Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar vidkeo harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut saya strategi yang digunakan guru sudah tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kompetensi dasar yang terantum dalam kurikulum2013.
–
Metode pembelajaran yang ditampilkan dalam video menawarkan berbagai manfaat yang signifikan, terutama dalam pengembangan keterampilan berbahasa siswa. Kombinasi antara guided writing dan kesempatan berbicara di depan kelas menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan efektif. Berikut adalah tambahan penjelasan tentang manfaat yang disebutkan, disertai dengan pemahaman yang lebih mendalam:
(1) Pengembangan Keterampilan Berbicara:
Salah satu manfaat utama dari metode ini adalah peningkatan keterampilan berbicara siswa. Dengan memberikan kesempatan berbicara di depan kelas, guru mendorong siswa untuk melatih kemampuan mereka dalam menggunakan kosakata dan struktur kalimat yang tepat. Selain itu, siswa belajar untuk menyampaikan ide dan pemikiran mereka dengan jelas dan efektif. Keterampilan berbicara yang kuat akan membantu siswa dalam berbagai situasi komunikasi, meningkatkan kepercayaan diri, dan kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan orang lain.
(2) Guided Writing Sebagai Landasan:
Guided writing berperan penting dalam memberikan landasan struktural bagi siswa. Melalui guided writing, siswa belajar bagaimana menyusun kalimat yang koheren dan relevan dengan topik tertentu. Mereka diarahkan untuk fokus pada tata bahasa, pilihan kata, dan organisasi ide. Landasan ini sangat penting dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa, yang pada gilirannya akan meningkatkan keterampilan berbahasa mereka secara keseluruhan. Siswa belajar untuk mengekspresikan pemikiran mereka secara efektif melalui tulisan, yang juga akan memengaruhi kemampuan berbicara mereka.
(3)Peningkatan Kemampuan Bercerita:
Proses menyampaikan cerita di depan kelas tidak hanya melatih keterampilan berbicara siswa tetapi juga mengembangkan kemampuan bercerita mereka. Siswa didorong untuk menyusun gagasan, mengaitkan peristiwa, dan menciptakan narasi yang koheren. Kemampuan bercerita yang kuat akan membantu siswa dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk presentasi ide, pengembangan kreativitas, dan kemampuan untuk melibatkan pendengar atau pembaca. Siswa belajar untuk menangkap minat audiens mereka dan menyampaikan pesan dengan dampak yang kuat.
(4) Keterampilan Presentasi dan Kepercayaan Diri:
Melibatkan siswa dalam presentasi di depan kelas menawarkan kesempatan berharga untuk mengembangkan keterampilan presentasi dan meningkatkan kepercayaan diri. Keterampilan presentasi sangatlah penting, tidak hanya dalam konteks belajar bahasa Inggris tetapi juga dalam berbagai aspek kehidupan dan karir di masa depan. Siswa belajar untuk mengatur pemikiran mereka, menyampaikan informasi dengan jelas, dan berinteraksi dengan audiens. Kepercayaan diri yang mereka kembangkan akan membantu siswa merasa lebih nyaman dan percaya diri dalam berbagai situasi, meningkatkan prospek mereka untuk sukses.
(5) Penggunaan Bahasa dalam Konteks Nyata:
Dengan fokus pada topik profesi, pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan relevan. Siswa dapat menghubungkan bahasa yang mereka pelajari dengan situasi kehidupan nyata. Mereka belajar kosakata dan frasa yang terkait dengan berbagai profesi, memperluas pemahaman mereka tentang dunia di sekitar mereka. Konteks nyata membuat pembelajaran lebih bermakna dan memotivasi siswa untuk terlibat aktif.
(6) Peningkatan Keterlibatan dan Antusiasme:
Metode pembelajaran interaktif ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan antusiasme siswa. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan menyenangkan, siswa lebih cenderung tertarik dan bersemangat untuk berpartisipasi. Keterlibatan aktif mendorong siswa untuk mengambil kepemilikan atas pembelajaran mereka, meningkatkan motivasi intrinsik, dan akhirnya meningkatkan hasil belajar. Siswa yang antusias cenderung lebih terbuka terhadap gagasan baru dan lebih termotivasi untuk berlatih dan mengembangkan keterampilan berbahasa mereka.
Pendekatan pembelajaran yang ditunjukkan dalam video menawarkan manfaat yang luas, mulai dari pengembangan keterampilan berbahasa hingga peningkatan kepercayaan diri dan keterampilan presentasi. Siswa didorong untuk berpikir kreatif, berkomunikasi dengan jelas, dan terlibat aktif dalam proses belajar. Metode ini mempersiapkan siswa tidak hanya untuk menguasai bahasa Inggris tetapi juga untuk menjadi komunikator yang efektif dan percaya diri dalam berbagai situasi di masa depan.
Nama : Y Erwin Prana Rendra
NIM : 501122993
Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Batam
Pendekatan pembelajaran yang ditunjukkan dalam video menawarkan banyak manfaat, mulai dari pengembangan keterampilan berbahasa hingga peningkatan kepercayaan diri dan keterampilan presentasi. Siswa didorong untuk berpikir kreatif, berkomunikasi dengan jelas, dan terlibat aktif dalam proses belajar. Metode ini mempersiapkan siswa tidak hanya untuk menguasai bahasa Inggris tetapi juga untuk menjadi komunikator yang efektif dan percaya diri dalam berbagai situasi di masa depan. Saya sangat setuju dengan metode pembelajaran yang dijelaskan dalam video ini. Metode ini inovatif, menarik, dan terbukti efektif dalam meningkatkan berbagai aspek kemampuan berbahasa siswa. Saya merekomendasikan metode ini kepada para guru bahasa Inggris yang ingin menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan bermakna bagi siswanya.
Nama :Wiwiteria Lestari:
Nim : 501312646
Magster Pendidikan Dasar
UPBJJ-UT : Samarinda
Video kegiatan pembelajaran ini memberikan manfaat yang signifikan untuk guru dan siswa , bagaimana mengembangkan speaking menggunaka profesi, kalimat-kalimat ringan yang mudah di pahami siswa. sehingga siswa terlibat aktif dan berpartisi . Guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan menyenangkan. sehingga dapat mencapai tujuan belajar yang di harapkan.
Nama : Putri Camelia Dalimunthe
Nim : 501573716
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Medan
Setelah menyimak dan memahami video seri belajar “ IWant To be” saya mempelajari hal baru bagaimana cara guru dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan berbicara siswa mealui topik profession dengan memebrikan berupa kegiatan yang mempunya banyak manfaat yang di tunjukkan oleh video yaitu seperti:
1. Meningkatkan kemampuan menulis siswa karena guided writing dapat membantu siswa untuk fokus dan terarah dalam menulis, memberikan panduan dan
struktur yang jelas bagi siswa, sehingga mereka tidak mudah bingung dan kehilangan arah saat menulis.
2. Meningkatkan pemahaman siswa tentang struktur teks bagaimana teks yang baik dibangun, dengan memperhatikan struktur paragraf, kalimat, dan
penggunaan kata yang tepat.
3. Meningkatkan kemampuan siswa untuk menggunakan bahasa yang efektif karena Guided writing membantu siswa untuk memilih kata-kata yang tepat dan
menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami.
4. Membantu siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menganalisis informasi, mengembangkan ide-ide baru, dan mengekspresikan ide-ide mereka dengan
cara yang kreatif.
5. Membantu siswa untuk merasa lebih percaya diri dalam menulis.
Dari video pembelajaran tersebut saya memperoleh manfaat yaitu pengetahuan baru mengenai guided writing dan cara menerapkan di sekolah. Dengan adanya video ini menjadi menambah sumber referansi saya mengenai bagaimana cara kita sebagai guru mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa kita khususnya pada pelajaran bahasa inggris.
Saya tidak memiliki masukan terhadap video pembelajaran ini karena menurut saya video pembelajaran tersebut sudah bagus, dari segi penyampaian materi juga jelas, singkat dan padat dan durasi video pembelajaran tidak terlalu panjang. Sehingga yang melihat video ini lebih mudah memahaminya. Untuk saran mungkin saya berharap pihak UT dapat memberikan lebih banyak video seperti ini karena sangat membantu dalam menambah pengetahuan kami.
Video ini membahas tentang keterampilan berbicara/speaking peserta didik melalui topik profession. Guru memberikan kata kata simple untuk mempermudah peserta didik untuk mengerti. Guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi peserta didik, peserta didik diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya. Cara ini membantu peserta didik untuk bercerita. Membantu peserta didik berfikir kritis, percaya diri dan lebih bermakna serta menyenangkan untuk peserta didik dan dapat mewujudkan tujuan dari metari pembelajaran.
Manfaat setelah mengamati video ini diantaranya:: Tentang strategi Pengelolaan kelas, situasi pembelajaran kondusif, video tersebut bisa menjadi contoh bagaimana cara mengaktifkan peserta didik, melatih kemampuan peserta didik berbicara didepan kelas, percaya diri. Saran setelah mengamati video ini dianataranya menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar, perlu adanya kegiatan diskusi agar pembelajaran lebih aktif dan berkolaborasi antar peserta didik.
Nama : Fajar Sumirat
Nim : 501122757
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Batam
video ini sudah bagus, guru menerangkan tentang impian. hanya saja dalam konten video tersebut ada yang perlu diperhatikan, misalnya guru didalam video ternsebut di 1:36 guru menanyakan What is your ambition? lalu murid menjawab Pilot. Dan guru menjawab lagi That’s Good. Menurut saya itu jawaban yang tidak tepat atau justru pertanyaan dari gurunya yang kurang tepat jika dijawab Pilot. Karna jika ditanya What is your ambition? maka semestinya jawabannya bukan noun, tapi senteces. Misal jika murid ditanya what is your ambition? maka jawabannya mesti ” My ambition for the future is to continue to grow, develop, and make meaningful progress in my life and career. I want to work hard and never stop striving. And some day i will be a pilot. atau seandainya guru tau jawaban siswa akan singkat, maka hendaknya guru bertanya What will you want to be in future? maka siswa menjawab A Pilot. Menurut saya pertanyaan seperti itu lebih tepat sesuai dengan kondisi murid, karna kata Ambition itu luas, lebih luas dari jawaban yang hanya sekedar noun. Terimakasih.
Nama : Iis Kurniasih
NIM : 501213065
Dari vidio tersebut saya melihat ada berbagai manfaat dalam pembelajaran bahasa inggris melalui topik profesi, Manfaat Pembelajaran Melalui Profesi tersebut diantaranya :
• Meningkatkan keterampilan berbicara dan presentasi
• Meningkatkan keterampilan menulis
• Meningkatkan rasa percaya diri
• Meningkatkan Tingkat kesiapan kerja
Alasannya : memanfaatkan topik profesi dalam pembelajaran Bahasa inggris dapat meningkatkan keterampilan mengembangkan bahsa yang relevan dan praktis.
Nama : Khalida Ziah Siregar
NIM : 501573454
Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Medan
Setelah menonton dan menyimak video tersebut ada banyak manfaat yang saya rasakan sebagai seorang pendidik. dimana dalam video tersebut seorang guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan profesi apa yang diinginkan setiap siswa. dalam kegiatan ini ada banyak manfaat yang didapatkan salah satunya melatih ke percaya dirian dari setiap siswa, ini melatih siswa untuk belajar public speaking di depan kelas. mereka diminta untuk menceritakan profesi apa yang diinginkan oleh masing-masing siswa, selain bercerita siswa dituntut untuk percaya diri dan melatih problem solving serta berfikir kritis. karena sebelum siswa menuliskan apa yang diinginkannya maka terjadi proses berfikir kritis. metode pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi saya, bukan hanya dalam pelajaran bahasa inggris saja tetapi dapat diterapkan disemua pelajaran, yakni guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi oleh siswa, kemudian menyampaikan apa yang ditulis dengan bercerita didepan kelas. menurut saya ini metode yang menarik membuat suasana belajar menjadi hidup dan terjadi komunikasi dua arah, siswa tidak hanya mendengarkan saja tetapi menyimak, kemudian menuliskan profesi yang diinginkan, lalu menyampaikan dan bercerita didepan kelas. kegiatan ini membuat siswa aktif mengikuti proses belajar mengajar.
Video tersebut dapat meningkatkan keterampilan serta keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris, metode guided writing memungkinkan guru mendemonstrasikan pada siswa bagaimana menulis teks deskripsi dan kemudian guru dapat memfasilitasi siswa mengembangkan teksnya sendiri. Topik profesi yang digunakan sangat menarik untuk dipraktikan pada kelas, sehingga imajinasi peserta didik dilatih dan dikembangkan untuk menemukan pembelajaran yang bermakna. Peserta didik diberikan kesempatan untuk tampil didepan kelas, beberapa apresiasi juga diberikan baik dalam bentuk verbal maupun non verbal. Metode guided writing memberikan kesempatan untuk peserta didik untuk mampu mengungkapkan gagasan, ide, pendapat, dan pengetahuan secara sistematis dan tertulis serta memiliki kegemaran menulis.
Nama : Handy Prasetya Mulya
NPM : 501213019
Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Serang
Dalam video “I Want To Be” saya mempelajari hal baru untuk bagaimana guru membantu siswa mengembangkan keterampilan dalam berbahasa inggris dengan topik profesionalitas dan kegiatan yang bermanfaat. Dan guru juga dapat membuat lingkungan belajar yang dinamis dan menyenangkan.