silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama : ANIK WAHYUNI
NIM : 857706555
Prodi : S1-PGSD SMSTR 6
Pokjar : SEMARANG
1.Menurut saya tentang Video tersebut adalah cukup meanarik dan jelas dalam penyampaiannya sehingga memberikan gambaran tentang pembelajaran yg bisa dijadikan contoh bagi para guru yang ada di sekolah
2.Setelah menonton video tersebut ada pembelajaran yang dapat saya ambil untuk mempraktekan kepada peserta didik di kelas yakni memberikan saya contoh bagaimana saya mengajar supaya lebih menarik perhatian peserta didik ,menyampaikan materi sehingga peserta didik bisa memahami materi yang di berikan
3.Video tersebut ,menuntun saya dalam merancang pembelajaran karena dengan kita menyediakan media pembelajaran bisa membantu anak untuk anak paham dengan materi yg kita sampaikan
4.Video tersebut sangat menarik dalam penerapan sistem among yakni melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih(kasih),asah (memahirkan) asuh (bimbingan )sehingga anak tidak hanya belajar materi saja tp disesuaikan dengan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari
Nama : Jajat Munajat
Nim : 857359055
Semester : II BI PGSD
1. Sangat bagus, karena seiring perkembangan jaman dan perubahan kurikulum yang terjadi pada saat ini, sudah semestinya model pembelajaran seperti ini diterapkan secara berangsur angsur disetiap tingkatan sekolah. Agar tujuan pembelajaran bisa tercapai, selain itu anak tau cara berproses dan bukan hanya tau tentang hasilnya saja.
2. Yang pertama pastinya ilmu baru tentang pembelajaran dimulai dari pembukaan, apresiasi, cara penyampaian materi ke siswa juga, dimulai dari pendekatan, metode, dan refleksi.
3. Sangat membantu sekali, karena banyak hal baru yang bermanfaat dapat dituai, dari mulai pembukaan pembelajaran, inti pelajaran, dan penutupan proses pembelajaran.
4. Hal yang baik dari video tersebut :
a. Cara guru mengemas materi
b. Cara guru memberikan materi
c. Cara guru tau cara menghadapi keadaan siswa di kelas
Nama: DARNI
Nim:859887831
Pokjar:Madina
1.Pendapat saya tentang video di atas metode among dari kihajar Dewantara sangatlah bagus di terapkan di kelas.
2.hal yang dapat saya peroleh dari video di atas adalah: dengan metode among yang di terapkan pada siswa dan motode pembelajaran PBJL.Terlihat siswa sangat antusias, materi yang di sampaikan, banyak manfaat metode among dan sangat bagus di terapkan pada proses pembelajaran.
3.vidio ini sangat membantu saya dalam meningkatkan strategi pembelajaran di kelas.
4.Hal yang sudah baik dari video di atas ialah penjelasan tentang metode among maupun metode pbjl , sudah bagus metode among di terapkan pada proses pembelajaran.
Nama :difki anwar k
Nim. :857101331
Pokjar:jakarta
1.menurut saya dalam sistem pembelajaran ki hajar dewantara ini sangat relevan bagi siswa yang ingin mengajar dari sistem pembelajaran nya sangat optimal jika di pelajari di kelas
2. vidio ini sangat membantu saya dalam meningkatkan strategi pembelajaran di kelas.
3. Sangat membantu sekali, karena banyak hal baru yang bermanfaat dapat dituai, dari mulai pembukaan pembelajaran, inti pelajaran, dan penutupan proses pembelajaran.
4. Hal yang baik dari video tersebut :
a. Cara guru mengemas materi
b. Cara guru memberikan materi
c. Cara guru tau cara menghadapi kegiatan siswa di kelas
Edwin Solehudin
semester II
PGSD
1. Video tersebut dibuat dengan baik, tujuan yang disampaikan dalam video itu, mudah untuk diterima siswa
2. Hal Yang penting. Semua alur pembelajarn ada di video ini
3. Ada, dimulai dari pembukaan, inti dan awalan pembelajaran, yang baik untuk dipraktikan
4. Tercipta interaksi yang baik antara guru dan siswa.
Nama: Delima sari
Nim:859895441
Pokjar Madina
1.pendapat saya tentang Vidio di atas metode Among dari kihajar Dewantara sangat bagus di terapkan di kelas.
2.Hal yang penting yang dapat saya peroleh dari Vidio di atas dengan metode among yang di terapkan pada siswa dan model pembelajaran pbjl,terlihat siswa sangat antusias,materi yang di sampaikan mudah memahami banyak mamfaat dari metode among ,dan sangat bagus di terapkan pada proses pembelajaran.
3.vidio ini sangat membantu saya dalam meningkatkan strategi pembelajaran di kelas.
Nama : Awalia Nofrida Z.A
NIM : 857133116
Program Studi : 118 / PGSD-S1
1.Pendapat saya mengenai vidio di atas adalah sangat bagus sekali, metode Among yang diterapkan sangat berguna bagi siswa dalam memahami materi pembelajaran..
2. Hal penting yang terdapat pada vidio adalah
a.menyapa siswa diawal ,kerapihan seragam,kebersihan serta berdoa. Hal tersebut membuat para siswa lebih akrab dan bisa menghilangkan rasa takut dan malas untuk belajar pelajaran yang tidak disukai siswa
b. Menggunakan media dalam menyampaikan materi sehingga siswa lebih jelas memahami materi tersebut
dalam menyapa siswa menggunakan sapaan sayang, adanya pengawasan dalam pembelajaran sehingga guru dapat mengetahui mana siswa yang belum memahami materi yang diberikan.
3. Vidio tersebut sangat membantu saya dalam membuat rancangan pembelajaran di kelas
4. Hal yang sudah sangat baik dalam vidio di atas adalah penjelasan tentang metode Among Ki Hadjar Dewantara. pelaksanaan metode among di kelas, penggunaan konsep PjBL dikelas. siswa dapat memahami konsep bangun ruang pada pelajaran matematika dengan mengaitkan contoh benda yang ada di sekitarnya, seperti guru membawa jam sebagai media pembelajaran
Nama : Nur Evashela Tantri
Nim : 858686725
Prodi : PGSD S1
1. Menurut pendapat saya pembelajaran dalam video sudah sangat tepat karena menggunakan PJBL dengan begitu siswa akan tertarik untuk mendalami materi
2. Hal penting yang terdapat pada vudeo ialah manfaat metode among yang di kombinasikan dengan model PJBL
3 YA, video ini membantu saya dalam merangcang pembelajaran di kelas
4. Hal yang sudah sangat abik antara lain, metode yang digunakan dan juga model pembelajaran yang dipilih
Nama : UMI DWI ANANDA
Nim : 856717286
Program studi : 119/PGSD S1
Pokjar : Gelumbang
1. Pendapat saya mengenai video sangat bagus, karena dengan model PJBL membuat anak-anak lebih tertarik untuk memahami suatu materi
2.Hal penting yang terdapat pada video adalah manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL
3. video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
4. Hal yang sudah baik dalam video adalah, penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PJBL
1. Menurut pendapat mengenai vidio di atas adalah sangat bagus sekali, metode Among yang diterapkan sangat berguna bagi siswa dalam memahami materi pembelajaran..
2. Hal yang penting yang dapat saya peroleh dari Vidio di atas dengan metode among yang di terapkan pada siswa dan model pembelajaran…
3. Ya, dimulai dari pembukaan, inti dan awalan pembelajaran, yang baik untuk dipraktikan
4. Hal yang sangat baik antara metode yang digunakan dengan model pembelajaran