Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar vidkeo harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut saya strategi yang digunakan guru sudah tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kompetensi dasar yang terantum dalam kurikulum2013.
–
Nama : Tri Listiyani
NIM : 501223152
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Bogor
Manfaat dari mengamati video antara lain saya dapat mengetahui metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, dan strategi guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa dengan tema profesi, dan mengetahui cara guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya sehingga keterampilan berbahasa siswa semakin meningkat.
Masukan dan Saran dari video antara lain guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada semua siswa dalam mengembangkan keterampilan berbicara dengan melakukan tanya jawab atas apa yang dipresentasikan oleh siswa lain sehingga semua siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu guru juga sebaiknya menggunakan video pembelajaran sehingga dapat memberikan variasi media dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa dengan tentang tema “ I Want To Be”
Nama : Leni Pitrianis
Nim. : 501132962
Upbjj. : Padang
Berdasarkan vidio yang ditayangkan dapat dilihat metode dan strategi yang digunakan oleh guru sangat bagus dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa dengan tema profesi, dan mengetahui cara guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya sehingga keterampilan berbahasa siswa semakin meningkat.
Guru juga membuka proses pembelajaran dengan cukup baik, terlihat percaya diri saat menyapa dan menanyakan kabar siswa. Guru sangat berinteraksi dengan baik sehingga siswa mampu mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Guru tampak menggunakan media pada proses pembelajaran yang berkaitan dengan materi tentang profession dan memberikan contoh terkait materi tersebut.
nama : muhammad satria
Nim : 501172966
prodi : Mpdr
dalam kontes video ” i want To be” atau dalam bahasa indonesianya aku ingin menjadi sangat inovatif diantaranya
1. guru melakukan apersepsi di kelas sehingga membuat siswa memahamai tujuan dari materi yang ingin di pelajari
2. guru memberikan pertanyaan pemantik sehingga memancing siswa untuk siap untuk melaksanakan pembelajaran
3. guru memberikan lembar kerja yang memudahkan anak untuk memahami materi yang akan di pelajari
dalam pembelajaran tersebut dapat kita ketahui bahwa guru mengajarkan cara berbicara di depan dengan menggunakan tema “ambition” atau keinginan yang mungkin kebanyakan siswa smp masih bingung dalam memilih keinginan itu , maka dari itu guru memberikan selmebar kertas yang tinggal di lanjutkan saja dan memancing anak untuk mengisi kata-kata yang kosong sesuai dengan keinginan sang anak , dan dalam pembelajaran tersebut guru juga memberikan panduan sehingga anak mudah dalam memahami kosa kata yang baru sehingga membuat anak semakin percaya diri dan mengembangkan lebih banyak lagi kosakata baru .
Nama: Alfina Fitriani
NIM : 501132812
Jurusan : Magister Pendidikan dasar
Pada video tersebut terlihat bahwa cara guru menyampaikan materi dengan cara yang simple dan sederhana namun memperoleh timbal balik/ respon yang baik oleh peserta didik. Cara penyapaan yang juga terlihat lebih santai membuat peserta didik terasa lebih dekat dan merasa nyaman saat belajar. Pemberian tugas yang simple memudahkan siswa dalam memahami tujuan pembelajaran, pada video tujuan pembelajarannya yaitu apa keinginan/cita-cita yang diinginkan oleh peserta didik ketika mereka dewasa nanti, peserta didik diberikan kebebasan dalam berimajinasi dalam menceritakan dan memberikan alasan dari cita-cita yang mereka inginkan. Kelas tercipta dengan cara yang sederhana dan menarik serta tujuan pembelajaran juga tercapaai dengan baik.
Nama : OKNITA
Nim : 501132955
dalam kontes video ” i want To be” atau aku ingin menjadi vidio ini dilihat metode dan strategi yang digunakan oleh guru sangat bagus dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa dengan tema profesi, dan mengetahui cara guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya sehingga keterampilan berbahasa siswa semakin meningkat dan siswa pun sangat senang dalam belajar.
Guru juga membuka proses pembelajaran dengan cukup baik, guru sangat ramah,terlihat percaya diri saat menyapa dan menanyakan kabar siswa. Guru tampak menggunakan media pada proses pembelajaran yang berkaitan dengan materi tentang profession dan memberikan contoh terkait materi tersebut.guru melakukan apersepsi di kelas sehingga membuat siswa memahamai tujuan dari materi yang ingin di pelajari, guru memberikan pertanyaan pemantik sehingga memancing siswa untuk siap untuk melaksanakan pembelajara guru memberikan lembar kerja yang memudahkan anak untuk memahami materi yang akan di pelajari
dalam pembelajaran tersebut dapat kita ketahui bahwa guru mengajarkan cara berbicara di depan dengan menggunakan tema “ambition” atau keinginan yang mungkin kebanyakan siswa smp masih bingung dalam memilih keinginan itu , guru memberikan selembar kertas yang tinggal di lanjutkan saja dan memancing anak untuk mengisi kata-kata yang kosong sesuai dengan keinginan sang anak , dan dalam pembelajaran tersebut guru juga memberikan panduan sehingga anak mudah dalam memahami kosa kata yang baru sehingga membuat anak semakin percaya diri dan mengembangkan lebih banyak lagi kosakata baru .
Nama : Veradina Novianty
Nim : 501202671
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Menurut saya teknik mengajar yang dipakai oleh guru sudah sangai baik. Siswa diminta melengkapi teks yang sudah ada, kemudian membacakan hasilnya di depan kelas. Mungkin bisa lebih baik lagi jika guru dapat memberikan contoh, seperti bapak guru memiliki ambisi sebagai guru. Atau 5 tahun lagi kalian ingin menjadi apa, sedang apa dan dimana.
Nama : ROMI
Nim : 501133015
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
dalam vidio dapat kita lihat dimana guru memasuki ruangan lalu menyapa semua siswa dengan ramah dan memberikan pertanyaan yang meransang untuk siswa aktif dalam berbicara. siswa menjawab sesuai dengan apa yang dicita-citakannya. setelah tanya jawab berlansung, guru memberikan masing-masing siswa selembar kertas yang dibagikan oleh ketua kelas. kemudian siswa mengisi lembar tersebut sesuai dengan panduan yang ada. setelah itu siswa tampil kedepan untuk membacakan hasil dari yang dibuatnya. dengan kata-kata yang di pnadu oleh guru membuat siswa lebih percaya diri dalam belajar.
Nama : UMA FADHILA TRISNAWATI
NIM : 501333141
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Setelah menyimak tayangan video tersebut, manfaat yang saya peroleh adalah bahwa dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa dapat dilakukan dengan memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita, tidak mudah bagi seorang guru mengajak peserta didik agar berani ke depan berbicara bahasa inggris kadang- kadang ada siswa yang tidak berani untuk terampil berbicara bahasa inggris, nah metode seperti ini bisa dilakukan agar siswa berani ke depan untuk berbicara bahasa inggris.
Dalam menerapkan guided writing guru berperan sebagai fasilitator yaitu membantu siswa menemukan ide apa yang akan ditulis siswa. Guided writing memliki bebrapa kelebihan yaitu: memiliki efisiensi waktu dan dapat digunakan untuk menjelaskan istilah-istilah yang tidak dimengerti siswa.
Nama : Asnaria
Nim. : 501172998
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa, cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya. Jika dikaitkan dengan prinsip dasar psikologis dan pedagogis guru sudah melaksanakan proses pembelajaran yang mampu melatih rasa percaya diri siswa untuk berani bercerita di depan kelas tentang apa yang dituliskannya. Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk mengungkapkan isi pikirannya melalui guided writing yang harus dilengkapi sehingga memberikan waktu kepada murid untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Jika dikaitkan dengan prinsip dasar teknologi, sebaiknya guru memberikan contoh melalui tayangan video pembelajaran tentang salah satu profesi sehingga dapat membuka cakrawala murid dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Video ini juga menjelaskan tentang keterampilan speaking peserta didik, tidak mudah bagi seorang pendidik mengajak peserta didik agar berani ke depan berbicara bahasa inggris kadang- kadang ada peserta didik yang tidak berani untuk terampil berbicara bahasa inggris, nah metode seperti ini bisa dilakukan agar peserta didik berani ke depan untuk berbicara bahasa inggris. Kita sebagai seorang pendidik harus bisa dan bagaimana caranya menggunakan metode agar peserta didik berani terampil berbahasa inggris.
Nama : Dini Apriyanti
NIM : 501233107
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
Pada video tersebut Guru sudah tepat dalam memilih strategi pembelajaran yang digunakan. Dengan menggunakan strategi pembelajaran tersebut, memberikan stimulus pada siswa untuk dapat berbicara dalam Bahasa Inggris, para siswa dituntut untuk mau dan bisa berbicara dalam Bahasa inggris. Saran saya seharusnya pada awal pembelajaran guru menjelaskan tujuan pembelajaran agar para siswa mengetahui pembelajaran yang akan dipelajari