Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar vidkeo harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut saya strategi yang digunakan guru sudah tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kompetensi dasar yang terantum dalam kurikulum2013.
–
NAMA : UMI NADHIFAH
NIM : 501333087
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
UPBJJ : MALANG
Pembelajaran yang dilakukan dalam video tersebut bagi saya akan sangat sulit diterapkan, jika muridnya seperti saya yang tidak memiliki dasar pengetahuan bahasa inggris di tingkat SD. Pembelajaran full dilakukan dengan menggunakan bahasa inggris, sehingga anak tidak dapat memahami sama sekali apa yang dibicarakan dalam seluruh kegiatan pembelajaran.
Namun, jika ini diterapkan pada kelas yang memang sudah memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, maka kegiatan ini sangat baik dilakukan karena membiasakan siswa untuk melafalkan bahasa inggris dalam keseluruhan kegiatan pembelajaran, serta memberi kesempatan siswa untuk melatih keberanian dengan menyampaikan ide-idenya di depan rekan lainnya.
Nama : Nur Afiana
NIM : 501173019
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Palembang
Berdasarkan video pembelajaran tersebut strategi pembelajaran bahasa inggris yang dterapkan guru adalah dengan meminta siswa untuk melengkapi guided writing yang telah disiapkan oleh guru dengan topik pembahasan tentang ambisi atau cita-cita mereka. Ketika di awal pembelajaran guru bertanya mengenai ambisi setiap siswa, namun tidak ada siswa yang menjawab. Setelah itu guru mencoba memberikan contoh-contoh bentuk ambisi atau cita-cita, lalu siswa mulai menyampaikan cita-cita mereka masing-masing. Setelah itu guru memberikan kertas yang harus dilengkapi oleh siswa tentang identitasnya, cita-citanya, serta alasan ingin menjadi profesi tersebut. Setelah selesai, siswa diminta untuk membacakan hasil tulisannya di depan kelas. Kegiatan tersebut dapat melatih siswa untuk dapat menulis kosakata bahasa inggris dengan baik dan benar dan juga melatih siswa untuk speaking (berbicara) bahasa inggris dengan percaya diri di depan kelas.
Nama : Lucky Ermina Sofia
NIM : 501363176
Prodi : Magister Pendidiakn Dasar
UPJJ Ut : Mataram
tanggapan untuk video I Want To Be
dalam video tersebut, pemebalajaran yang digunakan sangat sederhana yaitu guru memberikan bimbingan melalui kertal yang sudah ada kalimatnya dan siswa tinggal melanjutkannya, cara ini sangat efektif digunakan dalam kegaiatan pembelajaran. mengingat pelajaran bahasa inggris itu susah dalam menyusun kalimat dan cara menyampaiakannya secara lisan, tetapi dengan gaya belajar guru yang digunakan saya sangat tertarik dan saya yakin siswa akan lebih senang belajar bahasa inggris.
NAMA : ANANG RASIDI
NIM : 501453235
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
Ketika saya melihat videonya, saya kagum dengan metode sederhana yang digunakan guru. Cara yang mudah untuk berinteraksi dengan siswa yang terkadang kesulitan mengajak siswa berbicara secara aktif. Meskipun pada awal pembelajaran guru tidak mengajak siswa untuk berdoa, melainkan berpartisipasi terlebih dahulu. Namun, guru menyapa siswa dengan ramah. Secara keseluruhan, penyampaiannya sangat sederhana dan menarik.
I Like this videos
Nama : Aida Fitria
NIM : 501202926
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Jakarta
Dari hasil pengamatan video pembelajaran “I want to be” pada pembelajaran Bahasa Inggris di jenjang SMP, yang saya pelejari dari pembelajaran tersebut berpusat kepada siswa. Siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya tentang cita-cita mereka. Guru melakukan tanya jawab dan memberikan LKS kemudian siswa diberikan kesempatan maju ke depan kelas untuk menyampaikan hasil kerjanya.
Manfaat dari mengamati video ini, pentingnya interaksi guru dengan siswa di kelas. Interaksi antara keduanya memberikan dampak positif yaitu siswa merasa diperhatikan oleh guru dan dari interaksi yang baik ini jika dilakukan secara terus menerus dapat menciptakan kepekaan sosial satu sama lain.
Saran saya mengenai video pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi seperti flash cards tentang profesi.
Nama : Mirnawati
NIM : 501173176
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Palembang
Manfaat yang dapat diambil pada video dengan judul “I want to be” pada kemapuan berbicara yang diasah guru melalui percakapan dengan menggunakan tema profesi menurut Tarigan (2008:88) yaitu: a. Berbicara sebagai suatu cara berkomunikasi karena komunikasi mempersatukan para individu menciptakan serta mengawetkan suatu ikatan kepentingan umum, mempererat suatu persuadaraan, dan menetapkan suatu tindakan. b. Berbicara bermanfaat sebagai seni dan ilmu dikatakan demikian karena pengetahuan mengenai ilmu dan teori berbicara akan sangat bermanfaat dalam menunjang kemahiran serta keberhasilan seni atau praktek berbicara, itulah sebabnya maka dperlukan pendidikan berbicara. c. Berbicara bermanfaat untuk melaporkan atau memberi informasi yaitu memberi dan menanamkan pengetahuan, menerangkan atau menjelaskan suatu proses, dan menafsirkan suatu persetujuan ataupun menguraikan suatu tulisan. d. Berbicara bermanfaat untuk meyakinkan yaitu untuk memperoleh aksi, maka kemauan orang atau pribadi haruslah ditimbulkan untuk memahami serta membayangkan aksi tersebut seperti yang diinginkan karena tidak akan ada pendengar yang tertarik. Manfaat strategi menulis terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi di kelas rendah adalah jika dilihat dari karakteristik siswa kelas rendah strategi menulis terbimbing sangat bermanfaat untuk pembelajaran menulis di sekolah dasar kelas rendah, karena pada dasarnya siswa kelas rendah masih memerlukan bimbingan dalam menulis agar kesalahankesalahan dalam menulis tidak terulang pada jenjang pendidikan berikutnya. Monita (2015, hlm. 427) mengungkapkan pendapatnya bahwa strategi menulis terbimbing bermanfaat untuk membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan menulis secara aktif.
NIM : 501173176
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Palembang
Manfaat yang dapat diambil pada video dengan judul “I want to be” pada kemapuan berbicara yang diasah guru melalui percakapan dengan menggunakan tema profesi, strategi menulis terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi di kelas rendah adalah jika dilihat dari karakteristik siswa kelas rendah strategi menulis terbimbing sangat bermanfaat untuk pembelajaran menulis di sekolah dasar kelas rendah, karena pada dasarnya siswa kelas rendah masih memerlukan bimbingan dalam menulis agar kesalahankesalahan dalam menulis tidak terulang pada jenjang pendidikan berikutnya. saran yang dapat saya berikan seharusnya pada awal pembelajran guru memberikan pertanyaan pemantik dan melakukan apersepsi terlebih dahulu jangan langsung mengarah pada topik pembahasan.
Nama : Yustika Adelina
NIM : 501574266
UPBJJ : Medan
Pembelajaran di kelas sangat menarik bagi pesrta didik. Hal ini terlihat dengan antusiasnya peserta didik dalam menyampaikan cita-citanya. Guru sangat kreatif dengan memberikan guided writing untuk dilengkapi sehingga memudahkan siswa untuk menyampaikan di depan kelas mengenai cita-citanya. Strategi ini menurut saya berhasil membuat siswa lebih percaya diri untuk menyampaikan atau bercerita di depan kelas tentang cita-citanya. Dan hal ini bisa diaplikasikan untuk pembelajaran di sekolah dasar.
Nama: Dinalia Angglena
NIM: 501173001
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ: Palembang
Manfaat yang dapat diambil dari video berjudul “I want to be” tentang pengembangan kemampuan berbicara oleh guru melalui percakapan dengan tema profesi adalah meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dalam video tersebut, guru memberikan bimbingan kepada siswa dalam berbicara tentang profesi yang mereka inginkan. Hal ini memberikan manfaat berikut:
1. Meningkatkan kepercayaan diri: Melalui percakapan tentang profesi, siswa dapat mengungkapkan pikiran dan aspirasi mereka dengan percaya diri. Guru dapat memberikan umpan balik yang positif dan memberikan dorongan kepada siswa untuk lebih percaya diri dalam berbicara di depan orang lain.
2. Memperluas kosakata: Dalam percakapan mengenai profesi, siswa akan terlibat dalam penggunaan kosakata yang berkaitan dengan bidang pekerjaan. Ini membantu mereka memperluas pengetahuan kosakata mereka dan mengenal istilah-istilah yang terkait dengan berbagai profesi.
3. Meningkatkan pemahaman konteks: Melalui percakapan tentang profesi, siswa akan memahami konteks penggunaan bahasa yang tepat. Mereka akan belajar bagaimana mengungkapkan pikiran dan informasi yang relevan dalam konteks pekerjaan tertentu.
4. Mengasah kemampuan berpikir logis: Dalam percakapan tentang profesi, siswa akan belajar untuk mengorganisir ide-ide mereka dengan logis. Mereka akan belajar mengemukakan argumen yang koheren dan menyusun pemikiran mereka dengan baik.
Dalam hal strategi menulis terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi di kelas rendah, penting bagi guru untuk mempertimbangkan karakteristik siswa kelas rendah. Siswa kelas rendah masih dalam tahap perkembangan dan membutuhkan bimbingan dalam menulis untuk menghindari kesalahan yang mungkin berlanjut di jenjang pendidikan berikutnya. Beberapa saran yang dapat diberikan adalah:
1. Menggunakan pertanyaan pemantik: Guru dapat memulai pembelajaran menulis dengan memberikan pertanyaan yang mendorong siswa untuk berpikir dan merespon dengan tulisan mereka. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat memancing pemikiran dan membantu siswa memulai menulis.
2. Melakukan apersepsi: Sebelum memasuki topik pembahasan, guru dapat melakukan apersepsi atau pengenalan materi dengan memberikan contoh-contoh menulis deskripsi, melibatkan siswa dalam diskusi tentang teks-teks tersebut, dan membangun pemahaman dasar sebelum memulai aktivitas menulis.
3. Memberikan panduan dan contoh: Guru dapat memberikan panduan dan contoh tentang cara menulis karangan deskripsi yang baik. Hal ini dapat meliputi penggunaan kalimat-kalimat deskriptif, pengaturan struktur teks yang tepat, dan penggunaan kata-kata yang sesuai untuk menggambarkan suatu objek atau keadaan.
Nama : MUHAMMAD FAKRI RAMBE
NIM : 501574155
Prodi : Pendidikan Dasar (MPDR)
UPBJJ :Medan
Komentar terhadap video: I Want To be
Berdasarkan video tersebut, dapat dilihat para siswa yang sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Siswa antusias mengangkat tangannya untuk menyatakan cita-citanya kepada guru dan teman-temannya. Hal ini dikarenakan cara penyajian materi oleh guru yang baik, dapat dilihat di video, guru tersebut memberikan stimulus di awal pembelajaran mengenai apa itu “Ambition”, siswa yang awalnya tidak paham makna dari topik tersebut kemudian diberikan konsep sederhana dengan contoh oleh guru mengenai jenis cita-cita/ambition. Barulah siswa paham akan makna topik yang dimaksud dan beberapa dari mereka langsung secara bergantian menyatakan cita-cita yang mereka miliki.
Kemudian dapat dilihat dari video, guru memberikan selembar kertas yang berisi isian yang harus diisi oleh siswa berkaitan dengan materi yaitu cita-cita. Setelah selesai mengisi, siswa tersebut menyampaikan apa yang mereka tulis terkait cita-cita mereka dan mengapa mereka bercita-cita seperti itu di depan kelas. Hal ini sangat baik untuk melatih keterampilan public speaking siswa terutama dalam pengucapan berbahasa Inggris. Dengan keterampilan public speaking, siswa dapat terbentuk menjadi orang yang lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya dan belajar menghargai pendapat temannya.