silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
1. Video tersebut menarik buat saya karena dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Dalam materi matematika, masih ada siswa yang kurang mampu dalam memecahkan persoalan, contohnya siswa sulit mendefinisikan konsep, sulit membedakan, kurang mengenal lambang-lambang dan istilah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif dalam mengkonstruksi ide-idenya melalui berbagai cara, metode dan model pembelajaran untuk membentuk suatu pemahaman matematika.
2. pembelajaran sistem among mengedepankan asah, asih asuh. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan dalam pembelajaran adalah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning(PBL).
3. Banyak manfaat dari pembelajaran di vedeo tersebut, khusunya tentang Project Based Learning(PBL)adalah pembelajaran yang memuat tugas-tugas yang komplek berdasarkan pada pertanyaan dan permasalahan, menuntut siswa untuk merancang, memecahkan masalah, mengambil kesimpulan dan mempertanggungjawabkan hasil kerja yang dilakukan.
4. hal baik yang ada dalam video adalah Pembelajaran berbasis proyek atau tugas ini merupakan pembelajaran yang memuat tugas-tugas yang kompleks berdasarkan pada pertanyaan dan permasalahan, menuntut siswa untuk merancang, memecahkan masalah, mengambil kesimpulan, mempertanggungjawabkanhasilkerja yang dilakukan serta memberi kesempatan kepada siswa untuk berkerja secara mandiri.
Menurut pendapat saya setelah saya menonton video di atas,
1. Dalam pelajaran matematika siswa sering kali kurang mengerti misalnya dalam bilangan,pemecahan soal cerita, dengan ada nya video ini mempermudah saya menjadikan peserta didik lebih mengerti dan lebih mudah memahami. Melalui video ini akan mempermudahkan guru dalam penyampaian materi kepada peserta didik memahami maksud dan tujuan konteks pelajaran.
2. Dapat memberikan akses kepada guru dalam menghadapi peserta didik dalam upaya peningkatan ilmu dan pengetahuan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran yang berlangsung dalam proses pembelajaran.
3. Manfaat dari pembelajaran video tersebut antara lain melatih guru untuk mandiri, meningkatkan penguasaan teknologi informasi para pendidik sehingga mampu memiliki kelelahan waktu belajar sehingga dapat meningkatkan kompetensi guru
Menurut saya mengenai video sangat bagus, karena dengan model PBL membuat anak-anak lebih tertarik untuk memahami suatu materi.Hal penting yang terdapat pada video adalah manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PBL. Video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PBL. Hal yang sudah baik dalam video adalah, penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PBL
Nama : Rahayu dwi sartika
NIM : 856839001
1. Pendapat saya mengenai video sangat bagus, karena dengan model PJBL membuat siswa lebih bersemangat tertarik dalam megikuti pembelajaran , siswa semakin mudah memahami suatu materi dengan media – media yang titampilkan.
2.Hal penting yang terdapat pada video adalah Adanya manfaat yang terlihat terhadap siswa pada penerapan metode among yang dikombinasikan dengan model pembelajaran PJBL.
3. video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan adanya referensi dalam melihat video ini saya dapat gambaran bagaimana mengaplikasikan cara mendidik siswa dengan medote among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
4. Hal yang sudah baik dalam video adalah, video ini menjelasan maksud dari metode among dan pembelajaran PBJL ,sekaligus penerapan metode among maupun model pembelajaran PJBL.
Pada VIDEO ini saya enurut saya mengenai video sangat bagus, karena dengan model PBL membuat anak-anak lebih tertarik untuk memahami suatu materi.Hal penting yang terdapat pada video adalah manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PBL. Video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PBL. Hal yang sudah baik dalam video adalah, penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PBL
1. Pendapat saya mengenai video sangat bermanfaat sekali karena dengan model PJBL membuat
anak – anak tertarik dengan mata pelajaran matematika model PJBL ini mudah di pahami oleh
siswa.
2.Hal penting yang terdapat pada video ini adalah manfaat metode among yang di terapakan
terhadap siswa dan bisa di kombinasikan dengan model pembelajaran PJBL
3. Video ini sangat membant saya dalam strategi saya dalam mengajar di kelas saya ,karena
dengan melihat video ini saya mempunyai gambaran bagaimana cara mendidik siswa dengan
cara among untuk meningkatkan minat belajar mereka .
4. Hal yang sudah baik ,dalam video ini adalah penjelasan tentang motode among,penerapan
metode among maupun model PJBL.
siswa
Nama : Anindita Asmaningrum
NIM : 857982549
Pokjar : Parakan
Prodi : PGSD BI/ Semester II
1. Menurut saya video pembelajaran berbasis proyek (PJBL) yang diintegrasikan dengan metode Among Ki Hajar Dewantara yang ditampilkan sangat bagus. Jelas dan mudah dipahami serta dapat memberikan gambaran bagi guru yang akan menerapkan metode Among dan PJBL di dalam kelas. Pengertian metode Among dijelaskan dengan baik. Begitu juga dengan tahap tahap mengajar dalam praktik pembelajaran disampaikan dengan jelas dan terstruktur.
2. Berdasarkan video pembelajaran tersebut, menurut saya hal penting yang saya peroleh adalah guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa senang untuk mengikuti pembelajaran dan siswa mudah untuk memahami materi yang disampaikan. Seperti pada video tersebut metode PJBL diintegrasikan dengan metode Among, siswa telihat antusias mengikuti pembelajaran dan mudah untuk menerima atau memahami materi matematika tentang bangun datar yang sampaikan.
3. Video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam merancang pembelajaran dan mengajar. Tayangan video tersebut memberikan gambaran kepada saya untuk merancang pembelajaran yang kreatif melalui metode PBJL yang diintegrasikan dengan metode Among yang mendidik dengan asih, asah, dan asuh.
4. Hal yang sudah baik dalam video ini yaitu penyampaian dan penjelasan tentang metode Among, praktik mengajar dengan metode Among dan PJBL yang sistematis. Siswa diberikan contoh dengan benda disekitarnya, tanya jawab, dan menumbuhkan keterlibatan siswa yang aktif.
1. Pendapat saya mengenai video sangat bermanfaat sekali karena dengan model PJBL membuat
anak – anak tertarik dengan mata pelajaran matematika model PJBL ini.
2.Hal penting yang terdapat pada video ini adalah manfaat metode among yang di terapakan
terhadap siswa dan bisa di kombinasikan dengan model pembelajaran PJBL
3. sangat membantu dalam strategi saya dalam mengajar di kelas ,karena
video ini saya mempunyai gambaran bagaimana cara mendidik siswa dengan cara among untuk meningkatkan minat belajar mereka .
4. Hal yang sudah baik ,dalam video ini adalah penjelasan tentang motode among, penerapan
metode among maupun model PJBL.
siswa
Nama : Meliana
NIM : 855709358
1. Pendapat saya mengenai video sangat bermanfaat sekali karena dengan model PJBL membuat
anak – anak tertarik dengan mata pelajaran matematika model PJBL ini.
2.Hal penting yang terdapat pada video ini adalah manfaat metode among yang di terapakan
terhadap siswa dan bisa di kombinasikan dengan model pembelajaran PJBL
3. sangat membantu dalam strategi saya dalam mengajar di kelas ,karena
video ini saya mempunyai gambaran bagaimana cara mendidik siswa dengan cara among untuk meningkatkan minat belajar mereka .
4. Hal yang sudah baik ,dalam video ini adalah penjelasan tentang motode among, penerapan
metode among maupun model PJBL.
siswa
Nama : Satya Mardi Ayuningrum
NIM : 857860942
Prodi : PGSD
UPBJJ : SURAKARTA
1. Menurut saya video ini sangat menarik sekali , dengan adanya metode PBJL menjadi siswa mendapatkan ilmu pengetahuan baru atas dasar masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Hal tersebut bisa menjadi sarana siswa untuk mencari problem solvingnya serta siswa menjadi lebih bisa memahami materi seara konkret
2. Dalam video tersebut dijelaskan secara keseluruhan mengenai metode among , dan yang terpenting adalah secara runtut dijelaskan bagaimana implementasinya dari kegiatan pendahuluan , isi dan pentutup
3. Sangat bermanfaat karena bisa saya jadikan rujukan bila memang membutuhkan referensi untuk mengajar sebagai bahan sharing
4. Pengemasan video yang mudah dipahami dan secara jelas dalam pemberian contoh tentang metode among dan penerapannya dalam kelas
Nama : Dwi Oktihana
Nim : 856078554
Prodi : PGSD
UPBJJ : Batam
1. Pendapat saya mengenai video pembelajaran berbasis proyek ini sangat membantu siswa dalam memahami materi dan membuat siswa menjadi bisa berfikir kritis dan mandiri nantinya .
2. Hal penting yang dapat di peroleh kita harus bisa memberikan pemahaman yang baik dengan membiasakan bertanya jawab sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa juga fokus dan senang .
3.tayangan video ini juga sangat sesuai dengan kebutuhan kita dalam merancang apa yang akan kita ajarkan ke siswa di dalam kelas seperti dengan alat peraga yang sesuai dengan materinya .
4. Hal yang sangat baik dalam video ini guru selalu memberikan umpan balik ke siswa dan selalu memotivasi/ apresiasi agar siswa bersemangat untuk belajar .