silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : Nurliana
Nim : 858056285
Pokjar : Melawi
Pada video diatas dapat dim simpulkan
1. pada saat pembuakaan pembelajaran guru tidak menjelaskan materi yang akan di pelajari
2. pada pembelajaran ini guru tidak menggunakan media pembelajaran, seperti daun, walaupun disekolah media pembelajaran tidak lengkap seharusnya guru bisa memanfaatkan alam sekitarnya untuk di jadikan media pembelajaran
3. saat sesi tanya jawab, siswa tidak mengerti degan apa yang di tanyakan guru
4. guru ke binggungan dengan peryataan siswa yang tidak mengerti apapun yang di jelaskan guru
NAMA : NAZAWITA ARIANI
NIM :856021399
Judul video Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD
Dari video pertama, saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal. Seperti mengambil perhatian siswa, mengabsen siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Pada proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media. Pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran siswa menjadi lebih bersemangat belajar dan antusias untuk mendengarkan serta siswa dapat melihat langsung apa saja bentuk-bentuk daun yang dicontohkan oleh guru.
Kelemahan dari video pembelajaran adalah pada saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal. Seperti Yaitu dengan cara tanya memulai jawab antara guru dan siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Kemudian pada proses pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan metode ceramah yaitu dengan cara menjelaskan saja tanpa menggunakan media atau contoh nyata dari jenis-jenis bentuk daun tumbuhan.
Kelebihan dari video pembelajaran pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran.
Tindakan perbaikan yang harus dilakukan adalah Guru harus melakukan persiapan sebelum mengajar. Kemudian dalam penggunaan metode mengajar guru harus memiliki keterampilan tertentu yaitu menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran serta mengikutsertakan peran siswa. Supaya pengajaran menarik serta merangsang minat siswa untuk mengikuti proses belajar. Guru menggunakan media atau alat bantu. Media ini dapat berupa model atau gambar-gambar.
NAMA : PITTA NOVITASARI
NIM : 857809681
Judul video Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD
Dari video pertama, saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal. Seperti mengambil perhatian siswa, mengabsen siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Pada proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media. Pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran siswa menjadi lebih bersemangat belajar dan antusias untuk mendengarkan serta siswa dapat melihat langsung apa saja bentuk-bentuk daun yang dicontohkan oleh guru.
Kelemahan dari video pembelajaran adalah pada saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal. Seperti Yaitu dengan cara tanya memulai jawab antara guru dan siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Kemudian pada proses pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan metode ceramah yaitu dengan cara menjelaskan saja tanpa menggunakan media atau contoh nyata dari jenis-jenis bentuk daun tumbuhan.
Kelebihan dari video pembelajaran pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran.
Tindakan perbaikan yang harus dilakukan adalah Guru harus melakukan persiapan sebelum mengajar. Kemudian dalam penggunaan metode mengajar guru harus memiliki keterampilan tertentu yaitu menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran serta mengikutsertakan peran siswa. Supaya pengajaran menarik serta merangsang minat siswa untuk mengikuti proses belajar. Guru menggunakan media atau alat bantu. Media ini dapat berupa model atau gambar-gambar.
Nama : Nur Lailiyah
NIM : 856986083
Pokjar : Kota Agung
UPBJJ : Bandar Lampung
Judul Video : Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA
Saya akan menanggapi video yang ditampilkan diatas.
1. Dari cuplikan video yang pertama, reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah kurang berminat atau fokus, dimana guru datang masuk ke dalam kelas, langsung menerangkan materi dengan metode ceramah, tanpa mengkondusifkan kelas terlebih dahulu. Namun dicuplikan berikutnya, anak-anak sudah antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena guru sudah bisa mengkondisikan kelas, serta sudah membawa media pembelajaran.
2. Dari video yang ditampilkan keseluruhan kelemahannya adalah, guru tersebut masuk kedalam kelas, tanpa terlebih dahulu melakukan kegiatan awal, pembelajaran. Begitu juga ketika melakukan kegiatan proses belajar mengajar, guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar.
3. Dari keseluruhan video yang ditampilkan, kelebihan yang ditampilkan dalam video adalah, pada cuplikan yang kedua, saat guru yang sedang mengajar, membawa media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan, yaitu daun-daun yang tersedia disekitar sekolah sebagai media pembelajaran, untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dikelas.
4. Hal-hal unik yang saya temukan dari video diatas adalah, guru mengambil daun disekitar sekolah
5. Setelah melihat keselurahan video diatas, yang dapat saya sarankan adalah:
1) Guru harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum masuk kedalam kelas untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.
2) uru harus menyediakan media pemelajaran, baik berupa benda-benda yang ada disekitar, atau[un yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu
3) guru harus aktif dalam mengajar, dimana siswa dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran.
Demikian yang bisa saya sampaikan , terimakasih.
Nama : Nur Lailiyah
NIM : 856986083
Pokjar : Kota Agung
UPBJJ : Bandar Lampung
Judul Video : Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA
Saya akan menanggapi video yang ditampilkan diatas.
1. Dari cuplikan video yang pertama, reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru adalah kurang berminat atau fokus, dimana guru datang masuk ke dalam kelas, langsung menerangkan materi dengan metode ceramah, tanpa mengkondusifkan kelas terlebih dahulu. Namun dicuplikan berikutnya, anak-anak sudah antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena guru sudah bisa mengkondisikan kelas, serta sudah membawa media pembelajaran.
2. Dari video yang ditampilkan keseluruhan kelemahannya adalah, guru tersebut masuk kedalam kelas, tanpa terlebih dahulu melakukan kegiatan awal, pembelajaran. Begitu juga ketika melakukan kegiatan proses belajar mengajar, guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar.
3. Dari keseluruhan video yang ditampilkan, kelebihan yang ditampilkan dalam video adalah, pada cuplikan yang kedua, saat guru yang sedang mengajar, membawa media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan, yaitu daun-daun yang tersedia disekitar sekolah sebagai media pembelajaran, untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dikelas.
4. Hal-hal unik yang saya temukan dari video diatas adalah, guru mengambil daun disekitar sekolah
5. Setelah melihat keselurahan video diatas, yang dapat saya sarankan adalah:
1) Guru harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum masuk kedalam kelas untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.
2) uru harus menyediakan media pemelajaran, baik berupa benda-benda yang ada disekitar, atau[un yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu
3) guru harus aktif dalam mengajar, dimana siswa dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran.
Demikian yang bisa saya sampaikan , terimakasih.
NAMA : JOJOR ROMAITO SIMANJUNTAK
NIM : 877528959
POKJAR : HUMBANG HASUNDUTAN
UPBJJ : MEDAN
Baiklah saya akan menyampaikan pendapat saya mengenai video diatas :
1. reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang saya lihat sangat baik, dimana mereka sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran IPA di SD. hal ini sangat jarang kita temukan di sekolah apalagi dalam pembelajaran Ipa yang tentunya membutuhkan media yang cukup untuk memperlancarkan proses belajar mengajar.
2. kelemahan guru dari video diatas yaitu guru tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa tidak sepenuhnya untuk konsentrasi untuk menyerapkan pembelajaran yang diberikan, padahal kita tau kalau mata pelajaran IPA itu secara langsung untuk melakukan suatu pencobaan agar terwujudnya pembelajaran yang kreatif dan inovasi.
3. kelebihan guru pada Video diatas yaitu cara penyampaian materinya sangat jelas dan tepat sehingga membuat siswanya dapat menyerap pelajaran dengan perlahan-lahan.
4. hal -hal unik yang terdapat dari video diatas yaitu siswanya dengan giat untuk mengikuti pelajaran yang diberikan ibu tersebut, siswa tersebut tidak ada yang ribut maupun berdiskusi, maupun berjalan-jalan, melainkan mereka dengan tertib dan selalu rapi dalam menerima pelajaran tersebut.
5. dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitasnya yaitu tetaplah menggunakan media pembelajaran, karena tanpa media siswa agak lambat untuk menyerap pelajaran yang disampaikan, dan juga guru akan lebih lancar untuk menyampaikan pembelajarannya apa lagi mata pelajaran IPA yang tentunya membutuhkan praktik secara langsung
demikian pendapat saya , terimakasih.
BismiLLAH
Nama : Ummu salamh(859764853)
UPBJJ : Kendari
Pokjar : Tonggoni Pomalaa
dari pengamatan saya video diatas, bahwa seorang guru tidak menggunakan media sehingga verbalisme data, fakta, prinsip, konsep. karena tidak memanfaatkan media, hal ini terjadi dikarenakan sulitnya mencari media yang tepat. namun waktu persiapan yang terbatas tidak ada biaya untuk membeli media.
solusinya yaitu :
Media dikenal sebagai alat bantu ngajar yang dimana seharusnya dapat membantu guru. guru harus pintar merancang pembelajaran dan memiliki kreatifitas untuk mengelolah lingkungan menjadi media dan sumber belajar yang baik apalagi lingkungan sekolah. banyak benda-benda yang dapat kita apaki sebagai bahan ajar.
Mohon izin untuk menanggapi video di atas,
setelah melihat tayangan di atas tentang guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA di SD
..
Menurut saya pembelajaran di atas belum berjalan dengan baik karena gurunya tidak menyampaikan materi dengan menggunakan media sehingga siswanya kurang memahami materi yang disampaikan.. dari video tersebut juga saya menyimpulkan bahwa kekurangan dalam pembelajaran di atas yaitu:
1. Gurunya belum melakukan kegiatan awal seperti berdoa terlebih dahulu dan melakukan absensi sebelum melakukan aktivitas belajar mengajar.
2. Gurunya juga belum menyampaikan materi pelajaran apa yang akan dipelajari seperti yang terlihat di video yang mana gurunya langsung menyampaikan judul saja.
3. Dan kekurangan lainnya adalah guru tidak menggunakan media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswanya kurang memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu, perlunya seorang guru merancang dan membuat kreativitas agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik
Nama : Ayu Nadila
NIM : 859764885
Fakultas : FKIP S1 PGSD
Semester : 6
Pokjar : Tonggoni Pomalaa
UPBJJ : KENDARI
berdasarkan vidio tersebut saya menemukan kelemahan yaitu pada saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal, Seperti mengucapakn salam, berdoa, merefleksi pembelajaan, dan tanya jawab antara guru dan siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Kemudian pada proses pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan metode ceramah yaitu dengan cara menjelaskan saja tanpa menggunakan media atau contoh nyata dari jenis-jenis bentuk daun tumbuhan.
Kelebihan dari video pembelajaran pada pembelajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran.
Tindakan perbaikan yang harus dilakukan adalah Guru harus melakukan persiapan sebelum mengajar dan kreatif dalam menyiapkan media jika memiliki keterbatasan atau kendala untuk memperoleh media
Nama : Ayu Nadila
NIM : 859764885
Fakultas : FKIP S1 PGSD
Semester : 6
Pokjar : Tonggoni Pomalaa
UPBJJ : KENDARI
berdasarkan vidio tersebut saya menemukan kelemahan yaitu pada saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal, Seperti mengucapakn salam, berdoa, merefleksi pembelajaan, dan tanya jawab antara guru dan siswa, dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Kemudian pada proses pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan metode ceramah yaitu dengan cara menjelaskan saja tanpa menggunakan media atau contoh nyata dari jenis-jenis bentuk daun tumbuhan.
namun terlihat kelebihan pembelajaran pda pemblajaran kedua, guru sudah menggunakan alat bantu atau media pembelajaran.
Tindakan perbaikan yang harus dilakukan adalah Guru harus melakukan persiapan sebelum mengajar dan kreatif dalam menyiapkan media jika memiliki keterbatasan atau kendala untuk memperoleh media