Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar vidkeo harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut saya strategi yang digunakan guru sudah tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kompetensi dasar yang terantum dalam kurikulum2013.
–
Dalam video tersebu mengajarkan saya agar kegiatan pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tetapi siswa juga harus terlibat aktif dalam kegiatan pebelajaran. Guru dalam video tersebut berhasil dalam membuat siswa aktif dalam pembelajaran, hal tersebut terlihat saat guru melemparkan pertanyaan kepada siswa dan siswa sangat antusias dalam menjawabnya.
Nama : Akhmad Sugiarto
NIM : 501323047
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Video ini memberikan solusi bagi masalah yang mungkin muncul dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di SMP. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara di depan kelas tentang apa yang mereka tulis, video ini membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini juga dapat memperluas kosakata dan pemahaman mereka tentang topik profession. Melalui tugas guided writing dan presentasi di depan kelas, siswa dapat mengasah keterampilan berbicara mereka, membangun rasa percaya diri, dan meningkatkan kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris. Metode ini juga memungkinkan siswa untuk berbagi ide, pengalaman, dan aspirasi mereka dengan teman sekelas, menciptakan suasana belajar yang interaktif dan inklusif. Dengan demikian, video ini memberikan manfaat dalam mengatasi kendala dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris, serta membantu siswa mengembangkan keterampilan berbicara, meningkatkan kosakata, dan membangun rasa percaya diri dalam berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
Setelah mengamati video ini dapat memberikan manfaat yang berharga bagi saya, yaitu:
1. Video ini memberikan pemahaman kepada saya tentang pemecahan masalah yang mungkin terjadi dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di SMP. Saya memperoleh ide-ide baru untuk mengatasi kendala yang serupa dalam pembelajaran.
2. Saya dapat mempelajari metode yang digunakan dalam video tersebut dan menerapkannya dalam pembelajaran di kelas.
3. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi cerita, Saya dapat membantu siswa merasa lebih percaya diri dan terampil dalam berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
Sebagai saran, sebelum melaksanakan pembelajaran, guru dapat memberikan contoh melalui video atau dengan menceritakan pengalaman profesinya sendiri. Hal ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri siswa ketika mereka berbicara di depan kelas. Dengan melihat contoh dan mendengar pengalaman orang lain, siswa dapat merasa lebih terinspirasi dan lebih berani untuk berbagi cita-cita mereka.
Nama : Heni Pratiwi
NIM : 501202467
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Jakarta
Video Pembelajaran ini dapat mengembangkan keterampilan berbicara siswa dalam Bahasa Inggris. Dengan memberi kesempatan peserta didik untuk berbicara di depan kelas dengan menggabungkan materi guided writing, peserta didik dapat memperoleh pengalaman praktikal dalam berbahasa Inggris aktif.
Manfaat yang saya dapat dari video pembelajaran ini adalah dapat mengembangan keterampilan berbicara/ speaking, meningkatkan keterampilan presentasi, melatih kepercayaan diri, dan meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik. Pengalaman ini dapat membantu siswa merasa lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum, mengatur gagasan mereka, dan berkomunikasi dengan jelas dan efektif.
Saran untuk video pembelajaran ini, kegiatan apersepsi harus lebih digali lagi yaitu dengan mengaitkan materi sebelumnya, melakukan ice breaking, dan mengkondisikan kesiapan belajar peserta didik.
NAMA : NURINA RACHMALIAH
NIM : 501202159
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
UPBJJ UT JAKARTA
Strategi pembelajaran yang di angkat oleh guru sangat menarik dan melibatkan murid. Dengan murid bercerita tentang cita-citanya guru melakukan pembelajaran yang relevan dengan kehidupannya. Strategi pembelakaran ini juga dapat dijadikan sebagai bahan asesmen diagnostik non-kognitif dalam kurikulum merdeka karena dapat menjadi dasar dalam pembelajaran berdiferensiasi.
NAMA : Rizki Hasanah
NIM : 501202349
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
UPBJJ : UT Jakarta
Pada video, guru mengawali proses pembelajaran dengan menyapa siswa terlebih dahulu. Siswa terlihat menyiapkan dirinya untuk mengikuti proses pembelajaran. Berikutnya pendidik mengawali suatu kosa kata baru bagi siswa dengan memberikan contoh yang familiar bagi siswa sehingga siswa memiliki gambaran terkait materi yang akan dipelajari. Proses pembelajaran yang tampak pada video berjalan secara lancar dan variatif, siswa terlibat aktif baik saat menjawab pertanyaan dari guru melalui speaking english (oral) maupun lewat tulisan berupa soal sederhana yang diberikan oleh guru. Guru pun mampu menciptakan kondisi belajar yang menuntun siswa untuk aktif terlibat serta guru tidak lupa memberi apresiasi atas pencapaian siswa saat berani menyampaikan cita-citanya melalui isian soal rumpang yang disajikan oleh guru.
gambaran proses pembelajaran ini sangat menginspirasi bagi saya untuk diterapkan di kelas tidak hanya untuk pelajaran bahasa inggris namun juga dapa diterapkan pada pembelajaran lainnya sehingga selain dapat mengetahui keluasan kemampuan siswa juga dapat menghadirkan suasana belajar yang kondusif.
Masukan dan saran: ada penyampaian tujuan pembelajaran serta adanya pengaitan materi yang akan dipelajari
Nama : Fitri Nurul Badriah
NIM : 501201884
Prodi : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
UPBJJ UT JAKARTA
Pada tayangan tersebut guru melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran mengenai proffesion dengan kompetensi speaking siswa. Siswa diminta untuk menyebutkan cita-citanya dalam bahasa inggris. Sebaiknya guru juga menggunakan teknologi dalam pembelajaran ini. Bahasa inggris adalah bahasa global yang dapat digunakan diberbagai belahan dunia. Arus informasi dan kemajuan teknologi juga menjadikan siswa sebagai calon Sumber Daya Manusia yang dapat bersaing ditingkat global di masa yang akan datang. Oleh karena itu penting bagi guru untuk mempersiapkan pembelajaran untuk siswa sesuai zamannya.
Dalam pembelajaran Bahasa Inggris banyak pilihan untuk menggunakan teknologi, dalam speaking/pronunciation dapat menggunakan teknologi diantaranya:
1. tayangan powerpoint apabila ada profesi yang masih asing bagi siswa.
2. Automatic Speech Recognition (ASR) dengan aplikasi tersebut mengenali ucapan siswa sehingga bisa mendeteksi dan meningkatkan kemampuan speaking siswa.
3. Communication Labs yang sudah diisi dengan materi pembelajaran seperti pengayaan kosakata, praktek berbicara dan masih banyak materi pembelajaran pendukung lainnya.
https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JEELL/article/view/243/148
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/i-com/article/view/2582/1791
Indah Zasmita (501172776) Magister Pendidikan Dasar, UPBJJ UT Palembang.
Berdasarkan potongan video dari situs Guru Pintar Online berjudul “I Want to Be,” dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang efektif melibatkan tahapan pendahuluan, inti, dan penutup. Selain menggunakan media ajar yang menarik, metode pengajaran yang tepat juga memiliki peran kunci dalam memastikan pemahaman siswa. Melibatkan siswa secara aktif selama proses pembelajaran juga dianggap sebagai faktor penting untuk memperkuat rasa percaya diri siswa.
Dengan memperhatikan konten video tersebut, saya dapat memperluas referensi saya dalam menerapkan metode pembelajaran, sehingga memungkinkan siswa terlibat lebih aktif dan memperoleh pemahaman yang lebih mudah terhadap materi yang diajarkan.
NAMA : LILIK MARIYANIZAITIN
NIM : 501163247
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
UPBJJ UT JAMBI
Dalam video pembelajaran tersebut mengembang keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan bahasa inggris. Dalam video juga guru terlihat menggunakan keterampilan guided writing yang harus diisi siswa kemudian hasilnya dibaca didepan kelas.
Manfaat bagi saya setelah melihat video ini adalah memberikan pengalaman dalam mengelola kelas agar senantiasa tercipta kelas yang asik dan menyenangkan untuk siswa,
Saran untuk video pembelajaran ini adalah dalam kegiatan apersepsi harus lebih tingkatkan lagi yaitu dengan mengaitkan materi sebelumnya, melakukan ice breaking, dan mengkondisikan kesiapan belajar siswa.
Nama : Ami Siti Aminah
NIM : 501222856
UPBJJ : BOGOR
Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan bahasa yang penting. Keterampilan ini diperlukan untuk berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa sejak dini.
Guided writing merupakan metode yang efektif untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa. Metode ini dapat membantu siswa untuk menyusun ide-ide mereka, meningkatkan kepercayaan diri mereka, dan mengembangkan kreativitas mereka.
Manfaat pembelajaran keterampilan berbicara melalui guided writing
Berikut adalah beberapa manfaat dari pembelajaran keterampilan berbicara melalui guided writing:
Guided writing dapat membantu siswa untuk menyusun ide-ide mereka secara logis dan sistematis. Hal ini penting untuk keterampilan berbicara, karena siswa perlu menyampaikan ide-ide mereka secara jelas dan runtut.
Guided writing dapat membantu siswa untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berbicara. Hal ini karena siswa sudah memiliki dasar cerita yang telah mereka tuliskan. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah untuk menyampaikan cerita mereka di depan kelas.
Guided writing dapat membantu siswa untuk mengembangkan kreativitas mereka. Hal ini karena siswa dapat menambahkan ide-ide mereka sendiri ke dalam cerita yang telah mereka tuliskan. Dengan demikian, siswa akan lebih termotivasi untuk berbicara di depan kelas.
Saran dan masukan
Berikut adalah beberapa saran dan masukan untuk pembelajaran keterampilan berbicara melalui guided writing:
• Pilihlah topik yang menarik bagi siswa
• Berikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih
• Berikan umpan balik yang positif
Secara keseluruhan, pembelajaran keterampilan berbicara melalui guided writing merupakan metode yang efektif dan menyenangkan. Metode ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan
Nama : Zaitun Erniwati, S.Pd
NIM : 501312875
PRODI : Magister Pendidikan Guru Dasar
UPBJJ : UT-SAMARINDA.
-Manfaat yang saya dapat dari video pembelajaran ini adalah melatih pengembangan keterampilan speaking siswa mengenai cita-cita, melatih tingkat percaya diri untuk tampil dan berbicara di depan umum melalui presentasi siswa mereka di depan kelas dimana siswa menceritakan ambisi/cita-cita yang ingin mereka raih.
-Saran untuk video pembelajaran ini, guru hendaknya melakukan apersepsi lebih mendalam sebelumnya dengan memberi pertanyaan pemantik mengenai materi yang di ajarkan. Guru pula dapat menampilkan video pembelajaran yang berkaitan dengan materi “I Want To Be”/ cita-cita serta dapat menceritakan pengalamannya sendiri kepada siswa. Hal ini dapat meningkatkan daya tarik siswa terhadap materi yang sedang dipelajari. Sebab melalui contoh video pembelajaran/cerita mengenai pengalaman orang-orang yang di nilai siswa hebat, bisa menjadi inspirasi mereka dalam meraih cita-cita yang diinginkan.