Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar vidkeo harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut saya strategi yang digunakan guru sudah tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kompetensi dasar yang terantum dalam kurikulum2013.
–
Nama : Rosni Erlinda
NIM : 501133101
Prodi : Megister Pendidikan Dasar
UPJJ : Padang
Occording to me, it is one of way to teach English for students, English as a second language is difficult for a stdents, so the teacher can do anthing to teach English, in speaking the teacher can do anything make the students practice English, so if the students often speak English, it will be habbit and English will be easy for them, because tehy have use it everyday
Nama : Pujo Satrio Utomo
NIM : 501173137
UPJJ : Palembang
Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
Menurut pendapat saya mengenai video “I want to be” yakni cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya. Hal tersebut sangat effektif dalam melatih berbicara dalam berbahasa inggris. Siswa yang awalnya tidak paham makna dari topik tersebut kemudian diberikan konsep sederhana dengan contoh oleh guru mengenai jenis cita-cita/ambition. Barulah siswa paham akan makna topik yang dimaksud dan beberapa dari mereka langsung secara bergantian menyatakan cita-cita yang mereka miliki.
Nama : Apria Nuri Herlinda
NIM : 501173072
UPBJJ: Palembang
Prodi : Megister Pendidikan Dasar
Dari Video yang saya lihat yaitu cara mengembangkan kemampuan speaking peserta didik dengan keberanian saat menyampaikan di depan kelas. Cara guru mengembangkan kemampuan speaking tersebut dapat dilakukan dengan bermacam cara, Dengan keterampilan speaking, peserta didik dapat menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.
Nama : Agus Hermanto
NIM: 501343214
Jurusan: Magister Pendidikan Dasar
Dari video tersebut saya sangat tertarik dengan metode yang digunakan guru yaitu dengan memberikan stimulus berupa teks rumpang yang kemudian dilengkapi oleh peserta didik yang nantinya akan diceritakan oleh peserta didik di depan kelas. Ini sangat membantu bagi siswa yang kurang percaya diri dalam bercerita dalam bahasa inggris.
Nama : ERNA FITRI YENTI
NIM: 501133309
Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
Vidio pembelajaran “I Want to be”, bagus skali. Strategi yang Bapak Guru lakukan sudah bagus, guru memberikan guide writting serta penjelasan sehingga murid bisa menangkap materi pembelajaran dan dapat juga berbicara di depan kelaa tentang apa yang mereka kerjakan.
Nama : SUFINA SITI ZULFA
NIM : 501223113
Prodi : MPDR
Dalam video pembelajaran yang ditampilkan dengan judul I want to be, bahwa guru melakukan apersepsi dalam kegiatan pembelajaran dengan 2 arah, siswa terlibat dalam pembelajaran sehingga pembelajaran berlangsung secara aktif. Murid sebagai pusat pembelajaran ( students center ) dan guru mengarahkan siswa. Di akhir kegiatan ketika ada siswa yang berani maju, guru memberikan penghargaan (give applause) itu merupakan strategi pembelajaran yang menarik bagi siswa.
Nama : Tasmira Tahir Rasid
Nim : 2013430178178926162843
Prodi: PGSD
Video tersebut memberikan metode yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik pekerjaan. Namun, terdapat beberapa kekurangan yang dapat diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam video tersebut:
Kurangnya variasi dalam aktivitas berbicara: Video tersebut hanya menampilkan satu jenis aktivitas, yaitu guided writing yang dilengkapi oleh siswa. Kekurangan ini dapat diatasi dengan memperkenalkan variasi aktivitas berbicara lainnya, seperti permainan peran, diskusi kelompok, atau presentasi proyek. Dengan memberikan variasi kegiatan berbicara, siswa akan memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk berlatih berbicara dalam konteks yang berbeda dan mengembangkan keterampilan berbicara mereka secara menyeluruh.
Tidak menyoroti tata bahasa dan kosakata secara eksplisit: Meskipun video tersebut menekankan pada pengembangan keterampilan berbicara, penting juga untuk memberikan perhatian yang cukup pada aspek tata bahasa dan kosakata. Guru dapat menjelaskan dan mengajarkan tata bahasa dan kosakata yang relevan dengan topik pekerjaan sehingga siswa dapat mengungkapkan ide-ide mereka dengan lebih baik dan menggunakan bahasa yang lebih akurat.
Kurangnya penekanan pada pengembangan kepercayaan diri: Dalam video tersebut, tidak ada penekanan yang cukup pada pengembangan kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan kelas. Berbicara di depan kelas bisa menjadi situasi yang menegangkan bagi beberapa siswa. Guru dapat memberikan tips dan latihan khusus untuk membantu siswa mengatasi kecemasan dan membangun kepercayaan diri mereka dalam berbicara di depan publik.
Nama : Ellya Reviana
NIM : 501132797
Vidio pembelajaran tersebut membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam tata catra siswa speaking ( berbicara ). metode yang digunakan guru dalam pembelajaran I want to be yaitu dengan memberikan respon siswa dapat mengisi berupa teks rumpang yang kemudian dilengkapi oleh peserta didik yang nantinya akan diceritakan oleh peserta didik di depan kelas. disinilah tingkat berbicara siswa lebih bagus lagi.
Nama: Neng Satryani S.K
Nim : 501213223
Pada cuplikan video tentang Ambition (cita-cita), murid sudah dapat menumbuhkan kepercayaan dirinya untuk tampil didepan dan bercerita tentang cita-citanya. Tetapi diawal pembelajaran guru tidak diawali dengan doa sebelum pelajaran dimulai dan tidak melakukan absensi untuk mengecek kehadiran siswa.
Nama : Lasri Afrioza
NIM : 501133061
Prodi : Magister Pendidikan Dasar (MPDr)
Video tersebut menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya. Jika dikaikan dengan prinsip dasar psikologis dan pedagogis guru sudah melaksanakan proses pembelajaran yang mampu melatih rasa percaya diri siswa untuk berani bercerita di depan kelas tentang apa yang dituliskannya. Selain itu, guru memberikan kesempatan kepada murid untuk mengungkapkan isi pikirannya melalui guided writing yang harus dilengkapi sehingga memberikan kesempatan waktu kepada murid untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Jika dikaitkan dengan prinsip dasar teknologi, sebaiknya guru memberikan contoh melalui tayangan video pembelajaran tentang salah satu profesi sehingga dapat membuka cakrawala murid dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru.