silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

370 Comments

  1. Nama : Gilang Muhammad Farly
    Nim : 857114069
    Program Studi : S1 PGSD – BI
    UPBJJ : Jakarta

    Ijin memberikan komentar terkait video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL):
    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    => Menurut pendapat saya mengenai video pjbl ini adalah metode yang digunakan sangat menekankan kedekatan terhadap peserta didik sehingga mendorong suasana kekeluargaan diantara guru dan peserta didik, selain itu materi menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa, terutama dalam pembelajaran matematika, karena matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sebagian banyak siswa susah untuk dimengerti. melalui Pjbl ini peserta didik diarahkan untuk mau mengeksplorasi dengan berbagai alat dan benda sehingga dengan metode pjbl ini dalam pembelajaran matematika sangat tepat digunakan.

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    => Dalam video pjbl ini guru menerapkan metode among yang mencakup 3 aspek yaitu asah, asih, asuh dimana guru memberikan kebebasan dan kemerdekaan kepada siswa supaya tumbuh dan berkembang sesuai kodratnya dan guru di depan, ia menjadi teladan atau contoh yang baik bagi peserta didik, di tengah, menjadi pendorong atau pemberi semangat, dan di belakang mengamati kemajuan para peserta didik serta memberikan motivasi, Sehingga membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan problem-problem kompleks dalam pembelajaran matematika serta Memberikan pengalaman kepada peserta didik pembelajaran dan praktik dalam mengorganisasi proyek, dan membuat alokasi waktu dan sumber-sumber lain seperti perlengkapan untuk menyelesaikan tugas.

    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    => Ya, tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan terutama dalam mengajar atau merancang pembelajaran. Dengan adanya video Pjbl ini memastikan peserta didik belajar pada dunia nyata dan setiap pembelajaran yang diperoleh memang terjadi dan dijumpai di kehidupan sehari-hari.

    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    => hal yang baik dalam video ini yaitu pembelajaran matematika yang menggunakan tahap merancang pembelajaran dengan cara menggunakan media dan sumber pembelajaran sehingga siswa berpikir kritis dan aktif serta berani mengungkapkan pendapat serta siswa dilatih untuk menampilkan pengetahuan yang mereka miliki.

    Demikian, terima kasih.

  2. Nama : Rosyid Hardika
    NIM : 857762395
    UPBJJ : UT Semarang

    1.Menurut saya video pembelajaran berbasis proyek (PJBL) sangat berpotensi terhadap hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika dikarenakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dapat menumbuhkan motivasi belajar anak, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar anak secara maksimal.

    2.Hal penting yang telah saya peroleh antara lain:
    -Mengawali pembelajaran (Apersepsi) atau membuka pembelajaran dengan penuh semangat siswa diajak benyanyi dengan yel-yel secara bersama-sama, menanamkan pada diri siswa lebih percaya diri, lebih termotivasi dan antusias terhadap pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika.
    -Dengan media pembelajaran yang menarik siswa dapat mudah memahami materi yang sedang diajarkan.
    Mengakhiri pembelajaran dengan evaluasi atau tugas Individu adalah salah satu cara mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran selama pembelajaran berlangsung.
    -Menerapkan metode among yaitu: asah, asih, asuh yang seharusnya dimiliki seorang pendidik tidak hanya semata-mata mengugurkan kewajiban sebagai seorang guru. Seorang guru yang baik adalah dapat mengimplementasikan Metode “Ki Hajar Dewantara secara nyata tidak hanya diterapkan pada mata pelajaran matematika akan tetapi pada semua muatan pelajaran.

    3.Ya, Sesuai.Karena tayangan video ini sangat membantu guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek (PJBL), diantaranya yaitu:
    -Siswa mengetahui dan memahami konteks yang ada di dunia nyata karena permasalahan ditimbulkan dari lingkungan sekitar.
    – Siswa dapat menunjukkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui presentasi atau produk secara nyata.
    -Meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga tercipta pembelajaran mandiri yang kolaboratif, inovatif, unik dan berfokus pada pemecahan masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
    -Siswa dapat menemukan solusi dari permasalahan yang ditemui secara langsung di kehidupan sehari-hari terutama pada mata pelajaran matematika.

    4.Dalam tayangan video pembelajaran matematika ini diantaranya dapat menumbuhkan sikap seorang pendidik/guru untuk dapat lebih luwes dalam mengajar, pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan sangat membantu meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada pembelajaran matematika yang dianggap salah satu pelajaran yang sangat menyeramkan bagi siswa pada umumnya. Merancang pembelajaran dengan baik dan pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa untuk dapat berpikir kritis serta aktif, berani mengungkapkan pendapatnya dengan penuh percaya diri.

  3. Nama : Rosyid Hardika
    NIM : 857762395
    UPBJJ : UT Semarang

    1.Menurut saya video pembelajaran berbasis proyek (PJBL) sangat berpotensi terhadap hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika dikarenakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dapat menumbuhkan motivasi belajar anak, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar anak secara maksimal.

    2.Hal penting yang telah saya peroleh antara lain:
    -Mengawali pembelajaran (Apersepsi) atau membuka pembelajaran dengan penuh semangat siswa diajak benyanyi dengan yel-yel secara bersama-sama, menanamkan pada diri siswa lebih percaya diri, lebih termotivasi dan antusias terhadap pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika.
    -Dengan media pembelajaran yang menarik siswa dapat mudah memahami materi yang sedang diajarkan. Mengakhiri pembelajaran dengan evaluasi atau tugas Individu adalah salah satu cara mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran selama pembelajaran berlangsung.
    -Menerapkan metode among yaitu: asah, asih, asuh yang seharusnya dimiliki seorang pendidik tidak hanya semata-mata mengugurkan kewajiban sebagai seorang guru. Seorang guru yang baik adalah dapat mengimplementasikan Metode “Ki Hajar Dewantara secara nyata tidak hanya diterapkan pada mata pelajaran matematika akan tetapi pada semua muatan pelajaran.

    3. Ya, Sesuai.Karena tayangan video ini sangat membantu guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek (PJBL), diantaranya yaitu:
    -Siswa mengetahui dan memahami konteks yang ada di dunia nyata karena permasalahan ditimbulkan dari lingkungan sekitar.
    – Siswa dapat menunjukkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui presentasi atau produk secara nyata.
    -Meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga tercipta pembelajaran mandiri yang kolaboratif, inovatif, unik dan berfokus pada pemecahan masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
    -Siswa dapat menemukan solusi dari permasalahan yang ditemui secara langsung di kehidupan sehari-hari terutama pada mata pelajaran matematika.

    4.Dalam tayangan video pembelajaran matematika ini diantaranya dapat menumbuhkan sikap seorang pendidik/guru untuk dapat lebih luwes dalam mengajar, pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan sangat membantu meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada pembelajaran matematika yang dianggap salah satu pelajaran yang sangat menyeramkan bagi siswa pada umumnya. Merancang pembelajaran dengan baik dan pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa untuk dapat berpikir kritis serta aktif, berani mengungkapkan pendapatnya dengan penuh percaya diri.

  4. Nama : Rosyid Hardika
    NIM : 857762395
    UPBJJ : UT Semarang

    1. Menurut saya video pembelajaran berbasis proyek (PJBL) sangat berpotensi terhadap hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika dikarenakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dapat menumbuhkan motivasi belajar anak sehingga dapat meningkatkan hasil belajar secara maksimal.

    2. Hal penting yang telah saya dapatkan ialah dengan media pembelajaran yang menarik siswa dapat mudah memahami materi yang sedang disampaikan.

    3. Sesuai karena tayangan video ini sangat membantu guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek diantaranya seperti siswa mengetahui dan memahami konteks yang ada di dunia nyata karena permasalahan ditimbulkan dari lingkungan sekitar.

    4. Dalam tayangan video pembelajaran matematika ini dinataranya dapat menumbuhkan sikap seorang pendidik untuk dapat lebih fleksibel dalam mengajar,kreatif,inovatif dan menyenangkan sangat membantu meningkatkan hasil belajar siswa,terutama pada pembelajaran matematika yang dianggap salah satu mata pelajaran yang susah bagi siswa daripada umumnya.

  5. 1. Mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek PjBL,anak-anak lebih tertarik mengenai materi yang di
    sampaikan ibu guru tentang belajar matematika di kelas
    2. Video pjbl yang saya amati menerapkan metode among, mengenai kebebasan mengajar matematika saling
    menghargai dengan sesama teman t- temannya di ruangan kelas
    3. video ini menyamapaikan materi menggunakan media yanga ada di ruangan kelas seperti buku dan jam
    dinding
    4. Sangat baik Mendorong partisipasi siswa aktif dan mudah di pahami peserta didik

  6. Nama : Asep Yulianto
    NIM : 857358995
    Program Studi : FKIP BI-119/PGSD -SI

    Menurut pendapat saya setelah melihat Video Pembelajaran diatas adalah :
    1. Dengan menggunakan video pembelajaran berbasis proyek (PjBL) sangat menarik sekali dapat menarik perhatian siswa dan membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran. memudahkan anak untuk memahami materi yang disampaikan dan siswa dapat ikut berperan aktif didalam pembelajaran. Sehingga anak tidak merasa bosan dan jenuh.
    2. Hal penting yang diperoleh dari video tersebut adalah kita sebagai guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bersemangat dan berantusias dalam pembelajaran yang dilakukan dan juga dapat membangun siswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, merdeka lahir batin, berbudi luhur, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani.
    3. Video pembelajaran ini sangat bermanfaat dan dapat membantu saya didalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Dimana dengan metode ini dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa.
    4. Dari video pembelajaran berbasis proyek (PjBL) tersebut sangat baik dalam metode ini menerapkan pola pikir asah. asih dan asuh kepada siswa dan juga menanamkan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari yang baik. seperti hidup sehat, sikap spiritual, sikap menghargai orang lain, bersikap sabar, dan percaya diri. Dengan interaksi antara siswa dan guru yang sangat baik dan media yang sangat mendukung pembelajaran.

  7. Nama : DIYAN TRIASIH
    NIM : 858744873
    UPBJJ : UT SURABAYA
    1. Menurut saya, video implementasi metode among berbasis PJBL diatas sangat sesuai untuk diterapakan dalam semua mata pembelajaran. banyak sekali keuntungan yang diperoleh seperti siswa menjadi semangat dalam belajar, kegaiatan belajar menjadi lebih menyenagkan dan tentunya siswa akan lebih mudah untuk memahami materi pelajaran yang guru sampaikan.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video diatas adalah, sebagai seorang guru harus bisa untuk membimbing siswa dalam proses perkembangannya, mengapresiasi setiap hasil karya siswa, memberikan waktu bagi siswa untuk berargumentasi, berkreasi dan bereksplorasi. Tidak hanya itu ,seorang guru bukan hanya mengajarkan berbagai mata pelajaran tetapi juga megajarkan kepada siswa untuk mengenal Sang Pencipta dan juga peduli terhadap lingkungan sekitar.
    3. Video diatas sangat sesuai dengan yang saya butuhkan dalam kegiatan pembelajaran. Mulai dari persiapan mengajar seperti menyiapkan media pembelajaran yang konkret agar siswa mudah memahami materi yang akan disampaikan, serangkaian kegiatan mulai dari prapembelajaran sampai akhir kegiatan dan juga cara megajar yang menyenagkan sehingga siswa sangat semangat dan antusias dalam mengikuti kegaiatan pembelajaran
    4. Beberapa hal yang sangat baik dari video pembelajara tersebut adalah penerapan pola pikir asah. asih dan asuh kepada siswa dengan menanamkan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari yang menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar seperti hidup sehat, sikap spiritual, sikap menghargai orang lain,percaya diri, serta kreatif. Interaksi antara siswa dan guru yang sangat baik yaitu guru membimbing siswa dengan sabar dan penggunaan media pembelajaran yang konkret sehingga siswa mampu memahami tujuan dari pembelajaran yang sedang dilaluinya.

  8. Nama : Irfan Hamidi gultom
    Nim : 856023045
    UPBJJ : Medan
    Pendapat saya mengenai video sangat bagus, karena dengan model PJBL membuat anak-anak lebih tertarik untuk memahami suatu materi
    Hal penting yang terdapat pada video adalah manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL
    video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
    Hal yang baik dalam video adalah, penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PJBL

  9. Nama : Nurfany Halimah
    NIM : 857300513
    UPBJJ : Bogor / pokjar warungkondang
    1. menurut saya pembelajaran dalam di video ini sudah sangat bagus karena model PJBL ini membuat anak tertarik akan materi ajar.
    2. hal penting yang saya peroleh adalah mempersiapkan bahan ajar sebelum mengajar, selalu menanamkan kebiasan kebiasan atau kegiatan awal yang baik, juga melakukan komunikasi 2 arah antara murid dan guru
    3. tayangan video ini sudah sesuai dg kebutuhan saya karna sangat terorganisir dengan rapi
    4. hal yang sudah sangat baik dlm video ini adalah guru mempersiapkan bahan ajar sebelum mengajar, melakukan kegiatan awal yang baik, mengajak anak untuk komunikasi 2 arah, mengajak anak untuk aktif berbicara, membuat anak tertarik untuk belajar karena adanya bahan ajar.

  10. Nama:Asmaria Nasution
    Nim :859884528
    UPBJJ :Medan
    POKJAR:MADINA

    1.pendapat saya mengenai vidio sangat bagus,karena dengan model PBJL membuat anak-anak lebih tertarik untuk memahami materi.
    2.hal penting yg dapat saya ambil adalah mamfaat vidio among diterapkan terhadap siswa dan mengkombinadikannya dengan model pembelajaran PBJL di sekolah.
    3.vidio ini sangat membantu saya dalam peroses pembelajaran di kelas.

Leave a Reply