Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar vidkeo harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut saya strategi yang digunakan guru sudah tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kompetensi dasar yang terantum dalam kurikulum2013.
–
Nama : Invita Ades Prastika
NIM : 501202134
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ Jakarta
Yang saya pelajari dari video ini adalah bagaimana belajar mengembangkan keterampilan speaking mengenai profession. Pada video tersebut guru memberikan pertanyaan pemantik tentang macam-macam profesi yang mereka ketahui, setelah itu guru memberikan LK (Lembar Kerja) untuk complete sentence. Setelah itu setiap siswa maju kedepan untuk menyampaikan hasil jawaban mereka masing-masing. Manfaat yang saya dapatkan setelah menonton video ini guru dapat meningkatkan kemampuan skill siswa dalam keterampilan speaking. Masukannya video ini perlu durasi lebih lama dan dijelaskan dari awal pembelajaran ini menggunakan metode apa, topik apa dan kelas berapa seperti video-video pembelajaran dimasa sekarang. Dijelaskan apa saja tahapan kegiatan awal, inti, dan penutup.
Nama : Buniks Rehulina Sitepu
NIM : 501573827
Prodi : Magister Pendidikan dasar
Topik profession merupakan topik yang menarik dan relevan dengan kehidupan siswa. Siswa dapat belajar tentang berbagai jenis pekerjaan, tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan, serta keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di bidang tersebut.
Berikut adalah beberapa manfaat dari teknik bahasa Inggris keterampilan berbicara siswa melalui topik profession:
• Meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Topik profession merupakan topik yang menarik dan relevan dengan kehidupan siswa. Hal ini
dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris.
• Membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris. Topik profession dapat memberikan siswa banyak kesempatan untuk berlatih
berbicara bahasa Inggris. Siswa dapat belajar bagaimana menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif.
• Membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang dunia kerja. Topik profession dapat memberikan siswa wawasan tentang berbagai jenis
yang ada di dunia. Hal ini dapat membantu siswa untuk membuat keputusan yang tepat tentang masa depan mereka.
Nama : Ninis Wahyuni
NIM : 501322883
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ Surabaya
Peserta didik dapat belajar cara mengembangkan keterampilan berbicara (speaking) terkait dengan profesi. Mereka juga dapat belajar cara menyampaikan ambisi atau cita-cita mereka secara lisan di depan kelas. Selain itu, peserta didik juga dapat belajar cara mengungkapkan alasan di balik ambisi atau cita-cita mereka.
Saran saya adalah guru meminta peserta didik untuk berlatih berbicara di depan kelas tentang ambisi atau cita-cita mereka. Guru dapat memberikan umpan balik konstruktif untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan berbicara mereka. Selain itu, guru juga dapat memberikan contoh-contoh yang relevan untuk memberikan inspirasi kepada peserta didik.
Nama : Aswin Rizky Della
NIM : 501343088
UPBJJ : Jember
Manfaat dari metode pembelajaran yang diperlihatkan dalam video tersebut. Memang, kombinasi antara guided writing dan kesempatan untuk berbicara di depan kelas memiliki banyak keuntungan, terutama dalam pengembangan keterampilan berbahasa siswa. Berikut adalah beberapa tambahan dan pemahaman lebih lanjut terkait manfaat yang Anda sebutkan:
1. Pengembangan Keterampilan Berbicara:
Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara di depan kelas, guru menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan keterampilan berbicara. Ini tidak hanya melibatkan kemampuan mereka untuk menggunakan kosakata dan struktur kalimat dengan benar tetapi juga untuk menyampaikan ide dengan jelas dan efektif.
2. Guided Writing Sebagai Landasan:
Guided writing memberikan landasan yang struktural untuk siswa, membantu mereka memahami bagaimana menyusun kalimat dengan benar dan relevan dengan topik tertentu. Ini memberikan pondasi yang kuat untuk pengembangan kemampuan menulis mereka.
3. Meningkatkan Kemampuan Bercerita:
Proses menyampaikan cerita di depan kelas mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan bercerita mereka. Mereka belajar untuk menyusun gagasan mereka secara logis, mengaitkan peristiwa, dan membuat narasi yang koheren.
4. Keterampilan Presentasi dan Kepercayaan Diri:
Melibatkan siswa dalam presentasi di depan kelas membantu mereka melatih keterampilan presentasi dan meningkatkan kepercayaan diri. Ini adalah keterampilan yang penting tidak hanya dalam konteks bahasa Inggris tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari dan karir di masa depan.
5. Penggunaan Bahasa dalam Konteks Nyata:
Dengan menekankan pada topik profesi dan mengajak siswa untuk berbicara tentang hal itu, pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan relevan. Siswa dapat mengaitkan bahasa yang mereka pelajari dengan situasi kehidupan nyata.
6. Meningkatkan Keterlibatan dan Antusiasme:
Dengan menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan antusias, guru dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Siswa yang aktif terlibat cenderung lebih bersemangat untuk belajar dan mengembangkan keterampilan berbahasa mereka.
Pendekatan ini tidak hanya membantu siswa dalam menguasai keterampilan bahasa Inggris, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk berbicara dan berkomunikasi dengan percaya diri dalam berbagai situasi di masa depan.
Nama : Yuwana Dhian Marta
NIM : 501332877
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ Malang
Manfaat : Kegiatan pembelajaran dilaksanakan guru dengan menggunakan gagasan tertulis yang harus dijelaskan secara lisan (menulis terbimbing).
Kegiatan ini memungkinkan siswa untuk berlatih dan meningkatkan keterampilan berbicaranya dengan bercerita tentang teks tertulis, terutama pada sesi menulis terbimbing.
Panduan sering kali mencakup solusi untuk masalah umum atau kendala yang mungkin dihadapi oleh pengguna. Ini membantu pengguna memecahkan masalah secara mandiri tanpa harus mencari bantuan tambahan.
Nama : Ninda Karima
NIM : 501201963
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ Jakarta
Berdasarkan tayangan video pembelajaran Bahasa Inggris di SMP tersebut, pendekatan yang digunakan sangatlah interaktif. Hal ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif berpartisipasi dengan menyampaikan cita-cita mereka. Topik pembelajaran tidak hanya disajikan secara umum, tetapi langsung berkaitan dengan kehidupan dan minat peserta didik, menciptakan keterkaitan yang erat dengan konteks sehari-hari. Saran saya, sebagai langkah untuk mencegah kebosanan, penggunaan media pembelajaran juga dijaga agar lebih variatif, sehingga siswa merasa terlibat dan tertarik dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap Bahasa Inggris nantinya, tetapi juga mendorong mereka untuk lebih aktif dan bersemangat dalam mengembangkan keterampilan berbahasa.
Menurut pendapat saya bahwa video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa.
Manfaat bagi saya adalah saya memahami bagaimana mengembangkan speaking siswa dengan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya karena saya melihat siswa antusias dalam proses pembelajaran mungkin karena the profession adalah hal yang menarik bagi siswa sehingga mampu membuat siswa berbicara dalam Bahasa inggris dan pemberian aplaus membuat siswa merasa senang karena merasa dihargai hasil kerjanya.
masukan dan saran anda tentang video pembelajaran :
Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Nama : DANIEL KRISNA SANTOSO
NIM : 501322719
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ Surabaya
Guide writing atau panduan menulis memiliki sejumlah manfaat dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris. Dengan menulis, individu cenderung memperluas kosakata mereka. Ketika menulis, seseorang akan mencari kata-kata yang tepat untuk mengekspresikan pikiran mereka, yang pada gilirannya memperkaya kosakata mereka. Kosakata yang luas sangat membantu dalam berbicara karena memberikan lebih banyak pilihan kata untuk mengekspresikan diri secara efektif. Menulis memungkinkan seseorang untuk memahami struktur kalimat dan tata bahasa dengan lebih baik. Ketika seseorang menulis dengan benar, mereka cenderung menggunakan tata bahasa yang benar dalam berbicara. Struktur kalimat yang baik dan penggunaan tata bahasa yang tepat sangat penting untuk komunikasi yang jelas dan efektif. Proses menulis membantu mengorganisir pikiran dan ide dengan lebih baik. Saat seseorang telah terbiasa menyusun ide-ide mereka secara tertulis, mereka akan lebih mudah mengungkapkannya secara lisan. Ini meningkatkan kelancaran berbicara karena pikiran lebih terorganisir dan logis.
Nama: Novita Martika Putri
NIM: 501353057
Mahasiswa Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ: Denpasar.
Dari video yang membahas pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah, saya mempelajari beberapa hal penting terkait pengembangan keterampilan berbicara siswa melalui topik profesi. Berikut adalah poin-poin utama yang saya dapatkan:
1. Pendekatan Guided Writing:
– Struktur Terarah: Guru memberikan kalimat yang harus dilengkapi oleh siswa, memberikan kerangka kerja yang membantu mereka memulai menulis. Ini sangat efektif dalam membantu siswa yang mungkin merasa kesulitan memulai dari nol.
– Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Berbicara: Setelah menyelesaikan tugas menulis, siswa diminta untuk menceritakan tulisan mereka di depan kelas. Ini membantu mengembangkan keterampilan berbicara dan rasa percaya diri.
2. Topik Profesi sebagai Alat Pembelajaran:
– Konteks Nyata: Membahas topik profesi memberikan konteks nyata yang relevan bagi siswa. Ini membantu mereka mengaitkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari dan masa depan mereka.
– Pengayaan Kosakata: Topik ini memperkenalkan kosakata baru terkait profesi dan pekerjaan, memperluas pengetahuan bahasa siswa.
Manfaat yang Saya Dapat dari Mengamati Video Pembelajaran Tersebut:
– Pendekatan Terstruktur: Pendekatan guided writing memberikan struktur yang jelas bagi siswa, membantu mereka mengorganisir pemikiran dan meningkatkan kemampuan menulis.
– Meningkatkan Rasa Percaya Diri: Dengan menceritakan tulisan mereka di depan kelas, siswa belajar berbicara di depan umum, yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan keterampilan presentasi.
– Pembelajaran Kontekstual: Menggunakan topik profesi membuat pembelajaran lebih kontekstual dan menarik, memotivasi siswa untuk belajar lebih giat karena relevansi materi dengan kehidupan mereka.
Masukan dan Saran untuk Video Pembelajaran:
– Variasi Topik: Selain topik profesi, guru bisa menggunakan berbagai topik menarik lainnya yang relevan dengan kehidupan siswa untuk menjaga variasi dan minat dalam pembelajaran.
– Penggunaan Media Pendukung: Menambahkan media pendukung seperti gambar, video, atau role-play tentang profesi dapat membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik.
– Feedback yang Konstruktif: Memberikan feedback yang konstruktif dan spesifik kepada siswa setelah mereka bercerita dapat membantu mereka memperbaiki dan meningkatkan keterampilan berbicara mereka.
Secara keseluruhan, video ini memberikan strategi yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui pendekatan guided writing dan topik yang relevan. Dengan beberapa penyesuaian dan tambahan, pembelajaran dapat menjadi lebih dinamis dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Nama : Zulfah Adiatmah Nauap
NIM: 501393154
Mahasiswa Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ: MAJENE
Menurut pendapat saya, video pembelajaran tersebut tampaknya sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan memulai dengan pertanyaan pemantik tentang profesi, guru berhasil menarik perhatian siswa dan memotivasi mereka untuk berpartisipasi aktif. Langkah berikutnya, yaitu memberikan lembar kerja untuk melengkapi kalimat, memungkinkan siswa untuk berpikir kritis dan mengorganisir pikiran mereka sebelum berbicara. Kegiatan presentasi di depan kelas memberi siswa kesempatan untuk berlatih berbicara di depan umum, yang merupakan keterampilan penting.
Manfaat utama dari video ini adalah kemampuan guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan mendorong siswa untuk menggunakan bahasa Inggris dalam konteks nyata. Ini tidak hanya membantu dalam mengembangkan keterampilan berbicara mereka tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri mereka.
Namun, ada beberapa area yang bisa ditingkatkan. Misalnya, durasi video bisa diperpanjang agar dapat mencakup lebih banyak detail dan penjelasan. Menjelaskan metode pengajaran yang digunakan, topik yang diajarkan, dan kelas yang diajar dari awal akan memberikan konteks yang lebih baik bagi penonton. Selain itu, menguraikan tahapan kegiatan awal, inti, dan penutup secara lebih rinci akan membantu penonton memahami struktur pembelajaran yang diterapkan.
Dengan demikian, video ini sudah sangat baik dalam menunjukkan cara meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan beberapa penambahan dan penjelasan lebih lanjut, video ini dapat menjadi sumber yang lebih berharga bagi guru yang ingin menerapkan metode serupa di kelas mereka.