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam berbahasa Inggris. Manfaat lainnya adalah seluruh siswa dalam kelas juga saling belajar dari pendapat siswa lain terhadap topik tersebut yang dapat memperkaya pemahaman mereka.

    masukan saya adalah Penting bahwa guru harus mengingatkan siswa untuk tetap berkomentar secara positif dan sopan serta merespon
    pendapat siswa lain dengan etika bahasa yang tepat tanpa menyinggung atau menyakiti perasaan sesama pengguna media sosial.

  10. NAMA : SUHAEBATUL ALAMIAH
    NIM : 501213183
    PRODI : MEGISTER PENDIDIKAN DASAR
    UPBJJ UT SERANG
    Setelah menonton video tersebut saya berpendapat bahwa memang media sosial Facebook dapat dijadikan solusi untuk mendorong siswa berbahasa Inggris. Hal ini dikarenakan Facebook memiliki beberapa kelebihan yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran Bahasa Inggris, yaitu:
    Aksesibilitas. Facebook dapat diakses oleh siapa saja, termasuk siswa, dengan mudah dan gratis.
    Interaktivitas. Facebook memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan orang lain secara online, baik dengan teman, guru, maupun native speaker.
    Kemudahan berbagi. Facebook memudahkan siswa untuk berbagi informasi dan materi pembelajaran Bahasa Inggris.

Leave a Reply