silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

1,196 Comments

  1. Nama : Ahmad Kusaeri
    NIM : 836398146
    UPBJJ : Bogor
    Pokjar : Bogor Selatan
    Berdasarkanvideo pembelajaran tersebut, terlihat jelas bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran apapun, sehingga ketika guru menyampaikan materi pembelajaran siswa terlihat kebingungan dan tidak faham terhadap materi yang di sampaikan guru tersebut.
    Tetapi setelah guru tersebut menggunakan media (Daun) siswa terlihat antusias terhadap materi yang di sampaikan, Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.

    Atrtinya peran media pembelajaran pada saat guru mengajar itu sangat penting, karena dengan adanya media pembelajaran siswa dapat lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan oleh guru, dan pembelajaran pun akan terlihat sangat menyenangkan

  2. Nama : Ahmad Kusaeri

    NIM : 836398146

    UPBJJ : Bogor

    Pokjar : Bogor Selatan

    Berdasarkan video pembelajaran tersebut, terlihat jelas bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran apapun, sehingga ketika guru menyampaikan materi pembelajaran siswa terlihat kebingungan dan tidak faham terhadap materi yang di sampaikan guru tersebut.
    Tetapi setelah guru tersebut menggunakan media (Daun) siswa terlihat antusias terhadap materi yang di sampaikan, Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.

    Atrtinya peran media pembelajaran pada saat guru mengajar itu sangat penting, karena dengan adanya media pembelajaran siswa dapat lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan oleh guru, dan pembelajaran pun akan terlihat sangat menyenangkan

  3. Nama : Ahmad Kusaeri
    NIM : 836398146
    UPBJJ : Bogor
    Pokjar : Bogor Selatan
    Berdasarkanvideo pembelajaran tersebut, terlihat jelas bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran apapun, sehingga ketika guru menyampaikan materi pembelajaran siswa terlihat kebingungan dan tidak faham terhadap materi yang di sampaikan guru tersebut.
    Tetapi setelah guru tersebut menggunakan media (Daun) siswa terlihat antusias terhadap materi yang di sampaikan, Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.

    Atrtinya peran media pembelajaran pada saat guru mengajar itu sangat penting, karena dengan adanya media pembelajaran siswa dapat lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan oleh guru, dan pembelajaran pun akan terlihat sangat menyenangkan.

  4. Setelah menyimak vidio pembelajran tersebut terlihat jelas bahwa guru ,sebelum melakukan pembelajaran kurang persiapan di buktikan pada saat guru mengajar materi tersebut, siswa masih bingun dan kurang semangat mengikuti pelajaran karena guru tidak menggunakan media pembelajaran , berbeda setelah guru menggunakan media pembelajaran siswa semangat dan antusias mengikuti pelajaran ketika guru menanyakan tentang materi hampir semua pertanyaan bisa di jawab
    sebagai kesimpulan dalam proses pembelajaran penggunaan Media pembelajaran sangat berperang penting dalam menjelaskan dan mengajarkan suatu materi terhadap Matapelajaran apapun

  5. Nama: Eny kusmawati
    NIM : 858741165
    Menurut saya setelah menyimak video dalam pembelajaran ini bahwa guru tidak menyampaikan kegiatan awal yang mana guru hanya dapat memberikan suatu sapaan dan kemudian langsung menuju pada suatu materi , tidak ada apersepsi nya , tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai serta dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran materi, juga tidak menyampaikan suatu garis besar materi yang ingin dipelajari. Selain itu di dalam topik permasalahan sebenarnya yaitu “guru juga tidak menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran IPA”. Adapun didalam proses pembelajaran IPA itu sangat penting dalam menggunakan media yang mana media tersebut juga bisa dapat memotivasi siswa, bisa memperjelas suatu materi yang ingin disampaikan oleh guru hingga siswa dengan lebih mudahnya menerima dan lebih bisa memahami materi yang disampaikan oleh gurunya.

  6. Nama : SARDIK
    NIM : 856077119
    Smester : 6
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Natuna
    UPBJJ : UT Batam

    Setelah memperhatikan/menyimak video tersebut seharusnya sebelum memulai pembelajaran guru terlebih dahulu melakukan apersepsi agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengecek kehadiran siswa.

    Disini jelas terlihat perbedaan pada prmbrlajaran ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Sebelum guru menggunakan media siswa terlihat kebingungan dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa tidak semangat dalam belajar. tetapi Setelah guru menggunakan media siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, lebih semangat dalam belajar, dan lebih cepat memahami.
    Jadi, media pembelajaran sangat lah penting untuk menunjang kreativitas dan daya tangkap peserta didik.

  7. Nama : Evin Fitriani
    NIM. : 856600491
    Program studi : PGSD
    Judul video : Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD

    Setelah menyimak video tersebut terdapat kelebihannya yaitu guru berupaya memanfaatkan media yang ada di sekitar sekolah untuk dijadikan bahan ajar.
    Kelemahan dari video tersebut adalah akibat kurangnya media yang ada di sekolah sehingga guru mencari alternatif menggunakan media yang ada di lingkungan sekitar sekolah yang mengakibatkan tersitanya waktu sehingga pembelajaran tidak optimal.

    Saran saya untuk video tersebut, dalam proses pembelajaran penggunaan media sangat penting dilakukan oleh guru karena akan menimbulkan kesan menarik sehingga materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik jika media yang digunakan memadai maka seorang guru dituntun agar lebih kreatif dalam menyediakan media pembelajaran.

  8. Nama : Mohamad Ismail Tri Yunianto
    NIM : 857164404
    Prodi : S1 PGSD – BI
    Pokjar : Salut Sakha Pekayon
    UPBJJ : Jakarta

    Analisis masalah yang terjadi dalam video tersebut guru menjelaskan kepada siswa tanpa menggunakan media pembelajaran sehingga membuat siswa sulit untuk membayangkan apa yang sedang coba guru jelaskan. Guru tersebut menjelaskan alasan kenapa tidak menggunakan media, yaitu:

    1. sulitnya mencari media yang tepat.
    2. waktu persiapan yang terbatas.
    3. tidak ada biaya untuk membeli media .

    pada masalah pertama, guru harus lebih meningkatkan lagi wawasan tentang media pembelajaran, baik itu ragam media, karakteristik media, dan masing-masing kemampuan media. sehingga bila guru sudah menguasai semua itu, guru tersebut tidak akan kebingungan lagi untuk mencari media apa yang tepat dengan materi yang diajarkan.

    pada masalah kedua, guru itu sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya membuat RPP sehingga tidak ada yang namanya lagi waktu persiapa yang terbatas, karena guru sudah merencanakan dari jauh hari untuk melaksanakan apa dalam pembelajaran yang akan disampaikan.

    pada masalah ketiga, guru harus lebih kreatif lagi. tidak semua media pembelajaran harus mengeluarkan biaya yang mahal, guru bisa memanfaatkan lingkungan sekitar halaman sekolah, guru bisa membuat sebuah media pembelajaran yang murah tanpa harus menggunakan biaya banyak.
    contoh :
    -membuat pot tanaman menggunakan botol plastik yang dipotong dan menggunakan bagian bawahnya.
    -membuat tata surya menggunakan kombinasi Bola plastik dengan kelereng.
    -memanfaatkan sinar matahari sebagai media untuk menjelaskan perpindahan kalo tanpa media perantara. dan lain-lain .

  9. Nama : Suci Habibillah Indra
    NIM : 855975057
    Setelah menyimak video pembelajaran ini, menurut saya guru tidak menyampaikan apa yang seharusnya menjadi kegiatan awal pembelajaran yang mana guru hanya memberikan sapaan kemudian langsung pada materi. tidak ada apersepsi, tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai serta manfaat mempelajari materi, juga tidak menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari. selain itu, topik permasalahan sebenarnya yaitu “guru tidak menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran IPA”. Dalam pembelajaran IPA, media sangat diperlukan yang mana media tersebut dapat memotivasi siswa, memperjelas materi yang disampaikan oleh guru hingga siswa lebih mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan.

    Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.
    Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh pakar, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media pembelajaran sebab di era sekarang ini guru dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang beragam dan menyiapkannya dalam pembelajaran yang kreatif. media pembelajaran tidak harus beli yang mahal, guru bisa memanfaatkan media pembelajaranyang yang ada di lingkungan sekitar.

    Kesimpulannya, media pembelajaran berperan penting dalam proses belajar mengajar yang mana media tersebut dapat menarik perhatian dan mempermudah siswa untuk menerima dan memahami materi pembelajaran.

  10. Nama : Ester wori hana
    Nim : 859257599
    Menurut saya, setelah memyaksikan vidio tersebut Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut. Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh pakar, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media pembelajaran sebab di era sekarang ini guru dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang beragam dan menyiapkannya dalam pembelajaran yang kreatif. media pembelajaran tidak harus beli yang mahal, guru bisa memanfaatkan media pembelajaranyang yang ada di lingkungan sekitar.

Leave a Reply