silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama. : Reza Selvia
NIM. : 877697239
Dari video diatas yang saya amati dapat simpulkan bahwa ada beberapa fakto mengapa guru tidak menggunakan media dalam kegiatan belajar IPA yaitu
1. Sulitnya mencari media yang tepat untuk kegiatan belajar
2. Waktu persiapan yang terbatas
3. Keterbatan biaya untuk membeli media yang akan digunakan dalam proses belajar IPA.
Dari permasalah diatas kita sebagai calon guru harus bisa memecahkan permasalahan itu sendiri demi menunjang kegiatan belajar yang efektif dan efisien, pada dasarnya media bisa menjadi salah satu alat bantu dalam proses belajar yang bisa dimanfaatkan guru, jadi kita harus bisa merancang dan berkreativitas dalam memilih media yang akan digunakan. misalnya seperti menggunakan media video animasi dimana guru bisa memanfaatkan fasilitas sekolah dengan menggunakan komputer atau laptop untuk menunjukan video animasi yang akan diputar
NAMA : DARIUS DARMAN LAHAGU
NIM : 856056219
POKJAR: SALUT MANDREHE-NIAS BARAT
UPBJJ : UT MEDAN
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
• Guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran kurang menarik dan kurang membantu pemahaman siswa.
• Pembelajaran kurang runtut dan hanya menggunakan metode ceramah, sehingga siswa pasif dan sulit mengikuti penjelasan guru.
• Kurangnya kesiapan guru dalam penggunaan media pembelajaran dan kurangnya apersepsi di awal pembelajaran yang dapat menghubungkan materi dengan pengalaman siswa.
• Guru tidak mengaitkan materi sejarah dengan konteks masa kini sehingga siswa sulit memahami dan mengingat materi.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
• Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun belum sepenuhnya optimal.
• Konten pembelajaran telah sesuai dengan kurikulum nasional (Kurikulum 2013).
• Guru berusaha menyampaikan materi yang relevan dan sesuai dengan tingkat kelas meskipun metode yang digunakan masih terbatas.
Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
• Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun belum sepenuhnya optimal.
• Konten pembelajaran telah sesuai dengan kurikulum nasional (Kurikulum 2013).
• Guru berusaha menyampaikan materi yang relevan dan sesuai dengan tingkat kelas meskipun metode yang digunakan masih terbatas.
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
• Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun belum sepenuhnya optimal.
• Konten pembelajaran telah sesuai dengan kurikulum nasional (Kurikulum 2013).
• Guru berusaha menyampaikan materi yang relevan dan sesuai dengan tingkat kelas meskipun metode yang digunakan masih terbatas.
Nama : Pitri Wahyuni
NIM :860035667
UPBJJ : UT Bandung
Setelah menonton video pada lama GPO dan menganalisis video seri pembelajaran SD yang berjudul “Guru tidak Menggunakan Media pada Pelajaran IPA” maka hal-hal yang dapat saya analisis sebagai berikut :
1. Identifikasi masalah
– Pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak menyapa siswa, tidak menanyakan kabar, tidak berdoa, tidak melakukan absensi, dan tidak ada apersepsi serta
tidak penyampaian tujuan pembelajaran.
– Para siswa terlihat tegang dan kaku dalam melaksanakan pembelajaran.
– Pembelajaran yang disampaikan monoton dan tidak menggunakan media pembelajaran.
– Pembelajaran berpusat pada guru bukan pada siswa.
– Para siswa kurang aktif dan kurang antusias pada saat pembelajaran berlangsung.
– Para siswa terlihat kebingungan untuk memahami materi yang disampaikan
2. Penyebab masalah
– Guru kurang memahami pentingnya kegiatan awal pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa.
– Metode pembelajaran yang disampaikan guru kurang bervariasi masih cenderung menggunakan metode yang lama.
– Guru kurang memahami pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk keberhasilan pembelajaran.
– Guru kurang menguasai kelas sehingga belum terbangun interaksi tanya jawab antara guru dengan siswa.
3. Solusi masalah
– Guru dapat melakukan pengembangan diri dengan mengikuti pelatihan agar memahami pentingnya kegiatan awal pembelajaran.
– Menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariatif yang cocok dengan materi pembelajaran yang sedang dibahas untuk meningkatkan
semangat dan motivasi belajar siswa, sehingga pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan.
– Membuat pertanyaan pemantik untuk menumbuhkan interaksi antara guru dengan siswa untuk menghidupkan suasana kelas.
4. Tujuan perbaikan
– Meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat melatih siswa agar dapat berpikir kritis dan memecahkan masalah dalam pembelajaran.
– Meningkatkan motivasi belajar siswa supaya siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.
– Membuat suasana belajar bermaksa dan menyenangkan.
Nama: PENIELI LAHAGU
Nim: 855854603
Pokjar: MANDREHE
Berikut video analisis pembelajaran yang berjudul “Guru tidak Menggunakan Media pada Pelajaran IPA”
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, fakta-fakta yang terjadi adalah, guru yang mengajar di kelas tersebut tidak menggunakan Media pembelajaran ketika menjelaskan sebuah materi, selanjutnya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, malahan kebanyakan mereka tidak mengerti dengan materi yang disampaikan.
Mengapa hal itu bisa terjadi? Dikarenakan guru tidak mempersiapkan perencanaan pembelajaran, guru tersebut tidak menggunakan Media pembelajaran, sedangkan materi yang ia sampaikan seharusnya dapat dilihat secara nyata, agar para peserta didik dapat langsung tanggap dan mengerti.
Dalam video tersebut, terdapat penyelesaian masalah dalam proses pembelajaran yaitu Guru menjelaskan materi dengan menggunakan Media pembelajaran seperti mempergunakan benda-benda sekitar yang secara nyata dapat dilihat oleh peserta didik. Sehingga siswa terlihat sangat aktif dan antusias untuk mengamati setiap penjelasan dari guru.
Nama : Pitri Wahyuni
NIM : 860035667
UPBJJ : UT Bandung
Setelah menonton video laman GPO pada seri pembelajaran IPA SD yang berjudul ” Guru Tidak Menggunakan Media pada Pelajaran IPA” maka hal-hal yang dapat saya analisis sebagai berikut:
1. Identifikasi masalah
– Tidak ada kegiatan pembuka pada awal pembelajaran, guru tidak menyapa siswa, tidak menanyakan kabar, tidak berdoa, tidak melakukan apersepsi serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
– Saat belajar siswa terlihat tegang dan kaku.
– Metode pembelajaran yang disampaikan terlihat monoton.
– Tidak menggunakan media pembelajaran.
– Siswa kurang aktif dan kurang antusias pada saat pembelajaran berlangsung.
– Siswa terlihat kurang memahami materi pembelajaran yang disampaikan.
2. Penyebab masalah
– Guru kurang memahami pentingnya kegiatan pembuka pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa.
– Metode pembelajaran kurang bervariasi
– Guru kurang memahami pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk keberhasilan belajar siswa.
– Guru kurang menguasai kelas sehingga belum terbangun interaksi tanya jawab antara guru dengan siswa.
3. Solusi masalah
– Guru dapat melakukan pengembangan diri dengan melakukan pelatihan agar memahami pentingnya kegiatan pembuka pembelajaran.
– Menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariatif yang cocok dengan materi pembelajaran untuk meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa sehingga pembelajaran dapat lebih bermakna dan menyenangkan.
– Membuat pertanyaan pematik untuk menumbuhkan interaksi antara guru dengan siswa untuk menghidupkan suasana kelas.
4. Tujuan perbaikan
– Meningkatkan hasil belajar dengan melatih siswa berpikir kritis dalam memecahkan masalah.
– Meningkatkan motivasi belajar supaya siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.
– Membuat suasana belajar bermakna dan menyenangkan.
Nama : Vita Anggraini Nainggolan
NIM : 859901008
Menurut saya mengenai video pembelajaran yang berjudul “Guru tidak Menggunakan Media pada Pelajaran IPA”.
Masalah yang saya temukan adalah guru tidak memulai pembelajaran dengan apersebsi sehingga siswa bisa memperoleh inspirasi dalam memahami pembelajaran, tidak menggunakan media pembelajaran yang menunjang pemahaman siswa, tidak mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari untuk mengarahkan siswa memahami materi yang diajarkan.
Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan langkah-langkah pembelajaran yang lebih menarik sebelum memulai kegiatan inti, misalnya melakukan apersebsi, tanya jawab terkait kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan materi, kemudian menggunakan media alam sekitar sebagai media pendukung siswa memahami materi, ajak siswa keluar kelas melaksanakan pembelajaran di luar kelas kemudian mengamati sekitar yang berkaitan dengan materi. sehingga siswa lebih bersemangat dalam belajar.
NAMA : LINDA MARLINA
NIM : 855735693
MATA KULIAH: PKP
SALUT : BARADATU
UPBJJ-UT : BANDAR LAMPUNG
Berdasarkan vidio yang saya tonton, berikut ini analisis vidio pembelajaran “Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA”.
Menurut pendapat saya, berdasarkan vidio pembelajaran tersebut, Berikut ini beberapa permasalahan yang ada didalam vidio pembelajaran tersebut:
a. Pada saat pembelajaran, guru tersebut tidak menampilkan apresiasi pada awal pembelajaran
b. Penyampaian materi dengan metode saintifik tidak menyeluruh
c. Penutup yang digunakan tidak ada.
1. Penyebab terjadinya masalah tersebut:
a. Guru didalam pembelajaran tersebut mungkin tidak memahami pentingnya apresiasi dalam pembelajaran tersebut, sehingga pada saat membuka pembelajaran guru tersebut terkesan monoton dan tidak memberikan apresiasi terlebih dahulu terhadap siswa.
b. Kemudian guru didalam pembelajaran tersebut tidak sepenuhnya menggunakan metode saintifik yang benar, oleh karena itu pembelajaran didalam kelas tersebut tidak berjalan sesuai dengan metode yang seharusnya dia gunakan dalam mengajar.
c. Selanjutnya pada saat akhir pembelajaran guru tidak memberikan refleksi/kesimpulan diakhir pembelajaran sehingga siswa tidak akan mengerti apa pembelajaran pada keesokan harinya.
2. Alternatif pemecahan masalah tersebut:
a. Guru dapat menambahkan bagian apresiasi di awal pembelajaran, dengan cara guru dapat mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman siswa maupun fenomena-fenomena sehari-hari.
b. Guru dapat menyusun skenario pembelajaran yang dapat menampilkan pendekatan saintifik secara lengkap seperti:
1. Mengamati vidio bentuk-bentuk daun²
2. Guru dapat menanyakan apa bentuk-bentuk daun yang ada di vidio tersebut
3. Guru dapat mencoba memberikan pertanyaan-pertanyaan atau gambar-gambar bentuk daun
4. Siswa dapat menalar bagaimana tentang bentuk-bentuk daun
5. Lalu yang terakhir guru dan siswa dapat mengkomunikasikan pembelajaran dengan baik.
3. Perbaikan pembelajaran
Perbaikan yang dapat dilakukan oleh guru adalah:
a. Dapat meningkatkan pembelajaran dengan lebih baik sesuai dengan pendekatan saintifik
b. Meningkatkan keefektivitasan pembelajaran dengan memberikan apresiasi yang lebih tepat.
c. Menyesuaikan materi pembelajaran dengan tingkat perkembangan peserta didik
d. Disaat menutup kegiatan guru harus membuat penutup atau kesimpulan yang baik, seperti guru harus memberitahu rencana pembelajaran pada pembelajaran berikutnya.
Nama : Pela kurnia
Nim : 855735837
Pokjar : Baradatu
Berikut video analisis pembelajaran yang berjudul “Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA di SD
Setelah melihat video pembelajaran tersebut,banyak fakta fakta yang terjadi secara nyata dan dapat dilihat secara langsung saat pembelajaran itu terjadi. Saat pembelajaran itu berlangsung guru terlihat mengalami kesulitan dalam menjelaskan materi tersebut dikarenakan guru tidak menggunakan media alat peraga sehingga murid sulit untuk memahami materi yang telah disampaikan. Sebaiknya guru sebelum mengajar materi tersebut harusnya dari jauh jauh hari sudah menyiapkan media berupa media design atau poster dan lain lain. Sehingga murid dapat melihat langsung jika ada media alat peraga tersebut dan murid dapat memahami isi materi penjelasan yang disampaikan oleh guru tersebut.
Media yang diperlukan itu media yang dapat mudah ditemukan didalam lingkungan sekitar sekolah sehingga tidak ada kendala dalam proses pembelajaran tersebut.
Sekian dan terimakasih kasih🙏
Nama : Pela kurnia
Nim : 855735837
Pokjar : Baradatu
Berikut video analisis pembelajaran yang berjudul “Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA di SD
Setelah melihat video pembelajaran tersebut,banyak fakta fakta yang terjadi secara nyata dan dapat dilihat secara langsung saat pembelajaran itu terjadi. Saat pembelajaran itu berlangsung guru terlihat mengalami kesulitan dalam menjelaskan materi tersebut dikarenakan guru tidak menggunakan media alat peraga sehingga murid sulit untuk memahami materi yang telah disampaikan. Sebaiknya guru sebelum mengajar materi tersebut harusnya dari jauh jauh hari sudah menyiapkan media berupa media design atau poster dan lain lain. Sehingga murid dapat melihat langsung jika ada media alat peraga tersebut dan murid dapat memahami isi materi penjelasan yang disampaikan oleh guru tersebut.
Media yang diperlukan itu media yang dapat mudah ditemukan didalam lingkungan sekitar sekolah sehingga tidak ada kendala dalam proses pembelajaran tersebut.
Sekian dan terimakasih kasih🙏
Nama : ASANUDIN WARUWU
Nim : 859869604
Pokjar : Teluk Dalam
Berikut video analisis pembelajaran yang berjudul “Guru tidak Menggunakan Media pada Pelajaran IPA”
Kelemahan seorang guru pada saat melakukan pembelajaran setelah saya amati adalah , yang pertama guru belum melakukan apersepsi, belum berdoa, belum mengaben siswa.Kemudian pada saat melakukan kegiatan pembelajaran belum ada kesiapan guru, dalam arti guru belum membawa alat bantu yang dinamakan media sebagai alat bantu untuk memotivasi belajar siswa agar materi yang diajarkan cepat untuk di mengerti.Dan pada video selanjutnya setelah Guru membawa media pembelajaran , siswa menjadi bersemangat untuk belajar. Kesimpulannya Alat peraga atau media pembelajaran sangat membantu siswa dan guru untuk saling berinteraksi dalam proses belajar mengajar.Terimkasih