silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

1,196 Comments

  1. Nama: Leni Silvia
    NIM: 856046938
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ: Medan
    Pokjar: Langkat

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Sebelum guru menggunakan media pembelajaran,
    siswanya bingung dan tidak begitu paham.
    Setelah guru menggunakan media pembelajaran,
    siswanya langsung paham dan tidak kebingungan lagi.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Tidak ada kegiatan membaca doa,
    tidak ada pengecekan kehadiran siswa,
    dan tidak ada mengaitkan mata pelajaran sebelumnya.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    · Guru menciptakan suasana yang kondusif sehingga siswanya bisa menyimak dan belajar dengan baik.
    · Guru memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dengan maksimal.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    · Alat/media pembelajaran yang bersumber dari lingkungan sekitar,
    yaitu berbagai bentuk daun yang kemudian ditunjukkan di depan kelas.
    · Kekompakan siswa dalam menjawab.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? (digunakan pula oleh kelompok mahasiswa yang tidak bisa mengakses internet sama sekali)
    Mempersiapkan alat/media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
    Tidak lupa untuk membaca doa,
    mengecek kehadiran siswa,
    dan mengaitkan materi pelajaran sebelumnya.

  2. Setelah saya mengamati video pada GPO ini bahwa ada hal masalah dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu tidak adanya media yang digunakan dalam pembelajaran ketika seorang guru menjelaskan suatu materi tentang tumbuhan ya itu macam-macam daun dan bentuknya.
    Ketika seorang guru tidak menggunakan media pembelajaran apalagi dalam pelajaran IPA yang memang tidak bisa menerka-nerka begitu saja. Guru harus mempersiapkan media pembelajaran yang konkret dan jelas sehingga peserta didik mudah mengenal dan memahami suatu materi yang disampaikan guru tersebut. Dalam video tersebut guru hanya menjelaskan tentang makhluk hidup yaitu tumbuhan ciri-ciri daun dan bentuknya tanpa menunjukkan gambar atau menggunakan media yang nyata. Sehingga ketika seorang selesai menyebutkan ciri-ciri dan bentuk daun para peserta didik merasa kebingungan dan tidak memahami serta mengenal bentuk daun tersebut.
    Dari video yang saya lihat bahwa ada beberapa faktor yang di mana penyebab seorang guru tidak menggunakan media pembelajaran yaitu :
    1. Guru kesulitan dalam mencari media yang tepat
    2. waktu persiapan yang terbatas
    3. Dan tidak ada biaya untuk membeli media

    Kemudian dalam video selanjutnya guru tersebut sudah mulai merencanakan lebih awal media apa yang akan digunakan untuk pembelajaran ketika sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, guru tersebut memanfaatkan media tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan ketika guru menjelaskan dengan menggunakan media tersebut peserta didik pun langsung dapat memahami dan mengenal bentuk-bentuk daun yang disampaikan guru tersebut.

  3. Nama: Khikmatus Saadah
    NIM: 858821026
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ: 74/Malang
    Pokjar: Garum

  4. Nama: Khikmatus Sa’adah
    NIM: 858821026
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ: 74/Malang Pokjar: Garum

    Dalam video pembelajaran ini, menurut saya guru tidak menyampaikan apa yang seharusnya menjadi kegiatan awal pembelajaran yang mana guru hanya memberikan sapaan kemudian langsung pada materi. tidak ada apersepsi, tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai serta manfaat mempelajari materi, juga tidak menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari. selain itu, topik permasalahan sebenarnya yaitu “guru tidak menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran IPA”. Dalam pembelajaran IPA, media sangat diperlukan yang mana media tersebut dapat memotivasi siswa, memperjelas materi yang disampaikan oleh guru hingga siswa lebih mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan.

    Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.
    Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh pakar, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media pembelajaran sebab di era sekarang ini guru dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang beragam dan menyiapkannya dalam pembelajaran yang kreatif. media pembelajaran tidak harus beli yang mahal, guru bisa memanfaatkan media pembelajaranyang yang ada di lingkungan sekitar.

    Kesimpulannya, media pembelajaran berperan penting dalam proses belajar mengajar yang mana media tersebut dapat menarik perhatian dan mempermudah siswa untuk menerima dan memahami materi pembelajaran.

  5. Setelah melihat vidio pembelajaran tersebut,sangat jelas terlihat perbedaan suasana pembelajaran ketika guru tidak menggunakan media pembelajaran,dan ketika menggunakan media pembelajaran.saat tidak menggunakan media pembelajaran siswa terlihat kurang bersemangat,dan cenderung bosan,sehingga pemahaman siswa akan materi yang diajarkan menjadi terhambat.
    Sedangkan ketika proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran,siswa terlihat lebih bersemangat,sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup,pemahaman siswa terhadap materi yang di ajarkan juga akan lebih meningkat.

  6. NAMA : ASNAWI
    NIM : 859884574
    JURUSAN : PGSD BI SEMESTER 2

    Setelah menyimak video ini seharusnya sebelum memulai pembelajaran guru terlebih dahulu mengarahkan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing – masing, melakukan apersepsi agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengecek kehadiran siswa .

    jelas terlihat perbedaan ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran.
    Sebelum guru menggunakan media siswa terlihat kebingungan dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa tidak semangat dalam belajar.
    Setelah guru menggunakan media nyata (daun) siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, lebih antusias dan semangat dalam belajar.

  7. Nama: Agus Lukman
    NIM : 857760764
    Jurusan :PGSD BI
    Guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga murid tidak mengerti apa yang dijelaskan guru, pembelajaran ipa harus menggunakan media untuk pembelajaran agar siswa lebih paham dan mengerti jika diberikan contoh dengan benda nyata

  8. Dari vidio yang saya tonton, disina saya melihat kurang nya media pembelajaran IPA saat belajar.
    Guru juga hanya memberi salam tidak melakukan observasi. Diawal pembelajaran guru langsung menyampaikan materi, siswa belum siap untuk melakukan atau menerima kesiapan materi yang disampaikan oleh guru karena Dalam vidio ini kita bisa melihat respon siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajan IPA.
    Sebelum menggunakan media pembelajaran siswa terlihat bingung dan tidak tahu dengan apa yang guru jelaskan dan setelah menggunakan media pembelajaran “daun” siswa dapat mengerti dengan apa yang guru sampaikan .

  9. NAMA : BELSINTA TAMA LUMBANTORUAN
    NIM : 859891849
    POKJAR : MEDAN

    Setelah saya menonton tayangan video diatas, saya mengidentifikasi beberapa masalah seperti :
    1. Diawal video guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti memberikan apersepsi, menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran, dan manfaat mempelajari materi, dan hanya memberikan sapaan kemudian langsung menjelaskan materi pelajaran.

    2. Siswa mengalami kesulitan dalam mengekspektasikan / memahami bentuk daun seperti yang dijelakan oleh guru didepan kelas dalam pikirannya

    Faktor penyebab masalah :
    1. Sulit mencari media yang tepat
    2. Waktu persiapan yang terbatas
    3. Tidak ada biaya untuk membeli media
    4. Guru kurang memanfaatkan media yang ada disekitar sekolah.

    Rencana Solusi yang harus dilakukan menurut saya adalah :
    *) Guru harus lebih mempersiapkan dan memahami terlebih dahulu materi yang akan disampaikan serta melengkapi media yang dibutuhkan sebelum memulai KBM dikelas agar waktu yang dipergunakan tidak terbuang sia-sia.

    *) Guru harus pintar merancang pembelajaran dan memiliki kreatifitas untuk mengolah lingkungan untuk menjadi media dan sumber belajar yang baik. menunjang

    Dari pemaparan pakar guru, saya setuju dengan yang disampaikan oleh pakar guru, bahwa akan lebih baik jika guru menyampaikan apersepsi terlebih dahulu serta dalam pembelajaran akan lebih baik jika guru menggunakan media pembelajaran karena tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media pembelajaran sebab di era sekarang ini guru dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang. Selain itu media pembelajaran tidak harus beli yang mahal, guru bisa memanfaatkan media pembelajaran yang ada di lingkungan sekitar. Terimakasih

  10. Nama : Gayu Bening Apsari
    NIM : 857971736
    Prodi : S1 PGSD BI
    Pokjar : carica Wonosobo

    Berdasarkan video pembelajaran yang saya lihat ada beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran dikelas. Dalam video tersebut dalam kegiatan belajar guru tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa hanya dapat membayangkan tanpa melihat langsung objek yang sedang dijelaskan. Media sangat lah penting untuk menunjang proses pembelajaran. Proses pembelajaran IPA tidak harus dilaksanakan di dalam kelas, tetapi juga bisa dilaksanakan diluar kelas. dalam video tersebut guru menjelaskan tentang daun, guru bisa membawa siswa keluar kelas mengamati jenis dan bentuk daun dengan melihat langsung. Pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa mendapatkan pengalaman langsung. Sedangkan kelebihan proses belajar dalam video tersebut adalah guru dapat mengelola kelas dengan baik, semua siswa memperhatikan penjelasan dari guru.

Leave a Reply