Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya.

Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.

Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.

Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.

Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.

Kualitas gambar vidkeo harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut saya strategi yang digunakan guru sudah tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kompetensi dasar yang terantum dalam kurikulum2013.

Similar Posts

147 Comments

  1. Nama : Vini Arnelda
    NIM : 501201838
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT Jakarta

    Dalam tayangan video tersebut, guru memberikan stimulus berupa pertanyaan mengenai profersi siswa dalam bentuk lembar kerja, kemudian siswa membacakan hasil kerjanya di depan kelas. Menurut saya, ini merupakan langkah yang tepat untuk melatih skill speaking siswa, mereka menjadi terbiasa berbicara menggunakan bahasa inggris di depan teman-temannya dengan cara mengungkapkan mengenai profesi yang dicita-citakan.

    Akan tetapi menurut saya, akan lebih menarik jika dalam pembelajaran digunakan media lain, seperti penayangan video mengenai profesi gurunya sendiri ataupun tokoh-tokoh lain. Kemudian ketika menyuruh siswa maju untuk speaking di depan, guru bisa menyelipkan permainan, seperti tepuk-tepukan tangan, yang jumlah tepuknya salah/tidak sesuai akan maju ke depan terlebih dahulu, agar suasana kelas tidak membosankan.

  2. Nama : Sutriana Rahayu
    NIM : 501323022
    Prodi : MPDR
    UPJJ : Surabaya
    Dari cuplikan video yang berjudul I want a be tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa strategi untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran B. Inggris mengembangan speaking english mereka meskipun tidak banyak ucapan speaking english mereka kita sebagai pendidik bisa memancing atau memberi rangsangan tanya jawab dulu untuk membiasakan mereka dalam speaking englishnya. dalam video tersebut dapat kita contoh atau kita implementasikan dalam pembelajaran masing-masing khususnya pada pembelajaran B. inggris. kemdian siswa diminta untuk melengkapi essay yang telah dibuat oleh guru b.inggris supaya mereka dapat mengembangkan melalui guided writing dengan itu dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam b.inggris. kemudian siswa kedepan untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah mereka tulis dan melengkapi kalimat tersebut dengan mempresentasikan supaya dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam speaking english yang baik.

  3. Nama : IQBAL TAWAKKAL
    NIM : 501333023
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Malang

    Dari video pembelajaran di atas, metode yang digunakan guru sangat menarik dan sederhana dalam pembelajaran. Terlihat dari antusias peserta didik dalam menjawab pertanyaan dari guru tersebut. Dengan pembelajaran yang disajikan dapat menimbulkan komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik. Dalam hal ini kemampuan speaking, listening, dan writing peserta didik diasah dengan cara yang sederhana. sehingga peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran dengan sangat aktif dan saling antusias.
    Dengan menggabungkan guided writing dan kesempatan untuk berbicara di depan kelas, siswa dapat memperoleh pengalaman praktis dalam menggunakan bahasa Inggris secara aktif.
    Manfaat:
    1. Pengembangan keterampilan berbicara: Video ini menekankan pentingnya mengembangkan keterampilan berbicara siswa. Berbicara dalam bahasa Inggris secara lancar dan percaya diri merupakan tujuan yang penting dalam pembelajaran bahasa, dan metode yang diperlihatkan dalam video ini dapat membantu siswa mencapai tujuan tersebut.
    2. Guided writing sebagai landasan: Dengan memberikan guided writing, guru memberikan struktur dan bimbingan dalam menulis kalimat yang relevan dengan topik profession. Hal ini membantu siswa memahami struktur kalimat yang tepat serta memperluas kosakata mereka terkait topik tersebut.
    3. Meningkatkan kemampuan bercerita: Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas tentang apa yang telah mereka tulis. Ini mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan bercerita, meningkatkan kelancaran berbicara, dan memperkaya penggunaan kosakata dan struktur kalimat dalam konteks yang nyata.
    4. Keterampilan presentasi dan kepercayaan diri: Saat siswa diminta untuk menyampaikan cerita mereka di depan kelas, mereka melatih keterampilan presentasi mereka. Pengalaman ini dapat membantu siswa merasa lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum, mengatur gagasan mereka, dan berkomunikasi dengan jelas dan efektif.

  4. MIFTAKHUL JANNAH
    NIM 501213151
    PRODI Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ SERANG BANTEN

    Dalam video pembelajaran bahasa inggris di SMP tersebut guru mengajak siswa untuk interaktif dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Peserta didik dilatih untuk terampil berbicara dengan menyuruh menyampaikan cita-citanya dengan berbahasa inggris. Sehingga peserta didik akan lebih percaya diri berbicara dengan orang asing dan meningkatkan peluang untuk berteman dengan orang lain dari berbagai negara.
    Terdapat 4 sklil basic yang harus dikuasai terlebih dahulu seperti Reading (membaca), Listening (mendengarkan), Writing (menulis) dan Speaking (berbicara)
    Saran dalam video pembelajaran tersebut guru harus terlebih dahulu memberikan contoh ke peserta didik agar meningkatkan kepercayaan diri peserta didik berbicara menggunakan bahasa inggris.

  5. Febry Sabrani Putri
    NIM 501312908
    Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT Samarinda

    Dalam tayangan video pembelajaran Bahasa Inggris di SMP ini, menurut saya kegiatan yang telah dilakukan guru dan siswanya itu sangat interaktif dan yang dilakukan guru didalam video tersebut dengan memberikan peserta didik kesempatan menyampaikan cita-cita mereka dengan Bahasa Inggris merupakan langkah yang tepat untuk melatih skill speaking siswa, mereka menjadi terbiasa berbicara menggunakan bahasa inggris di depan teman-temannya dengan cara yang sederhana dan mereka sukai. Saya menjadi menemukan cara serta dampak yang positif dalam pembelajaran yang dilakukan tersebut.

    Akan tetapi menurut saya, akan lebih menarik jika dalam pembelajaran digunakan media lain, seperti penayangan video mengenai berbagai profesi yang ada serta manfaatnya dalam kehidupan. Kemudian agar suasana kelas tidak membosankan guru dapat memberikan ice breaking sehingga dapat membangkitkan dan menjaga semangat belajar siswa.

  6. Febry Sabrani Putri
    NIM 501312908
    Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT Samarinda

    Dalam tayangan video pembelajaran Bahasa Inggris di SMP ini, menurut saya kegiatan yang telah dilakukan guru dan siswanya itu sangat interaktif dan yang dilakukan guru didalam video tersebut dengan memberikan peserta didik kesempatan menyampaikan cita-cita mereka dengan Bahasa Inggris merupakan langkah yang tepat untuk melatih skill speaking siswa, mereka menjadi terbiasa berbicara menggunakan bahasa inggris di depan teman-temannya dengan cara yang sederhana dan mereka sukai. Saya menjadi menemukan cara serta dampak yang positif dalam pembelajaran yang dilakukan tersebut.

    Akan tetapi menurut saya, akan lebih menarik jika dalam pembelajaran digunakan media lain, seperti penayangan video mengenai berbagai profesi yang ada serta manfaatnya dalam kehidupan. Kemudian agar suasana kelas tidak membosankan guru dapat memberikan ice breaking sehingga dapat membangkitkan dan menjaga semangat belajar siswa.

  7. Eko wahyudin; 501172902; Magister Pendidikan Dasar; UT Palembang

    Setelah mengamati Video “I Want To Be”, pembelajaran belajar bahasa inggris dapat dilakukan dengan cara yang sederhana namun sangat menarik. dengan menggunakan guided writing, guru membimbing peserta didik untuk menyusun kalimat yang tepat sehingga menjadi sebuah cerita. selain itu, peserta didik belajar berbicara dan bercerita di depan guru dan teman-teman nya. Pada awalnya peserta didik melengkapi kalimat kemudian bercerita menggunakan guided writing dengan topik tentang cita-cita. Dalam pembelajaran tersebut, peserta didik sangat antusias dalam proses pembelajaran karena topik pembelajaran langsung berkaitan dengan peserta didik itu sendiri. Dari video tersebut, ternyata belajar bahasa inggris mudah dan menyenangkan.

  8. Nama : Ni Luh Nita Sari
    NIM : 501353168
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT Denpasar

    Dalam video diatas dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat menarik bagi saya seorang guru. hal ini dilihat dari begitu antusiasnya siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru. pembelajaran ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran terjalin komunikasi yang baik antara guru dan siswa. dengan menggabungkan guided writing dan kesempatan untuk berbicara di depan kelas, siswa dapat memperoleh pengalaman praktis dalam bahasa inggris yang baik. saran yang dapat saya berikan. proses pembelajaran yang dilaksanakan pada video diatas sudah bagus dan berjalan dengan kondusif namun apabila ditambah dengan penggunaan media video maka pembelajaran akan bisa lebih menarik lagi.

  9. Nama : Ika Septian Ciptaningtyas
    NIM : 501253044
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ Semarang

    Video ini dapat menjadi inspirasi bagi guru untuk merancang strategi pembelajaran kreatif yang melibatkan siswa secara aktif. Pendekatan yang menarik dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan menginspirasi. Melalui kegiatan guided writing, siswa diarahkan untuk menggunakan imajinasi dan kreativitas mereka untuk mengembangkan cerita mereka sendiri. Ini dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan mengekspresikan ide mereka dengan cara yang unik.

    Saran dan Masukan :
    Selain penggunaan guided writing, pertimbangkan untuk memasukkan berbagai jenis aktivitas dalam video, seperti permainan berbicara, peran bermain, atau diskusi kelompok. Ini akan memberikan variasi dan menjaga minat belajar

  10. Nama : Triyatno
    NIM : 501172934
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Palembang

    Berdasarkan pengamatan saya terhadap video pembelajaran tersebut, saya mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut:
    – Efektif dalam mengembangkan keterampilan berbicara. Video pembelajaran tersebut dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan efektif. Video tersebut memberikan berbagai aktivitas yang dapat membantu siswa berlatih menggunakan bahasa Inggris secara aktif.
    – Menyenangkan dan interaktif. Video pembelajaran tersebut disajikan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Video tersebut menggunakan animasi dan ilustrasi yang menarik perhatian siswa.
    – Dapat diterapkan di kelas. Video pembelajaran tersebut dapat diterapkan di kelas dengan mudah. Video tersebut dapat digunakan sebagai materi pembelajaran atau sebagai sumber referensi bagi guru.

Leave a Reply